Pinhome

Tips Properti

9 Desain Rumah Jawa Modern Sederhana untuk Kamu yang Klasik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 16 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Rumah bergaya klasik sederhana cocok ditempatkan pada daerah dengan suhu udara yang rendah. Kesejukan yang terasa dengan desain arsitektur yang mendukung membuat hunian semakin nyaman. Namun, kini pun masih ada penghuni yang menyukai rumah Jawa modern sederhana yang dibuat pada daerah perkotaan. Hunian klasik ini menarik dengan unsur Jawa yang kental.

Pinhome – Rumah adat Jawa yang terkenal dengan sebutan rumah joglo memang cukup menjadi perhatian di kalangan masyarakat. Desain atap nya yang menyerupai bangunan trapesium menjadi ciri khas dari desain rumah jawa sederhana ini. Dengan atap berwarna kecoklatan dan tiang penyangga yang biasa disebut soko menjadi pelengkap unsur rumah jawa. Namun, bagaimana bila dibuat mengikuti perkembangan zaman? Desain rumah jawa modern sederhana juga dapat Pins aplikasikan.

Kamu bisa membuat bangunan minimalis bergaya jawa klasik yang pastinya menarik. Bila Pins masih saja bingung desainnya seperti apa, di bawah ini Pinhome akan coba sajikan ragam desain rumah jawa modern yang mungkin bisa membuka pikiran Pins. Simak yuk!

Baca Juga: Gambar Rumah Adat Jawa Tengah Lengkap dengan Namanya

Desain Rumah Jawa Modern dan Dekorasi di Dalamnya

Rumah Joglo berasal dari Jawa tengah dan juga merupakan salah satu nama rumah tradisional Indonesia yang pada umumnya terbuat dari kayu. Bentuk rumah Joglo khas terlihat dari atapnya yang cenderung mengerucut membentuk layaknya sebuah gunung. Hal lain yang membuat bangunan ini menonjol dibandingkan bangunan lainnya adalah ornamen-ornamen kayu pada bagian-bagian rumah yang kental dengan desain ornamen Jawa. Rumah Joglo asli memiliki ketentuan pembangunannya yaitu mempunyai tiang-tiang penyangga atap yang disebut soko guru dan pintu serta jendelanya yang terbuat dari kayu dihiasi ukiran.

Untuk Pins yang ingin memiliki rumah dengan desain rumah jawa modern, Pins dapat memodifikasinya. Pins dapat membuat desain rumah joglo modern yang minimalis tetapi masih kental dengan suasana dan atap khas rumah Joglo pada umumnya. Terlampir beberapa keunikan rumah Joglo beserta dekorasinya yang bisa Pins contoh untuk membuat rumah masa depan Pins kelak.

Desain Atap Rumah Berwarna Terang

(Pinterest)

Pada umumnya memang rumah joglo yang berasal dari jawa tersebut beratapkan genting yang berwarna kecoklatan. Namun, untuk membuatnya lebih menarik dan segar, kamu bisa menggantinya dengan warna atap yang cenderung lebih terang. Model rumah jawa modern satu ini terlihat feminin dan lembut bukan? Material batu bata tetap dapat dipertahankan dengan warna coklat tua sekaligus list dalam bagian eksterior rumah. 

Model Rumah Jawa Modern dengan Hiasan Kolam Ikan

(Pinterest)

Mempertahankan tiang-tiang yang menjadi salah satu ciri khas utama rumah joglo memang layak dijadikan center of attention pada hunian. Tiang yang biasa disebut soko tersebut memperindah teras depan rumah. Untuk rumah yang tidak terlihat monoton, kamu dapat menambahkan dekorasi kolam ikan pada bagian sisi luar teras. Kolam ikan dengan air mancur di dalamnya mempercantik hunian bukan?

Rumah Jawa Minimalis

(home shabby)

Desain rumah jawa modern yang terkesan minimalis pun bisa kamu perlihatkan dalam eksterior rumah jawa. Bagaimana caranya? Pins bisa menggunakan warna gelap yang menjadi ciri khas rumah minimalis yaitu hitam atau abu-abu gelap pada atap dan beberapa bagian luar rumah. Bangunan tetap dibuat dengan bentuk simetris tanpa lekukan namun tetap mempertahankan bentuk atap jawa trapesium.

Desain Rumah dengan Aksen Ornamen Jawa

(jog)

Bila Pins kurang menyenangi desain atap berbentuk trapesium yang menjadi ciri utama rumah jawa, kamu bisa bermain pada ornamen. Rumah jawa modern sederhana tetap klasik dengan pemakaian ornamen jawa pada dekorasi eksterior. Contohnya seperti mempertahankan dinding batu bata tanpa finishing cat, lampu luar yang berbentuk kejawen atau ukiran pada pagar. Semua bisa kamu buat bergaya jawa klasik namun tetap modern.

Rumah Jawa Modern Sederhana dengan Taman Luas

(decoration best)

Kesederhanaan dari model rumah jawa modern juga bisa Pins wujudkan dalam bentuk dekorasi taman pada bagian depan rumah yang cukup luas. Walau mungkin ini tidak dapat berlaku pada rumah dengan lahan terbatas, namun kamu bisa menyiasatinya dengan desain taman yang mengitari keseluruhan rumah. Ini akan menambah suasana nyaman dalam hunian jawa modern buatanmu.

Perpaduan Desain Rumah Panggung dan Jawa

(Pinterest)

Rumah jawa modern sederhana selanjutnya memiliki desain perpaduan rumah adat Indonesia, yaitu rumah adat Sumatera dan Jawa. Rumah yang Pins buat bisa berbentuk jenis rumah panggung dengan atap joglo yang menjadi ciri khas. Tidak perlu semua material berbahan kayu, kamu bisa memadupadankan dengan beton maupun batu alam pada desain luar pondasi. Terlihat sejuk dan asri bukan Pins?

Rumah Jawa dengan Atap Gading

(Yanuarrasid-architect)

Nah, ada yang menarik lagi nih Pins! Model rumah jawa modern dengan atap berbentuk gading juga bisa dijadikan salah satu ide menarik. Model atap yang menjuntai dengan ornamen khas pada bagian ujung atap menambah kesan klasik dari arsitektur bangunan itu sendiri. Apalagi bila menggunakan pintu gebyok yang menjadi salah satu ciri utama pada bagian hunian jawa, pasti akan lebih menarik lagi.

Desain Ruang Terbuka

(mimpibaru)

Ingin memiliki desain klasik jawa kekinian? Tentu bisa! Kamu bisa membuat desain rumah jawa sederhana dengan mayoritas ruang tanpa sekat atau biasa disebut desain ruang terbuka. Selain baik untuk sirkulasi udara dalam rumah, hunian dengan lahan terbatas tetap akan terlihat luas. Tambahkan hiasan taman vertikal di sudut ruangan ataupun teras yang cukup luas pada bagian belakang rumah.

Rumah Jawa Limasan

Rumah Jawa Limasan
(wisata.cyou)

Desain rumah jawa sederhana terakhir, berasal dari ciri khas Jawa Tengah. Rumah dengan bentuk atap limasan persegi panjang dapat Pins aplikasikan dalam hunian. Cocok untuk hunian satu lantai dengan bagian carport yang cukup besar. Lihat contohnya pada desain hunian di atas, sangat sederhana namun tetap terlihat menarik. Selain pintu gebyok, kamu pun dapat menambah detail dekorasi berwarna kecoklatan pada tampilan muka rumah.

Rumah Jawa Berpaviliun

Untuk Pins yang menyukai tema rumah model paviliun atau layaknya berada di sebuah bangunan lebar yang memiliki banyak tempat untuk bercengkrama, Pins dapat memadupadankan dengan kolam ikan kecil di depannya. Rumah yang yang dikelilingi kolam, akan terasa sejuk dan nyaman, apalagi dengan full desain kayu dalam material bahan rumah. Suasana kental Jogja akan terasa di rumah Pins.

Rumah Jawa Modern Minimalis

Nah, bagi Pins yang masih belum menemukan perpaduan yang pas antara bangunan minimalis dan aksen atap rumah Joglo, Pins dapat mencontohnya dari gambar rumah Joglo modern diatas. Bangunan minimalis kekinian dipadupadankan dengan atap khas rumah Joglo membuat bangunan terlihat modern. Jarak antara bangunan yang terkesan terpisah, dapat Pins satukan lewat pilar-pilar penyangga. Menarik bukan?

Jadi, dari serangkaian ide desain rumah jawa sederhana modern di atas, mana yang Pins suka? Model klasik jawa pada hunian memang tidak pernah gagal dan selalu terlihat menarik. Yuk buat kreasi hunianmu sendiri.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti Pinhome. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel