Kumpulan Model Pagar Bambu yang Bikin Rumah Makin Menarik

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 10 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Material bambu pada desain rumah memang menambah kesan sederhana dan nyaman. Salah satu komponen hunian yang bisa Pins terapkan dengan bambu adalah pagar. Model pagar bambu pun kini sudah banyak yang menarik hingga bisa kamu buat sendiri di rumah.

Penasaran bagaimana cara membuat pagar bambu dengan desain yang menarik, tetapi tetap minimalis? Simak ulasan lengkap di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 30 Rekomendasi Model Pagar Kayu yang Unik dan Kekinian

Jenis Bambu untuk Membuat Pagar

Membuat pagar bambu sebenarnya tidak sulit. Namun, Pins harus mengetahui mana jenis bambu yang cocok dijadikan sebagai pagar. Desain pagar bambu yang simple memang bisa menambah estetika rumah minimalis.

Meski terkesan tradisional, pemilihan bahan bambu pada hunian bisa menambah kenyamanan dan keasrian. Terlebih lagi, Pins bisa menyesuaikan desain eksterior dan interior bertemakan natural, seperti air mancur dan tanaman hias. Berikut ini beberapa jenis bambu yang bisa Pins pilih untuk membuat pagar.

Bambu Jepang

Salah satu jenis bambu yang bisa kamu gunakan untuk membuat pagar adalah bambu Jepang. Bambu jepang memiliki corak alami dengan warna hijau yang unik dan mempunyai bintik-bintik kuning ketika dilihat lebih dekat.

Jenis bambu satu ini cukup kuat dan juga sering digunakan dalam pembuatan bahan furniture maupun tanaman hias. Tidak heran bila banyak orang yang membuat pagar dari bambu jepang sebagai tanaman pagar rumah.

Baca juga: Inspirasi Model Pagar Tembok Sederhana yang Estetik

Bambu Cendani

Bambu cendani merupakan bambu hias yang memiliki tekstur lentur, tetapi tetap kuat dan kokoh. Selain bahan model pagar bambu minimalis, bambu cendani banyak dipakai sebagai bahan kerajinan tangan, lho.

Bambu Kuning

Sesuai namanya, bambu kuning memiliki warna kekuningan yang khas dengan diameter yang cukup ramping dan bisa tumbuh hingga 9 meter. Jika ingin membuat pagar dari bambu kuning, Pins harus mengambil bambu ini dalam jumlah banyak untuk menutup jarak satu sama lain.

Bambu China

cara pengawetan bambu
(Pixabay)

Jenis bambu lainnya yang bisa jadi bahan membuat desain pagar minimalis adalah bambu China. Pasalnya, bambu China tergolong kuat dan tumbuh berderet satu sama lainnya. Tanaman ini berwarna hijau dan cocok digunakan pagar maupun dijadikan sebagai rak buku.

Baca juga: 15 Rekomendasi Model Pagar Besi Minimalis Beserta Proses Pembuatannya

Bambu Siam

Bila dilihat sekilas, mungkin Pins akan mengira bambu siam adalah bambu jepang. Kenyataannya, kedua tanaman ini adalah jenis yang berbeda. Ciri khas bambu siam tegak lurus dengan warna hijau keputihan. Selain untuk pagar, bambu siam bisa digunakan menjadi peredam suara, lho!

Cara Membuat Pagar Bambu Minimalis dan Simple

Setelah mengetahui jenis bambu apa yang cocok untuk membuat pagar, Pins bisa mengikuti beberapa tahapan di bawah ini untuk membuat model pagar bambu minimalis dan simple.

  1. Pilih jenis bambu yang sesuai untuk material pagar rumah.
  2. Sesuaikan desain pagar bambu dengan ukuran yang akan dibuat.
  3. Rendam bambu selama dua bulan agar terbebas dari serat dan bulu halus serta memperkuat masa pakai.
  4. Cari referensi model pagar bambu sembari bambu direndam.
  5. Bila sudah, keringkan bambu dan cek kembali serat dan material bambu.
  6. Gunakan amplas khusus kayu bila ada bagian yang dirasa kurang halus.
  7. Pakai tulangan bambu secara langsung atau belah sesuai dengan selera pemasangan pagar rumah.
  8. Tanam bambu pada tanah yang sudah dipersiapkan maupun pondasi yang sudah dipilih untuk dijadikan landasan.
  9. Jika menggunakan teknik anyaman atau pola zig zag, siapkan terlebih dulu.
  10. Rapihkan bambu.

