BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Model Rumah Klasik Indonesia
0
0

15 Inspirasi Model Rumah Klasik Indonesia

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 16, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
12 Inspirasi Model Rumah Klasik Indonesiatop-right-banner

Rumah klasik memang memiliki daya tarik yang tidak terbantahkan di Indonesia maupun di negara lainnya. Walau saat ini desain rumah modern menjadi pemenang, seperti rumah Villa Jatiluhur, pesona rumah klasik masih tetap eksis. Tidak mengherankan bila harga rumah dengan desain klasik ini cenderung mahal ketika ada seseorang yang memasarkan iklan jual properti mereka.

Bahkan, di Indonesia, rumah klasik menjadi bukti kemegahan sejarah dan seni arsitektur Nusantara, lho. Pins mungkin kerap melihat rumah seken di Jakarta Pusat dengan desain atau fasad rumah ini. Penasaran bagaimana model rumah klasik di Indonesia? Ini ulasan lengkapnya!

Inspirasi Model Rumah Klasik Indonesia

Umumnya, arsitektur klasik memiliki ciri khas yang mudah dikenali. Bangunan ini sering menggunakan ornamen artistik, detail yang rumit, dan proporsi yang seimbang. Keselarasan antara elemen-elemen arsitektur adalah salah satu ciri paling menonjol dari rumah klasik. Begini lebih lengkapnya.

Baca juga: 10 Model Desain Pagar Rumah Klasik Eropa yang Megah

1. Rumah klasik bergaya Mediterania

Source : Pinterest

Mediterania menjadi konsep rumah klasik yang banyak peminatnya, tak terkecuali di Indonesia. Sebab, tampilannya sangat elegan dan mewah, membuat siapa saja tidak akan mampu berpaling. 

Konsep rumah klasik Mediterania memiliki pagar tinggi, pilar berukuran besar, dan ornamen yang cukup rumit. Lampu-lampu gantung mewah juga menjadi ornamen yang selalu ada pada hunian dengan konsep ini. 

2. Rumah klasik Indonesia lantai 1

Source : Pinterest

Rumah yang bernuansa klasik tidak harus memiliki lantai 2 atau lebih. Hunian 1 lantai juga sudah bisa kamu rancang dengan cantik menggunakan konsep ini. Tetap, kamu bisa memberikan pilar penyangga pada bagian muka. Tambahkan tangga pada sisi depan, juga jendela besar dan lampu gantung untuk membuat tampilannya semakin menawan. 

3. Model rumah klasik Indonesia lantai 2

Source : Pinterest

Sementara itu, untuk rumah 2 lantai, pastinya mengusung konsep rumah klasik menjadi lebih mudah. Kamu dapat membuat rumah dengan dua sisi, berikan pilar besar untuk setiap sisinya. 

Rumah klasik dengan dua lantai umumnya juga memiliki balkon pada beberapa sisinya, terutama area kamar tidur dan pintu lantai atas. Beberapa jenis rumah juga memiliki kubah pada puncaknya. 

Baca juga: 15 Desain Rumah Ala Amerika Klasik

4. Hunian klasik khas Jawa

Source : Pinterest

Kalau ingin memiliki rumah klasik yang indah dan tidak lekang oleh waktu, model Jawa sudah pasti menjadi pilihan terbaik. Konsep ini sebenarnya lebih pas untuk rumah yang berada pada lokasi yang cukup dingin meski di Indonesia. 

Meski begitu, tidak ada salahnya juga mencoba menerapkannya pada hunian yang berada di kawasan lebih panas. Rumah klasik khas Jawa biasanya memiliki bentuk semipanggung dengan gazebo atau pendopo. 

Sementara bagian atap model trapesium juga menjadi ciri khas lain pada rumah klasik Joglo khas Jawa. Adanya tiang penyangga pada beberapa sisi, atau memiliki sebutan soko, turut menjadi pelengkap.

5. Rumah klasik yang minimalis

Source : Pinterest

Sebenarnya, rumah yang klasik juga tidak selalu harus punya lahan yang luas, Pins. Meski lahan yang kamu punya terbatas, kamu tetap bisa membangun rumah klasik minimalis dan sederhana yang sangat apik. 

Sebagai ganti pagar, kamu bisa membuat area tersebut menjadi taman memanjang. Agar terkesan luas, kamu dapat menggunakan pintu dua bukaan klasik yang agak tinggi dengan jendela tinggi pada samping kiri dan kanan.

Jangan lupa, pilar penyangga, dan atap berbentuk segitiga yang memiliki banyak ukiran pada bagian atap, juga pada sisi atas jendela luar. 

6. Rumah klasik dan modern

Source : Pinterest

Memiliki rumah klasik yang berpadu dengan nuansa modern juga bisa, Pins. Kamu tidak harus meninggalkan kesan klasik, karena kombinasi keduanya akan menghasilkan desain hunian yang sangat artistik. Sebagai rekomendasi, kamu bisa gunakan konsep hunian kontemporer. 

Pilih warna putih pada bagian kusen akan meningkatkan kesan klasik pada hunian. Lalu, pada area balkon lantai dua, gunakan material besi berwarna emas dengan ukiran yang semakin menonjolkan perpaduan kedua gaya tersebut. Jangan lupa, pilih material kayu jati untuk pintu dan kusen.

Baca juga: 8 Desain Interior Rumah Klasik Paling Cantik

7. Rumah klasik elegan dan mewah

Source : Pinterest

Kemudian, rumah klasik Indonesia yang bernuansa elegan dan mewah. Ciri khasnya sangat mudah kamu kenali, Pins. Rumah model ini biasanya menggunakan warna putih pastel, sedangkan bagian atapnya bisa menggunakan coklat atau biru. Kombinasi dua warna ini mampu menghadirkan kesan rumah mewah yang kental. 

Supaya lebih mempertegas sentuhan khas klasik pada rumah, berikan railing pada bagian beranda rumah dan balkon atas. Pilih model yang indah dan warna-warna gelap untuk memancarkan kesan hunian yang lebih elegan.

8. Hunian klasik Indonesia yang estetik

Source : Pinterest

Mendesain rumah klasik tentu ada alasannya, Pins. Salah satunya adalah rumah dengan gaya satu ini memang tampak abadi dan tidak usang meski zaman berkembang pesat dan lebih modern. 

Terlebih lagi, rumah klasik sebenarnya bisa kamu padukan dengan konsep lainnya untuk menampilkan keindahan pada hunian. Kamu hanya perlu cermat untuk memilih material yang tepat, warna cat rumah yang sesuai, dan pastinya fitur serta ornamen yang membuat rumah terlihat klasik estetik yang sempurna. 

9. Rumah klasik era pertengahan

Source : Pinterest

Tertarik dengan nuansa klasik khas abad pertengahan? Coba terapkan, yuk! Kamu dapat memakai material panel kayu untuk bagian dinding, berikan sentuhan warna gelap. Agar terlihat lebih modern, pilih kusen dari bahan aluminium dengan warna yang sama. 

Selanjutnya, untuk menegaskan nuansa abad pertengahan, berikan kombinasi berupa pintu dari kayu maple dengan warna agak kemerahan. 

Baca juga: 10 Desain Rumah Antik Sederhana dengan Sentuhan Modern

10. Rumah klasik khas pedesaan

Source : Pinterest

Ada banyak inspirasi hunian klasik Indonesia yang dapat kamu jadikan pedoman, Pins. Salah satunya adalah konsep rumah klasik khas pedesaan. Desain untuk konsep ini cukup sederhana untuk rumah 1 lantai. Pilih cat dengan warna pastel, dan supaya semakin menarik, kamu bisa membuat aksen melengkung pada bagian dinding foyer-nya

11. Hunian klasik bergaya Prancis

Source : Pinterest

Punya cukup modal untuk mendesain hunian klasik sendiri? Jangan sampai kamu melewatkan inspirasi model rumah klasik Indonesia satu ini, Pins. Tanah luas menjadi kunci lain untuk membuat rumah klasik ala Perancis. Biasanya, hunian dengan konsep ini memiliki area balkon yang cukup luas dengan gaya Eropanya yang sangat khas.

12. Rumah klasik era kolonial

rumah klasik indonesia
Source : Popmama

Rumah klasik era Kolonial di Indonesia memiliki ciri khas arsitektur yang dipengaruhi oleh gaya Eropa pada masa penjajahan Belanda. Rumah ini biasanya memiliki atap yang curam, dinding yang kokoh dengan sentuhan ornamen artistik, serta jendela dan pintu yang besar.

Di dalamnya, terdapat ruang-ruang yang luas dengan langit-langit tinggi dan sering kali terdapat kolam atau taman di halaman depan. Beberapa kawasan di Indonesia yang masih memiliki rumah klasik era Kolonial adalah Kota Tua di Jakarta, Kota Lama di Semarang, dan beberapa daerah di Jawa dan Sumatera.

Baca juga: 10 Desain Rumah Klasik Eropa 1 Lantai yang Mewah

13. Rumah klasik atap limas

Berbeda dengan rumah pada umumnya, rumah klasik dengan atap limas memiliki atap berbentuk segitiga yang curam dan bertumpu pada lima sisi bangunan. Gaya arsitektur ini banyak ditemui dalam rumah-rumah tradisional Jawa dan Bali.

Keunggulan dari atap limas adalah kemampuannya dalam menjaga sirkulasi udara yang baik dan melindungi dari panas matahari serta hujan. Selain itu, atap limas memberikan nilai estetika dan identitas budaya yang khas pada rumah-rumah di Indonesia.

14. Rumah klasik ala Portugis

Source : Pinterest

Rumah klasik ala Portugis di Indonesia memiliki karakteristik yang mencerminkan pengaruh arsitektur kolonial Portugis, terutama di daerah seperti Malaka dan Ternate. Ciri khasnya meliputi penggunaan material bangunan yang kuat seperti batu bata dan kayu, atap yang curam dengan genteng keramik, serta jendela besar dengan kerangka kayu.

Material bangunan ini berfungsi mengoptimalkan sirkulasi udara. Keunggulan dari gaya rumah ini adalah keindahan estetika yang unik, serta perpaduan elemen-elemen arsitektur yang menciptakan nuansa historis dan eksotis.

15. Rumah klasik abad pertengahan

rumah klasik indonesia
Source : Indonesia Travel

Bila ingin melihat gaya arsitektur rumah zaman dulu dengan sentuhan lokal, rumah klasik abad pertengahan menjadi jawaban yang tepat. Ciri khas desain rumah ini memakai kayu sebagai bahan utama, atap yang curam dengan genteng keramik atau ijuk, serta detail ukiran yang rumit pada tiang dan dinding.

Daya tarik dari rumah klasik abad pertengahan ini terletak pada kesan klasik yang mengingatkan pada masa lalu, serta keaslian desain yang mencerminkan budaya dan tradisi Indonesia yang kaya.

Itu tadi beberapa rekomendasi model rumah klasik di Indonesia yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk merancang rumah klasik impianmu sendiri. Jadi, mana desain yang membuat kamu tertarik dan ingin mencobanya, Pins?

Baca juga: Desain Model Jendela Rumah Klasik untuk Hunianmu

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, The Mutiara Lagoon dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download