Pinhome

Lifestyle

Rumah Panggung Modern Untuk Lahan Terbatas

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 September 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah panggung sebenarnya bukan merupakan gaya arsitektur yang baru. Sejak zaman dulu, arsitektur tradisional Indonesia sudah menerapkan model rumah panggung ini pada rumah tradisional orang Melayu.

Pada waktu itu, area kolong atau lantai bawah lebih banyak digunakan untuk area ‘service‘ seperti dapur dan kamar mandi, bahkan ada yang untuk memelihara ternak.

Tentu saja rumah panggung sekarang lebih bersifat modern dan simpel, dengan demikian sudah tidak ada kesan kuno. Model rumah panggung modern ini cocok untuk keluarga yang suka mengadakan acara besar namun memiliki keterbatasan lahan.

Walaupun rumah panggung ini merupakan rumah tradisional, namun prinsip-prinsip rumah panggung ini masih bisa digunakan untuk desain rumah modern.

Konsep Rumah Panggung Modern

rumah panggung modern
(Pinterest)

Desain rumah ini tetap terbagi atas dua bagian yakni atas dan bawah. Model rumah panggung memang memberi penegasan pada area private dan public. Pembagian denah rumah kedalam ruang-ruang besar di rumah panggung pada prinsipnya sama saja dengan model rumah biasa. Pembedanya hanya bagian bawahnya saja sebagai ruang public.

Bagian bawah dibuat semacam hall besar untuk area berkumpul dan bagian atas untuk area private keluarga. Di lantai atas memiliki denah rumah seperti pada umumnya seperti  ruang tamu, ruang keluarga ruang makan, ruang tidur, dan kamar mandi.

Bisa juga menambahkan teras di beranda rumah. Sedangkan lantai bawah dimanfaatkan untuk ruang service, garasi, kamar anak, dan ruang makan.

Untuk desain rumah biasa ada banyak ruang penyekat, sedangkan untuk model rumah panggung ruang bawahnya diusahakan sesedikit mungkin memakai dinding penyekat.

Karena tidak banyak dinding penyekat maka sirkulasi udara pun bisa lebih optimal dan rumah terlihat lebih luas. Ruang bawah (kolong) ini memang dikonsentrasikan untuk dapat digunakan  kegiatan-kegiatan yang dapat menampung orang banyak seperti arisan, pesta atau perayaan hari besar tertentu.

Jadi model rumah ini memaksimalkan lahan terbatas. Kolong adalah ruang yang cukup besar dan fleksibel, artinya kolong itu dapat digunakan untuk kegiatan apa saja. Kalau sedang tidak ada tamu dapat digunakan seperti ruang keluarga atau ruang bermain anak-anak.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel