BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Rumah Bata Merah untuk Tampilan Makin Keren
0
0

Inspirasi Rumah Bata Merah untuk Tampilan Makin Keren

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 22, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Batu bata merah memang terkenal sejak dahulu sebagai material terbaik dalam pembangunan hunian. Bata merah yang dahulu hanya sebatas pembatas dinding, kini mulai berubah modern dengan pemakaian dalam bentuk rumah bata merah ekspos.

Batu bata merah sengaja dibuat tanpa plesteran untuk menonjolkan warna dan tekstur dari batu bata itu sendiri. Tampilan akhirnya artistik dan dapat membuat rumah kian menarik. 

Dengan layanan Take Over KPR, kamu bisa mendapatkan rumah batu merah dengan harga terjangkau. Lokasi yang dipilih juga strategis misalnya rumah di Karawaci, rumah baru di Kabupaten Bogor misalnya Avoria Estate hingga properti sekitar terminal Bulupitu.

Baca juga: Kelebihan Menggunakan Batu Bata Untuk Membangun Rumah

Inspirasi Rumah Bata Merah 

Pada desain hunian, batu bata merah ekspos pun dapat menampilkan estetika yang tinggi. Selain sudah terbukti kekuatannya, batu bata merah sudah memperlihatkan karakteristik unik warna yang dibuat dari bahan tanah liat dengan proses pembakaran. Nah, langsung saja simak yuk ide penerapannya pada desain rumah bata merah berikut! 

1. Rumah Ala Amerika Klasik 

Source : Americas Home Place

Rumah ala Amerika klasik dengan pemakaian batu bata ekspos memang sangat cocok diterapkan nih Pins! Kamu yang senang dengan desain rumah Amerika klasik bisa menggunakan batu bata pada tampilan tampak depan rumah.

Warnanya pun bisa kamu sesuaikan. Pada contoh rumah di atas penghuni sengaja menempatkan beberapa warna batu bata secara acak yang disamakan dengan warna atap rumah.

2. Rumah Batu Bata Merah Modern

Source : House Plans

Selanjutnya penggunaan batu bata pada perumahan modern Pins! Untuk kamu yang senang dengan desain yang simpel dan memiliki tingkat estetika yang tinggi, kamu bisa menggunakan model atap berebntuk datar.

Atap rumah yang cenderung datar membuat tampilan rumah lebih simpel dan cenderung modern. Pins bisa menggunakan batu bata ekspos pada eksterior hunian untuk tampilan yang artistik dan tentunya kekinian.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Dinding M2 Dan Kebutuhan Material Pasir Semen Batu Bata

3. Perpaduan Pada Desain Minimalis

Source : Unsplash

Rumah bergaya minimalis pun bisa Pins buat berbeda nih! Caranya adalah dengan menggunakan perpaduan material batu bata cantik.

Kamu bisa memadupadankan desain rumah batu bata merah pada dinding plesteran yang sudah di cat dengan warna minimalis seperti putih. Lihat penampilannya pada contoh di atas, tetap menarik bukan?

4. Desain Rumah Batu Bata Merah Sederhana

Source : Houzz

Meskipun termasuk dalam kategori rumah sederhana, tampilannya bisa dibuat menarik dan tentunya tidak ketinggalan zaman. Untuk desain seperti ini ada baiknya tetap menjaga tampilan luar dengan desain teras depan rumah yang asri dan pemakaian kombinasi dinding tanpa ekspos. Kamu bisa memadupadankan jenis atap rumah segitiga siku dan atap datar.

5. Rumah Ramah Lingkungan

Source : Hunting For George

Penerapan rumah ramah lingkungan atau dikenal pula sebagai green living kini memang mulai banyak diterapkan pada desain hunian. Rumah tersebut banyak memanfaatkan energi alam dan meminimalisir pemakaian elektronik atau pun material bangunan yang mengandung bahan kimia.

Konsep desain rumah batu bata merah ini sangat cocok disandingkan. Kamu bisa membuat banyak ruang terbuka dengan dinding batu bata dan material kaca sebagai pelengkap.

6. Desain Unik Pada Bagian Atap Rumah

Source : yellowtrace

Bagian atap rumah pun juga dapat dibuat menarik dengan pemakaian material batu bata. Penghuni sengaja menempatkan material batu bata ekspos pada bagian atap rumah untuk tampilan yang lebih menarik lagi.

Bagian badan rumah sengaja dibuat minimalis dengan memanfaatkan material besi dan kaca. Sungguh ide yang brilian bukan?

7. Rumah Batu Bata Merah Tipe Industrial

Source : PHOOEY Architects

Lain hal lagi untuk tipe industrial yang kini memang sedang banyak disukai masyarakat. Penggunaan material batu bata di dalamnya menjadi sangat selaras.

Beberapa tampilan dinding ekspos memang menjadi ciri khas utama gaya rumah industrial, untuk itu baik pada bagian depan maupun dalam ruangan semuanya bisa Pins terapkan. Padukan dengan beberapa material besi yang bisa kamu pakai pada dekorasi ya!

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Industrial Low Budget

8. Model Futuristik Rumah Bata Merah

rumah bata merah
Source : iSTUDIO Architecture

Menyatukan desain futuristik dengan material alami, kenapa tidak? Keduanya tetap bisa dileburkan dalam eksterior yang selaras namun tetap menarik untuk dilihat.

Bangunan utama sengaja dibuat menggunakan batu bata sebagai material utama dan bagian atap didesain modern dan menjadi ciri khas gaya masa depan. Atap dibuat tidak beraturan namun tetap mempunyai fungsi utama sebagai pelindung hunian.

9. Rumah Mewah Dengan Desain Batu-Bata

rumah bata merah
Source : Studio Arthur Casas

Siapa bilang rumah mewah pun tidak bisa dibuat dengan tampilan bata merah yang alami? Rumah mewah akan terlihat makin berestetika dengan penerapan batu bata ekspos yang cantik. Bagian eksterior rumah bisa dibuat bertekstur, namun bagian interior tetap menggunakan cat dinding selayaknya rumah pada umumnya. 

10. Penggunaan Desain yang Unik

rumah bata merah
Source : Materia Arquitectonica

Lain hal lagi untuk kamu yang keluarga yang menyukai tampilan unik pada bagian depan rumah. Desain rumah batu bata pasti akan sangat serasi.

Kamu bisa membuat dinding yang beraneka ragam bentuk dan motif dengan bentuk bangunan yang tidak biasa. Untuk penerapan desain satu ini kuncinya adalah berani dan tidak takut bermain dengan berbagai macam material bangunan. Hasilnya pasti luar biasa!

11. Tipe Farm House

rumah bata merah
Source : House Plans

Nah, terakhir adalah tipe rumah yang homey atau banyak dipakai di daerah Amerika dengan sebutan farm house. Berasal dari ide perumahan para petani di daerah dataran luas, kamu bisa mengadaptasinya pada perumahan.

Biasanya rumah batu bata merah ini terlihat seperti tidak bertingkat, namun beberapa diantaranya banyak yang menggunakan sebagai loteng tempat penyimpanan. Klasik sekali ya Pins?

Ide-ide desain menarik mengenai rumah batu bata merah memang tidak ada habisnya nih Pins! Kamu dapat berkreasi kembali tanpa batasan. Semoga dapat menambah munculnya ide-ide baru dalam penerapan desain rumah baru milik kamu ya!

Baca juga: Kelebihan Batako Dibanding Batu Bata Merah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Citylofts Sudirman dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download