Blogā€ŗLifestyleā€ŗHobiā€ŗFakta Menarik Tanaman Lee Kwan Yew Rambat yang Indah untuk Hunian
0
0

Fakta Menarik Tanaman Lee Kwan Yew Rambat yang Indah untuk Hunian

Dipublikasikan olehĀ AileenĀ VelishyaĀ dan Diperbarui olehĀ Achlisia Putri

Apr 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tanaman lee kwan yewtop-right-banner

Tanaman rambat adalah jenis tanaman hias yang menjadi favorit banyak orang. Bukan tanpa alasan, tanaman rambat bisa membuat halaman rumah menjadi sangat cantik namun tetap memberikan nuansa natural. Terlebih tanaman rambat sangat memungkinkan untuk dirawat pada rumah-rumah dengan luas terbatas karena cara tumbuhnya yang vertikal. Salah satu tanaman rambat yang saat ini cukup populer adalah tanaman Lee Kwan Yew.Ā 

Pinhome ā€“ Tanaman hias yang satu ini digemari karena memiliki banyak jenis yang cantik-cantik. Nah bagi Pins yang penasaran mengenai tanaman hias ini, yuk simak fakta menarik dari Lee Kwan Yew rambat yang bisa mempercantik hunian kamu!

Nama Lee Kwan Yew

(Pinterest)

Lee Kwan Yew adalah tanaman hias yang dulu hanya bisa ditemukan di wilayah India, Myanmar dan Thailand. Namun seiring berjalannya waktu, tanaman hias ini juga bisa ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Bahkan tanaman hias ini juga mulai dibudidayakan di negara lainnya seperti Indonesia, Australia dan Taiwan.

Mungkin saat pertama kali mendengar nama tanaman hias ini, Pins merasa nama ini mirip sekali dengan nama orang. Ya! Siapa sangka bahwa sebenarnya nama tanaman hias yang satu ini terinspirasi dari nama seseorang.Ā 

Lee Kwan Yew adalah Perdana Menteri Singapura yang menyelenggarakan proyek pembangunan rumah bernama Garden City. Pada proyek bangunan ini, sebagian besar ditanami dengan tanaman rambat Vernonia elliptica. Oleh karena itu, nama Perdana Menteri Singapura ini akhirnya digunakan sebagai nama tanaman hias Vernonia elliptica.

Namun tahukah Pins bahwa tanaman hias ini di Indonesia disebut dengan nama Janda Merana? Ya, tanaman rambat Lee Kwan Yew atau Vernonia elliptica ini dikenal dengan nama janda merana. Hanya saja belum ada penjelasan secara ilmiah mengapa tanaman ini disebut dengan janda merana.

Baca juga: Melirik Macam-Macam Bunga Hias untuk Mempercantik Rumah

Tanaman Hias Vertikal yang Populer

(Axioo)

Tanaman rambat Lee Kwan Yew ini sebenarnya telah dikenal sejak lama, terutama oleh arsitek-arsitek yang membangun gedung-gedung atau rumah hunian. Hal ini karena Lee Kwan Yew ini sangat cocok untuk digunakan sebagai taman vertikal. Tanaman yang juga diberi nama Vernonia elliptica ini bisa menjalar hingga 3 meter, sehingga tanaman ini bisa meningkatkan estetika taman di rumah.

Lee Kwan Yew Tanaman yang Tumbuh Sepanjang Tahun

(Pinterest)

Jika beberapa jenis tanaman hanya tumbuh pada beberapa musim saja, berbeda dengan tanaman rambat yang satu ini. Tanaman ini disebut-sebut bisa tumbuh di sepanjang tahun. Bahkan perawatan tanaman ini juga sangat mudah. Tanaman hias rambat ini tidak terlalu terpengaruh oleh suhu, kelembaban atau bahkan musim. Hanya saja media tanam Lee Kwan Yew harus menggunakan tanah yang bisa menyerap air dan sinar matahari yang cukup.Ā 

Tidak hanya itu, tanaman Lee Kwan Yew ini juga tidak harus ditanam menggunakan wadah vertikal. Melainkan tanaman ini juga bisa ditanam di pot sederhana atau botol plastik. Jadi dalam merawat Lee Kwan Yew tanaman hias ini tidaklah terlalu sulit.

Bunga Lee Kwan Yew

(Pinterest)

Siapa yang sangka, selain tanaman ini bisa menjalar hingga sangat panjang, ternyata tanaman hias rambat ini juga memiliki bunga yang cantik lho! Bunga dari tanaman rambat Lee Kwan Yew ini memiliki warna putih dengan aksen kemerahan.Ā 

Namun kelopak bunga ini disusun dari beberapa tangkai tipis yang membentuk suatu kesatuan sehingga menjadi bunga Lee Kwan Yew yang cantik.

Dengan menggunakan tanaman rambat Lee Kwan Yew, tentu taman di rumah akan menjadi sangat cantik. Bahkan tidak hanya cantik, Pins juga tetap akan mendapatkan suasana natural yang akan membuat rumah fresh.

Manfaat Merawat Lee Kwan Yew

(Pinterest)

Jika sebelumnya kita banyak membahas mengenai kelebihan dari tanaman hias yang satu ini, kali ini kita akan membahas manfaat dari tanaman hias ini. Manfaat dari tanaman Lee Kwan Yew yang pertama adalah bisa digunakan sebagai dekorasi eksterior rumah. Ya, seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa tanaman hias ini memiliki penampilan yang sangat cantik.Ā 

Selain itu, tanaman rambat ini juga mudah ditanam. Apa lagi tanaman ini tidak terlalu terpengaruh oleh suhu dan kelembaban, hanya membutuhkan media tanam yang menyerap air dan sinar matahari yang cukup. Jadi tanaman hias rambat ini sangat cocok untuk digunakan sebagai dekorasi eksterior rumah.

Selain itu, bagi Pins yang tidak ingin rumah terasa terlalu panas akibat sinar cahaya matahari, kamu juga bisa menggunakan tanaman ini sebagai pelindung lho! Pins bisa menanamnya di lokasi-lokasi yang membutuhkan pelindung agar sinar matahari tidak langsung masuk ke bagian rumah tersebut.Ā 

Misalnya saja, Pins ingin membuat teras di rumah terasa lebih sejuk, maka Pins bisa menggunakan tanaman ini sebagai tanaman rambat di teras yang akan membuat sinar matahari tidak langsung masuk ke teras.

Baca juga: Beragam Tanaman Gantung Hias yang Mudah untuk Dirawat

Itulah fakta-fakta menarik mengenai tanaman Lee Kwan Yew yang perlu Pins ketahui. Semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan Pins mengenai tanaman hias dan membuat kamu semakin tertarik untuk menghias rumah dengan menghadirkan tanaman yang mana baik untuk kesehatan rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome ā€“ PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          Ā© lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download