BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Rumah Tropis Minimalis Paling Nyaman
0
0

10 Desain Rumah Tropis Minimalis Paling Nyaman

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 26, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah siap banguntop-right-banner

Rumah tropis minimalis merupakan jenis desain yang cocok dengan kondisi di wilayah tropis. Seperti yang Pins ketahui bahwa salah satu resiko tinggal di negara beriklim tropis adalah mendapatkan paparan sinar matahari berlebih serta tingkat kelembaban yang tinggi dengan curah hujan yang tinggi pula. Akibatnya, rumah bisa terasa gerah pada waktu siang hari, terlebih bila musim kemarau tiba.

Tidak mengherankan hal tersebut mendorong sebagian besar orang melengkapi rumah mereka dengan Air Conditioner (AC). Hanya saja, hal ini juga bukan menjadi solusi jangka panjang karena AC dapat memboroskan listrik.

Pins bisa menemukan rumah tropis minimalis di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Pins juga bisa membangun rumah berdesain tropis minimalis sesuai selera Pins dengan bantuan Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Rumah Lebih Sejuk Dengan Desain Rumah Tropis

1. Desain rumah tropis
Source : Pexels

Agar rumah tinggal di negara beriklim tropis tetap terasa nyaman sekalipun tidak dilengkapi dengan AC, desain rumah tropis minimalis adalah jawabannya. Saat ini, desain rumah tropis minimalis memang menjadi trend. Konsep yang diusung adalah rumah yang dibuat seefisien mungkin dengan menyesuaikan bentuk bangunan serta fungsinya.

Desain rumah tropis minimalis tetap mampu menghadirkan kenyamanan bagi seluruh penghuni rumah. Sebab, desain rumah tropis minimalis dibuat sedemikian rupa sehingga mampu mencegah sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu furnitur dan aksesoris rumah dijamin tidak lekas rusak karena tidak terpapar sinar matahari langsung. 

Baca juga: Inilah Kombinasi Cat Rumah Warna Kuning Terhits Saat Ini!

Ciri-Ciri Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Sebelum mengetahui tips mendesain rumah tropis minimalis, kamu harus memahami terlebih dahulu karakteristik dari rumah-rumah yang ada di kawasan tropis. Ciri-ciri desain rumah tropis minimalis modern tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Rumah iklim tropis memiliki atap yang lebih tinggi dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Atap ini berfungsi untuk mengurangi hawa panas yang masuk dari atap kedalam rumah.
  • Rumah iklim tropis umumnya mempunyai bentuk overstek atap yang cukup besar untuk mencegah hawa panas masuk secara berlebih ke dalam rumah. Selain itu juga untuk mengurangi dan melindungi dari hujan yang disertai angin supaya suasana di dalam rumah juga tetap aman.
  • Rumah iklim tropis umumnya memiliki bentuk overstek atap cukup besar.  Dengan overstek atap tersebut, rumah dapat terlindungi dari hawa panas berlebihan dan hujan angin yang sangat mungkin terjadi.
  • Terakhir, rumah iklim tropis memiliki ventilasi udara yang cukup banyak dengan fungsi memperlancar pergantian udara di dalam rumah dengan baik.

Inspirasi Desain Rumah Tropis Minimalis

Pins bisa mencari beberapa inpirasi desain rumah tropis minimalis yang cocok dengan kondisi lingkungan dan selera kamu. Berikut ini beberapa desain yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Desain Rumah Tropis Minimalis Plafon Tinggi

Desain rumah tropis
Source : Pinhome

Rumah tropis minimalis yang akan Pins bangun bisa menggunakan plafon yang tinggi, lho. Plafon tinggi di rumah ini akan membantu sirkulasi udara agar sejuk dan memberi kenyamanan penghuninya.Selain itu, plafon tinggi ini juga akan membuat ruang-ruang di dalam rumah terkesan lega.

Pins kamu dapat memiliki rumah siap huni seperti desain pada gambar di atas, yaitu di perumahan Eastwell Avenue Jakarta. Perumahan satu ini memiliki konstruksi rumah berdesain tropis minimalis dengan penggunaan plafon tinggi. Mengenai harganya kamu akan diberikan beberapa pilihan tipe dengan kisaran harga 2,9 miliar hingga 6 miliar.

2. Desain Rumah Tropis dengan Aksen Bata

Source : Pinhome

Penggunaan batu bata di bagian-bagian rumah tropis juga bisa menjadi pilihan menarik bagi Pins. Tambahan pohon dan tanaman disekitar rumah akan menambah kesan tropis di dalam rumah kamu.

Pins dapat menemukan bangunan rumah yang memanfaatkan batu-bata untuk mengindahkan bagian-bagian rumah di perumahan Alunara Residence. Alunara Residence memiliki desain rumah khusus tropis bergaya modern yang cocok sekali untuk disinggahi. Kamu bisa mendapatkan rumah satu ini dengan kisaran harga 815 juta hingga 1,5 miliar.

3. Desain Rumah Tropis dengan Batu Alam

Source : Pinhome

Batu alam bisa digunakan sebagai bagian eksterior rumah tropis. Dengan tambahan aksen kayu di beberapa bagian, rumah tropis kamu akan makin estetik. 

Baca juga: 8 Model Pagar Besi Tempa yang Bagus untuk Eksterior Rumah

4. Desain Rumah Tropis Atap Datar Dominan Abu-Abu

Source : Pinhome

Selain putih, Pins juga bisa memanfaatkan sentuhan warna abu di rumah. Warna abu pada rumah tropis bisa memberi kesan yang hangat namun tetap elegan.

Ruma Priva menyediakan rumah-rumah yang siap huni dengan desain khas dominan abu-abu yang elegan. Pins dapat memiliki rumah di perumahan satu ini dengan memilih tipe-tipe yang disediakan Ruma Priva dengan harga 1,3 miliar hingga 1,8 miliar. Pins juga dapat mengetahui tips desain rumah tropis, serasa liburan tiap hari.

5. Desain Rumah Tropis Minimalis dengan Konsep Kayu

Source : Pinhome

Kayu adalah material yang cocok bila Pins ingin memberi kesan hangat di dalam rumah. Agar bagian-bagin rumah tampak estetik, Pins juga bisa menambah kayu dengan sentuhan artistik.

Kamu dapat menemukan rumah berkonsep kayu yang siap untuk dihuni di perumahan Telaga Kahuripan. Perumahan satu ini mendesain bagian tampak depan rumahnya dengan sentuhan kayu yang minimalis. Kamu dapat mendapatkan rumah di perumahan ini dengan harga yang berkisar dari 865 juta hingga 2,2 miliar.

Baca juga: 9 Rekomendasi Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kayu

6. Desain Rumah Tropis Modern

desain rumah tropis
Source : Pinhome

Tambahkan sentuhan modern di rumah tropis kamu dengan menggunakan interior yang fungsional. Dengan konsep ini, Pins harus bisa merancang rumah yang sejuk walaupun terletak di tengah kota.

7. Desain Rumah Tropis Pintu dan Jendela Kaca Besar

Source : Pinhome

Pins bisa menggunakan pintu dan jendela kaca yang besar agar kesan rumah tropis kamu bisa lebih terang dan cerah. Dengan ukuran yang besar, sirkulasi udara dan pencahayaan ke dalam rumah bisa jauh lebih baik. Tidak hanya itu, jendela dan pintu besar membuat rumah tropis kamu juga tampak modern. Kamu dapat mengetahui jenis tanaman tropis yang cocok untuk taman rumah.

8. Desain Rumah Tropis Modern dengan Konsep Terbuka

Source : Pinhome

Bila Pins menginginkan rumah nampak lapang dan sirkulasi udara baik, Pins bisa mencoba konsep rumah tropis modern dengan konsep yang terbuka. Konsep ini juga akan membuat rumah akan terkesan elegan. Ketahui beragam jenis atap rumah untuk hunian di daerah tropis.

Memiliki rumah dengan konsep terbuka memang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan pergantian sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Pins dapat menemukan rumah dengan konsep terbuka di perumahan Nara Residence. Nara Residence memiliki konsep terbuka dari penggunaan jendela-jendela besar di bagian depan dan kawasan terbuka di bagian belakang rumah. Harga yang ditawarkan perumahan satu ini berkisar dari 725 juta hingga 1 miliar.

Baca juga: 10 Pilihan Model Dapur Semi Terbuka di Bagian Belakang Rumah

9. Desain Rumah Tropis dengan Warna Cat Putih

Source : Pinhome

Putih adalah warna yang cocok bila Pins ingin membuat rumah tropis yang elegan dan sejuk. Agar kesan tropisnya terasa, Pins bisa menambahkan kesan kayu pada beberapa bagian.  Kamu bisa pakai beberapa tanaman atau dekor untuk mengisi sudut dan spot ruang yang kosong. Pins kamu harus tahu model tangga teras rumah minimalis yang modern dan kekinian.

10. Desain Rumah Tropis Minimalis dengan Atap Datar

desain rumah tropis
Source : Pinhome

Desain rumah terakhir yang dapat Pins terapkan di rumah baru kamu adalah rumah tropis dengan penggunaan struktur atap datar. Struktur atap datar akan menambah keunikan pada rumah kamu. Lalu, desain rumah ini juga dilengkapi dengan banyaknya jendela sebagai ruang masuk pencahayaan. Cobalah ornamen batu alam dinding untuk rumah minimalis.

Tips Mendesain Rumah Tropis Minimalis

Rumah minimalis di daerah tropis sangat bisa tampil cantik asalkan Pins dapat memerhatikan hal-hal yang menunjang estetika dan fungsi saat mendesain rumah. Beberapa tips yang bisa Pins terapkan ketika mendesain rumah tropis minimalis, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pasang Kisi-Kisi di Ruangan

Fungsi kisi-kisi adalah sebagai ventilasi silang sehingga membantu mengoptimalkan sirkulasi udara di seluruh ruangan. Selain itu, kisi-kisi juga bisa sebagai sun shading sehingga mampu menahan paparan sinar matahari agar tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

Ternyata ada loh kelebihan rumah minimalis modern yang jarang diketahui orang.

Baca juga: Tips Memilih Desain Atap Rumah Minimalis

2. Gunakan Pintu dan Jendela dengan Bukaan

Agar rumah tidak lembab, kamu bisa memasang jendela atau pintu yang memiliki bukaan saling berhadapan antara satu dengan yang lainnya. Dengan adanya bukaan pada jendela ataupun pintu, kamu bisa mengatur penyinaran matahari secara langsung ke dalam ruangan. Misalnya, kamu bisa menyediakan waktu sekitar jam untuk membuka bukaan jendela atau pintu tadi di pagi hari agar mendapatkan paparan sinar matahari langsung.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Menawan!

3. Pilih Atap Curam untuk Rumah

Desain tersebut bisa mempercepat aliran air hujan agar segera jatuh ke permukaan tanah. Tentunya, bisa mencegah agar air tidak tergenang di sekitar area rumah. Ini dia inspirasi untuk kamu memiliki model teras rumah minimalis kekinian dan sederhana.

4. Pilih Lantai Bertemakan Tropis

desain kamar tidur lesehan
Source : Home Stratosphere

Pemilihan lantai menjadi bagian penting dalam desain interior supaya keindahan rumah tropis minimalis dapat tampil lebih cantik lagi.

Kamu bisa memilih tema yang cocok dengan hunian tropis minimalis. Beberapa jenis lantai yang cocok dengan rumah tropis adalah lantai porselen dan lantai kayu. Bila kamu ingin memiliki rumah berlantai 3, ketahui inspirasi desain rumah minimalis 3 lantai kekinian.

5. Kombinasikan Warna Cat

Warna Cat Ruang Tamu Coklat Susu 9
Source : Nerolac

Pins, salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam mendesain rumah tropis minimalis adalah pemilihan warna cat. Kamu bisa menggunakan warna kayu asli yang memberi kesan natural.

Namun, tidak selalu dengan warna kayu, Pins dapat memilih kombinasi warna lain yang bisa menambah kesan alam di banyak ruangan. Kombinasi warna tropis bisa membuat mood penghuni rumah menjadi rileks dan ceria.

Baca juga: 13 Pertimbangan dan Tips Renovasi Rumah Type 36

6. Hiasi dengan Ornamen

Inspirasi Teras Rumah Kecil
photo via homeshabby.com

Untuk memberi kesan yang lebih kuat, kamu juga dapat menambahkan beberapa ornamen. Contohnya dengan penambahan batu alam sebagai ornamen.

Selain itu, rumah dapat lebih cantik bila Pins menghiasi ruangan dengan pohon-pohon kecil. Pins bisa menggunakan tanaman tiruan ataupun asli. Hal yang terpenting adalah tanaman tersebut dapat menambah keindahan rumah. Selain itu, kamu harus tahu juga model pagar rumah minimalis dan tips memilihnya.

7. Gunakan Tirai Bambu untuk Jendela dan Sekat Ruangan

desain rumah tropis minimalis
Source : Shutterstock

Pins, tirai bambu dapat mempercantik ruangan di rumah minimalis tropis milik kamu.  Penggunaan tirai bambu di dalam ruangan, baik di jendela maupun sebagai sekat, mampu memberi kesan ruangan yang menyatu dengan alam.

Demikian, informasi mengenai desain rumah tropis minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk Pins. Di samping memberi fungsi perlindungan bagi penghuninya, desain rumah tropis minimalis dapat menambah estetika rumah kamu. Jadi, jangan ragu untuk mendesain rumah kamu dengan konsep tropis minimalis ya, Pins!

Baca juga: 4 Pintu Rumah Minimalis Makin Menarik Hati

Source Feature Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cikarang Griya Pratama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download