BlogPemilik PropertiDesain HunianMacam Macam Bentuk Atap Rumah Modern Berbagai Gaya
0
0

Macam Macam Bentuk Atap Rumah Modern Berbagai Gaya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Masyarakat Indonesia mengenal macam macam bentuk atap rumah tradisional yang bentuknya unik dan khas sesuai daerah masing-masing. Sebut saja rumah joglo di Jawa, rumah gadang di Sumatera barat, hingga tongkonan di Toraja.

Jika kamu ingin menemukan ide bentuk atap kekinian dapat pula menginstal aplikasi Pinhome. Aplikasi ini menawarkan layanan Pengajuan KPR dan menyediakan fitur pencarian. Kamu bisa menemukan properti menarik dekat Situ Gintung, rumah second di Kota Mojokerto bahkan perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Macam Macam Bentuk Atap Rumah

Sayangnya rumah tradisional makin jarang dijumpai karena berbagai alasan. Mulai dari tingkat kesulitan dalam membangun rumah tradisional, material yang lebih mahal, hingga anggapan bahwa rumah tradisional dipandang ketinggalan zaman.

Sebaliknya kini rumah modern lebih marak dibuat dengan berbagai gaya desain. Macam macam bentuk atap rumah modern juga tak kalah beragam. Berikut adalah deretan contoh bentuk-bentuk atap rumah modern dari berbagai gaya.

1. Atap Limasan atau Perisai

Source : Desain

Bentuk atap rumah limasan atau perisai adalah yang paling banyak dijumpai pada bangunan rumah di Indonesia yang beriklim tropis. Disebut limasan karena bentuk atap ini menyerupai bangun limas.

Baca juga: 13 Model Atap Rumah Memanjang Terbaik 2023

2. Bentuk Atap Pyramid

Source : Pinoy House Design

Bentuk atap rumah pyramid mirip dengan limasan. Bedanya, bentuk atap pyramid memiliki puncak meruncing layaknya piramida. Bentuk atap seperti ini juga cukup banyak dijumpai di rumah-rumah Indonesia, terutama di daerah pedesaan.

3. Bentuk Atap Saltbox

Source : Trendir

Di antara macam-macam bentuk atap rumah bergaya modern, atap saltbox terlihat menarik perhatian dengan karakternya yang unik. Pada umumnya rumah-rumah di Indonesia memiliki atap yang bentuknya simetris, tapi tidak demikian dengan atap saltbox.

Atap ini memiliki bentuk asimetris dengan salah satu sisinya lebih miring dan panjang dari sisi lainnya. Bentuk atap semacam ini cocok untuk rumah berlantai dua atau desain rumah mezzanine.

4. Atap Rumah Melandai ke Depan

Source : stellamariscollege

Bentuk atap rumah yang satu ini hanya memiliki satu sisi miring, yakni melandai di bagian depan rumah. Artinya, bagian belakang rumah memiliki atap lebih tinggi dan bisa saja didesain dengan gaya mezzanine.

Ketika hujan, airnya akan mengalir ke halaman depan rumah. Atap yang menjorok ke depan juga melindungi area teras dari tempias.

5. Model Atap Rumah Datar

Source : Feldcoroofing

Macam macam bentuk atap rumah yang datar biasanya dijumpai pada atap model dak. Tidak seperti atap pada umumnya, atap datar bisa dimanfaatkan sebagai ruang tambahan. Umumnya atap datar dibuat menjadi area rooftop ala Korea untuk bersantai, berkebun, atau sekadar menjemur pakaian.

Baca juga: Desain Paving Block Halaman Depan Rumah, Nomor 7 dan 8 Pasti Kamu Suka!

6. Atap Miring Rumah Mezzanine

Source : Desain

Rumah bergaya mezzanine adalah rumah satu lantai dengan tambahan lantai tengah. Model rumah seperti ini hanya bisa dibuat pada bangunan yang atapnya tinggi minimal di salah satu sisi. Model rumah semacam ini cocok menggunakan atap dengan bentuk miring dan dipadukan dengan desain rumah atap datar.

7. Atap Melandai ke Belakang

Source : Desain

Rumah dengan atap yang melandai ke belakang artinya bagian depan rumah lebih tinggi daripada bagian belakang. Rancang bangun semacam ini memberi kesan rumah terlihat besar dan lapang dari depan.

8. Bentuk Atap Pelana Bertingkat

Source : Desain

Di antara macam macam bentuk atap rumah, atap pelana adalah bentuk yang paling sederhana yaitu berupa segitiga. Karena konstruksinya yang mudah dibuat tapi juga kuat, atap pelana paling banyak digunakan pada bangunan, mulai dari rumah, sekolah, hingga bangunan-bangunan umum. Nah, pada rumah bergaya modern, atap pelana dimodifikasi menjadi susunan bertingkat.

9. Bentuk Atap Kupu-Kupu

Source : Deliasphotos

Bentuk atap yang paling banyak dipakai di sekitar kita adalah atap pelana yang berbentuk segitiga. Nah, atap kupu-kupu merupakan kebalikan dari atap pelana.

Pada atap segitiga, titik tertinggi berada di tengah bangunan. Sementara pada atap kupu-kupu, bagian tengahnya justru merupakan titik terendah. Konstruksi semacam ini menghasilkan bentuk atap yang menyerupai bentangan sayap kupu-kupu.

10. Bentuk Atap Melandai ke Sisi

Source : Homedit

Bentuk atap rumah selanjutnya yaitu atap yang melandai ke salah satu sisi. Alhasil, tampilannya dari depan terlihat unik dan beda dari yang lain.

11. Bentuk Atap Palang Runcing

Source : Pinterest

Bentuk atap rumah memang berdampak besar terhadap tampilan rumah dari depan. Tak terkecuali bentuk atap palang runcing yang memberi kesan futuristik lantaran sudut-sudutnya yang tegas.

Baca juga: Perlu Tahu! Ini Cara Menghitung Biaya Atap Baja Ringan dengan Penutup Seng Galvalum

12. Bentuk Atap Miring Kombinasi

Source : Jsx55

Rumah-rumah modern juga makin banyak yang menggunakan bentuk atap miring kombinasi. Perpaduan lebih dari satu bentuk atap memungkinkan rancang bangun rumah yang lebih kreatif. Sebagai contoh, perpaduan antara atap miring dengan atap pelana.

13. Bentuk Atap Miring Gergaji

Source : Pokoh Jaya Teknik

Macam-macam bentuk atap rumah bisa dikreasikan sesuka hati untuk menonjolkan karakter pemilik rumah. Contohnya rumah atap miring yang berjajar hingga menyerupai gergaji.

14. Bentuk Atap Dome

Source : home stratosphere

Sesuai namanya, bentuk atap dome adalah atap yang dirancang membulat seperi kubah atau tempurung. Umumnya atap dome digunakan untuk bangunan-bangunan masjid dan katedral. Tak hanya itu, bentuk atap dome juga dijumpai pada bangunan tradisional seperti igloo dan honai asal Papua.

15. Bentuk Atap Lengkung (Curved)

Source : Pinterest

Berbeda dengan atap dome yang membulat, atap curved memiliki lengkungan yang lebih landai. Dahulu kala, atap lengkung terbuat dari rangka atap kayu yang dibentuk melengkung. Namun, kini sudah banyak rangka lengkung yang terbuat dari logam.

Itulah 15 macam macam bentuk atap rumah dari berbagai gaya yang cocok untuk mempercantik rumah modern. Semoga menginspirasi!

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download