BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Rumah Tradisional Korea Selatan
0
0

Inspirasi Rumah Tradisional Korea Selatan

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Agu 24, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah tradisional korea selatantop-right-banner

Rumah tradisional Korea Selatan yang terlihat dalam film Korea umumnya memiliki kesan sederhana namun tetap menawan. Rumah dengan nuansa khas Korea cukup direkomendasikan untuk menjadi inspirasi tersendiri yang bisa diaplikasikan ke rumah idaman Pins di Indonesia. Pins tetap bisa memiliki rumah yang nyaman dan menyenangkan meski dengan luas yang terbatas.

Pastinya Pins pernah ingin memiliki rumah khas Korea yang terlihat hangat dan nyaman seperti yang banyak terlihat di film Korea saat ini bukan? Pins bisa mewujudkannya dengan menerapkan beberapa inspirasi yang akan Kita bagikan berikut ini.

Rumah Tradisional Korea Selatan

Memiliki sebuah rumah tempat tinggal yang nyaman dan menenangkan menjadi impian semua keluarga. Salah satu inspirasi rumah yang memiliki kesan nyaman untuk ditinggali adalah rumah tradisional Korea Selatan. Berikut beberapa rekomendasi inspirasi desain rumah khas Korea Selatan untuk diterapkan di rumah idaman Pins.

1. Desain Rumah yang Hangat dan Tenang

Pins, untuk membangun rumah yang mirip dengan desain khas Korea sebaiknya hindari pemilihan warna dengan kesan dingin. Hal itu dikarenakan warna tersebut sangat jauh dari kesan rumah khas Korea yang hangat dan tenang. Pilih warna krem dan coklat yang memberikan kesan hangat, nyaman sekaligus menenangkan penghuni rumah.

Baca juga: 15 Inspirasi Rumah Gaya Amerika Modern dan Klasik

Rumah Tradisional Korea Selatan
Source : Pixabay

2. Rumah Korea Tipe Minimalis

Inspirasi berikutnya adalah inspirasi rumah Korea dengan tipe minimalis yang bisa Pins dapatkan dengan memilih bahan material yang sederhana. Seperti bahan kayu misalnya, banyak rumah khas Korea yang dibangun dengan menggunakan bahan material utama kayu dengan finishing yang simpel. Sebaiknya Pins minimalkan penggunaan ornamen yang tak penting agar rumah tetap terasa luas.

Baca juga: Rumah Klasik Eropa Terbaik Bernuansa Megah

3. Inspirasi rumah tradisional Hanok

Rumah Tradisional Korea Selatan
Source : Pixabay

Rumah dengan desain ini termasuk jenis rumah tradisional khas Korea. Bentuk rumah ini sendiri pun cukup unik dan khas, khususnya pada bagian atap, sementara untuk bahan material yang digunakan, warna dan bentuk yang dimilikinya cukup menarik untuk digunakan. Jenis rumah ini sangat pas untuk dibangun di atas lahan tanah yang terbatas.

Rumah Hanok bukan saja bisa ditiru dengan mencontoh pembuatan atapnya saja. Pins, terkadang banyak yang beranggapan bagian atap rumah tradisional Hanok terlalu rumit sehingga mereka meniru bagian lain dari rumah khas Hanok seperti penggunaan bahan material kayu dan dinding rumah yang terbuat dari material seperti lapisan kertas yang bernama Hanji.

Baca juga: Desain Kamar Lesehan Ala Korea yang Bikin Nyaman

4. Rumah Korea Bernuansa Modern

Banyak yang ingin meniru rumah khas Hanok rumah khas Korea Selatan namun terkendala desain yang cukup rumit untuk diterapkan. Maka Pins bisa meniru beberapa bagian rumah Hanok kemudian menjadikannya rumah yang memiliki desain lebih simpel namun dipadukan dengan nuansa modern. Seperti dengan membuat rumah semi permanen, dengan dinding tembok dan jendela yang full terbuat dari kayu.

Pemilihan material lantai juga bisa menggunakan bahan kayu yang hangat dan kuat. Salah satu ciri khas Hanok seperti sekat dinding yang terbuat dari kombinasi kayu dan kertas untuk menjadi hiasan sekaligus dinding pemisah di ruang tengah atau ruang tamu.

Baca juga: 10 Desain Rumah Mewah Modern yang Bisa Dijadikan Inspirasi

5. Rumah Tradisional Korea Modern

Penerapan desain modern yang dipadukan dengan rumah ala korea tradisional juga bisa dilakukan dengan mudah. Pins hanya perlu memperhatikan beberapa hal detail seperti membuat jendela dengan desain jendela yang besar, penataan beberapa sudut rumah dengan rapi, bagian pencahayaan yang cukup terang dan lain sebagainya.

Penerapan bahan material kayu dan warna hangat yang dipilih untuk menjadi bagian dari rumah, akan membuat rumah tersebut tetap terasa khas Korea meski dengan sentuhan modern di dalamnya.

Baca juga: 33 Desain Rumah Mewah yang Awet Sepanjang Masa!

6. Inspirasi Rumah Minim Furnitur

Pernah iri melihat rumah khas Korea Selatan yang selalu terlihat rapi dan menawan? Kuncinya ada di pengaturan interior rumah yang diupayakan minim penempatan furniture yang tak penting. Misalnya di ruang makan, Pins hanya akan menemukan furnitur berupa meja makan dengan bantal tipis yang dipakai sebagai alas duduk saat makan.

Memilih meja makan dengan ketinggian rendah, dimana penghuni rumah akan melakukan aktivitas makan sambil duduk bersila atau lesehan memang menjadi salah satu kebiasaan dari masyarakat Korea. Setelah aktivitas makan selesai, bantal bisa ditumpuk menjadi satu, kemudian diletakkan di tempat yang tertutup.

Lain-lagi dengan penataan ruang kamar tidur, banyak rumah khas Korea yang menggunakan kasur lantai yang dihamparkan langsung di lantai kayu. Alih-alih memakai dipan atau tempat tidur, menggunakan kasur lantai ternyata juga bisa membuat kamar terasa lebih lapang karena saat tak dipakai kasur lantai bisa digulung dan dimasukkan ke lemari. Simpel bukan Pins?

Lalu apakah dalam pembuatan rumah khas Korea harus selalu menggunakan warna cat dinding dengan nuansa hangat? Tidak selalu, karena Pins juga bisa menggunakan warna lain seperti warna gelap. Itulah beberapa inspirasi untuk membuat rumah tradisional Korea Selatan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

 Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: PIxabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download