BlogPemilik PropertiDesain HunianUnik dan Asri! Ini 28 Desain Rumah Bilik Bambu Modern
0
0

Unik dan Asri! Ini 28 Desain Rumah Bilik Bambu Modern

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah bilik bambu moderntop-right-banner

Pins yang sangat suka sekali dengan alam, memiliki rumah dengan material bambu misa menjadi ide yang sangat cemerlang lho! Supaya tampilan rumah tidak monoton, Pins perlu mempelajari beberapa desain rumah bilik bambu modern agar bisa mendapatkan inspirasi. Oleh karena itu, yuk simak daftar inspirasi desain rumah bilik bambu pada ulasan di bawah ini!

Alam memang selalu menjadi rumah yang baik bagi hidup. Oleh karena itu banyak sekali orang yang menggunakan unsur-unsur alam pada bangunan agar bangunan memiliki suasana  natural. Terutama jika Pins memiliki hunian sendiri. Dengan memiliki hunian sendiri, kamu jadi bebas merancang dan mendesain rumah dengan berbagai hal yang kamu butuh dan inginkan. 

Baca juga: 

Inspirasi Desain Rumah Bilik Bambu Modern

Membuat Rumah dengan desain yang unik menjadi harapan dari setiap pemiliknya. Namun, inspirasi desain rumah bilik bambu modern ini juga tak kalah menarik untuk di aplikasikan.

Bamboo Curtain House

desain rumah bilik bambu modern
Source : Pinterest

Desain yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan cahaya matahari namun tetap menginginkan rumah dengan desain minimalis modern. Penggunaan beton dan kaca pada rumah bambu akan membuat tampilan rumah kamu menjadi sangat modern. 

Pins bisa menggunakan bambu sebagai pengganti beberapa dinding di rumah, atau bisa dijadikan sebagai tirai rumah pada beberapa ruangan seperti pada balkon dan masih banyak lagi. Hanya saja pada rumah ini, kamu tidak menggunakan bambu sebagai material keseluruhan dinding rumah. 

Selain itu, Pins bisa menambahkan kaca jendela besar yang diletakkan pada ruangan-ruangan tertentu seperti ruang keluarga, kamar atau dapur yang akan membuat cahaya matahari lebih mudah masuk ke dalam rumah. Jika kamu memiliki lahan lebih, Pins bisa menambahkan kolam ikan yang akan membuat suasana natural pada rumah semakin terasa.

Baca juga:

Rumah Bambu Berbentuk Segitiga

Source : Pinterest

Jika biasanya Pins melihat rumah dengan bentuk unik hanya pada bangunan tertentu atau villa saja, dengan menggunakan material bambu, kamu bisa berkreasi membuat bentuk rumah lebih menarik dan eye catching lho! Salah satunya adalah dengan menggunakan desain hunian bilik bambu yang satu ini. 

Meski terkesan seperti rumah bambu pada umumnya, tetapi rumah yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Pada bagian atap, rumah ini memiliki atap berbentuk segitiga besar hingga menutupi bagian persegi pada dinding rumah. 

Selain itu, pada bagian lantai Pins bisa menggunakan kayu atau susunan bambu yang akan membuat rumah semakin terasa natural dan memiliki suasana yang fresh. Pins juga bisa menambahkan jendela kaca atau pintu kaca agar mempermudah sirkulasi udara dan cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Baca juga:

Rumah Bambu Berbentuk Box

desain rumah bilik bambu modern
Source : Pinterest

Jika tadi kita telah membahas rumah bilik bambu modern dengan bentuk segitiga, kali ini kita akan membahas rumah bambu berbentuk box. Rumah bambu ini sekilas mirip dengan kontainer, hanya saja material yang digunakan adalah bambu dengan warna coklat khas bambu. 

Pada desain hunian bilik bambu yang satu ini, kamu harus menambahkan jendela dan pintu yang terbuat dari kaca agar memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Pins bisa menggunakan anak tangga kecil jika akan membuat rumah bambu seperti rumah panggung.

Baca juga:

Rumah Bambu Modern dengan Atap Jerami

Source : Pinterest

Siapa bilang penggunaan bambu dan atap jerami akan membuat tampilan rumah akan ketinggalan zaman? Justru dengan menggunakan bambu dan atap jerami pada rumah, Pins akan membuat tampilan rumah sangat unik dan menarik. 

Kamu bisa membuat hunian bilik bambu dengan bentuk tabung yang akan membuat rumah terlihat seperti rumah tradisional. Namun pada bagian jendela, kamu bisa menggunakan jendela kaca besar yang akan membuat tampilan rumah lebih modern. 

Dengan adanya jendela kaca besar juga akan mempermudah cahaya matahari masuk ke dalam rumah sehingga rumah menjadi lebih sehat.

Baca juga:

Rumah Bambu dengan Atap Kubah

desain rumah bilik bambu modern
Source : Pinterest

Rumah bambu dengan atap kubah tentu akan membuat tampilan hunian bilik bambu modern kamu menjadi sangat unik! Penggunaan bambu sebagai dinding dan lantai akan membuat tampilan rumah sangat natural ditambah atap berbentuk kubah yang membuat rumah akan semakin fresh dan eye catching

Pins bisa menggunakan atap kubah baik pada rumah satu lantai maupun dua lantai yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan desain rumah bilik bambu modern milik kamu.

Baca juga:

Rumah Bambu Bergaya Jepang

Source : Pinterest

Selain Indonesia, masih banyak negara lain yang masih menggunakan material bambu sebagai bahan bangunan rumah, salah satunya adalah Jepang. Ya, bambu memang banyak digunakan sebagai material bangunan. 

Pada hunian bilik bambu tradisional bergaya Jepang, biasanya menggunakan dinding dari bambu yang disusun secara vertikal memanjang. Namun pada bagian lantai umumnya menggunakan lantai kayu biasa. Selain itu biasanya pada rumah-rumah di Jepang banyak sekali ruangan terbuka. 

Misalnya saja kamar yang bisa dengan pintu geser yang mengarah ke luar rumah. Jadi pintu tersebut dapat dibuka sewaktu-waktu jika penghuninya ingin menghirup udara segar dari luar rumah.

Rumah Panggung Bambu Bertingkat

rumah bilik bambu
Source : Pinterest

Model rumah yang satu ini memiliki desain unik bertingkat yang menarik. Rumah bambu ini juga mengatur agar sirkulasi udara dan cahaya matahari yang masuk mencukupi. Kesan natural semakin kuat dengan halaman luas yang dimiliki rumah ini.

Rumah Bambu dengan Kolam Ikan

Source : Pinterest

Cantiknya rumah bambu ini bisa menonjol berkat keberadaan kolam ikan di depan rumah. Kolam tersebut menambahkan kesan asri dan natural bagi orang yang melihatnya. Kamu juga bisa mengatur beberapa tanaman di halaman agar rumah makin nampak segar.

Rumah Bambu dengan Warna Terang

rumah bilik bambu
Source : Pinterest

Desain rumah bambu yang satu ini terbilang tidak berbeda jauh dengan yang lainnya. Namun, yang membuatnya tampil bebrbeda adalah penggunaan cat rumah dengan warna terang. Cat terang ini membuat rumah kamu makin nyaman untuk ditempati.

Rumah Bambu Simple Minimalis

Source : Pinterest

Rumah bambu yang satu ini memiliki desain yang simple tapi tetap nyaman dihuni. Motif bambu yang geometris  memberi sentuhan seni tersendiri. Agar memberi kesan yang segar kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman di depan rumah.

Baca juga: 15 Desain Rumah Cantik yang Bisa Kamu Tiru

Rumah dengan atap Anyaman Bambu

rumah bilik bambu
Source : Pinterest

Bambu tidak hanya bisa diaplikasikan di dinding rumah, melainkan juga bagian atap. Kamu juga bisa memadukannya dengan kayu lain di bagian dinding agar kensan natural tetap kuat. Untuk bersantai kamu bisa menambahkan kursi dan meja kecil di teras rumah.

Rumah Mini dari Bambu

Source : Pinterest

Walaupun berukuran kecil, rumah ini tetap memberi kesan yang hangat bagi penghuninnya. Jika kamu menyukai pondok tepi pantai, ini adalah model terbaik untuk kamu terapkan.

Rumah Panggung Anyaman Bambu

Source : Pinterest

Salah satu model rumah bambu yang banyak ditemukan di Indonesia adalah rumah panggung. Model ini cocok untuk kamu gunakan saat tinggal di pedesaan. Warnanya yang natural tentunya memberi kesan hangat pada siapa saja yang datang.

Baca juga: 10 Inspirasi Rumah 2 Lantai Mungil Cantik

Rumah Tingkat Pembatas Bambu

rumah bilik bambu
Source : Pinterest

Rumah modern yang satu ini dipadukan dengan bambu di beberapa bagian rumahnya. Putih sebagai warna dominan rumah memberi kesan yang lapang. Sedangkan kesan natural didapat dari berbagai material dari alam seperti rumah di beberapa bagian.

Rumah Bambu Cantik

Source : Pinterest

Model ini sangat cocok untuk Pins yang mneginginkan rumah megah tapi tetap memberi kesan natural. Dua tangga di depan rumah memberi kesan megah dan mewah pada rumah. Sirkulasi udara pu dibuat dengan baik dengan penggunaan jendela-jendela yang besar. 

Rumah Bambu Simple Minimalis

Source : Pinterest

Rumah simple yang minimalis saat ini banyak digandrungi orang. Tampilannya yang memberi kesan lapang dan tertata adalah salah satu alasannya kenapa model iin disukai. Kamu juga mengaplikasikan bambu di beberapa bagian rumah agar rumah tampak natural dan hangat seperti gambar di atas.

Rumah Bambu Kontemporer

rumah bilik bambu
Source : Pinterest

Model rumah yang satu ini tampil menarik dan simple lewat pembatas hitam vertikal yang melintang di bagian depan rumah. Depan rumah makin cantik dengan penggunaan bambu dengan motif chevron.

Rumah Bambu dengan Panel Surya

Source : Pinterest

Model rumah yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menggunakan energi terbarukan seperti panel surya. Desainnya yang menarik dengan penggunaan bambu di seluruh rumah juga menguatkan kesan alam model yang satu ini.

Rumah dengan Halaman yang Luas

rumah bilik bambu
Source : Pinterest

Model rumah yang satu ini terbilang sederhana. Pins hanya akan menggunakan bambu di beberapa bagian dinding rumah.

Namun kamu bisa memaksimalkan halaman untuk tempat kamu bersantai. Kamu bisa tambahkan beberapa kursi dan tanaman agar bisa duduk nyaman melepas penat di depan rumah.

Baca juga: 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Rumah Bambu Klasik

Source : Pinterest

Model yang satu ini tidak memiliki hal yang menonjol seperti yang lainnya. Tetapi bukan berarti model rumah ini tdak mmebebrikan kenyamanan. Kamu bisa menambahkan furtniture yang funsional di dalam rumah agar nyaman di huni.

Rumah Anyaman Bambu Sederhana

Source : Pinterest

Dengan anyaman yang cantik, rumah bambu ini serasa ingin mengajak kamu pulang lagi ke kampung. Terlebih lingkungan di halam rumah yang asri membuat model rumah ini adem untuk ditempati.

Rumah Anyaman Limas

rumah bilik bambu
Source : Pinterest

Atap dari desain rumah bambu pun bisa kamu buat bervariasi. Salah satunya adal dengan bentuk limas. Ini cocok untuk rumah bambu kamu yang bentuk bangunnya persegi.

Rumah dengan Teras Nyaman

Source : Pinterest

Kamu sering penat saat pulang bekerja? Rumah bambu yang satu ini mungkin cocok dengan kamu. Teras rumah bambu ini bisa kamu maksimalkan dengan menambah beberapa kursi dan meja untuk bersantai. Kesan natural dan lingkungan yang sejuk tentunya akan membuat kamu betah berlama-lama di depan rumah.

Rumah Bambu Bertingkat

rumah bilik bambu
Source : Pinterest

Kamu juga bisa membuat desain rumah bambu yang bertingkat. Ruangan di atas bisa kamu manfaatkan untuk kamar tidur dan beberapa ruangan lainnya. Sedangkan bagian bawah rumah, kamu bisa manfaatkan untuk ruangan bersantai dan untuk menjamu tamu.

Rumah Tropis Bambu

Source : Pinterest

Rumah bambu kamu juga menggunakan jendela-jendela besar agar sirkulasi udara di dalam rumah bisa baik. Agar tidak selalu tampil begitu-begitu saja kamu juga bisa menambahkan lukisan-lukisan di depan rumah.

Rumah Bambu dengan SInar Matahari Cukup

Source : Pinterest

Kamu bisa menambahkan beberapa jendela di dalam rumah bambu impian kamu. Jendela ini nantinya tentu akan membuat sirkulasi udara di rumah jadi lebih sehat. Bukan hanya itu, cahaya matahari pun bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah kamu.

Rumah Bambu Modern

rumah bilik bambu
Source : ecofriend

Model rumah bambu adalah salah satu bangunan yang ramah lingkungan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menggantikan berbagai material.

Baca juga: Macam-Macam Bentuk Atap Rumah Modern Berbagai Gaya

Rumah Bambu Atap Bertingkat

Source : real Living

Kamu memiliki kendaraan bermotor? Model rumah yang satu ini bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut. Rumah yang panggung ini bisa menampung kendaraan kecil di bawah rumah. Jadi kamu tidak perlu khawatir kendaraan akan kepanasan ya Pins.

Itulah daftar desain mengenai rumah bilik bambu yang bisa menjadi pilihan Pins dalam membangun rumah bambu. Semoga dengan ulasan di atas dapat membuat Pins tidak kebingungan lagi dalam menentukan desain yang tepat. Jangan lupa untuk memperkirakan jumlah bambu yang dibutuhkan sesuai dengan desain rumah yang akan Pins buat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Lebar Ubud dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download