Tips Mendesain Atap Rumah Paling Mudah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Tips mendesain atap rumah merupakan salah satu hal yang penting Anda perhatikan sebelum membangun rumah. Hal ini disebabkan karena kenyamanan rumah Anda turut dipengaruhi oleh model dan pilihan jenis atap yang Anda gunakan. Pemilihan atap yang kurang selektif akan menyebabkan atap cepat rusak, rumah bocor dan sangat tidak nyaman tentunya. Terlebih jika Anda telah merancang desain bangunan rumah yang cukup baik, dengan rusaknya desain atap rumah akan mengganggu seluruh desain. Maka, memperhatikan rancangan desain atap rumah menjadi hal yang cukup penting sebelum Anda membangun rumah.

Pinhome – Atap rumah merupakan salah satu bagian rumah yang sangat penting. Fungsinya utamanya adalah sebagai penutup, yakni pelindung rumah dari panasnya terpaan sinar matahari serta guyuran air hujan. Desain atap rumah yang tepat juga akan menambah nilai estetika sebuah rumah tinggal. Ibarat bagian tubuh, atap rumah adalah mahkotanya. 

Kesalahan dalam menentukan bentuknya ternyata bisa berakibat fatal. Selain rumah tidak lagi terlihat menarik, efeknya juga berimbas pada ketidaknyamanan penghuni rumah. Terlebih lagi tinggal di negara beriklim tropis seperti di Indonesia.

Baca Juga: Atap Rumah Minimalis

Tips Mendesain Atap Rumah

Tips Mendesain Atap umah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menetapkan pilihan desain atap rumah yang akan dipakai:

Kenali Fungsi Dari Atap Itu Sendiri

Atap pada sebuah rumah berfungsi untuk melindungi isi rumah dari sengatan matahari, hujan dan sebagainya. Disamping fungsi keamanan di atas, yang tak boleh ditinggalkan juga fungsi estetika atau keindahan. Selain nyaman dan aman, pilihan atap yang hendaknya menempati nilai estetika sebuah bangunan. Sehingga akan indah saat dipandang orang yang melintasi rumah kita.

Pilihan Seng Sebagai Bahan Desain Atap Rumah Secara Ekonomis

Memang cara ini dapat menguntungkan ketika digunakan. Namun, untuk kenyamanan seng kurang mendukung karena beberapa hal. Pada saat hujan, rumah dengan desain atap menggunakan bahan seng akan terasa lebih berisik. Demikian juga pada saat siang hari, rumah dengan atap seng akan terasa lebih panas.

Tips Mendesain Atap Rumah Dengan Memilih Modelnya

Untuk memilihnya sesuaikan dengan kondisi tempat tinggal kita. Desain atap rumah dengan model joglo dan limas memiliki sudut kemiringan yang memberikan sirkulasi udara yang baik. Bentuknya biasanya lancip, sangat sesuai untuk daerah beriklim panas seperti Indonesia. Sementara model desain atap rumah dengan gaya eropa biasanya memiliki sudut kemiringan yang relatif kecil, sangat sesuai untuk negara-negara Eropa yang beriklim dingin.

Pilihlah Bahan Atap yang Nyaman dan Sesuai

Untuk keawetan dan desain atap rumah yang terbaik, sebaiknya memilih kualitas atap berbahan sedikit mahal. Seperti bahan-bahan sintesis yang ringan. Tak masalah jika Anda harus sedikit berkorban untuk desain atap rumah, sebab jika terlalu sering mengganti atap rumah justru akan semakin merepotkan.

Baca juga:

memilih desain atap rumah
(Pixabay)

Pins harus siap menghadapi teriknya matahari di musim kemarau. Sebaliknya, ketika musim penghujan datang maka bersiap-siaplah menerima curah hujan yang tinggi. Bayangkan jika desain atap rumah Pins tidak mengakomodasi dua musim tersebut, pastinya Pins dan seluruh penghuni rumah menjadi tidak nyaman tinggal di dalamnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

Faktor cuaca sebaiknya menjadi prioritas utama dalam menentukan desain atap rumah. Begitu pula dengan pemilihan materialnya. Pastikan bahan yang dipakai juga sesuai dengan kondisi iklimnya. Dua aspek inilah yang kemudian diakomodasi oleh gaya atap rumah minimalis. Desainnya yang simpel namun tetap fungsional ternyata justru menghadirkan daya tarik tersendiri. Bila Pins berminat menggunakannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih desain atap rumah minimalis.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah Terbaik

Bentuk Atap

Ada dua jenis bentuk atap yang selama ini lazim digunakan. Yakni bentuk atap miring dan bentuk atap datar. Atap miring membutuhkan konstruksi yang lebih rumit dan banyak material. Keunggulannya mampu menahan panas matahari dan cepat mengalirkan air ketika musim hujan tiba.

Berbeda dengan atap datar. Bentuknya memang lebih simpel dan membutuhkan lebih sedikit material. Namun tidak bisa optimal melindungi rumah dari paparan sinar matahari. Akibatnya rumah dengan atap datar lebih panas dibandingkan dengan atap miring. 

Begitu pula ketika musim hujan tiba. Atap datar tidak bisa mengalirkan air secepat atap miring.

Baca Juga: Standar Kemiringan Sudut Atap Rumah Tinggal

memilih desain atap rumah
(Pixabay)

Baca Juga: Cara Menentukan Inspirasi Desain Rumah

Pemilihan Bahan Penutup

Untuk pemilihan bahan penutup atap rumah minimalis, Pins memiliki keleluasaan untuk mengaplikasikan jenis gentengnya. Adapun untuk pemilihan warna, Pins dianjurkan menggunakan warna abu-abu tua ataupun hitam. Karena warna bisa mendukung estetikaa dari atap. Itulah kira-kira hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih desain atap rumah minimalis.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.  Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia