BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Rumah Bali dan Ciri Khasnya yang Buat Tenang
0
0

5 Desain Rumah Bali dan Ciri Khasnya yang Buat Tenang

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 3, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Menginginkan rumah berkonsep budaya tradisional yang dapat bersanding dengan rumah modern saat ini? Rumah berarsitektur khas Bali adalah jawabannya! Dibalik keindahan dan keunikan desain rumah khas Bali, terdapat filosofis yang sangat kental dengan kehidupan kita. Simak desain tersebut di artikel ini!

Kamu dapat mencari rumah dengan arsitektur khas Bali di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung Kamu juga dapat bekerja sama dengan arsitek untuk mewujudkan rumah bergaya Bali Kamu di Rumah Ekslusif.

5 Desain Rumah Bali dan Ciri Khasnya

Desain rumah Bali kini menjadi desain yang diikuti oleh banyak orang, karena modelnya yang unik dan sangat kental menggambarkan budayanya. Kesan tradisional rumah Bali tidak dihilangkan oleh kebanyakan orang saat membangun rumah mereka, kesan tradisional ini diperpadukan dengan konsep rumah modern saat ini. Desain arsitektur khas Bali membawa ciri khas nilai budaya keagamaan Hindu.

Kesan tradisional tetap dipertahankan karena dari orisinalitas ini memberikan suatu filosofis yang menggambarkan kepentingan kehidupan manusia kepada tuhan, alam, dan manusia lainnya. Orang lain yang melihat rumah Kamu bergaya Bali, pasti mereka dapat langsung menebaknya, karena keunikan ciri khas rumah Bali itu sendiri.

Perpaduan rumah modern dengan gaya tradisional khas Bali menghasilkan adopsi rumah-rumah yang memiliki gapura seperti candi sebagai pintu masuk atau pagarnya, banyak bangunan yang terpisah sesuai fungsi karena nilai Tri Hita Karana, bangunan membentuk persegi atau persegi panjang, patung dari batu alam yang berukir, dan penggunaan material alam.

Arsitektur Bali mengandung prinsip Tri Hita Karana, sesuai dengan namanya “Tri” prinsip ini menurunkan tiga aspek, yaitu Parahyangan, Palemahan, dan Pawongan. Parahyangan bermakna hubungan kita dengan tuhan, lalu Palemahan bermakna hubungan kita dengan alam sekitar, dan terakhir Pawongan bermakna hubungan kita dengan orang lain. Itulah mengapa bangunan bernuansa khas Bali memiliki tempat beribadah, bermaterial dari alam, dan memiliki tempat untuk menghabiskan waktu dengan sesama.

Berikut ini beberapa desain rumah Bali dan ciri khasnya yang dapat Kamu jadikan referensi pembangunan rumahmu:

1. Desain Rumah Bali Bergaya Tradisional

desain rumah bali
Source : iStock

Desain pertama dari rumah Bali yang dapat Kamu ikuti adalah menonjolkan gaya tradisionalnya. Dapat dilihat, rumah ini dibangun dengan memanfaatkan bahan alam seperti kayu dan batu bata. Penggunaan bahan alami tersebut semakin memperkuat aspek palemahan yang diyakini oleh masyarakat Hindu.

Lalu berbicara mengenai aspek palemahan pada prinsip Tri Hita Karana, rumah ini ramaikan dengan pepohonan dan tanaman-tanaman yang menambah keasrian rumah khas Bali ini. Ciri khas rumah Bali selanjutnya adalah bangunan atau ruang-ruangan dibuat secara terpisah dan disesuaikan fungsinya, pemisahan tersebut dapat Kamu lihat pada rumah di atas.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Villa Bali Yang Nyaman Dan Asri

2. Rumah Semi Minimalis Khas Bali

desain rumah bali
Source : iStock

Rumah kedua yang dapat Kamu jadikan referensi dalam mendesain rumah Bali Kamu adalah rumah bergaya semi modern khas Bali. Rumah Bali selalu mengkonsepkan rumahnya menjadi terbuka, agar pencahayaan dan sirkulasi udara dapat leluasa bebas memasuki. Tentunya rumah Kamu menjadi sejuk dan menyegarkan. Kamu dapat mengetahui juga desain rumah desa paling sejuk dan nyaman.

Agar pemilik selalu merasa dekat dengan alam, penambahan tumbuhan-tumbuhan dan pepohonan memenuhi pekarangan dan balkon rumah. Lalu, penambahan elemen kayu sebagai pilar-pilar atau tiang menambahkan rumah yang terkesan tradisional.

3. Rumah Bali Berkonsep Modern

desain rumah bali
Source : iStock

Desain rumah selanjutnya sudah menjadi sebuah rumah modern yang jauh dari tradisional, namun saat melihatnya Kamu pasti akan teringat bahwa rumah ini mengusung tema rumah khas Bali, betul kan! Secara bangunan tetap mengikuti ciri khas rumah Bali, yaitu bangunannya dibuat terpisah-terpisah. Jadi jangan heran jika masuk ke rumah khas Bali banyak sekali sekat dan bangunannya!

Terdapat gazebo yang dalam bahasa Bali disebut dengan Bale sekapat. Bale sekapat ini dipergunakan untuk tempat keluarga berkumpul untuk menghabiskan waktu bersama. Tidak lupa juga penambahan tanaman-tanaman untuk menciptakan sifat asri dan alami di rumah tersebut. Dikarenakan kita tinggal di Indonesia yang beriklim tropis, cobalah desain rumah tropis minimalis yang paling nyaman.

4. Rumah Khas Bali dengan Angkul-Angkul

desain rumah bali
Source : iStock

Selanjutnya desain rumah khas Bali keempat, menggunakan desain pintu masuk yang dibangun seperti bangunan candi. Sebutan angkul-angkul yang diberikan masyarakat Bali, merujuk pada bangunan pintu masuk ke dalam rumah yang megah dan sakral. Anggul-anggul dibentuk dengan memiliki atap dan ukiran-ukiran Hindu. Kamu juga bisa memanfaatkan ini sebagai pagar Kamu Pins agar mengandung nilai tradisional.

Jika ingin membangun rumah yang berbahan alami lainnya, Kamu dapat mengetahui desain rumah bambu sederhana yang nyaman loh.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 9 Bagian Rumah Adat Bali dengan Fungsinya!

5. Rumah Khas Bali Bertema Terbuka

desain rumah bali
Source : iStock

Rumah Bali yang menjadi urutan terakhir ini berdesain terbuka dan memiliki halaman yang luas. Ciri khas rumah Bali memiliki halaman luas di bagian depan ataupun belakangnya, bahkan bisa di keduanya. Menurut masyarakat Bali, memiliki halaman yang luas akan menciptakan keharmonisan bagi anggota keluarga di rumah.

Model rumah tersebut juga memiliki ruang keterbukaan tanpa sekat kaca atau tembok. Selain keterbukaan, tumbuhan-tumbuhan yang ada di halaman menciptakan keasrian yang dapat dirasakan kesejukannya hanya dengan melihat. Terdapat juga unsur kayu dan bebatuan untuk menggambarkan aspek rumah yang bernuansa alami.

Itulah beberapa desain rumah bali dan ciri khasnya untuk membantu Pins menentukan desain yang tepat dalam pembangunan rumahmu. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menjadi referensi Kamu!

Baca juga: Inspirasi dalam Membuat Desain Kamar Mandi Terbuka Ala Bali

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download