BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana
0
0

15 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 30, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhanatop-right-banner

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya asri, pemandangannya begitu indah, dan udaranya yang sejuk dan segar. Begitu pula dengan rumahnya. Model teras rumah pedesaan sangat identik dengan desainnya yang sederhana, minimalis, tapi tetap terlihat elegan. 

Teras rumah memang umumnya berada pada sisi depan. Namun, hunian minimalis dengan kombinasi konsep modern masa kini banyak yang mengadaptasi model teras samping, bahkan area belakang.

Selain tidak monoton, menerapkan teras pada sisi samping atau belakang juga bisa membuat Rumah Ekslusif terlihat lebih unik dan menarik.  Apabila dijual harganya juga tak kalah dengan hunian dekat Universitas Muhammadiyah Surabaya hingga rumah di Cirebon seperti Perumnas Gunung.

Inspirasi Model Teras Rumah Pedesaan

Meski khas dengan hunian yang ada di kampung halaman, bukan berarti kamu tidak bisa menerapkan model teras rumah pedesaan untuk rumah modern masa kini, Pins. Tertarik untuk mencobanya pada rumahmu sendiri? Yuk, intip beberapa modelnya berikut ini!

1. Model Teras Rumah Aesthetic

Source : Diadona

Dengan mengecat rumah dengan warna cream dan menggunakan model jendela ikonik membuat fasad terlihat menarik. Apalagi adanya lampu dinding klasik yang menonjol menambah kesan teras yang semakin estetik.

2. Model Teras Rumah Shabby Chic

Source : debanddanelle

Kesan feminim terlihat jelas pada teras dengan gaya shabby chic di atas. Perabotan besi dengan sentuhan vintage menjadi elemen kunci dari gaya interior ini. Suasana terlihat nyaman seperti berada di rumah nenek.

Baca juga: Tips Mendesain Teras Rumah Minimalis yang Nyaman

3. Model Teras Rumah Rustic

Source : Pinterest

Material kayu dan unsur alam lainnya menjadi poin penting dalam interiornya. Teras ini menonjolkan suasana kampung yang hangat dan nyaman. Apalagi dengan adanya perabotan kayu dan perapian di sekitarnya.

4. Model Teras Rumah Sederhana

Source : Pinterest

Inspirasi yang pertama adalah teras rumah khas pedesaan dengan desain yang sederhana. Misalnya seperti contoh berikut ini, Pins. Nuansa rumah satu ini memang simpel dan cukup minimalis. Bagian terasnya juga hanya menggunakan keramik sederhana tanpa adanya tambahan apapun, termasuk kursi dan meja. 

5. Teras Rumah Pedesaan dengan Tanaman Hias Gantung

Source : Pinterest

Selain itu, desain rumah pedesaan nan alami juga biasanya identik dengan beberapa tanaman hias. Baik itu dalam pot yang kamu taruh pada bagian depan, atau gantung. Adanya tanaman gantung pada bagian teras tidak hanya menambah kesan estetika pada hunian, tetapi juga bisa menambah nuansa kesegaran, rumah pun menjadi lebih asri, Pins. 

6. Teras Rumah Pedesaan dengan Kolam Kecil

Source : Pinterest

Inspirasi model teras rumah pedesaan lainnya yang bisa kamu contoh yaitu menambah kolam ikan lahan sempit atau taman dengan ukuran kecil. Adanya kolam ikan pada teras ini bisa membantu menambah kesan hidup pada teras, sehingga tidak terkesan membosankan dan monoton. Sangat menarik, ya, Pins?

7. Teras Rumah dengan Meja dan Kursi

Source : Diadona

Sebenarnya, teras rumah juga menjadi tempat yang bisa kamu gunakan untuk berbincang dengan anggota keluarga atau tamu selain pada area ruang tamu. Jadi, tidak ada salahnya menaruh kursi dan meja taman yang sesuai dengan konsep rumah secara keseluruhan. Misalnya, meja dan kursi dari bahan rotan atau kayu jati minimalis. 

Baca juga: 20 Cara Menata Tanaman Hias di Teras Rumah Agar Sedap Dipandang

8. Teras Rumah Model Jawa

Source : Pinterest

Kalau inspirasi desain yang satu ini memang sangat pedesaan, ya, Pins? Rumah model Jawa umumnya memiliki luas bangunan dan tanah yang cukup besar, sehingga kebanyakan model terasnya juga sangat lebar. 

Material terasnya bisa berupa pelur atau semen halus tanpa menggunakan keramik. Lalu, sisi kanan dan kirinya biasanya terdapat meja dan inspirasi model kursi rotan sederhana untuk tempat bersantai. Sangat sederhana, tetapi tetap elegan dan mewah, bukan?

9. Model Teras Rumah Pedesaan dengan Tembok dan Pilar

Source : Pinterest

Jika kamu ingin membuat teras rumah pedesaan sederhana tetapi tetap modern, coba terapkan inspirasi yang satu ini, Pins. Jika kamu perhatikan, modelnya memang sangat simpel. 

Hanya menggunakan dua buah pilar minimalis dan dua tembok yang tingginya tak lebih dari lutut. Biasanya, tembok ini akan bermanfaat untuk tempat duduk ketika kamu lebih memilih untuk mengobrol di area teras. 

10. Teras Konsep Rumah Panggung

Source : Pinterest

Seperti namanya, rumah panggung memiliki ciri yang mirip dengan panggung. Namun, alih-alih membiarkan area bawah rumah kosong dan tidak terawat, kamu bisa menyulap menjadi area teras bawah rumah yang sederhana dan unik, Pins.

Kamu bisa memilih perabotan meja dan kursi teras dari kayu dengan kualitas terbaik dan atur pada sisi bawah rumah panggung yang kosong. Sementara itu, bagian atasnya juga bisa kamu gunakan sebagai teras sederhana dengan menaruh peranti yang minimalis. 

11. Teras Era Kolonial Belanda

Source : Pinterest

Rekomendasi selanjutnya adalah teras rumah model era kolonial Belanda. Hunian pada masa tersebut memang sangat klasik dengan jendela tinggi model kotak-kotak dengan teralis. 

Kemudian, bagian terasnya juga sangat luas, Pins, biasanya terdapat pula meja dan kursi dengan material besi yang khas. Tak ketinggalan, taman bunga di rumah yang indah pada sisi depan teras.

12. Teras Modern dengan Nuansa Alam

Source : Pinterest

Meski mengusung tema pedesaan, bukan berarti kamu tidak bisa menyematkan kesan modern pada teras rumah, Pins. Kamu bisa mencoba inspirasi satu ini, teras rumah dengan taman batu, kolam, dan kayu sebagai lantainya yang menghasilkan kombinasi desain yang begitu memesona dan cantik. 

Baca juga: 28 Desain Teras Rumah Beserta Tips Agar Terlihat Menawan

13. Teras Rumah Pedesaan ala Amerika

Source : Pinterest

Model teras rumah pedesaan yang satu ini tidak kalah cantik, Pins. Jika kamu ingin mencari inspirasi lain yang tidak biasa untuk rumah, coba teras rumah ala pedesaan Amerika ini. Lantainya menggunakan kayu, kombinasi dengan tiang penyangga rumah dan bagian pagar yang menggunakan material besi. 

Beberapa pot tanaman bisa kamu letakkan dekat bagian pintu. Sementara itu, pada bagian sudut teras, letakkan sofa minimalis dan meja teras yang nyaman. Pastinya, kamu akan betah berlama-lama menikmati udara pagi atau sore hari. 

14. Teras Rumah Samping

Source : Pinterest

Tidak harus bagian depan, Pins, sekarang teras rumah juga bisa kamu rancang pada bagian samping, seperti contoh berikut ini. Inspirasi ini memanfaatkan area samping rumah yang kosong untuk teras, lengkap dengan lantai kayu, kursi dan meja, serta kursi panjang yang sepertinya sangat nyaman, ya?

15. Teras Pedesaan Tradisional

Source : Pinterest

Inspirasi yang terakhir ini tak kalah uniknya, Pins. Jika biasanya kamu memanfaatkan udara alami untuk area teras, maka desain satu ini tidak demikian. Sebab, kamu bisa melihat adanya dua buah kipas angin baling-baling pada sisi kanan dan kiri teras.

Bagian tengah rumah berupa tangga dengan pagar pada sisi kanan dan kirinya. Lalu, teras sisi kanan ada kursi dan meja, sedangkan sisi kiri ada kursi goyang. Cocok sekali untuk hunian hari tua, bukan?

Itu tadi beberapa model teras rumah pedesaan sederhana tapi tetap bisa membuat rumah menjadi cantik dan unik. Jadi, mana yang menjadi desain favoritmu, Pins?

Baca juga: 12 Rekomendasi Cat Tembok Eksterior Terbaik

Featured Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Soho Pancoran dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download