Pinhome

15 Jenis Aglaonema Lokal yang Cantik untuk Kamu Pelihara

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 25 October 2021 ∙ 7 menit membaca

Tanaman hias jenis Aglaonema kini sudah tidak asing lagi didengar. Ragam spesies dengan keindahan yang bernilai tinggi, dapat membuat hunian milikmu menarik. Inilah mengapa arti dalam serapan kata yang berasal dari Yunani terdiri dari ‘aglaos’ yang berarti terang dan ‘nema’ benang. Benang bersinar terang ini mampu membuat mata yang tertuju padanya seperti terhipnotis. Baik jenis aglaonema import maupun lokal memiliki kelebihannya masing-masing.

Pinhome – Tanaman satu ini sering disebut juga sebagai bunga sri rejeki karena kehadirannya yang dipercaya dapat membawa rezeki baik bagi yang merawatnya. Masuk dalam jenis tanaman hias daun, jenis aglaonema di pasaran sudah tak terhitung lagi. 

Pada kesempatan kali ini, Pinhome akan mengajak kalian untuk melihat jenis aglaonema lokal. Aglonema hasil persilangan ini, unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Ini dia ke-15 jenis aglaonema lokal yang bisa Pins koleksi di rumah. Keindahannya tidak kalah dari bunga aglaonema import lho!

Baca Juga:

Beragam Jenis Tanaman Dalam Rumah Yang Baik Untuk Kesehatan

Aglaonema Pride of Sumatra

(Shopee)

Jenis tanaman satu ini dapat Pins kenali dengan mudah lewat penampakannya yang berwarna merah dengan perpaduan hijau pekat di dalamnya. Masuk dalam jenis aglaonema mahal, aglaonema pride sumatera merupakan salah satu generasi pertama dari daun aglaonema merah. Selain warna merahnya yang khas, pride sumatra juga memiliki ciri khas lain dengan tangkai berwarna merah muda dan daun berbentuk elips yang kokoh.

Jenis Aglaonema Lokal Andini

(Carousel)

Berbeda dari jenis aglaonema sebelumnya yang berwarna merah menyala, aglaonema andini berwarna pastel yang manis. Warna merah muda lembut yang dipadukan dengan warna hijau muda membuat tanaman ini terlihat lebih feminin. Di dalam perawatan jenis satu ini, sebaiknya jauhkan dari paparan sinar matahari karena daunnya mudah terbakar oleh panasnya terik matahari.

Aglaonema Tiara

(Shopee)

Lain hal lagi dengan aglaonema tiara, warna daun dengan campuran tiga warna kuning, hijau dan merah muda membentuk bercak yang menjadi ciri khas. Dari kejauhan Pins akan melihat layaknya bunga dengan tampilan yang abstrak. Bintik-bintik di dalamnya justru membuatnya berbeda dari tanaman aglaonema lainnya. Perawatannya pun cukup mudah, Pins hanya perlu menjaga sirkulasi udara yang baik dalam ruang dengan asupan air yang cukup.

Jenis Aglaonema Widuri

(Flickr/vicaris fernando)

Bila Pins mencari aglaonema yang tumbuh baik dalam ruangan minim cahaya, aglaonema widuri jawabannya. Tumbuhan satu ini mampu tumbuh dengan baik pada ruang yang minim terkena sinar matahari bahkan di dalam perkantoran sekali pun. Hal yang terpenting adalah cukup menyirami tanaman ini secara teratur untuk menjaga kelembapan dari media tanah penanaman.

Aglaonema Big Papa

(Bukalapak)

Sekilas tanaman aglaonema big papa akan terlihat seperti tanaman pada umumnya. Warna hijau pekat dari daunnya yang terbilang cukup besar membuat ciri khasnya tenggelam. Padahal bila dilihat dari dekat, aglaonema satu ini memiliki ciri khas tulang daun berwarna merah muda cerah dengan salur kuning yang cerah. Selayaknya urat nadi manusia, tulang daunnya menjadi ciri kehidupan dari aglaonema big papa. 

Aglaonema Claudia

(Tokopedia)

Berbeda lagi dengan aglaonema claudia. Warna daunnya benar-benar seperti warna daun pada umumnya hijau kekuningan dengan tulang daun berwarna hijau muda. Walaupun seperti itu, aglaonema satu ini masuk dalam jenis yang paling banyak diminati. Perpaduan antara warna hijau muda dan tua dalam tanaman ini tetap terlihat segar bila ditaruh menghiasi ruangan. Cocok sekali ditempatkan pada teras rumah bukan?

Baca Juga:

Simak 9 Model Teras Rumah Kekinian yang Minimalis dan Sederhana

Jenis Aglaonema Jubilee

(Shopee)

Spesies aglaonema lainnya yang dapat hidup pada pencahayaan yang cenderung minim adalah aglaonema jubilee. Inilah mengapa tanaman satu ini sangat dicintai sebagai tanaman peliharaan dalam hunian. Ciri khas warnanya sangat menarik, terdiri dari bagian daun berwarna hijau pekat dengan bercak melebar berwarna abu-abu silver. Bagian tulang daunnya berwarna putih pucat, dan sangat menarik terlihat.

Aglaonema Siam Orange

(Shopee)

Keindahan daun berwarna orange, hijau dengan bintik-bintik di dalamnya menjadikan aglaonema siam orange mencuri perhatian. Turunan dari aglaonema siam ini menyala unik pada malam hari. Pins bisa menempatkannya pada sudut-sudut ruang dalam ruang keluarga, maupun penyelaras dalam teras. Jangan lupa untuk memberi pupuk secara berkala ya Pins agar tumbuhan subur dan sehat.

Aglaonema Dud Anjamani

(Lazada)

Bila melihat nama jenisnya tentu sangat unik bukan Pins? Aglaonema dud anjamani memiliki ciri khas warna merah kontras yang menyala dengan bercak kuning dan bagian pinggir daun berwarna hijau pekat. Tidak termasuk jenis aglaonema mahal, Pins bisa mendapatkannya dengan harga di bawah Rp100.000. Spesies aglaonema satu ini juga masuk dalam daftar favorit para pecinta tanaman hias lho!

Jenis Aglaonema Lokal Red Ruby

jenis aglaonema
(Bukalapak)

Memang tidak akan pernah habis keindahan dari ragam spesies aglaonema ini. Aglaonema red ruby selanjutnya. Warna merah menyala yang tersaji pada bagian pinggir daun, membuatnya menarik dan tentunya unik. Masuk dalam jenis yang berumur panjang, red ruby menjadi incaran para pemelihara tanaman hias. Tidak hanya itu, perawatannya yang cenderung mudah menjadikannya idaman para pemula dalam tanaman hias.

Aglaonema Sunset Merah

jenis aglaonema
(Blibli)

Disebut pula sebagai aglaonema red sunset, warna tanaman satu ini mewakili warna keseluruhan saat matahari sedang tenggelam. Inilah mengapa namanya mengacu kepada sunset merah. Tulang daun berwarna pink kemerahan seperti sedang bergerak meracuni warna hijau pada daun. Hal inilah yang membuatnya istimewa.

Pada mula kemunculannya tanaman satu ini masuk dalam jenis aglaonema mahal, namun kini sudah banyak yang menjualnya dengan harga yang cukup terjangkau. Bila Pins ingin menciptakan suasana romantis dalam ruang, aglaonema sunset merah bisa menjadi pilihan.

Aglaonema Kresna

jenis aglaonema
(Shopee)

Hadir dari jenis aglaonema lokal, aglaonema kresna memiliki daun unik dengan alur motif garis yang cantik. Motif dari daun yang dinamis, membuatnya menarik. Apalagi dengan tulang daun menyala berwarna merah, seperti memberikan tanda kehidupan sendiri untuk orang yang melihatnya. Tidak heran tanaman satu ini masuk dalam jenis aglaonema mahal. Harganya pernah mencapai Rp2 juta Pins! Fantastis bukan?

Jenis Aglaonema Lokal Suksom

jenis aglaonema
(Shopee)

Masuk dalam jenis aglaonema merah, suksom mempunyai warna mayoritas merah marun pada keseluruhan daun bila dilihat sekilas. Namun, bila diperhatikan, warna hijau daun yang berada pada bagian luar memberi garis nyata pada daun tersebut. Terkenal dengan spesies suksom jaipong, aglaonema satu ini perlu perawatan maksimal agar daunnya berwarna sempurna. Seperti pemberian vitamin tanaman, pupuk hingga penempatannya pada tanah yang tepat.

Aglaonema Paulina

jenis aglaonema
(Bukalapak)

Mirip seperti aglaonema jenis kresna yang mempunyai alur dinamis dalam daun, aglaonema paulina juga memiliki alur dinamis yang menarik. Perbedaannya adalah warna dari tulang daun yang berwarna pink muda dengan perpaduan bercak hijau muda dan tua pada sisa warna daun. Jenis satu ini memiliki warna lembut yang cocok ditempatkan pada hunian yang memiliki warna serba putih.

Aglaonema Bambu

jenis aglaonema
(Lazada)

Terakhir adalah jenis aglaonema lokal bambu yang memiliki bentuk unik berbeda dari spesies lainnya. Memanjang dan cenderung runcing membuat aglaonema bambu juga dicari para kolektor tanaman hias. Daun yang ramping, kecil dan memanjang ini berwarna hijau pekat dengan tulang daun berwarna putih. Cocok sekali berada di dalam kamar tidur.

Itulah beberapa jenis aglaonema lokal yang menarik dan tentunya indah menghiasi hunian. Tempatkan pada ruangan khusus sebagai koleksi agar hunian milikmu semakin asri dan menyegarkan. Tanaman satu ini mampu membuat hunian terlihat lebih hidup lho!

Baca Juga:

15 Tanaman Hias Indoor Yang Mudah Dirawat

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel