9 Desain Rumah Tropis Minimalis Paling Nyaman

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ November 28, 2022 ∙ 8 menit membaca

Rumah tropis minimalis merupakan jenis desain yang cocok dengan kondisi di wilayah tropis. Seperti yang Pins ketahui bahwa salah satu resiko tinggal di negara beriklim tropis adalah mendapatkan paparan sinar matahari berlebih serta tingkat kelembaban yang tinggi dengan curah hujan yang tinggi pula. Akibatnya, rumah bisa terasa gerah pada waktu siang hari terlebi bila musim kemarau tiba.

Tidak mengherankan hal tersebut mendorong sebagian besar orang melengkapi rumah mereka dengan Air Conditioner (AC). Hanya saja, hal ini juga bukan menjadi solusi jangka panjang karena AC dapat memboroskan listrik.

Baca juga: 

Rumah Lebih Sejuk Dengan Desain Rumah Tropis

Agar rumah tinggal di negara beriklim tropis tetap terasa nyaman sekalipun tidak dilengkapi dengan AC, desain rumah tropis minimalis adalah jawabannya. Saat ini, desain rumah tropis minimalis memang menjadi trend. Konsep yang diusung adalah rumah yang dibuat seefisien mungkin dengan menyesuaikan bentuk bangunan serta fungsinya.

(Shutterstock)

Desain rumah tropis minimalis tetap mampu menghadirkan kenyamanan bagi seluruh penghuni rumah. Sebab, desain rumah tropis minimalis dibuat sedemikian rupa sehingga mampu mencegah sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu furnitur dan aksesoris rumah dijamin tidak lekas rusak karena tidak terpapar sinar matahari langsung. 

Baca juga: Inilah Kombinasi Cat Rumah Warna Kuning Terhits Saat Ini!

Ciri-Ciri Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Sebelum mengetahui tips mendesain rumah tropis minimalis, kamu harus memahami terlebih dahulu karakteristik dari rumah-rumah yang ada di kawasan tropis. Ciri-ciri desain rumah tropis minimalis modern tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Rumah iklim tropis memiliki atap yang lebih tinggi dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Atap ini berfungsi untuk mengurangi hawa panas yang masuk dari atap kedalam rumah.
  • Rumah iklim tropis umumnya mempunyai bentuk overstek atap yang cukup besar untuk mencegah hawa panas masuk secara berlebih ke dalam rumah. Selain itu juga untuk mengurangi dan melindungi dari hujan yang disertai angin supaya suasana di dalam rumah juga tetap aman.
  • Rumah iklim tropis umumnya memiliki bentuk overstek atap cukup besar.  Dengan overstek atap tersebut, rumah dapat terlindungi dari hawa panas berlebihan dan hujan angin yang sangat mungkin terjadi.
  • Terakhir, rumah iklim tropis memiliki ventilasi udara yang cukup banyak dengan fungsi memperlancar pergantian udara di dalam rumah dengan baik.

Inspirasi Desain Rumah Tropis Minimalis

Pins bisa mencari beberapa inpirasi desain rumah tropis minimalis yang cocok dengan kondisi lingkungan dan selera kamu. Berikut ini beberapa desain yang bisa kamu jadikan referensi:

Desain Rumah Tropis Minimalis Plafon Tinggi

(Archify)

Rumah tropis minimalis yang akan Pins bangun bisa menggunakan plafon yang tinggi, lho. Plafon tinggi di rumah ini akan membantu sirkulasi udara agar sejuk dan memberi kenyamanan penghuninya.Selain itu, plafon tinggi ini juga akan membuat ruang-ruang di dalam rumah terkesan lega

Desain Rumah Tropis dengan Aksen Bata

(Pinterest)

Penggunaan bata di bagian-bagian rumah tropis juga bisa menjadi pilihan menarik bagi Pins. Tambahan pohon dan tanaman disekitar rumah akan menambah kesan tropis di dalam rumah kamu.

Desain Rumah Tropis dengan Batu Alam

(Nawa Karya Studio)

Batu alam bisa digunakan sebagai bagian eksterior rumah tropis. Dengan tambahan aksen kayu di beberapa bagian, rumah tropis kamu akan makin estetik. 

Baca juga: 8 Model Pagar Besi Tempa yang Bagus untuk Eksterior Rumah

Desain Rumah Tropis Atap Datar Dominan Abu-Abu

(Prospeku)

Selain putih, Pins juga bisa memanfaatkan sentuhan warna abu di rumah. Warna abu pada rumah tropis bisa memberi kesan yang hangat namun tetap elegan

Desain Rumah Tropis Minimalis dengan Konsep Kayu

(bramblefurniture)

Kayu adalah material yang cocok bila Pins ingin memberi kesan hangat di dalam rumah. Agar bagian-bagin rumah tampak estetik, Pins juga bisa menambah kayu dengan sentuhan artistik.

Baca juga: 9 Rekomendasi Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kayu

Desain Rumah Tropis Modern

(Pinterest)

Tambahkan sentuhan modern di rumah tropis kamu dengan menggunakan interior yang fungsional. Dengan konsep ini, Pins harus bisa merancang rumah yang sejuk walaupun terletak di tengah kota.

Desain Rumah Tropis Pintu dan Jendela Kaca Besar

(Pinterest)

Pins bisa menggunakan pintu dan jendela kaca yang besar agar kesan rumah tropis kamu bisa lebih terang dan cerah. Dengan ukuran yang besar, sirkulasi udara dan pencahayaan rke dalam rumah bisa jauh lebih baik. Tidak hanya itu, jendela dan pintu besar membuat rumah tropis kamu juga tampak modern.

Desain Rumah Tropis Modern dengan Konsep Terbuka

(Pinterest)

Bila Pins menginginkan rumah nampak lapang dan sirkulasi udara baik, Pins bisa mencoba konsep rumah tropis modern dengan konsep yang terbuka. Konsep ini juga akan membuat rumah akan terkesan elegan.

Baca juga: 10 Pilihan Model Dapur Semi Terbuka di Bagian Belakang Rumah

Desain Rumah Tropis dengan Warna Cat Putih

(Pinterest)

Putih adalah warna yang cocok bila Pins ingin membuat rumah tropis yang elegan dan sejuk. Agar kesan tropisnya terasa, Pins bisa menambahkan kesan kayu pada beberapa bagian.  Kamu bisa pakai beberapa tanaman atau dekor untuk mengisi sudut dan spot ruang yang kosong.

Tips Mendesain Rumah Tropis Minimalis

Rumah minimalis di daerah tropis sangat bisa tampil cantik asalkan Pins dapat memerhatikan hal-hal yang menunjang estetika dan fungsi saat mendesain rumah. Beberapa tips yang bisa Pins terapkan ketika mendesain rumah tropis minimalis, di antaranya adalah sebagai berikut:

Pasang Kisi-Kisi di Ruangan

tips mendesain rumah tropis minimalis
(Shutterstock)

Fungsi kisi-kisi adalah sebagai ventilasi silang sehingga membantu mengoptimalkan sirkulasi udara di seluruh ruangan. Selain itu, kisi-kisi juga bisa sebagai sun shading sehingga mampu menahan paparan sinar matahari agar tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

Gunakan Pintu dan Jendela dengan Bukaan 

(Shutterstock)

Agar rumah tidak lembab, kamu bisa memasang jendela atau pintu yang memiliki bukaan saling berhadapan antara satu dengan yang lainnya. Dengan adanya bukaan pada jendela ataupun pintu, kamu bisa mengatur penyinaran matahari secara langsung ke dalam ruangan. Misalnya, kamu bisa menyediakan waktu sekitar jam untuk membuka bukaan jendela atau pintu tadi di pagi hari agar mendapatkan paparan sinar matahari langsung.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Menawan!

Pilih Atap Curam untuk Rumah

tips mendesain rumah tropis minimalis
(Shutterstock)

Desain tersebut bisa mempercepat aliran air hujan agar segera jatuh ke permukaan tanah. Tentunya, bisa mencegah agar air tidak tergenang di sekitar area rumah.

Pilih Lantai Bertemakan Tropis

desain rumah tropis minimalis
(Shutterstock)

Pemilihan lantai menjadi bagian penting dalam desain interior supaya keindahan rumah tropis minimalis dapat tampil lebih cantik lagi.

Kamu bisa memilih tema yang cocok dengan hunian tropis minimalis. Beberapa jenis lantai yang cocok dengan rumah tropis adalah lantai porselen dan lantai kayu.

Kombinasikan Warna Cat

Pins, salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam mendesain rumah tropis minimalis adalah pemilihan warna cat. Kamu bisa menggunakan warna kayu asli yang memberi kesan natural.

Namun, tidak selalu dengan warna kayu, Pins dapat memilih kombinasi warna lain yang bisa menambah kesan alam di banyak ruangan. Kombinasi warna tropis bisa membuat mood penghuni rumah menjadi rileks dan ceria.

Baca juga: 13 Pertimbangan dan Tips Renovasi Rumah Type 36

Hiasi dengan Ornamen

desain rumah tropis minimalis
(Shutterstock)

Untuk memberi kesan yang lebih kuat, kamu juga dapat menambahkan beberapa ornamen. Contohnya dengan penambahan batu alam sebagai ornamen.

Selain itu, rumah dapat lebih cantik bila Pins menghiasi ruangan dengan pohon-pohon kecil. Pins bisa menggunakan tanaman tiruan ataupun asli. Hal yang terpenting adalah tanaman tersebut dapat menambah keindahan rumah.

Gunakan Tirai Bambu untuk Jendela dan Sekat Ruangan

desain rumah tropis minimalis
(Shutterstock)

Pins, tirai bambu dapat mempercantik ruangan di rumah minimalis tropis milik kamu.  Penggunaan tirai bambu di dalam ruangan, baik di jendela maupun sebagai sekat, mampu memberi kesan ruangan yangmenyatu dengan alam.

Baca juga: 12 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Demikian, informasi mengenai desain rumah tropis minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk Pins. Di samping memberi fungsi perlindungan bagi penghuninya, desain rumah tropis minimalis dapat menambah estetika rumah kamu. Jadi, jangan ragu untuk mendesain rumah kamu dengan konsep tropis minimalis ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Green Melwood dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia