30 Model Plafon Rumah Minimalis dan Tips Membuatnya

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ November 3, 2022 ∙ 13 menit membaca

Plafon rumah minimalis lebih dari sekadar permukaan lain di dalam suatu ruangan. Langit-langit ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mendekorasi ruang tanpa perabotan apapun. Dari sekian banyak desain yang ada, berikut beberapa ide menarik desain plafon dan bagaimana diterapkan di rumah Pins.

Tidak hanya itu, Pins bisa menggunakan plafon kayu untuk desain yang sederhana pada suatu ruangan. Simak contoh model plafon rumah minimalis yang bisa kamu terapkan di sini!

Baca juga: 8 Merk Cat Lisplang yang Bagus Dipakai

Apa Itu Plafon?

(iStockphoto)

Langit-langit ruangan atau sering di sebut plafon adalah salah satu tambahan pada bangunan sebagai pelengkap dan juga sebagai pembatas antara ruangan dengan atap. Fungsi utamanya adalah supaya ruangan kelihatan bersih dan juga rapi.

Plafon adalah salah satu aspek yang sangat di perhatikan sebagai salah satu faktor keindahan dan kerapian suatu interior dari bangunan. Langit-langit dapat di buat dari beberapa macam dan dengan model yang di sukai oleh penghuni rumah tersebut. Mulai dari langit-langit kayu, grc, gypsum, eternit, anyaman bamboo, bahkan bisa menggunakan triplek.

Bahan gypsum saat ini paling sering digunakan pada bangunan, karena dari bahan ini hasilnya lebih bagus dan lebih rapi. Selain itu bahan gypsum dapat lebih mudah digunakan atau di buat variasi-variasi seperti drop ceiling, ceiling up dan sebagainya.

Baca juga: 

Model Plafon Rumah Minimalis

Setelah Mengetahui apa itu plafon rumah minimalis, inilah beberapa desain dan model plafon rumah minimalis terkini dan keren!

Desain Plafon Kontras

(IDN Times)

Pins dapat meningkatkan ruang tamu yang rumit dengan iluminasi cantik dan menciptakan ilusi langit-langit yang lebih tinggi. Desain ini terkesan modern dan elegan dengan cahaya alami yang menghiasi ruang sepanjang hari.

Baca juga: 

Plafon untuk Dapur

(Indonesia Kuno)

Desain plafon dapur minimalis harus eye-catching dan cemerlang. Lampu spot sangat ideal untuk meningkatkan dekorasi dan tata letak dapur, terlepas dari ukurannya. Sementara itu, lampu utama yang terletak tepat di atas area memasak sangat cocok untuk sesi memasak.

Plafon Kayu yang Elegan

(Bonarpi)

Bagi kamu yang ingin menampilkan sisi hangat dari rumah minimalis bisa memanfaatkan bahan kayu. Kamu bisa menggunakan balok kayu sebagai desain plafon sederhana dengan elemen dekorasi chic.

Plafon Unik Anti Mainstream

(Bonarpi)

Desain plafon Rumah minimalis yang tidak biasa termasuk berbagai warna, nuansa, dan bahan ke dalam desain Pins. Perbaiki kayu atau polystyrene ke dalam dekorasi dan Pins akan melengkapi detail yang diinginkan dengan sempurna.

Baca juga: 

Plafon dengan Sentuhan Romantis

(Desain Kanopi Topi)

Gunakan arsitektur yang ada untuk menciptakan elemen romantis di ruang tamu Pins. Panel gantung rendah adalah trik desain plafon yang sederhana, tetapi dapat menambahkan desain yang bagus untuk ruangan, terutama ketika dipasangkan dengan pencahayaan yang brilian.

Plafon dengan Warna-warna Cerah

(Ubucawyn)

Bagi Pins yang ingin rumah minimalis tampak dramatis dan semarak bisa menggunakan desain plafon dengan warna cerah. Ide ini cocok untuk interior yang luas. Dengan begitu, kamu tidak merasa dibatasi pada skema warna, termasuk memilih warna pastel, nih.

Plafon Ornamen

(Hipwee)

Jika desain klasik lebih sesuai dengan Pins, lampu gantung yang menakjubkan pasti akan menjadi pusat perhatian di langit-langit Pins.

Desain Plafon Agung

(Sipeti.co.id)

Inilah satu lagi dari ide-ide plafon rumah minimalis yang glamor untuk kamar tidur yang brilian. Lampu besar ini meningkatkan romansa, kemewahan, dan keanggunan di langit-langit kamar. Ini adalah pilihan dekorasi kuno untuk sebuah rumah mewah dan mewah dengan barang antik.

Plafon dengan Pesona pantai

(Contemporist.com)

Kamar mandi perlu membangkitkan kenyamanan, relaksasi dan perhatian terhadap detail. Ini adalah sesuatu desain plafon yang harus di pertimbangkan karena memiliki nuansa biru seperti laut. Pins bisa memilih warna plafon yang mirip dengan lautan dan mencerminkan warna lantai.

Plafon Minimalis

(Pinterest)

Desain plafon yang satu ini sangat sederhana memiliki penampilan modern, namun minimalis. Ide ini cocok untuk ruang tamu kontemporer dengan furnitur berwarna terang dan penuh dengan cahaya alami.

Geometris yang Menciptakan Keanggunan

(Rumah.com)

Menemukan keseimbangan sempurna antara elemen dekoratif ruangan adalah tantangan selanjutnya bagi seorang arsitek dan desainer. Pins bisa membayangkan rumah dengan model plafon dengan pengaruh Maroko dan Spanyol di langit-langit kayu yang geometris dan meriah ini.

Plafon Baki (Tray Plafon)

(Masbadar.com)

Di sisi lain dari perapian, ruang makan menafsirkan tema yang sama. Dengan lampu-lampu yang melingkari langit-langit nampan, makan malam menjadi penglaman yang bukan hanya sekedar makan saja.

Jenis kayu yang berbeda di ruang tamu digunakan di sini untuk menciptakan koneksi ke sisa dekorasi ruangan lainya.

Baca juga:

Desain Plafon Bergelombang

(Masbadar.com)

Ruang tamu adalah contoh lain dari garis langit-langit bergelombang. Palet warna dan teknik pencahayaan ini dapat membantu Pins mencapai tampilan canggih tanpa terlalu flamboyan tentang garis \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”tidak lurus\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” Pins. Ada garis tipis antara kitsch dan ini akan tampak keren.

Desain Plafon Mewah dan Modern

(Masbadar.com)

Dikelilingi oleh pelapis emas glamor, tempat tidur yang gelap tampak memikat di ruang elegan ini. Menggunakan tekstur yang kaya dan memiliki desain plafon yang begitu mewah.

Desain plafon yang menggunakan pilihan bahan dan warna yang sederhana. Namun, desain ini bisa menciptakan rasa relaksasi mewah yang mendalam.

Baca juga:

Desain Plafon Metalik

(Pinterest)

Jika kesederhanaan adalah sesuatu yang Pins sukai dan membutuhkan detail yang flamboyan untuk melengkapi ruang, membuat langit-langit pop adalah cara yang tepat.

Tempat tinggal Carcary, memamerkan langit-langit timah yang terbukti sulit dipasang: Pemilik rumah menempatkan setiap elemen secara individual dengan tangan.

Desain Plafon Geometri Menakjubkan

(Masbadar.com)

Desain plafon geometri ini sangat menakjubkan, perpaduan bentuk plafon dan lampu yang begitu elegan. Ruang makan dengan warna cat yang begitu santai ini memberikan efek pencahayaan yang sangat cocok dengan konsep geometri ini.

Baca juga:

Plafon Elegan

(Content.co.id)

Bila ingin menambah kesan elegan di ruang makan, Pins bisa mencoba plafon rumah minimalis geometris. Desain ini akan menciptakan nuansa aristokrasi dalam potongan furnitur, garis desain, hingga bahan dan warna yang dimiliki. Plafon ini juga memberikan suasana yang nyaman ketika makan bersama keluarga.

Desain Plafon Penuh Warna

(Rumarumi)

Kenikmatan visual adalah ketika warna memenuhi bentuk dan tekstur dalam koordinasi yang sangat indah, seperti pada contoh di atas. Ruang ini mewujudkan pesona dari lantai ke langit-langit.

Apakah Pins akan senang untuk melihat dan melihat ubin plafon metalik bermotif indah yang mencerminkan ruang tamu Pins? Warna-warna cerah yang menyenangkan dicampur dengan dinding abu-abu dan pencahayaan yang bagus dapat melakukan trik ini.

Di Bawah Plafon Baki Beton

(Jatibagus)

Bahkan kamar tidur yang dibayangkan rumah yang sama seperti di atas menampilkan langit-langit baki beton dengan pencahayaan tersembunyi. Desain langit-langit ini melengkapi palet warna yang dipilih untuk penggunaan sebagian besar pemilik ruang pada malam hari.

Baca juga:

Plafon PVC

(Masbadar.com)

Untuk pemasangan jenis plafon PVC (polyvinyl chloride) memang tidak semudah asbes maupun gypsum. Plafon jenis PVC memerlukan penahan dari bahan besi maupun aluminium untuk menopang material PVC itu sendiri.

Model plafon rumah minimalis PVC menghasilkan kesan mewah dan membuat udara di dalamnya terasa lebih sejuk. Tidak heran banyak yang memakainya sebagai plafon di dalam tempat ibadah.

Plafon Hitam Putih

(Grid.id)

Untuk model platform rumah hitam putih memang identik dengan desain rumah minimalis. Model abstrak kekinian cocok untuk Pins yang milenial dan tidak menyukai plafon ramai.

Kesan luas dan kosong menjadikan ruang demi ruang di rumah Pins terasa lebih cerah dan menarik. Ini menjadi pilihan populer untuk kamar di rumah minimalis.

Plafon Rumah Wallpaper HD

(Masgordyn)

Bagi Pins yang suka dengan hal-hal yang menarik dan unik, Pins dapat mencoba desain model plafon rumah minimalis satu ini. Model wallpaper HD yang terkesan hidup, membuat suasana rumah Pins lebih ramai dan tidak bosan.

Pins dapat memilih gambar yang sesuai dengan hal yang Pins sukai. Seperti desain rumah berada di dalam hutan, langit biru yang segar, maupun luar angkasa. Seru sekali, bukan?

Baca juga:

Plafon Industrial

(Linetoday)

Selanjutnya, ada model plafon rumah gaya anak zaman sekarang, yaitu industrial. Tema rumah seperti ini tak dimakan oleh waktu lho, Pins. Maksudnya adalah Pins tidak perlu khawatir ketinggalan zaman.

Bagaimana tidak, desain abstrak industrial memunculkan kesan artsy yang sedap dipandang mata. Seperti plafon rumah diatas, apa Pins tertarik?

Plafon Glow in The Dark

(Pinterest)

Siapa sih yang tidak menyukai langit-langit rumah yang nyaman? Untuk Pins yang menyukai kamar dengan desain yang sendu dan unik, coba bisa memakai model plafon sederhana dari gypsum yang dihias dengan stiker glow in the dark.

Model plafon rumah minimalis rumah glow in the dark, memang cocok untuk ruangan tidur kamar Pins. Lihat suasana yang terbangun, menarik sekali ya Pins!

Plafon Minimalis GRC

(Masbadar.com)

Untuk Pins yang menyukai era rumah kerajaan dengan desain mewah, model plafon sederhana berbahan GRC bisa jadi pilihan. GRC (glass fiber reinforced concreted) merupakan jenis beton bertulang yang ringan dan sudah digunakan sejak 1940an.

Plafon pvc kamar tidur minimalis ini dapat Pins bentuk sesuai motif kerajaan yang unik dan artsy. Putih maupun warna gading menjadi favorit para pecinta rumah elegan dan klasik tetapi tetap terkesan minimalis.

Baca juga:

Plafon Kaca Minimalis

(Masbadar.com)

Selanjutnya ada model paling dicari nih untuk Pins yang milenial, yaitu model plafon sederhana kaca minimalis. Pins dapat dengan leluasa melihat hari yang cerah atau gelap di dalam rumah Pins. Plafon kaca dapat dipadu padankan dengan bahan gypsum maupun plafon GVC.

Lihat deh suasana rumah Pins bila menggunakan plafon kaca, sejuk sekali bukan? Hal terpenting, kamu harus pintar memilih jenis kaca yang tepat untuk langit-langit rumah.

Plafon Dengan Lampu yang Dominan

(Himalaya Abadi)

Untuk Pins yang kreatif dan memilih lampu sebagai tokoh utama dalam desain ruangan. Pins dapat mencuri ide model plafon sederhana untuk rumah diatas. Dengan perbandingan 1: 8 antara plafon gypsum dan lampu membuat ruangan santai Pins semakin cerah. Apalagi dengan desain tembok artsy putih seperti pada contoh diatas. Benar-benar ruangan impian bukan Pins?

Jika ingin meningkatkan kreativitas, Pins bisa memilih lampu sebagai tokoh utama desain ruangan. Coba deh pakai perbandingan 1:8 plafon gypsum dan lampu agar ruangan santai semakin cerah. Desain ini biasanya cocok untuk rumah bergaya minimalis yang didominasi oleh warna putih.

Model Minimalis yang Hangat

(Rumahlia)

Plafon gypsum satu ini umum digunakan dengan permainan lampu sebagai penghias. Model plafon sederhana menjorok ke dalam seperti ini sangat mudah dibuat dan menciptakan kesan menarik dalam sebuah ruangan. Dengan perpaduan lampu tembak dan neon, ruang tamu Pins akan terasa luas.

Plafon Warna Pastel

(Tribun Jual Beli)

Desain ruangan kamar Pins mempunyai desain warna pastel yang lembut? Tenang saja, model plafon rumah minimalis dengan aksen warna pastel dapat Pins coba. Dipadupadankan dengan lampu-lampu warna putih terang, suasana kamar Pins akan terasa lembut dan manis.

Model Plafon Sederhana Bergelombang

(Archdaily.com)

Selain model plafon rumah minimalis, model atap langit bergelombang juga bisa menjadi salah satu ide ruangan rumah Pins. Gelombangnya pun juga dapat diatur sesuai dengan keinginanmu, Pins.

Tips Membuat Plafon Rumah Minimalis

(Brandskyltd)

Untuk Pins yang ingin hasil maksimal, Pins bisa menerapkan tips membuat plafon di bawah ini agar lebih apik dan menarik.

Siapkan Bahan-bahan yang Berkualitas

Tips membuat plafon rumah minimalis pertama adalah menyiapkan bahan bangunan yang akan digunakan. Belilah bahan atau material bangunan untuk membuat plafon di toko bangunan di sekitar rumah.

Bahan-bahan bangunan yang perlu dipersiapkan seperti plafon atau internit yang memiliki bahan seperti plywood, fiberglass, plafond gypsum, dan lain sebagainya.

Sebagai bahan pelengkap, beli juga paku, paku plafon, kayu, cat, dan lain sebaginya. Setelah mempersiapkan bahan-bahannya, persiapkan juga alat bangunan yang akan digunakan untuk membangun plafon seperti palu, gergaji, dan lain-lain.

Peralatan yang perlu Pins siapkan dalam pemasangan plamir plafon adalah cornice, besi, skrap plastik, dan ember kecil yang berisikan air bersih yang cukup. Alat-alat tersebut akan berguna pada saat Pins memasang plamir, jadi pastikan semua tersedia ya. 

Baca juga: 

Perhatikan Cara Membuat Plafon Rumah Minimalis

Langkah kedua untuk memasang plafon adalah mempersiapkan potongan-potongan kayu untuk plafon. Kayu-kayu tersebut seharusnya cukup untuk sebuah kerangka plafon. Contohnya saja, ruangan 12 meter2 atau ruangan 3 x 4 membutuhkan potongan kayu sekitar 40 meter.

Dibutuhkan pula pijakan kaki saat akan memasang plafon yang biasanya membutuhkan potongan kayu sekitar 20 meter. Sebelum memasang plafon, terlebih dahulu buat pijakan kaki yang bisa digunakan saat memasang plafon.

Buatlah pijakan kaki yang tingginya sekitar satu atau 1,5 meter. Jika pijatan kaki sudah selesai, maka tinggal memasang balok kayu plafon di ke empat sisi ruangan dan memasang kerangka berbentuk persegi sebagai tempat menempelnya internit atau plafon. Perlu diingat bahwa untuk memaku plafon gunakan paku plafon yang biasanya berbentuk lebih lebar dan pipih di bagian ujungnya.

Cek Lagi saat Finishing Plafon

Proses terakhir dalam mebuat plafon rumah minimalis adalah proses finishing. Pada tahap ini plafon rumah sudah terpasang dengan baik dengan menambal celah antara 1 plafon atau internit dengan lainnya.

Pins bisa menggunakan adonan semen yang dicampur gamping untuk menambal. Setelah plafon kering, cat dengan warna yang sesuai tema atau desain rumah agar lebih cantik dan menarik.

Memastikan Plafon Sudah Rampung 

Langkah pertama dalam proses pemasangan plamir Pins perlu memastikan semua papan gypsum sudah terpasang dengan rapi dan baik di langit-langit ruangan. Periksa kembali semua permukaan papan gypsum apakah sudah melekat secara sempurna dengan sekrup. Jika sudah Pins dapat melanjutkan proses pemasangan plamir pada plafon. 

Baca juga: 

Proses Plamir

Setelah semua keadaan plafon dicek dengan baik dan alat-alat sudah tersedia lengkap, saatnya Pins memulai proses plamir pada plafon rumah. Pertama Pins tentukan bagian yang mana yang terlebih dahulu Pins ingin ratakan. Gunakan tangga lipat agar mudah menggapai plafon. Pastikan juga Pins sudah membuat alas lantai dari koran-koran bekas agar menghindari plamir yang tumpah mengotori lantai.

Pada tahap ini, Pins perlu mengeluarkan semua kemampuan dan keterampilan agar menghasilkan plafon yang rapi. Pins oleskan adonan plamir pada plafon dengan gerakan menarik. Gunakan plamir secukupnya tidak perlu tebal-tebal supaya plamir merata dengan baik.

Setelah dioleskan pada permukaan yang ingin diratakan, tunggu beberapa saat hingga kering. Lalu Pins lanjutkan oleskan plamir pada bagian sambungan-sambungan antara plafon supaya terlihat rapi. 

Proses Finishing

Setelah semua bagian plafon yang tidak rata dioleskan adonan plamir, Pins pastikan tidak ada yang tertinggal. Untuk mengecek seberapa rata lapisan plamir Pins gunakan scrap plastik yang sudah tersedia. Caranya letakkan scrap plastik di antara sambungan plafon. 

Jika hasilnya terlihat cerah Pins lakukan kembali olesan plamir pada sambungan hingga celah pada scrap plastik menghilang dan tidak kelihatan. Untuk hasil yang maksimal Pins dapat mengulangi semua proses tersebut hingga 3 sampai 4 kali lapisan. Setelah semua selesai, Pins dapat menambahkan cat jika ingin memberikan warna pada plafon rumah. 

Apa masih bingung memilih plafon rumah minimalis yang sesuai dengan karakter Pins? Model plafon sederhana di atas dapat Pins jadikan ide menarik untuk desain plafon rumah minimalis milik Pins. Selain model, Pins pun harus pintar memilih bahan yang tepat ya untuk model plafon ruangan.

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia