BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Rumah Ala Amerika Klasik
0
0

15 Desain Rumah Ala Amerika Klasik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah ala amerika klasiktop-right-banner

Pada setiap negara di belahan dunia memiliki ciri khas tersendiri baik terkait pada hal kebudayaan maupun arsitektur. Itulah mengapa di dalam arsitektur, nama gaya bangunan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi tampilan eksterior maupun interior dalam bangunan. Sebut saja rumah ala Amerika klasik yang sangat menarik diterapkan pada hunian.

Ciri khas yang paling terlihat adalah material bangunan yang mayoritas menekankan pada penggunaan bata merah dan tampilan atap berbentuk pelana. Kamu tidak akan menemukan banyak corak disana dan masuk dalam kategori hunian yang homey.

Baca Juga: 33 Desain Rumah Mewah yang Awet Sepanjang Masa!

Desain Rumah Ala Amerika Klasik

Coba intip yuk rekomendasi desain rumah ala Amerika klasik yang tentunya tidak akan membuat tampilan rumah kamu ketinggalan zaman!

Desain Klasik Tipe Tropis

Source : Pinterest

Desain rumah ala Amerika klasik pertama mengedepankan desain khas Amerika dengan campuran tropical style. Hal tersebut dapat Pins lihat dari tampilan depan rumah yang memperlihatkan penghijauan yang membuat hunian terlihat asri dan sejuk. Selain itu, bangunan ini pun memiliki berapa tempat luas terbuka yang terletak pada beberapa bagian dalam rumah. Walaupun terkesan klasik namun tetap menarik dan modern bukan Pins?

Desain Rumah Ala Amerika Klasik Kekinian

Source : Pinterest

Nah, untuk muda-mudi millenial yang senang dengan adaptasi perumahan Amerika klasik namun tetap ingin terlihat kekinian, kamu bisa mencontoh hunian di atas. Ciri utama desain Amerika klasik adalah pemakaian jendela yang cukup banyak pada tampilan eksterior dan beberapa ornamen besi yang menghiasi tampilan pagar maupun railing teras. Pins bisa tetap memakai detail dekorasi namun dimodifikasi dengan warna-warna minimalis, seperti putih dan abu-abu pada tampilan muka rumah.

Baca Juga: 6 Hal Tentang Desain Mid Century Modern yang Perlu Kamu Ketahui

Rumah Klasik Sederhana

Source : Interior Design Hub

Bagi kamu yang senang dengan tipe klasik sederhana, kamu bisa mengadaptasi gaya desain rumah ala Amerika klasik yang mengedepankan atap rumah sebagai hal yang mencuri perhatian. Atap pelana sengaja dibuat bertumpuk dengan perpaduan desain rumah sederhana yang cenderung bergaya tempo dulu. Selain itu, teras dibuat berukuran lebar sebagai tempat istirahat maupun menerima tamu dengan material berbahan kayu pun sengaja ditonjolkan pada bagian muka rumah.

Tipe Townhouse

Source : Raywhite Brawijaya

Pernah melihat gaya khas bangunan Amerika di daerah permukiman penduduk? Rumah dibuat menempel satu dengan lainnya tanpa adanya pagar yang membatasi. Tipe desain hunian Amerika ini adalah townhouse style yang banyak digunakan oleh masyarakat modern. Di Indonesia sendiri, banyak pula penerapannya dengan penggunaan warna-warna natural yang tetap terlihat menarik.

American Contemporer

Source : American Classic Homes

Garis-garis geometris memang sengaja ditonjolkan pada hunian bergaya american contemporary dengan tampilan eksterior yang dapat dinilai luar biasa. Kamu akan menemukan penggunaan atap segitiga yang dipadukan dengan penggunaan atap datar, sehingga tampilannya kian modern. Cocok sekali untuk kamu yang senang dengan eksterior tampilan desain rumah ala Amerika klasik namun tetap ingin mengikuti perkembangan desain modern.

Desain Rumah Ala Amerika Klasik Bergaya Mediterania

Source : Better Homes and Gardens

Rumah Amerika bergaya Mediterania memang memiliki ciri khas warna yang menjadi tampilan identik dari adaptasi desain ini. Mayoritas warna coklat muda natural banyak dipakai menghiasi rumah dengan tampilan mewah yang klasik. Tidak banyak memang di Indonesia yang menggunakan desain hunian seperti ini, namun kamu akan tetap mengenalinya dari ciri khas patung-patung, dinding eksterior yang bertekstur, dan juga beberapa pilar-pilar yang sering terlihat.

Amerika Klasik Bergaya Kolonial

Source : Pinterest

Selanjutnya tipe kolonial yang sering disebut sebagai hunian Amerika klasik bergaya colonial revival. Tampilan depan rumah akan terlihat simetris dengan deretan jendela yang dibuat semua sejajar. Pintu rumah ditempatkan pada bagian tengah hunian dengan desain pintu yang cukup megah. Ciri khas lainnya adalah penggunaan cerobong asap sebagai pemanis bagian atap rumah yang cenderung kaku.

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Dekorasi Rustic di Rumah

Rumah Bergaya Queen Anne

Source : Pinterest

Ciri khas desain rumah ala Amerika klasik Queen Anne memang paling menarik perhatian. Desainnya cenderung asimetris dengan tampilan luar layaknya bertumpuk. Tekstur dan tampilan dari material sengaja ditonjolkan dengan corak yang kental. Sebut saja pemakaian bata merah yang sengaja dibuat tanpa finishing maupun bentuk dari atap yang unik. Di negara Amerika sendiri pun masih banyak pula yang menggunakan desain hunian satu ini.

American Farmhouse

Source : Houzz

Lain hal lagi dengan tipe farmhouse yang cenderung digunakan oleh masyarakat Amerika yang tinggal di daerah pedesaan ataupun jauh dari perkotaan. Tipenya cenderung sederhana dan banyak menggunakan lahan yang ditanam oleh rerumputan yang menyegarkan. Ciri khasnya adalah garasi yang cukup lebar sebagai tempat utama menyimpan peralatan pertanian. Namun, pada adaptasi hunian modern, Pins bisa menempatkan mobil pribadi di sana dengan tampilan garasi yang lebih modern.

Desain Rumah Amerika Tipe Neo Klasik

rumah ala amerika klasik
Source : Luxe

Berbeda lagi dengan tampilan tipe neo klasik yang memperlihatkan strata sosial. Tipe hunian satu ini tergolong mewah dan menampilkan arsitektur khas kerajaan dengan atap berbentuk trapesium mirip dengan jenis atap yang dipakai pada perumahan kolonial. Area keluar masuk penghuni dibuat sangat lebar dengan tampilan mewah. Jendela dan kaca pun dibuat sangat banyak. Walaupun berakar pada desain yunani romawi namun masih sering dipakai desainnya pada perumahan elit di negara Amerika.

Rumah Ala Amerika Klasik Tipe Craftsman Bungalow

rumah ala amerika klasik
Source : Pinterest

Ingin memiliki hunian tipe modern yang mengadaptasi desain Amerika klasik? Pins bisa mencoba rumah bergaya Craftsman Bungalow, salah satu tipe hunian Amerika klasik ini mengedepankan material yang digunakan. Hal tersebut karena pada sejarahnya tipe bungalow ini dibuat oleh para pengrajin yang bekerja keras. Jadi, banyak bahan yang digunakan pada hunian diambil dari alam, seperti batu, kayu dan bahan alam lainnya. Kamu bisa membuatnya semakin modern dengan pemakaian warna gelap yang mencolok.

Barn House Klasik

rumah ala amerika klasik
Source : Prefab Review

Untuk tipe hunian satu ini memang banyak diterapkan pada daerah-daerah peternakan Amerika Utara. Model rumah peternakan ini mempunyai ciri khas nyata pada bagian atap yang cenderung memiliki tampilan fasad yang tinggi. Walaupun tidak berada pada daerah yang mendukung, Pins pun tetap bisa menggunakan desain ini di perkotaan. Pins bisa melihat contoh hunian yang dipakai Clark pada serial Smallville.

Rumah Amerika Klasik Tipe Cape Cod

rumah ala amerika klasik
Source : Designing Idea

Berbeda lagi dengan tipe desain rumah Amerika yang cenderung klasik bergaya cape cod. Atap rumah dibuat sangat curam menurun dengan bagian tengah yang tinggi. Kamu bisa memiliki rumah seperti ini dengan pekarangan luas pada bagian depan atau belakang rumah sebagai pemanis. Tipe rumah ini sangat homey dengan tampilan jendela kaca utama pada bagian depan.

Tipe Prairie dengan Batu Bata Ekspos

rumah ala amerika klasik
Source : HGTV

Nah, untuk kamu yang senang dengan tampilan fasad modern namun tetap mengandung unsur klasik, mengadaptasi gaya prairie adalah pilihan yang tepat. Penggunaan batu-bata ekspos pada tampilan muka rumah banyak digunakan sehingga mayoritas rona fasad adalah kecoklatan. Ciri khasnya, tidak banyak motif dalam hunian dan menggunakan jenis atap yang rendah.

Desain Rumah Bergaya Tudor Revival

rumah ala amerika klasik
Source : Pinterest

Terakhir adalah pilihan desain rumah ala Amerika klasik tipe tudor revival. Jendela ganda dibuat berdampingan dengan ciri khas atap perpaduan antara pelana dan segitiga siku. Rumah seperti ini juga banyak ditemukan di daerah pedesaan. 

Cukup menarik bukan Pins mengadaptasi desain hunian bergaya Amerika klasik? Dari ke-15 contoh di atas apa salah satunya ada yang menarik perhatian? Segera tuangkan ide desainnya dalam rumah baru milik kamu ya!

Baca Juga: 25+ Desain rumah Klasik dan 5 Tips Merawatnya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download