BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Rumah Kecil Sederhana untuk Hunian yang Nyaman
0
0

10 Inspirasi Rumah Kecil Sederhana untuk Hunian yang Nyaman

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 6, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kini sudah tidak perlu khawatir lagi untuk membuat hunian yang nyaman pada lahan yang terbatas. Inspirasi rumah kecil sederhana yang pastinya nyaman untuk ditempati dapat terwujud jika mengetahui desain yang tepat. Rumah kecil milik kamu akan tetap terlihat menawan walaupun dalam lahan yang relatif sempit.

Seperti halnya rumah bekas di Bogor ataupun rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence atau di sekitar . Perumahan tersebut minimalis namun tetap fungsional dan berada di lokasi strategis. Gunakan fitur Pengajuan KPR untuk mewujudkan rumah kecil sederhana impianmu!

Inspirasi Rumah Kecil Sederhana

Untuk mendapatkan keleluasaan lahan, Pins harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu hadir solusi rumah minimalis yang didesain menarik. Inspirasi rumah kecil sederhana tersebut ada pada ulasan di bawah ini!

1. Mengutamakan Penggunaan Furnitur Serbaguna

Source : furnitureinfashion

Untuk mewujudkan tampilan rumah kecil tapi nyaman, Pins harus pintar mengatur tata letak di dalamnya. Desain interior menjadi faktor utama membuat hunian yang sempit menjadi nyaman dan terlihat lapang. Penggunaan furnitur serbaguna salah satunya. Sering digunakan pada desain apartemen Korea, ternyata hal tersebut juga berguna diaplikasikan pada hunian dengan lahan terbatas.

Inspirasi rumah kecil sederhana ini bisa Pins adaptasi pada kamar tidur yang bisa dilipat menjadi meja kerja contohnya, maupun sofa ruang tamu yang bisa sekaligus digunakan sebagai ruang istirahat. Ide penggunaan furnitur serbaguna ini dapat membuat semua perabot fungsional. 

Baca juga: Cara Memaksimalkan Ruangan Pada Lahan Tanah Terbatas

2. Cermin Sebagai Elemen Membuat Ruang Lebih Lapang

Source : Ash Nyc

Apa Pins pernah mendengar mengenai kegunaan cermin dalam ruangan? Cermin tidak hanya dapat dipergunakan untuk merias diri, kini fungsinya jauh lebih luas yaitu dapat membuat ruang terlihat lebih lapang. Untuk hunian dengan lahan yang terbatas, Pins bisa menempatkan cermin pada salah satu dinding ruang. Semakin besar ukuran cermin akan semakin banyak pantulan cahaya yang masuk ke dalam ruang.

Inilah mengapa fungsi cermin pada hunian sempit menjadi sangat berguna. Ruang interior hunian akan semakin cerah. Namun, Pins tidak perlu bingung, bila Pins hanya mempunyai cermin yang kecil, coba tempatkan dalam desain kolase ataupun berkelompok. Hal tersebut juga bisa membawa sumber cahaya yang dapat membuat ruang tamu milik kamu menarik.

3. Inspirasi Rumah Kecil Desain Mezzanine

Source : Home-designing

Nah, penggunaan desain mezzanine ini memang cukup sering digunakan sebagai alternatif menyiasati hunian kecil. Inspirasi rumah kecil sederhana ini bisa kamu aplikasikan pada tipe-tipe rumah masa kini. Mulai dari tipe 36, 45 hingga 70. Namun, Pins perlu perhatikan pula tinggi langit-langit dalam ruang ya! Penggunaan mezzanine kurang disarankan untuk langit rumah yang tergolong rendah.

Inspirasi rumah kecil bisa diwujudkan dengan penempatan mezzanine di bagian atas untuk ruang kamar tidur, dan sisanya pada bagian bawah hunian. Ambil warna-warna muda yang dipadukan dengan furnitur kayu ataupun memanfaatkan desain hunian aesthetic yang banyak menggunakan warna putih di dalamnya.

4. Smart Storage Pada Beberapa Bagian Hunian

(Pinterest)

Selanjutnya adalah menempatkan bagian-bagian laci penyimpanan pada ruang rahasia atau bisa disebut pula dengan smart storage. Penggunaan smart storage pada rumah kecil akan sangat berguna. Segala barang-barang keperluan sehari-hari dapat ditempatkan pada ruang-ruang yang bisa disiasati. Seperti laci di bawah tempat tidur, rak buku yang sekaligus menjadi rak televisi dan masih banyak lagi.

Hal ini pun akan membuat hunian mungilmu tetap terlihat rapi tanpa adanya barang yang tercecer berada di luar. Keadaan ini justru akan membuat rumah sederhanamu penuh dan sesak bila tidak ditempatkan pada lemari tertutup. 

5. Insipirasi Rumah Kecil Sederhana Tanpa Sekat

inspirasi rumah kecil
Source : Style Motivation

Nah, menampilkan rumah kecil yang nyaman juga bisa tanpa adanya sekat. Adaptasi desain terbuka dalam ruang bisa Pins gunakan. Seperti ruang dapur, ruang keluarga dan ruang makan yang terdapat pada satu area yang sama tanpa adanya sekat. Hal ini akan membuat hunian terlihat lapang dan luas. Campurkan dengan warna putih dan alas lantai kayu, maka ruang dalam rumah akan semakin nyaman.

Namun, bila Pins membutuhkan privasi lebih, kamu bisa menyiasatinya dengan penggunaan partisi kaca. Material kaca dapat membuat hunian bernuansa cerah sekaligus terlihat lebih modern. Salah satu contohnya penggunaan sekat kaca pada area kamar mandi.

Baca juga: 7 Tips Menerapkan Dekorasi Rustic di Rumah

6. Gunakan Pintu atau Jendela Geser

inspirasi rumah kecil
Source : Decoist

Inspirasi rumah kecil sederhana memang butuh pemikiran lebih dibanding dengan rumah yang besar. Kamu harus banyak berpikir mengenai tempat dan ruang yang tepat ditempatkan agar tidak menimbulkan pandangan yang merusak mata. Apalagi hal tersebut demi kenyamanan tempat tinggal. Penggunaan pintu dan jendela geser salah satunya, bisa Pins aplikasikan dalam hunian. 

Pintu kamar mandi geser, sampai penggunaan jendela geser pada keseluruhan hunian. Tentu hal tersebut akan sangat menghemat tempat dibandingkan Pins menggunakan jendela dengan bukaan ataupun jendela yang memiliki tralis. Terkadang justru membuat ruang terlihat lebih sempit.

7. Inspirasi Rumah Kecil Minim Dekorasi

inspirasi rumah kecil
Source : Pinterest

Bila hunian miliki Pins tergolong kecil, usahakan untuk tidak menggunakan dekorasi berlebih dalam ruang. Hal tersebut justru membuat hunian terlihat penuh dan sesak. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan. Namun, bukan berarti rumah kecil tidak boleh menempatkan dekorasi ya. Pins bisa menggunakan dekorasi sederhana seperti penggunaan tanaman hias maupun lukisan. Bahkan jam dinding pun bisa dikatakan sebuah dekorasi dalam ruang lho!

8. Gaya Japandi Untuk Rumah Rapi

Source : Unsplash

Gaya Japandi adalah perpaduan antara Japanese dan Scandinavian style. Salah satu cirinya mengedepankan gaya minimalis yang dipadukan dengan warna netral. Kesan rapi terlihat jelas dari penataan furniturnya yang multifungsi dan ringkas.

Baca juga: Prinsip Dasar Desain Rumah Minimalis

9. Desain Rumah Tudor

Source : Architecturaldigest

Kesan hunian ini modern dan klasik yang cocok untuk kamu yang bosan dengan satu gaya interior saja. Material bebatuan terlihat dari fasad maupun interior ruangan. Rumah tudor mirip dengan hunian yang ada di negeri dongeng.

10. Hunian Semi Kabin

Source : Unsplash

Rumah semi kabin memiliki bentuk bangunan sederhana dan warna netral. Terdapat pula material kaca yang membuat nuansa hunian semakin homey. Rumah seperti ini cocok untuk bangunan yang ada di pegunungan atau dataran tinggi.

Itulah beberapa tips dan juga inspirasi rumah kecil sederhana yang dapat Pins aplikasikan dalam hunian dengan luas yang terbatas. Hal yang paling penting adalah selalu percaya bahwa apapun tipe rumah, bisa dibuat senyaman mungkin bila mengetahui tata letak ruang yang tepat. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ingin Punya Rumah Minimalis Sederhana Bergaya Estetis? Cukup Lakukan Hal Ini!

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Panorama Bekasi Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download