BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Rumah Pintu 2 dari Klasik Hingga Modern
0
0

15 Desain Rumah Pintu 2 dari Klasik Hingga Modern

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah pintu 2 bisa jadi pilihan untuk membuat interior ruangan semakin unikdan terkesan lebih luas. Desain pintu seperti ini sering dipakai sebagai pintu depan rumah atau entrace door.

Desainnya yang lebar membuat rumah pintu dua atau double door ini banyak digandrungi masyarakat. Selain itu, pintu 2 ini juga membuat jalur keluar masuk ruangan lebih lapang dibandingkan pintu berdaun satu. Pintu rumah dua sisi ini cocok untuk konsep minimalis walaupun lahan terbatas.

Manfaat Desain Rumah Pintu 2

desain rumah pintu 2
Source : Shutterstock

Ada banyak manfaat menggunakan desain pintu dua sisi, khususnya dalam hal menambah estetika ruangan. Kelebihan lainnya bisa Pin simak sebagai berikut ini:

Modern dan Elegan

Pintu dua daun memberikan kesan mewah dan elegan. Terlepas dari bagaimana motif dan material yang digunakan. Rumah terasa lebih elegan bila pemilihan warnanya juga tepat. Hal ini tergantung bagaimana tema atau konsep hunian yang dipakai seperti klasik maupun modern.

Bagaimana interior dan furnitur yang dipakai dalam hunian mencerminkan kepribadian pemiliknya yang berkelas.

Bisa Dibuka Dua Sisi

Jika Pins membutuhkan ruang masuk yang lebih lebar maka pintu dua daun merupakan solusi yang tepat. Pins bisa membuka pintu tidak hanya satu sisi namun dua sisi.

Apalagi jika ingin memasukan atau mengeluarkan barang akan terhambat bila mengandalkan pintu satu daun saja. Pintu dua daun perlu menggunakan dua kunci yang setiap sisinya terdapat pengaman.

Ruangan Tampak Lebih Luas

Dengan pintu dua sisi ini, ruangan akan terlihat lebih luas dan bisa membuat pencahayaan alami masuk ke dalam rumah dengan sempurna. Desain seperti ini cocok untuk mengakali ruangan depan yang sempit. Apalagi saat membuka pintu di pagi hari bisa mengatur sirkulasi udara jadi lebih segar.

Cocok Untuk Berbagai Tipe Rumah

Pintu dua sisi tidak hanya untuk rumah mewah saja. Rumah dengan lahan terbatas juga bisa menerapkan desain tersebut. Sifatnya universal dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Variasinya bisa dengan memilih handle, aksesoris tambahan, warna hingga corak. Pastikan ornamen pintu menyatu satu sama lain sehingga tidak bertabrakan dengan interior ruangan.

Baca juga : 10 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Standar Desain Rumah Pintu 2

Ada ukuran standar bagi desain rumah pintu 2. Ukuran standarnya adalah 90 cm x 210 xm. Masing-masing pintunya memiliki ukuran 65-75 cm dengan 220-240 cm.  Jika Pins ingin membuat model pintu geser dua sisi, sebaiknya memakai bahan rel aluminium pada bagian atas maupun bawah pintu.

Baca juga : 20 Ide Model Pintu Garasi Besi Hollow

6 Ide Desain Rumah Pintu 2

Ada beberapa desain entrance door dengan sistem double door yang bisa kamu jadikan inspirasi, di antaranya:

Desain Rumah Pintu 2 Natural

Source : Shutterstock

Pintu dua sisi seperti ini cocok untuk Pins yang suka konsep tropis atau menyatu dengan alam. Bagian atas pintu menggunakan kaca non transparan sementara diatas pintu tumbuh tanaman merambat.

Desain seperti ini bisa mengakali ruang hijau yang terbatas. Perawatan tanaman cukup merapikan rantingnya agar tidak menghalangi bukaan pintu.

Desain Rumah Pintu 2 Klasik dan Mewah

desain rumah pintu 2
Source : Shutterstock

Model selanjutnya adalah klasik namun tetap memancarkan kemewahan. Pintu seperti ini dipenuhi ornamen dan pegangan pintu yang terbuat dari metal.

Motif pegangannya terukir dengan baik sehingga tampak elegan. Desain pintunya bisa dikolaborasikan dengan motif floral pada bagian kacanya. Sedangkan warna pintu umumnya memakai cat polos seperti putih, gold maupun hitam.

Model Pintu 2 Untuk Garasi

Source : Shutterstock

Bukaan pintu paling lebar adalah model pintu garasi mobil. Desain pintu dua sisi ini tak hanya cantik untuk garasi mobil saja melainkan pintu depan. Sekali buka pintu walau satu sisinya saja bisa dilewati lebih dari 2-3 orang sekaligus.

Untuk melindungi dari sinar matahari kamu bisa menambahkan bagian atasnya dengan jenis atas kanopi. Tujuannya agar lebih teduh dan gagang pintu dibuat lebih panjang sehingga nyaman saat digenggam.

Rumah Pintu 2 Model Glass Door

Source : Shutterstock

Model glass door walaupun terlihat simpel namun praktis. Pintu rumah seperti ini bisa untuk indoor maupun outdoor. Tambahkan tirai sehingga privasi masih terjaga jika dibutuhkan.

Glass door mampu memaksimalkan cahaya yang masuk dalam ruangan. Desain pintu seperti ini sering diimplementasikan dalam huniah ramah energi. Sistem bukaan bisa dibuat geser.

Desain Rumah Pintu 2 Lengkung

desain rumah pintu 2
Source : Shutterstock

Pintu jenis ini termasuk dalam model klasik dan sering ditemukan pada rumah Eropa zaman dahulu. Bentuknya melengkung dan hanya pada bagian atasnya saja.

Bahan pintu dari kayu solid namun ada pula yang memakai tambahan kaca agar terlihat artistik. Kebanyakan pintu lengkung didesain secara custm made karena sudah jarang diproduksi. Bagian pengunci terletak di dalam atau jalur masuk. 

Baca juga : 9 Desain Teralis Pintu Rumah  Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Rumah Pintu 2 Plipit

Source : Shutterstock

Selanjutnya, ada pintu plipit atau barn door. Ciri dri pintu ini ada pada bagian atasnya yang memakai rangka besi sebagai pengait dan penahan daun pintu. Model pintu plipit bukanlah hal yang baru karena banyak ditemukan di negara-negara Eropa.

Umumnya dipakai untuk pintu ruang tamu namun kini juga dipakai sebagai pintu depan. Kelebihan dari pintu plipit adalah besi yang terekspos sehingga lebih artistik. Bahan material pintu umumnya memakai kayu bisa di furnish atau memakai warna aslinya.

Desain Rumah Pintu 2 Nuansa Kayu

desain rumah pintu 2
Source : Pinterest

Pintu dua sisi dengan nuansa kayu juga bisa kamu terapkan untuk menambah kesan mewah dan elegan pada sebuah rumah. Kamu juga bisa memilih desain pintu yang tinggi untuk membuat rumah semakin terlihat mewah.

Selain itu, tambahkan juga sedikit ornamen kaligrafi atau ukiran pada pintu kayu agar tidak terkesan terlalu monoton dan membosankan. Desain yang satu ini cocok untuk dijadikan entrace door.

Model Rumah Pintu 2 Sliding

Source : Pinterest

Pintu model sliding merupakan jenis pintu dua sisi yang juga banyak diminati dari tahun ke tahun. Model pintu dua sisi ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah minimalis. Hal ini karena pintu sliding tidak membutuhkan lapak saat kita membuka maupun menutupnya.

Model Rumah Pintu 2 American Classic

desain rumah pintu 2
Source : Pinterest

Bagi kamu yang suka dengan gaya rumah american classic, maka jenis pintu yang satu ini sangat cocok untukmu. Pasalnya, rumah american classic identik dengan desain simpel namun tetap terlihat mewah. Kamu juga bisa menambahkan akses kaca untuk membuat rumah tampak seperti konsep open space.

Desain Rumah Pintu 2 Modern Vintage

Source : Pinterest

Untuk mewujudkan desain rumah vintage, kamu bisa memilih desain rumah pintu dua modern vintage ini pada hunianmu. Akses melengkung di bagian atas pintu membuat tampilan rumah semakin vintage dan menarik. Selain itu, aksen kaca di sini membuat rumah tetap terlihat modern meski bergaya vintage.

Desain Rumah Pintu 2 Unik

desain rumah pintu 2
Source : Pinterest

Jika Pins bosan dengan desain pintu dua sisi biasa, mungkin inspirasi double door yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Biasanya, pintu dua sisi terletak berdampingan satu sama lain. Namun, kamu bisa mengubahnya sedikit dengan sekat jendela di bagian tengahnya.

Selain desainnya yang unik, ini bisa menjadi alternatif untuk membuat pintu dengan dua fungsi, seperti halnya pintu kanan untuk jalur keluar rumah, sedangkan pintu sisi kiri untuk jalur masuk rumah.

Desain Rumah Freench Door

Source : Pinterest

Siapa yang tidak mengenal desain freench door, desain pintu ala Prancis yang satu ini identik dengan aksen atau motif garis yang membentuk persegi. Pintu ini cukup populer dikalangan masyarakat hingga kini berkat tampilannya yang elegan dan mewah.

Tak hanya itu saja, desain pintu ini juga bisa membantu pencahayaan alami dari matahari masuk dengan baik ke dalam rumah.

Model Rumah Double Door Full White

desain rumah pintu 2
Source : Pinterest

Jika kamu bosan dengan warna pintu hitam maupun kayu, kamu bisa menggunakan desain pintu full white seperti gambar di atas. Pintu berwarna putih juga cukup populer digunakan beberapa tahun belakangan ini.

Pintu warna putih bisa kamu padukan dengan warna cat rumah abu abu muda, cat rumah warna biru, maupun kombinasi cat rumah warna putih lainnya yang tak biasa.

Rumah Pintu 2 Gaya Monokrom

Source : Pinterest

Selain putih, ada juga inspirasi desain rumah pintu dua sisi bergaya monokrom. Kamu bisa memilih pintu warna hitam sebagai titik poin tampak depan rumah. Kemudian mengkombinasikannya dengan warna cat rumah putih, abu-abu, maupun cream.

Model Rumah 2 Pintu Tradisional

desain rumah pintu 2
Source : Pinterest

Meski terbilang cukupp kuno, masih banyak orang yang menggemari desain rumah pintu dua sisi tradisional. Pasalnya, desain pintu ini identik dengan material kayu dan ukiran ornamen khas tradisional. Jika kamu menyukai desain ini, tak ada salahnya untuk menerapkannya di rumah.

Demikianlah beragam inspirasi desain pindu dua sisi untukmu. Desain rumah pintu 2 bisa jadi pilihan bagian dalam maupun luar ruangan. Kelebihannya adalah lebih luas untuk jalur keluar masuk. Selain itu model bukaan tidak hanya bukaan dalam maupun luar namun juga sistem geser. 

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download