Inspirasi Rumah Kecil Sederhana Serta Tips untuk Hunian yang Nyaman

Pinhome

7 Inspirasi Rumah Kecil Sederhana untuk Hunian yang Nyaman

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 30 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Kini sudah tidak perlu khawatir lagi untuk membuat hunian yang nyaman pada lahan yang terbatas. Inspirasi rumah kecil sederhana yang pastinya nyaman untuk ditempati dapat terwujud jika mengetahui desain yang tepat. Rumah kecil milik kamu akan tetap terlihat menawan walaupun dalam lahan yang relatif sempit.

Pinhome – Khusus untuk muda mudi yang baru saja menikah atau sedang mulai dalam tahap melangkah ke fase kehidupan selanjutnya, tentu ingin memiliki rumah baru atas kerja keras selama ini. Namun kendalanya, khususnya di Jakarta, jumlah penduduk semakin banyak namun terbatas akan lahan tempat tinggal yang tersedia. Untuk mendapatkan keleluasaan lahan, Pins harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu hadir solusi rumah minimalis yang didesain menarik. Inspirasi rumah kecil tersebut ada pada ulasan di bawah ini!

Baca Juga:

Inspirasi dalam Membuat Model Rumah Sederhana tapi Indah

Mengutamakan Penggunaan Furnitur Serbaguna

(furnitureinfashion)

Untuk mewujudkan tampilan rumah kecil tapi nyaman, Pins harus pintar mengatur tata letak di dalamnya. Desain interior menjadi faktor utama membuat hunian yang sempit menjadi nyaman dan terlihat lapang. Penggunaan furnitur serbaguna salah satunya. Sering digunakan pada desain apartemen, ternyata hal tersebut juga berguna diaplikasikan pada hunian dengan lahan terbatas.

Inspirasi rumah kecil sederhana ini bisa Pins adaptasi pada kamar tidur yang bisa dilipat menjadi meja kerja contohnya, maupun sofa ruang tamu yang bisa sekaligus digunakan sebagai ruang istirahat. Ide penggunaan furnitur serbaguna ini dapat membuat semua perabot fungsional. 

Cermin Sebagai Elemen Membuat Ruang Lebih Lapang

(Ash Nyc)

Apa Pins pernah mendengar mengenai kegunaan cermin dalam ruangan? Cermin tidak hanya dapat dipergunakan untuk merias diri, kini fungsinya jauh lebih luas yaitu dapat membuat ruang terlihat lebih lapang. Untuk hunian dengan lahan yang terbatas, Pins bisa menempatkan cermin pada salah satu dinding ruang. Semakin besar ukuran cermin akan semakin banyak pantulan cahaya yang masuk ke dalam ruang.

Inilah mengapa fungsi cermin pada hunian sempit menjadi sangat berguna. Ruang interior hunian akan semakin cerah. Namun, Pins tidak perlu bingung, bila Pins hanya mempunyai cermin yang kecil, coba tempatkan dalam desain kolase ataupun berkelompok. Hal tersebut juga bisa membawa sumber cahaya yang dapat membuat ruang tamu milik kamu menarik.

Baca Juga:

Cara Memaksimalkan Ruangan Pada Lahan Tanah Terbatas

Inspirasi Rumah Kecil Desain Mezzanine

(Home-designing)

Nah, penggunaan desain mezzanine ini memang cukup sering digunakan sebagai alternatif menyiasati hunian kecil. Inspirasi rumah kecil sederhana ini bisa kamu aplikasikan pada tipe-tipe rumah masa kini. Mulai dari tipe 36, 45 hingga 70. Namun, Pins perlu perhatikan pula tinggi langit-langit dalam ruang ya! Penggunaan mezzanine kurang disarankan untuk langit rumah yang tergolong rendah.

Inspirasi rumah kecil bisa diwujudkan dengan penempatan mezzanine di bagian atas untuk ruang kamar tidur, dan sisanya pada bagian bawah hunian. Ambil warna-warna muda yang dipadukan dengan furnitur kayu ataupun memanfaatkan desain hunian aesthetic yang banyak menggunakan warna putih di dalamnya.

Smart Storage Pada Beberapa Bagian Hunian

(Pinterest)

Selanjutnya adalah menempatkan bagian-bagian laci penyimpanan pada ruang rahasia atau bisa disebut pula dengan smart storage. Penggunaan smart storage pada rumah kecil akan sangat berguna. Segala barang-barang keperluan sehari-hari dapat ditempatkan pada ruang-ruang yang bisa disiasati. Seperti laci di bawah tempat tidur, rak buku yang sekaligus menjadi rak televisi dan masih banyak lagi.

Hal ini pun akan membuat hunian mungilmu tetap terlihat rapi tanpa adanya barang yang tercecer berada di luar. Keadaan ini justru akan membuat rumah sederhanamu penuh dan sesak bila tidak ditempatkan pada lemari tertutup. 

Insipirasi Rumah Kecil Sederhana Tanpa Sekat

inspirasi rumah kecil
(Style Motivation)

Nah, menampilkan rumah kecil yang nyaman juga bisa tanpa adanya sekat. Adaptasi desain terbuka dalam ruang bisa Pins gunakan. Seperti ruang dapur, ruang keluarga dan ruang makan yang terdapat pada satu area yang sama tanpa adanya sekat. Hal ini akan membuat hunian terlihat lapang dan luas. Campurkan dengan warna putih dan alas lantai kayu, maka ruang dalam rumah akan semakin nyaman.

Namun, bila Pins membutuhkan privasi lebih, kamu bisa menyiasatinya dengan penggunaan partisi kaca. Material kaca dapat membuat hunian bernuansa cerah sekaligus terlihat lebih modern. Salah satu contohnya penggunaan sekat kaca pada area kamar mandi.

Gunakan Pintu atau Jendela Geser

inspirasi rumah kecil
(Decoist)

Inspirasi rumah kecil sederhana memang butuh pemikiran lebih dibanding dengan rumah yang besar. Kamu harus banyak berpikir mengenai tempat dan ruang yang tepat ditempatkan agar tidak menimbulkan pandangan yang merusak mata. Apalagi hal tersebut demi kenyamanan tempat tinggal. Penggunaan pintu dan jendela geser salah satunya, bisa Pins aplikasikan dalam hunian. 

Pintu kamar mandi geser, sampai penggunaan jendela geser pada keseluruhan hunian. Tentu hal tersebut akan sangat menghemat tempat dibandingkan Pins menggunakan jendela dengan bukaan ataupun jendela yang memiliki tralis. Terkadang justru membuat ruang terlihat lebih sempit.

Inspirasi Rumah Kecil Minim Dekorasi 

inspirasi rumah kecil
(Pinterest)

Bila hunian miliki Pins tergolong kecil, usahakan untuk tidak menggunakan dekorasi berlebih dalam ruang. Hal tersebut justru membuat hunian terlihat penuh dan sesak. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan. Namun, bukan berarti rumah kecil tidak boleh menempatkan dekorasi ya. Pins bisa menggunakan dekorasi sederhana seperti penggunaan tanaman hias maupun lukisan. Bahkan jam dinding pun bisa dikatakan sebuah dekorasi dalam ruang lho!

Itulah beberapa tips dan juga inspirasi rumah kecil sederhana yang dapat Pins aplikasikan dalam hunian dengan luas yang terbatas. Hal yang paling penting adalah selalu percaya bahwa apapun tipe rumah, bisa dibuat senyaman mungkin bila mengetahui tata letak ruang yang tepat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Ingin Punya Rumah Minimalis Sederhana Bergaya Estetis? Cukup Lakukan Hal Ini!

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel