BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis
0
0

8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan. Khususnya jika ingin menambah lantai pada bangunan tersebut.

Biaya yang dikeluarkan untuk menambah lantai tidak akan sebesar rumah atap. Bangunan tempat tinggal akan lebih terkesan kokoh dan kuat. Berikut beberapa inspirasi rumah dengan atap cor yang cocok untuk  hunian minimalis :

Rumah Beton Modern

Source : Pexels

Rumah ini mengusung gaya modern yang dekat dengan alam. Bangunan memakai satu warna netral dan tegas yakni hitam. Bagian lantainya dipadukan dengan parket kayu yang mengedepankan warna natural.

Ventilasi memakai bahan kaca khususnya jendela dan pintu. Tujuannya agar cahaya matahari masuk secara alami. Ditambahkan atap berongga untuk terasnya dengan pondasi penyangga yang menyatu hingga ke langit-langit.

Desainnya mengekspos material beton baja. Area terbuka difungsikan pula sebagai lokasi barbekyu dan kumpul bersama keluarga.

Hunian Memanjang Ke Samping

Source : Pexels

Rumah dak cor umumnya digunakan untuk menambah lantai ke atas. Ada pula yang memanfaatkan atapnya sebagai pilihan rumah memanjang kesamping. Hunian bisa berbentuk hurup L, U maupun I.

Bagian dalam rumah umumnya tidak memiliki banyak sekat. Ruangan satu dengan lainnya saling menyatu agar terasa lapang dan lega. Bangunan biasa dikombinasikan dengan material kayu yang hangat.

Tidak hanya sebagai bahan dinding saja melainkan juga lantai. Untuk membedakan antara dinding dan lantainya dipakai warna yang berbeda. 

Sementara ventilasi khususnya jendela dibangun banyak agar mampu mengatur sirkulasi di berbagai sudut ruangan.

Baca juga : Mengolah Fasad Rumah Agar Cantik dan Hemat

Rumah Panggung Industrial

Source : Pexels

Hunian dengan model rumah panggung diatas juga dapat menjadi pilihanmu. Apalagi dikombinasikan dengan gaya industrial membuat visualnya unik dan estetik.

Bangunan industrial mengekspos material utamanya. Bahan pipa sengaja tidak disembunyikan dan mempertahankan kealamian warnanya.  Selain didominasi metal juga dapat dipadukan dengan batu bata sebagai sekatnya.

Bagian batu bata sengaja tidak memakai pelapis atau diplamir. Untuk masuk ke hunian digunakan tangga dari bahan baja. Rumah terlihat kokoh dan kuat meskipun penyangganya hanya dari puluhan pipa panjang.

Rumah panggung cocok untuk lingkungan yang kerap dilanda hujan. Pins bisa terhindar dari bencana banjir karena air tidak mudah masuk ke dalam rumah.

Rumah Atap Asimetris

Source : Pexels

Atap cor dengan salah satu sisinya yang miring memang sedang hits. Konsep seperti ini sering dipilih untuk tempat tinggal anak-anak milenial. Walaupun dibuat sederhana namun terkesan futuristik.

Cocok untuk hunian minimalis dengan atap aspal. Fasadnya unik dan mampu menambah nilai jual properti tersebut. Atap asimetris bisa untuk hunian satu lantai maupun dua lantai.

Ada pula yang mengkombinasikannya dengan atap datar. Bagian sisi yang miring bisa ditambahkan balkon sementara sisi datar sering dijadikan garasi.

Baca juga : 8 Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Rumah Dua Lantai

Source : Pexels

Hunian dua lantai diatas menggunakan jendela berukuran minim. Pencahayaannya mengandalkan warna dinding bangunan yang didominasi cat putih. 

Meskipun tidak memiliki jendela besar namun warna cerah dinding sudah sangat membantu penerangan dalam ruangan. Pada beberapa bagian memiliki atap yang lebih tinggi sebagai penghalang cahaya masuk pada spot di depannya.

Untuk bagian pintu dibuat bermotif sehingga mempertegas kawasan tersebut. Walaupun warna pintu juga memiliki cat senada dengan dindingnya.

Hunian Kontemporer Natural

Source : Pexels

Ciri khas dari bangunan kontemporer adalah lekuk atau melengkung. Sifatnya dinamis dan tidak terbatas hanya pada satu gaya saja. 

Pins juga bisa mengkombinasikannya dengan konsep zen yang mengedepankan ramah lingkungan. Penambahan tanaman gantung pada area tangga dan sudut atap mengesankan hunian yang asri dan lebih hidup.

Pemakaian warnanya lebih ke netral seperti putih, hitam hingga abu-abu. Dominasi warna netral tersebut juga mengalir pada pemilihan furniture. Bangunan dibiarkan terbuka sehingga nampak lapang dan luas.

Sekatnya minimal dan menggunakan jendela super besar. Bangunan kontemporer juga banyak memakai material logam dan kaca. Karakter hunian ergonomis dan terintergrasi dengan alam sekitarnya.

Bangunan Dengan Atap Simetris

Source : Pexels

Rumah dengan atap simetris cenderung sama untuk setiap sisinya. Misalnya pada bangunan diatas dimana bagian sisi kanan dan kirinya memiliki lekuk desain yang serupa.

Struktur rumah simetris dinilai lebih tahan gempa. Apalagi jika didukung dengan material kayu dan dinding beton aerosi atau bata ringan. Umumnya bagian partisi akan memakai gypsum atau GRC yang memiliki massa lebih ringan.

Sambungan antara kolom dan pondasi menyambung satu dengan lainnya. Tampilannya estetik dan lapang dengan halaman yang luas.

Baca juga : Ide Desain Rumah Atap Dak 1 Lantai

Rumah Tiga Lantai

Source : Pexels

Terakhir ada rumah tiga lantai dengan atap cor sederhana. Bangunan memiliki atap yang menjorok kedepan sebagai tambahan balkon. Bagian pembatas pagar balkon memakai besi yang kontras dengan warna dindingnya.

Bentuk jendela menyerupai atapnya yang kotak. Sementara bagian pintu balkon memakai model sliding door sehingga bukaannya lebih lebar.

Bangunan seperti ini cocok untuk rumah pantai. Cahaya matahari bisa leluasa masuk ke dalam rumah lewat ventilasinya yang besar. Area balkon selain bisa digunakan sebagai tempat santai juga dapat menjadi ruang berkebun.

Rumah atap cor sederhana diatas bisa untuk hunian berlantai satu, dua bahkan hingga tingga lantai.  Pins dapat pula  atap cor untuk rumah panggung dengan mengusung gaya industrial.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download