BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Desain Atap Rumah Terbaik Untuk Kamu
0
0

5 Tips Desain Atap Rumah Terbaik Untuk Kamu

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 29, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung luas rangka ataptop-right-banner

Tips mendesain atap rumah merupakan salah satu hal yang penting Anda perhatikan sebelum membangun rumah. Hal ini disebabkan karena kenyamanan rumah turut dipengaruhi oleh model dan pilihan jenis atap yang Pins gunakan. Pemilihan atap yang kurang selektif akan menyebabkan atap cepat rusak, rumah bocor dan sangat tidak nyaman tentunya.

Terlebih jika Pins telah merancang desain bangunan rumah yang cukup baik, dengan rusaknya desain atap rumah akan mengganggu seluruh desain. Maka, memperhatikan rancangan desain atap rumah menjadi hal yang cukup penting sebelum Pins membangun rumah.

Baca juga: Atap Rumah Minimalis

Tips Desain Atap Rumah

desain Atap Rumah
Source : Pinterest

Atap rumah merupakan salah satu bagian rumah yang sangat penting. Fungsinya utamanya adalah sebagai penutup, yakni pelindung rumah dari panasnya terpaan sinar matahari serta guyuran air hujan. Desain atap yang tepat juga akan menambah nilai estetika sebuah hunian. Ibarat bagian tubuh, atap rumah adalah mahkotanya. 

Kesalahan dalam menentukan bentuknya ternyata bisa berakibat fatal. Selain rumah tidak lagi terlihat menarik, efeknya juga berimbas pada ketidaknyamanan penghuni rumah. Terlebih lagi tinggal di negara beriklim tropis seperti di Indonesia.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menetapkan pilihan desain atap rumah yang akan dipakai:

Kenali Fungsi Desain Atap Rumah Itu Sendiri

Source : Pinterest

Atap pada sebuah rumah berfungsi untuk melindungi isi rumah dari sengatan matahari, hujan dan sebagainya. Disamping fungsi keamanan di atas, yang tak boleh ditinggalkan juga fungsi estetika atau keindahan. Selain nyaman dan aman, pilihan atap yang hendaknya menempati nilai estetika sebuah bangunan. Sehingga akan indah saat dipandang orang yang melintasi rumah Pins.

Pilih Bahan Desain Atap Rumah yang Cocok

Source : Pinterest

Untuk atap bisa saja Pins menggunakan seng. Ini dapat menguntungkan ketika digunakan. Namun, untuk kenyamanan seng kurang mendukung karena beberapa hal. Pada saat hujan, rumah dengan desain atap menggunakan bahan seng akan terasa lebih berisik. Demikian juga pada saat siang hari, rumah dengan atap seng akan terasa lebih panas.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

Pilih Model Atap dengan Seksama

desain Atap Rumah
Source : Pinterest

Untuk memilihnya sesuaikan dengan kondisi tempat tinggal Pins. Desain atap rumah dengan model joglo dan limas memiliki sudut kemiringan yang memberikan sirkulasi udara yang baik.

Bentuknya biasanya lancip, sangat sesuai untuk daerah beriklim panas seperti Indonesia. Sementara model desain atap dengan gaya eropa biasanya memiliki sudut kemiringan yang relatif kecil, sangat sesuai untuk negara-negara Eropa yang beriklim dingin.

Baca juga: Cara Menentukan Inspirasi Desain Rumah

Jangan Ragu Gunakan Bahan Sintesis

Source : Pinterest

Untuk keawetan dan atap rumah yang terbaik, sebaiknya memilih kualitas atap berbahan sedikit mahal. Seperti bahan-bahan sintesis yang ringan. Tak masalah jika Pins harus sedikit berkorban untuk desain atap rumah, sebab jika terlalu sering mengganti atap rumah justru akan semakin merepotkan.

Baca juga:

Pertimbangkan Faktor Cuaca

memilih desain atap rumah
Source : Pixabay

Pins harus siap menghadapi teriknya matahari di musim kemarau. Sebaliknya, ketika musim penghujan datang maka bersiap-siaplah menerima curah hujan yang tinggi. Bayangkan jika desain atap rumah Pins tidak mengakomodasi dua musim tersebut, pastinya Pins dan seluruh penghuni rumah menjadi tidak nyaman tinggal di dalamnya.

Faktor cuaca sebaiknya menjadi prioritas utama dalam menentukan desain atap rumah. Begitu pula dengan pemilihan materialnya. Pastikan bahan yang dipakai juga sesuai dengan kondisi iklimnya.

Dua aspek inilah yang kemudian diakomodasi oleh gaya atap rumah minimalis. Desainnya yang simpel namun tetap fungsional ternyata justru menghadirkan daya tarik tersendiri. Bila Pins berminat menggunakannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih desain atap rumah minimalis.

Baca juga: Tips Membeli Rumah Terbaik

Jenis Bentuk Atap

Source : Pinterest

Ada dua jenis bentuk atap yang selama ini lazim digunakan. Yakni bentuk atap miring dan bentuk atap datar. Atap miring membutuhkan konstruksi yang lebih rumit dan banyak material. Keunggulannya mampu menahan panas matahari dan cepat mengalirkan air ketika musim hujan tiba.

Berbeda dengan atap datar. Bentuknya memang lebih simpel dan membutuhkan lebih sedikit material. Namun tidak bisa optimal melindungi rumah dari paparan sinar matahari. Akibatnya rumah dengan atap datar lebih panas dibandingkan dengan atap miring. 

Begitu pula ketika musim hujan tiba. Atap datar tidak bisa mengalirkan air secepat atap miring.

Baca juga: Standar Kemiringan Sudut Atap Rumah Tinggal

Cara Memilih Bahan Penutup Atap

desain Atap Rumah
Source : Pinterest

Untuk pemilihan bahan penutup atap rumah minimalis, Pins memiliki keleluasaan untuk mengaplikasikan jenis gentengnya. Adapun untuk pemilihan warna, Pins dianjurkan menggunakan warna abu-abu tua ataupun hitam. Karena warna bisa mendukung estetikaa dari atap. Itulah kira-kira hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih desain atap rumah minimalis.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download