BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Rumah 1 Lantai Ternyaman untuk Keluarga
0
0

15 Desain Rumah 1 Lantai Ternyaman untuk Keluarga

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Jan 23, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memilih seperti apa desain rumah 1 lantai merupakan suatu tantangan tersendiri. Pilihanya adalah mau mencoba menuangkan angan-angan sendiri sehingga bisa menghasilkan model rumah unik, atau meniru dan memodifikasi desain rumah yang sudah ada. Tentunya, sering terjadi kesalahan ketika membuat desain rumah 1 lantai yang perlu ditemukan solusinya.

Melalui fitur Simulasi KPR kamu bisa memahami perhitungan kredit rumah lebih terperinci. Pinhome juga membantumu menemukan hunian dekat SMA 1 Sutomo, rumah second di Kab Mojokerto hingga rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Pertimbangan Untuk Desain Rumah 1 Lantai

desain rumah 1 lantai
Source : Pinterest

Denah bangunan berupa rumah 1 lantai merupakan suatu hal yang direncanakan dalam tahap awal perencanaan sebuah rumah tinggal. Dengan denah rumah yang baik tentunya sangat mempengaruhi psikologi penghuni rumah nantinya baik dari segi kenyamanan, kemudahan serta keindahan interior serta eksterior rumah nantinya.

Beberapa pertimbangan yang harus Pins perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Kebutuhan ruang bagi keluarga yang akan menempati rumah nantinya.
  • Hubungan antar ruang untuk memudahkan akses pekerjaan rumah, seperti perletakan ruang makan yang dekat dengan dapur, posisi pintu yang menarik dan mudah diakses dll.
  • Menyesuaikan kepercayaan penghuni rumah nantinya, misalnya fengshui, penempatan mushola sesuai arah kiblat, ruang ibadah dll.
  • Pengaturan posisi tangga yang nyaman untuk digunakan, misalnya jarak datar tangga yang menyesuaikan langkah kaki kira-kira 60 cm sehingga dibuat masing-masing lebar anak tangga adalah 30 cm, dan jarak tinggi tangga tidak lebih dari 20 cm agar tidak membuat capek pada saat naik atau menuruni tangga.
  • Posisi jendela untuk kemudahan sirkulasi setiap ruangan rumah sehingga menjadikan sebuah rumah sehat untuk ditempati.

Baca juga:

Pilihan Desain Rumah 1 Lantai

Bila masih bingung, Pins bisa mencari referensi desain rumah 1 lantai yang cocok dengan preferensi kamu. Beriku ini Pinhome sajikan beberapa desain yang bisa kamu pertimbangkan untuk diaplikasikan di rumah Pins:

1. Rumah Lantai 1 Minimalis Kontemporer

Source : Pinterest

Bagi kalangan muda, minimalis kontemporer adalah model yang digandrungi. Dalam konsep ini, Pins bisa memadukan material ramah lingkungan dan furniture modern. Namun, pastikan rumah tetap elegan dan sejuk. 

2. Rumah Lantai 1 Atap Datar

desain rumah 1 lantai
Source : Pinterest

Rumah atap datar 1 lantai memberi kesan yang futuristik dan modern. Khusus untuk tampilan eksterior, Pins bisa menambahkan taman minimalis di luar. Tambahan ini akan memberi kesan natural di luar.

3. Rumah Lantai 1 dengan Batu Alam

Source : Pinterest

Pins bisa menambahkan berbagai material untuk eksterior dinding. Salah satu yang bisa digunakan adalah batu alam.

Dengan warna cerahnya, batu alam bisa menjadi pilihan untuk memperindah tampilan eksterior fasad rumah. Kamu bisa padukan warna cat yang sesuai dengan model rumah yang Pins pilih.

4. Rumah Lantai 1 dengan Aksen Kayu

Source : Pinterest

Apakah Pins ingin memiliki rumah dengan kesan natural yang kuat? Bila jawabannya iya, Pins bisa memilih menggunakan model rumah dengan aksen kayu di beberapa bagian rumah.

Kesan natural bisa semakin kuat apabila Pins menambahkan beberapa tanaman di depan rumah. Ini akan membuat rumah Pins menjadi lebih nyaman.

5. Rumah Lantai 1 Modern Minimalis

desain rumah 1 lantai
Source : Pinterest

Dalam desain rumah modern minimalis, Pins bisa mengaplikasikan warna abu-abu dan putih. Kedua warna ini cocok karena menimbulkan kesan yang elegan namun tetap kalem. Di depan rumah, Pins bisa menambahkan taman agar memberi kesan alami. 

6. Rumah Lantai 1 Klasik Modern

Source : Pinterest

Tampilan klasik modern bisa kamu hadirkan dengan menggunakan motif batu bata di depan rumah. Namun, sebaiknya Pins juga memilih warna-warna kalem untuk dinding agar rumah tetap terkesan elegan.

7. Rumah Lantai 1 Bergaya Eropa

Source : Pinterest

Rumah dengan gaya Eropa adalah salah satu model yang bisa Pins coba. Salah ciri khas yang ada di rumah gaya Eropa adalah dapur terhubung dengan ruang tamu.

8. Rumah Lantai 1 Semi Rustic

Source : Pinterest

Rumah semi rustic adalah model rumah yang memiliki kekhasan sendiri. Pins bisa menambahkan beberapa elemen kayu di beberapa bagian rumah.

Selain itu, sebaiknya Pins menggunakan warna earthy tone. Penggunaan warna ini memberi kesan yang nyaman dan hangat.

9. Rumah Lantai 1 Asimetrik

desain rumah 1 lantai
Source : Popbela

Asimetrik adalah salah satu model rumah yang terbilang unik. Ini karena model rumah ini membuat rumah Pins tampil dinamis, tidak seperti rumah pada umumnya.

Misalnya Pins bisa membuat ruang segitiga di bagian tertentu rumah. Pins juga menambahkan bentuk-bentuk asimetrik lainnya.

10. Rumah Lantai 1 Modern

Source : Jawa Pos

Konsep modern dalam konsep kekinian yang banyak disukai. Selain menggunakan furniture yang modern. Pins juga harus menggunakan warna yang tepat.

11. Rumah Lantai 1 dengan 3 Kamar Tidur

Source : Hipwee

Pins, bukan berarti rumah satu lantai tidak bisa memuat tiga kamar tidur, lho. Pins tetap bisa membuat tiga kamar tidur dengan posisi yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan kamar di sudut rumah.

12. Desain Rumah Minimalis Lantai 1 Klasik

desain rumah 1 lantai
Source : Pinterest

Bagian depan rumah bisa Pins buat cantik dengan elegan dengan tema klasik. Bagian depan ini harus diperhatikan dengan serius karena fasad rumah minimalis adalah tampilan yang paling sering dilihat orang. 

Tampilan klasik rumah bisa dipilih karena memberi kesan yang hangat, namun elegan. Kesan tersebut bisa makin kuat bia Pins menambahkan beberapa penerangan di bagian depan rumah.

13. Desain Rumah Minimalis Lantai 1 Warna Cerah

Source : Pinterest

Warna-warna cat terang pada rumah bisa membuat suasana yang nyaman dihuni. Salah satu warna yang bisa dipadukan misalnya adalah putih dan biru pada eksterior dinding. 

Namun, dalam pemilihan warna jangan menggunakan warna yang sembarangan. Pilih warna yang bisa menghadirkan kesan tenang, damai atau eksklusif.

14. Rumah Lantai 1 Bergaya Jepang

Source : Pinterest

Japanese style merupakan salah satu model rumah yang bisa Pins pilih. Ini karena rumah gaya Jepang menghadirkan suasana yang tenang dengan nuansa alam yang kuat.

Pins bisa menata rumah bergaya Jepang dengan efisien dengan tambahan interior ala-ala Jepang. Rumah Pins juga bisa lebih nyaman dengan menggunakan warna-warna dari alam, seperti putih, cokelat, abu.

15. Rumah Lantai 1 dengan Bata

desain rumah 1 lantai
Source : Pinterest

Penggunaan bata di fasad rumah bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Bila Pins termasuk millennial, tidak ada salahnya menggunakan model rumah yang satu ini.

Dinding bata di depan rumah bisi memberi kesan yang menawan. Dengan tambahan beberapa tanaman, Pins bisa memberikan tampilan yang natural.

Kesalahan Ketika Membuat Desain Rumah 1 Lantai

Source : Pxhere

Jika Pins melihat-lihat desain rumah di internet atau buku, maka akan mengalami beberapa kesulitan terutama pada kecocokan ukuran bangunan dengan tanah yang tersedia. Jumlah ruangan dan bentuk rumah yang masih belum 100% sesuai selera. Berikut ini beberapa masalah yang mungkin dihadapi ketika mencoba menemukan desain rumah gratis.

  • Denah rumah 1 lantai belum sesuai dengan bentuk dan ukuran tanah yang Pins punya.
  • Jumlah dan peletakan ruangan belum sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anggota keluarga.
  • Tampak rumah bisa dipilih mana yang paling mendekati selera namun cukup sulit untuk menemukan yang benar-benar 100%
  • Sesuai dengan idaman keluarga, hal ini dikarenakan selera masing-masing pribadi itu seringkali berbeda.
  • Model atap rumah kurang cocok dan belum sesuai harapan.
  • Belum ada detail struktur, arsitektur dan instalasi mekanikal elektrikal sehingga belum bisa dijadikan pedoman untuk penentuan
  • Harga borongan sekaligus sebagai acuan pelaksanaan pembangunan rumah idaman keluarga.
  • Desain rumah terlalu murah atau mahal sehingga belum sesuai dengan anggaran budget yang tersedia untuk membangun rumah.

Baca juga: Denah Rumah Minimalis Modern

Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Kesalahan

Source : Popbela.com

Solusinya Pins bisa mengambil jalan tengah, yaitu mencari desain rumah 1 lantai gratisan lalu melakukan modifikasi agar sesuai harapan. Jika terkendala kemampuan menggambar maka bisa bekerjasama dengan arsitek atau drafter gambar bangunan sehingga perencanaan rumah tinggal Pins benar-benar bagus dan matang.

Jika terkendala waktu dan menginginkan biaya perencanaan yang paling murah maka bisa memesan jasa desain rumah online yang pembuatanya bisa dilakukan dengan sistem jarak jauh dengan komunikasi lewat telepon, website, email atau media lainya.

Itulah tadi refensi desain 1 lantai yang bisa coba PIns aplikasikan. Sebelum memilih model rumah juga, ada baiknya kamu mempertimbangkan semua faktor dengan cermat.

Baca juga:

Feature Image Source: Rawpixel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kingland Avenue dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download