BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis
0
0

10 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 26, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan. Khususnya jika ingin menambah lantai pada bangunan tersebut. Biaya yang dikeluarkan untuk menambah lantai tidak akan sebesar rumah atap. Bangunan tempat tinggal akan lebih terkesan kokoh dan kuat. Berikut beberapa inspirasi rumah dengan atap cor yang cocok untuk  hunian minimalis

Kamu dapat memiliki hunian berkonsep mewah dan minimalis di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Take Over KPR ketika kamu ingin membeli rumah yang masih terikat angsuran KPR dan mengambil alih KPR tersebut.

Baca juga: 5 Peredam Panas Atap Seng Sederhana dan Ampuh

Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Memiliki rumah dengan desain tertentu menjadi pilihan yang membawa kebahagiaan bagi pemilik rumah dan anggotanya. Salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan desainnya adalah atap. Atap tidak bisa ditinggalkan karena memegang peranan penting yang melindungi bagian atas rumah dan dalamnya.

Jika kamu sedang mencari inspirasi atap rumah yang tepat, desain atap rumah cor sederhana dapat menjadi referensimu. Berikut ini beberapa desainnya:

1. Rumah Beton Modern

Source : Pexels

Rumah ini mengusung gaya modern yang dekat dengan alam. Bangunan memakai satu warna netral dan tegas yakni hitam. Bagian lantainya dipadukan dengan parket kayu yang mengedepankan warna natural.

Ventilasi memakai bahan kaca khususnya jendela dan pintu. Tujuannya agar cahaya matahari masuk secara alami. Ditambahkan atap berongga untuk terasnya dengan pondasi penyangga yang menyatu hingga ke langit-langit.

Desainnya mengekspos material beton baja. Area terbuka difungsikan pula sebagai lokasi barbekyu dan kumpul bersama keluarga.

2. Hunian Memanjang Ke Samping

Source : Pexels

Rumah dak cor umumnya digunakan untuk menambah lantai ke atas. Ada pula yang memanfaatkan atapnya sebagai pilihan rumah memanjang kesamping. Hunian bisa berbentuk huruf L, U, maupun I.

Bagian dalam rumah umumnya tidak memiliki banyak sekat. Ruangan satu dengan lainnya saling menyatu agar terasa lapang dan lega. Bangunan biasa dikombinasikan dengan material kayu yang hangat.

Tidak hanya sebagai bahan dinding saja melainkan juga lantai. Untuk membedakan antara dinding dan lantainya dipakai warna yang berbeda. 

Sementara ventilasi khususnya jendela dibangun banyak agar mampu mengatur sirkulasi di berbagai sudut ruangan.

Baca juga : Mengolah Fasad Rumah Agar Cantik dan Hemat

3. Rumah Panggung Industrial

Source : Pexels

Hunian dengan model rumah panggung di atas juga dapat menjadi pilihanmu. Apalagi dikombinasikan dengan gaya industrial membuat visualnya unik dan estetik.

Bangunan industrial mengekspos material utamanya. Bahan pipa sengaja tidak disembunyikan dan mempertahankan kealamian warnanya. Selain didominasi metal juga dapat dipadukan dengan batu bata sebagai sekatnya.

Bagian batu bata sengaja tidak memakai pelapis atau diplamir. Untuk masuk ke hunian digunakan tangga dari bahan baja. Rumah terlihat kokoh dan kuat meskipun penyangganya hanya dari puluhan pipa panjang.

Rumah panggung cocok untuk lingkungan yang kerap dilanda hujan. Pins bisa terhindar dari bencana banjir karena air tidak mudah masuk ke dalam rumah.

4. Rumah Atap Asimetris

Source : Pexels

Atap cor dengan salah satu sisinya yang miring memang sedang hits. Konsep seperti ini sering dipilih untuk tempat tinggal anak-anak milenial. Walaupun dibuat sederhana namun terkesan futuristik.

Cocok untuk hunian minimalis dengan atap aspal. Fasadnya unik dan mampu menambah nilai jual properti tersebut. Atap asimetris bisa untuk hunian satu lantai maupun dua lantai.

Ada pula yang mengkombinasikannya dengan atap datar. Bagian sisi yang miring bisa ditambahkan balkon sementara sisi datar sering dijadikan garasi.

Baca juga : 8 Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

5. Rumah Dua Lantai 

Source : Pexels

Hunian dua lantai di atas menggunakan jendela berukuran minim. Pencahayaannya mengandalkan warna dinding bangunan yang didominasi cat putih. 

Meskipun tidak memiliki jendela besar namun warna cerah dinding sudah sangat membantu penerangan dalam ruangan. Pada beberapa bagian memiliki atap yang lebih tinggi sebagai penghalang cahaya masuk pada spot di depannya.

Untuk bagian pintu dibuat bermotif sehingga mempertegas kawasan tersebut. Walaupun warna pintu juga memiliki cat senada dengan dindingnya.

6. Hunian Kontemporer Natural

Source : Pexels

Ciri khas dari bangunan kontemporer adalah lekuk atau melengkung. Sifatnya dinamis dan tidak terbatas hanya pada satu gaya saja. 

Pins juga bisa mengkombinasikannya dengan konsep zen yang mengedepankan ramah lingkungan. Penambahan tanaman gantung pada area tangga dan sudut atap mengesankan hunian yang asri dan lebih hidup.

Pemakaian warnanya lebih ke netral seperti putih, hitam hingga abu-abu. Dominasi warna netral tersebut juga mengalir pada pemilihan furniture. Bangunan dibiarkan terbuka sehingga nampak lapang dan luas.

Sekatnya minimal dan menggunakan jendela super besar. Bangunan kontemporer juga banyak memakai material logam dan kaca. Karakter hunian ergonomis dan terintergrasi dengan alam sekitarnya.

Baca juga: 7 Ide Konstruksi Atap Skylight untuk Ruangan

7. Bangunan Dengan Atap Simetris

Source : Pexels

Rumah dengan atap simetris cenderung sama untuk setiap sisinya. Misalnya pada bangunan di atas dimana bagian sisi kanan dan kirinya memiliki lekuk desain yang serupa.

Struktur rumah simetris dinilai lebih tahan gempa. Apalagi jika didukung dengan material kayu dan dinding beton aerosi atau bata ringan. Umumnya bagian partisi akan memakai gypsum atau GRC yang memiliki massa lebih ringan.

Sambungan antara kolom dan pondasi menyambung satu dengan lainnya. Tampilannya estetik dan lapang dengan halaman yang luas.

8. Rumah Tiga Lantai

Source : Pexels

Kemudian ada rumah tiga lantai dengan atap cor sederhana. Bangunan memiliki atap yang menjorok kedepan sebagai tambahan balkon. Bagian pembatas pagar balkon memakai besi yang kontras dengan warna dindingnya.

Bentuk jendela menyerupai atapnya yang kotak. Sementara bagian pintu balkon memakai model sliding door sehingga bukaannya lebih lebar.

Bangunan seperti ini cocok untuk rumah pantai. Cahaya matahari bisa leluasa masuk ke dalam rumah lewat ventilasinya yang besar. Area balkon selain bisa digunakan sebagai tempat santai juga dapat menjadi ruang berkebun.

Baca juga: Ide Desain Rumah Atap Dak 1 Lantai

9. Rumah Modern dengan Teras Santai

Source : IdeiClub

Inspirasi rumah atap cor sederhana selanjutnya adalah rumah modern dengan teras untuk bersantai. Model atap didesain bertingkat dari atas ke bawah dengan penempatan yang teratur seperti anak tangga. Atap cor dibuat dengan ketebalan ideal yang disesuaikan agar rumah terlihat sama ukuran dan memiliki estetika yang memikat.

10. Atap Rumah Cor Bernuansa Kayu

Source : Archello

Inspirasi rumah atap cor sederhana yang terakhir diterapkan pada rumah beratap cor bernuansa kayu. Rumah yang dipenuhi dengan nuansa material kayu, dapat dipadupadankan dengan desain atap berbentuk cor. Rumah Pins akan tetap mempertahankan desain rumah bergaya rustic atau tradisional.

Model atap seperti ini akan melindungi atap rumah Pins dari kebocoran dan kerusakan yang disebabkan cuaca eksternal.

Rumah atap cor sederhana di atas bisa untuk hunian berlantai satu, dua bahkan hingga tingga lantai. Pins dapat pula atap cor untuk rumah panggung dengan mengusung gaya industrial. Semoga menjadi referensimu!

Baca juga:

Feature Source Image: NoboArchitects


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download