BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Ciri Khas pada Desain Rumah Mediterania, Mana yang Cocok?
0
0

5 Ciri Khas pada Desain Rumah Mediterania, Mana yang Cocok?

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 14, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah mediteraniatop-right-banner

Untuk merasakan suasana di negara-negara romantis seperti Spanyol, Italia, dan Yunani tidak mengharuskanmu pergi ke sana. Nuansa negara-negara tersebut kini bisa kamu hadirkan di rumah tinggalmu sendiri. Dengan mengusung konsep desain rumah Mediterania, kamu bisa merasa sensasi tinggal di negara tersebut.

Konsep Mediterania sudah tentu memiliki ciri khas tersendiri. Tak sedikit rumah bekas di Kec Bandung Kidul maupun rumah dijual di Jagakarsa menggunakan gaya desain ini. Manfaatkan fitur PinValue untuk menemukan hunian seperti Cimanggis Golf Estate dan sekitar Lippo Mall Cimanggis yang sesuai budget serta menunjukkan gaya Mediterania yang kental.

Konsep Rumah Mediterania

desain rumah mediterania
Source : Pixabay

Ciri khas desain rumah Mediterania modern terletak pada elemen dekoratif serta penggunaan warna tanah pada dinding bangunan. Rumah berkonsep Mediterania biasanya menggunakan warna-warna alami seperti terakota.

Teknik pengecatannya pun sedikit berbeda bila dibandingkan dengan rumah pada umumnya karena menghasilkan warna cat dengan tingkat ketebalan dan kepekatan yang tidak merata. Desain rumah Mediterania bisa diaplikasikan pada rumah dengan segala ukuran. Baik skala besar, sedang maupun kecil. Bahkan, untuk rumah tinggal beriklim tropis seperti Indonesia, desain rumah ini juga sangat cocok diaplikasikan.

Desain rumah mediterania 2 lantai mewah memiliki pilar-pilar yang mewah. Material batuan alam kental terlihat pada pilar maupun bagian ubinnya. Gaya interior Mediterania juga cocok untuk hunian yang memiliki lahan luas tak kalah mewah dengan gaya klasik.

Baca juga:

Karakter Desain Rumah Mediterania

Desain rumah Mediterania makin lama kian banyak diminati masyarakat luas. Selain cocok untuk segala ukuran rumah, rumah Mediterania juga bisa dipadukan dengan desain rumah minimalis.

Gaya rumah Mediterania memang memiliki karakter tersendiri. Ada beberapa elemen yang membedakan gaya rumah ini dengan gaya rumah yang lainnya. Elemen-elemen tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Punya Portico dan Balkon

Source : Dailymail

Rumah dengan konsep ini memiliki balkon yang sangat khas dengan desain arsitektur di Yunani dan Spanyol. Balkon ini berfungsi sebagai penghubung di bagian sayap-sayap bangunan. Selain itu, umumnya rumah bergaya Mediterania punya serambi bangunan seperti dua tiang pintu masuk yang disebut sebagai Portico.

Portico akan dihiasi dengan pergola kayu pada bagian atapnya. Pergola terdiri atas kanopi dari kayu yang dibentuk panjang sejajar atau kotak-kotak. Fungsinya adalah menghalangi sinar matahari, pergola akan ditanami tumbuhan merambat yang berdaun lebat.

2. Genteng Tanah Liat dengan Atap Melingkar

(

Ciri lainnya adalah penggunaan genteng dari bahan tanah liat yang berwarna coklat dan sedikit kemerahan. Selain itu bentuk atapnya juga unik dan khas karena sedikit melingkar bahkan bulat pada salah satu bagiannya.

Desain rumah mediterania 2 lantai mewah akan memakai atap bulat karena berfungsi sebagai penutup bagian balkon. Untuk lantai pertama memakai atap pelana atau segitiga yang tak terlalu tinggi.

Baca juga: 9 Jenis Bunga Bougenville yang Bisa Mempercantik Taman Rumah

3. Selasar dengan Air Mancur

(

Dalam arsitektur Mediterania dikenal keberadaan selasar yang kemudian menjadi karakter gaya bangunan tersendiri. Selasar dengan air mancur di rumah ini nantinya berfungsi sebagai pengatur suhu di rumah agar tetap memberi kenyamanan kepada penghuninya. Selain itu untuk desain rumah Mediterania 1 lantai menggunakan ubin terakota yang terbuat dari tanah liat dengan warna coklat jingga yang khas.

4. Warna Rumah

Source : Pinterest

Dahulu, bangunan khas Mediterania terbuat dari bahan tanah liat yang dibakar atau pun batu-batu alam. Oleh karena itu, kekhasan bangunan dengan konsep ini salah satunya adalah menggunakan warna-warna alam di sepanjang bangunan rumah.

Warna netral seperti krem atau putih menjadi warna dasar dalam bangunan rumah. Setelah itu dikombinasikan dengan warna tone hangat yakni kastanya, terakota hingga oker. Kombinasi skema warna di setiap negara yang menganut gaya Mediteranian juga berbeda-beda satu dengan lainnya.

Misalnya Spanyol sering memakai warna kontras antara merah, kuning, hijau atau biru. Italia mengkombinasikan warna merah, emas, coklat muda dan oranye. Yunani menggunakan skema warna biru dengan warna dasarnya putih.

5. Jendela dan Pintu Melengkung

Source : Pexels

Umumnya, rumah-rumah Mediterania memiliki jendela dan pintu yang cukup besar dan panjang. Namun, hal yang membedakannya dengan gaya arsitektur lain adalah bentuk pintu dan jendela yang melengkung di bagian atas.

Lengkungan yang khas ini disebut dengan archway yang memberikan kesan elegan, luas dan natural. Kamu bisa memakai archway sebagai penghubung antar dua ruangan selain memakai pintu biasa.

Archway sendiri beradal dari kata arch dari Italia pada masa Renaisans. Lengkungannya memberikan ilusi ruangan yang lebih terbuka. Membagi ruangan dengan lengkungan ini lebih sederhana dibandingkan dengan pintu.

Baca juga: Cara Efektif Untuk Menentukan Budget Desain Rumah

Konsep Mediterania Cocok dengan Rumah di Indonesia

Source : Pinterest

Kehadiran desain rumah Mediterania memang menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan. Ini dikarenakan konsep rumah yang Mediterania sangat fleksibel digunakan, bukan hanya oleh rumah berukuran besar namun juga untuk yang berukuran sedang.

Selain itu, terdapat keunggulan lain dari konsep ini. Dengan dinding yang tebal, Pins dan keluarga dapat terlindung dengan terik panas di siang hari dan dinginnya suhu di malam hari.

Namun, konsep apapun yang akan digunakan oleh Pins, elemen penting yang harus diprioritaskan dalam mendesain sebuah rumah tinggal adalah faktor kenyamanan dan keamanan. Ini menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan.

Itulah tadi ulasan mengenai rumah dengan konsep Mediterania yang dapat menjadi inspirasi Pins dalam mendesain rumah. Sebaiknya pikirkan dengan matang konsep apa yang akan benar-benar digunakan untuk hunian Pins. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Feature Image SOurce: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download