Jika membuat pagar bambu sederhana, Pins bisa membuat pagar tanpa atap. Jika menginginkan model yang rapi dan seragam, kamu dapat memakai atap tambahan atau bahan lainnya agar pagar terlihat lebih rapi.

Setelah itu, kamu bisa masuk ke tahap finishing seperti pengecatan maupun membiarkan bambu tampak natural. Mudah bukan cara membuat pagar bambu dengan desain yang sederhana?

Desain dan Model Pagar Bambu

Walau pagar bambu mengedepankan kesederhanaan, Pins bisa memilih model pagar bambu lainnya sesuai selera dan desain hunian. Berikut daftar desainnya!

Model Pagar Bambu dan Besi

Salah satu desain pagar bambu yang biasa digunakan banyak orang adalah perpaduan bambu dan besi. Pins bisa membuat pagar dengan model bambu horizontal maupun vertikal sesuai selera. Selain itu, sesuaikan warna besi dengan warna pagar bambu yang kamu aplikasikan!

Baca juga: Referensi 20 Model Pagar Lisplang yang Simpel & Aesthetic

Desain Pagar Bambu Ala Jepang

model pagar bambu

Perumahan tradisional Jepang memang tidak luput dari pagar bambu. Tidak heran banyak jenis bambu yang dikaitkan dengan nama Jepang. Pagar bergaya jepang yang tetap sedap dipandang ini, bisa Pins jadikan ide menarik.

Umumnya, ukuran pagar akan lebih pendek dan rumah akan terlihat dari luar. Jenis model pagar bambu minimalis seperti ini cocok digunakan dalam perumahan yang memiliki fasilitas one gate system dan security 24 jam.

Desain Pagar Bambu Minimalis

Contoh pagar bambu minimalis selanjutnya adalah bergaya minimalis. Model ini cocok diaplikasikan pada rumah modern yang minimalis. Pins juga bisa memakai jenis pagar lipat maupun pagar dorong.

Pins juga bisa memilih bambu yang bisa sangat rapat menempel satu sama lain agar tidak ada rongga diantaranya untuk menjaga privasi.

Desain Pagar Bambu dengan Atap

Pagar bambu dengan desain atap layaknya genteng rumah memang banyak terlihat di pedalaman. Banyak dari resort ataupun tempat penginapan menggunakan desain ini untuk menambah kesan hunian klasik.

Namun, contoh pagar bambu sederhana ini juga bisa Pins gunakan pada hunian lho! Apalagi untuk kamu yang memiliki taman yang cukup luas. Kamu akan seperti berada di hunian dengan lingkungan pedesaan.

Desain Pagar Bambu dengan Kombinasi Kayu

Contoh desain pagar bambu lainnya yang bisa Pins coba adalah memadukan bambu dengan kayu. Kayu bisa berperan sebagai list antar bagian bambu maupun atap yang berfungsi untuk merapikan. Kehadiran batasan ini menciptakan tampilan kayu yang lebih selaras dan berjajar rapi. Menarik sekali, bukan?

Model Pagar Bambu dengan Kombinasi Batu Alam

Tidak hanya kayu, Pins bisa memadukan bahan bambu dengan batu alam dan ranting pohon untuk membuat pagar yang unik di rumah minimalis dan modern. Bambu bisa digunakan sebagai pamnis pada bagian tengah pagar agar tampak eksotis. Pins juga bisa memasang pagar ini pada rumah asri bergaya natural.

Nah, itu tadi sederet model pagar bambu yang bisa Pins terapkan untuk hunian minimalis dan modern. Kamu juga bisa menyesuaikan warna bambu dengan jenis-jenis yang tersedia di pasaran atau mengecat pagar sesuai selera. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia