BlogLifestyleHobi8 Jenis Tanaman Anti Polusi untuk Menjaga Udara Sekitar Rumah
0
0

8 Jenis Tanaman Anti Polusi untuk Menjaga Udara Sekitar Rumah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Oksigen yang menjadi kebutuhan pernapasan makhluk hidup berterbangan di dalam udara yang kita hirup. Ketika polusi telah mencemari udara tersebut, maka konsumsi pernapasan makhluk hidup akan terkontaminasi dengan segala zat penyebab penyakit. Ternyata ada loh, tanaman anti polusi yang dapat menjaga kualitas udara kita. Simak artikel berikut ini ya!

Kamu dapat menambahkan taman yang berisi tanaman-tanaman anti polusi udara di jual perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung agar kualitas udara di rumah terjaga. Kamu juga dapat menghias teras di KPR rumah dengan beberapa tanaman yang dapat memperindah dan membersihkan udara yang mengandung polusi.

8 Jenis Tanaman Anti Polusi untuk Menjaga Udara Sekitar Rumah

Seluruh makhluk hidup terutama manusia membutuhkan oksigen untuk dapat tetap hidup. Oksigen menjadi sesuatu yang sangat krusial di kehidupan manusia, tanpa adanya oksigen kita tidak akan bisa hidup sampai saat ini. 

Udara yang kita hirup mengandung beberapa gas lainnya, seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida, argon, dan lainnya. Udara yang terkontaminasi akan mengandung gas-gas dan partikel-partikel beracun. Gas dan partikel ini ada yang dapat dilihat oleh pandangan kita dan ada juga yang tidak dapat dilihat oleh pandangan kita. Kontaminan berukuran kecil ini memiliki kemungkinan yang sangat besar terhirup dan memasuki sistem pernapasan kita. 

Udara yang terkontaminasi atau udara kotor dapat menyebabkan penyakit pada tubuh kita karena kandungannya yang beracun, terutama penyakit pernapasan. Polusi udara perlu diberantas agar dapat mengembalikan kondisi kualitas udara menjadi baik dan mendatangkan manfaat untuk makhluk hidup.

Salah satu cara untuk mengalahkan polusi udara adalah dengan kehadiran tumbuh-tumbuhan. Hal ini disebabkan, karena proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan oksigen baru. Pada proses tersebut tumbuhan akan menyerap gas karbondioksida dan polutan yang terkandung di dalam udara, baru kemudian menghasilkan oksigen murni ke udara.

Berikut ini beberapa tanaman anti polusi yang dapat menjaga udara di rumah:

1. Lidah Mertua

tanaman anti polusi
Source : iStock

Tanaman anti polusi pertama yang dapat Kamu simpan di rumah adalah tanaman lidah mertua. Lidah mertua bernama latin sansevieria ini sempat menjadi tren pecinta tanaman hias karena keunikan bentuk tanamannya dan juga keunikan penamaannya. 

Lidah mertua memiliki tekstur daun yang kaku dan keras berbentuk tongkat, bulat runcing, ditambah dengan keunikan warnanya seperti hijau tua, hijau muda, perak, kombinasi dua warna antara hijau dan kuning, lalu ada juga putih dan kuning. Tanaman ini juga diperlu perlakuan khusus loh, lidah mertua dapat baik-baik saja dengan kondisi air yang sedikit.

Tanaman ini dapat menyerap gas polutan, bau, dan penyaring kotoran. Gas-gas beracun tersebut seperti karbondioksida, karbon monoksida, formaldehyde, benzene, dan trichloroethylene.

Baca juga: 15 Penyebab Polusi Udara yang Tak Disangka-Sangka

2. Anggrek Bulan

tanaman anti polusi
Source : iStock

Tanaman anti polusi selanjutnya yang dapat Kamu jadikan sebagai tanaman hias adalah tanaman anggrek bulan. Anggrek bulan memiliki beberapa bentuk dengan beberapa warna dan dilengkapi dengan aroma khas bunga anggrek. Anggrek memiliki bentuk yang cantik, sehingga diburu oleh pecinta flora untuk dijadikan tanaman hias mereka.

Tanaman anggrek bulan mampu menghasilkan oksigen bersih dan menghisap polutan-polutan beracun seperti ethyl acetate, chloroform, ammonia, formaldehyde, aceton, xylene, dan methyl alcohol. Hal ini terbukti dari penelitian terhadap tanaman hias yang mampu membersihkan kualitas udara. Ketahui hama tanaman hias agar tidak merusak tanaman Kamu!

3. Suji Dracaena

tanaman anti polusi
Source : iStock

Tanaman anti polusi berikut ini berasal dari tanaman yang biasanya digunakan sebagai pewarna makanan. Tanaman suji memiliki ciri daun kaku panjang yang mengkilap. Daun ini dapat menghasilkan warna hijau pekat ketika dicampurkan ke dalam air.

Tanaman suji dalam suatu penelitian dikatakan dapat menyerap gas-gas beracun yang terkandung di dalam udara. Gas-gas beracun ini akan diserap oleh tanaman suji, sebelum diproses kembali menjadi oksigen segar. Beberapa gas beracun yang dapat dihisap dengan baik oleh tanaman suji, adalah aseton, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

4. Spider Plant

tanaman anti polusi
Source : iStock

Tanaman anti polusi di urutan keempat adalah spider plant atau disebut juga dengan lili paris. Tanaman spider plant ini memiliki bentuk daun memanjang berwarna hijau bergaris kuning atau bergaris putih. Keunikan dari tanaman ini adalah, Kamu dapat membuat tanaman ini menjadi tanaman gantung atau tanaman yang dapat tumbuh di tanah. 

Pertumbuhan batang atau daun dari spider plant ini sangat cepat dan merambat. Ketika pot Kamu sudah terpenuhi oleh batang atau daun spider plant, maka Kamu harus memindahkan sebagian ke pot lain, jika tidak pot Kamu akan dipecahkan akar spider plant. Sungguh hebat bukan! Tanaman ini ampuh untuk menghirup racun di udara seperti karbon monoksida, formaldehyde, dan xylene.

Pahami pentingnya pengetahuan terkait kualitas air untuk menyiram tanamanmu Pins!

5. Palem Bambu

tanaman anti polusi
Source : iStock

Tanaman anti polusi selanjutnya adalah tanaman palem bambu. Palem bambu memiliki bentuk daun yang hampir mirip seperti sebuah kipas dan memiliki ujung yang lancip. Disebut sebagai palem ‘bambu’ karena daun-daunnya mirip sekali dengan daun yang dimiliki pohon bambu. Palem bambu ini memiliki nama latin chamaedorea seifrizii.

Kamu tidak perlu repot-repot dalam merawatnya, karena akan baik-baik saja keadaannya ketika mendapat air dan cahaya matahari yang sedikit. Tanaman palem bambu ini memiliki manfaat yang dapat membersihkan udara dari polutan-polutan, seperti karbondioksida, formaldehyde, dan toluena.

Hebatnya lagi, tanaman ini memiliki sistem daun yang dapat menguapkan air yang diserapnya dan memyebabkan keadaan sekitar menjadi lembab. Tentu ini sangat baik untuk menjaga kelembapan sistem pernapasan dan kulit kita Pins.

6. Bunga Lili Perdamaian atau Peace Lily

tanaman anti polusi
Source : iStock

Tanaman keenam yang dapat Kamu jadikan tanaman hias sekaligus penghilang polutan di udara adalah bunga lili perdamaian atau yang biasa disebut dengan peace lily. Bunga lili satu ini memiliki kemiripan dengan daun pisang loh. Bentuk bunganya sangat cantik dan memiliki keharuman yang enak untuk dicium. 

Ketika merawat bunga satu ini, Kamu harus memperhatikan media tanamnya. Bunga lili perdamaian harus berada di media tanam yang lembab, tidak kekurangan air dan tidak kelebihan air. Perlu diingat, jangan terlalu sering terkena matahari! Bunga lili perdamaian dapat menghisap polutan berbahaya di udara seperti benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Pupuk penting loh untuk tanaman Kamu, ketahui manfaat pupuk untuk tanaman berikut ini.

7. Lidah Buaya

tanaman anti polusi
Source : iStock

Ternyata lidah buaya dapat menetralkan polutan-polutan beracun di kandungan udara loh! Tanaman hias satu ini termasuk tanaman yang anti polusi. Tanaman dengan batang keras dengan sedikit gerigi tajam ini mampu menetralkan gas-gas beracun seperti formaldehyde dan benzena.

Cara merawat tanaman lidah buaya juga terkenal mudah, karena tanaman ini hampir sama seperti kaktus yang bersifat sukulen (menyimpan volume air) tidak perlu disiram secara terus menerus. Cukup sekali dalam periode dua hingga tiga minggu.

Baca juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

8. Bunga Krisan atau Bunga Seruni

tanaman anti polusi
Source : iStock

Tanaman terakhir yang dapat menjadi tanaman anti polusi di rumah Kamu adalah bunga krisan. Bunga krisan terkenal dengan bentuk bunga dan warnanya yang cantik. Masyarakat biasa mengenal bunga krisan sebagai bunga seruni. Keharumannya dapat selalu diingat. Warnanya pun beragam ada yang memiliki warna merah, oranye, kungin, putih, dan juga ungu.

Bunga hias satu ini memiliki manfaat yang baik untuk memperbaiki kualitas udara, yaitu dapat menghilangkan gas beracun di udara seperti benzena, xylene, formaldehyde, dan amonia. Untuk merawat bunga cantik satu ini Kamu perlu berhati-hati, karena bunga krisan menyukai media tanam yang lembab dan mendapati cahaya matahari yang cukup.

Itulah beberapa tanaman anti polusi yang dapat menjaga udara di rumah menjadi terbebas dari polutan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menjadi sebuah referensi untuk memilih tanaman hias!

Baca juga15 Jenis Tanaman Vertical Garden yang Tidak Gampang Layu

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download