BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Karakter pada Konsep Desain Rumah Mediterania Kekinian untuk Rumah
0
0

5 Karakter pada Konsep Desain Rumah Mediterania Kekinian untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah mediteraniatop-right-banner

Merasakan suasana di negara-negara romantis seperti Spanyol, Italia, dan Yunani tidak mengharuskanmu pergi ke sana. Nuansa negara-negara tersebut kini bisa kamu hadirkan di rumah tinggalmu sendiri. Dengan mengusung konsep desain rumah Mediterania, kamu bisa merasa sensasi tinggal di negara tersebut.

Konsep Mediterania sudah tentu memiliki ciri khas tersendiri. Apabila Pins pensaran dengan konsep rumah ini lebih jauh, simak ulasan desainnya di bawah ini.

Baca juga:

Konsep Rumah Mediterania

desain rumah mediterania
Source : Pixabay

Ciri khas desain rumah Mediterania terletak pada elemen dekoratif serta penggunaan warna tanah pada dinding bangunan. Rumah berkonsep Mediterania biasanya menggunakan warna-warna alami seperti terakota.

Teknik pengecatannya pun sedikit berbeda bila dibandingkan dengan rumah pada umumnya karena menghasilkan warna cat dengan tingkat ketebalan dan kepekatan yang tidak merata.

Desain rumah Mediterania bisa diaplikasikan pada rumah dengan segala ukuran. Baik skala besar, sedang maupun kecil. Bahkan, untuk rumah tinggal beriklim tropis seperti Indonesia, desain rumah ini juga sangat cocok diaplikasikan.

Karakter Desain Rumah Mediterania

Desain rumah Mediterania makin lama kian banyak diminati masyarakat luas. Selain cocok untuk segala ukuran rumah, rumah Mediterania juga bisa dipadukan dengan desain rumah minimalis.

Gaya rumah Mediterania memang memiliki karakter tersendiri. Ada beberapa elemen yang membedakan gaya rumah ini dengan gaya rumah yang lainnya. Elemen-elemen tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

Punya Portico dan Balkon

Source : Pinterest

Rumah dengan konsep ini memiliki balkon yang sangat khas dengan desain arsitektur di Yunani dan Spanyol. balkon ini berfungsi sebagai penghubung di bagian sayap-sayap bangunan.

Selain itu, umumnya rumah bergaya Mediterania punya serambi bangunan seperti dua tiang pintu masuk yang disebut sebagai Portico.

Kolom di Rumah

Kolom menjadi ciri khas yang sangat umum dijumpai pada rumah Mediterania. Ciri ini tidak bisa ditinggalkan karena menjadi wajah dari kekhasan arsitektur konsep mediterania.

Baca juga: 9 Jenis Bunga Bougenville yang Bisa Mempercantik Taman Rumah

Selasar dengan Air Mancur

Dalam arsitektur Mediterania dikenal keberadaan selasar yang kemudian menjadi karakter gaya bangunan tersendiri. Selasar dengan air mancur di rumah ini nantinya berfungsi sebagai pengatur suhu di rumah agar tetap memberi kenyamanan kepada penghuninya.

Warna Rumah

Source : Pinterest

Dahulu, bangunan khas Mediterania terbuat dari bahan tanah liat yang dibakar atau pun batu-batu alam. Oleh karena itu, kekhasan bangunan dengan konsep ini salah satunya adalah menggunakan warna-warna alam di sepanjang bangunan rumah.

Jendela dan Pintu Melengkung

Umumnya, rumah-rumah Mediterania memiliki jendela dan pintu yang cukup besar dan panjang. Namun, hal yang membedakannya dengan gaya arsitektur lain adalah bentuk pintu dan jendela yang melengkung di bagian atas.

Baca juga: Cara Efektif Untuk Menentukan Budget Desain Rumah

Konsep Mediterania Cocok dengan Rumah di Indonesia

Source : Pinterest

Kehadiran desain rumah Mediterania memang menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan. Ini dikarenakan konsep rumah yang Mediterania sangat fleksibel digunakan, bukan hanya oleh rumah berukuran besar namun juga untuk yang berukuran sedang.

Selain itu, terdapat keunggulan lain dari konsep ini. Dengan dinding yang tebal, Pins dan keluarga dapat terlindung dengan terik panas di siang hari dan dinginnya suhu di malam hari.

Namun, konsep apapun yang akan digunakan oleh Pins, elemen penting yang harus diprioritaskan dalam mendesain sebuah rumah tinggal adalah faktor kenyamanan dan keamanan. Ini menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan.

Baca juga:

Itulah tadi ulasan mengenai rumah dengan konsep Mediterania yang dapat menjadi inspirasi Pins dalam mendesain rumah. Sebaiknya pikirkan dengan matang konsep apa yang akan benar-benar digunakan untuk hunian Pins. Semoga bermanfaat, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download