5 Karakter pada Konsep Desain Rumah Mediterania Kekinian untuk Rumah

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ December 2, 2022 ∙ 4 menit membaca

Merasakan suasana di negara-negara romantis seperti Spanyol, Italia, dan Yunani tidak mengharuskanmu pergi ke sana. Nuansa negara-negara tersebut kini bisa kamu hadirkan di rumah tinggalmu sendiri. Dengan mengusung konsep desain rumah Mediterania, kamu bisa merasa sensasi tinggal di negara tersebut.

Konsep Mediterania sudah tentu memiliki ciri khas tersendiri. Apabila Pins pensaran dengan konsep rumah ini lebih jauh, simak ulasan desainnya di bawah ini.

Baca juga:

Konsep Rumah Mediterania

desain rumah mediterania
(Pixabay)

Ciri khas desain rumah Mediterania terletak pada elemen dekoratif serta penggunaan warna tanah pada dinding bangunan. Rumah berkonsep Mediterania biasanya menggunakan warna-warna alami seperti terakota.

Teknik pengecatannya pun sedikit berbeda bila dibandingkan dengan rumah pada umumnya karena menghasilkan warna cat dengan tingkat ketebalan dan kepekatan yang tidak merata.

Desain rumah Mediterania bisa diaplikasikan pada rumah dengan segala ukuran. Baik skala besar, sedang maupun kecil. Bahkan, untuk rumah tinggal beriklim tropis seperti Indonesia, desain rumah ini juga sangat cocok diaplikasikan.

Karakter Desain Rumah Mediterania

Desain rumah Mediterania makin lama kian banyak diminati masyarakat luas. Selain cocok untuk segala ukuran rumah, rumah Mediterania juga bisa dipadukan dengan desain rumah minimalis.

Gaya rumah Mediterania memang memiliki karakter tersendiri. Ada beberapa elemen yang membedakan gaya rumah ini dengan gaya rumah yang lainnya. Elemen-elemen tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

Punya Portico dan Balkon

(Pinterest)

Rumah dengan konsep ini memiliki balkon yang sangat khas dengan desain arsitektur di Yunani dan Spanyol. balkon ini berfungsi sebagai penghubung di bagian sayap-sayap bangunan.

Selain itu, umumnya rumah bergaya Mediterania punya serambi bangunan seperti dua tiang pintu masuk yang disebut sebagai Portico.

Kolom di Rumah

Kolom menjadi ciri khas yang sangat umum dijumpai pada rumah Mediterania. Ciri ini tidak bisa ditinggalkan karena menjadi wajah dari kekhasan arsitektur konsep mediterania.

Baca juga: 9 Jenis Bunga Bougenville yang Bisa Mempercantik Taman Rumah

Selasar dengan Air Mancur

Dalam arsitektur Mediterania dikenal keberadaan selasar yang kemudian menjadi karakter gaya bangunan tersendiri. Selasar dengan air mancur di rumah ini nantinya berfungsi sebagai pengatur suhu di rumah agar tetap memberi kenyamanan kepada penghuninya.

Warna Rumah

(Pinterest)

Dahulu, bangunan khas Mediterania terbuat dari bahan tanah liat yang dibakar atau pun batu-batu alam. Oleh karena itu, kekhasan bangunan dengan konsep ini salah satunya adalah menggunakan warna-warna alam di sepanjang bangunan rumah.

Jendela dan Pintu Melengkung

Umumnya, rumah-rumah Mediterania memiliki jendela dan pintu yang cukup besar dan panjang. Namun, hal yang membedakannya dengan gaya arsitektur lain adalah bentuk pintu dan jendela yang melengkung di bagian atas.

Baca juga: Cara Efektif Untuk Menentukan Budget Desain Rumah

Konsep Mediterania Cocok dengan Rumah di Indonesia

(Pinterest)

Kehadiran desain rumah Mediterania memang menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan. Ini dikarenakan konsep rumah yang Mediterania sangat fleksibel digunakan, bukan hanya oleh rumah berukuran besar namun juga untuk yang berukuran sedang.

Selain itu, terdapat keunggulan lain dari konsep ini. Dengan dinding yang tebal, Pins dan keluarga dapat terlindung dengan terik panas di siang hari dan dinginnya suhu di malam hari.

Namun, konsep apapun yang akan digunakan oleh Pins, elemen penting yang harus diprioritaskan dalam mendesain sebuah rumah tinggal adalah faktor kenyamanan dan keamanan. Ini menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan.

Baca juga:

Itulah tadi ulasan mengenai rumah dengan konsep Mediterania yang dapat menjadi inspirasi Pins dalam mendesain rumah. Sebaiknya pikirkan dengan matang konsep apa yang akan benar-benar digunakan untuk hunian Pins. Semoga bermanfaat, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia