Pinhome

5 Rumah Panggung Modern Untuk Lahan Terbatas

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Rumah panggung sebenarnya bukan merupakan gaya arsitektur yang baru. Sejak zaman dulu, arsitektur tradisional Indonesia sudah menerapkan model rumah panggung ini pada rumah tradisional orang Melayu.

Pinhome – Rumah dengan panggung bisa menjadi salah satu tipe hunian yang bisa kamu pilih untuk ditinggali. Jenis rumah ini akan mempunyai cara pemeliharaan dan pembangunan yang sedikit berbeda dengan rumah tapak. Karakter bangunan rumah dengan struktur panggung unik, karena ini mengadopsi dari rumah panggung tradisional yang sudah dibangun oleh masyarakat zaman dahulu.

Pada waktu itu, area kolong atau lantai bawah lebih banyak digunakan untuk area ‘service‘ seperti dapur dan kamar mandi, bahkan ada yang untuk memelihara ternak. Tentu saja rumah panggung sekarang lebih bersifat modern dan simpel, dengan demikian sudah tidak ada kesan kuno. Model rumah panggung modern ini cocok untuk keluarga yang suka mengadakan acara besar namun memiliki keterbatasan lahan.

Walaupun rumah panggung ini merupakan rumah tradisional, namun prinsip-prinsip rumah panggung ini masih bisa digunakan untuk desain rumah modern.

Konsep Rumah Panggung Modern

rumah panggung modern
(Pinterest)

Desain rumah ini tetap terbagi atas dua bagian yakni atas dan bawah. Model rumah panggung memang memberi penegasan pada area private dan public. Pembagian denah rumah kedalam ruang-ruang besar di rumah panggung pada prinsipnya sama saja dengan model rumah biasa. Pembedanya hanya bagian bawahnya saja sebagai ruang public.

Bagian bawah dibuat semacam hall besar untuk area berkumpul dan bagian atas untuk area private keluarga. Di lantai atas memiliki denah rumah seperti pada umumnya seperti  ruang tamu, ruang keluarga ruang makan, ruang tidur, dan kamar mandi.

Bisa juga menambahkan teras di beranda rumah. Sedangkan lantai bawah dimanfaatkan untuk ruang service, garasi, kamar anak, dan ruang makan.

Untuk desain rumah biasa ada banyak ruang penyekat, sedangkan untuk model rumah panggung ruang bawahnya diusahakan sesedikit mungkin memakai dinding penyekat.

Karena tidak banyak dinding penyekat maka sirkulasi udara pun bisa lebih optimal dan rumah terlihat lebih luas. Ruang bawah (kolong) ini memang dikonsentrasikan untuk dapat digunakan  kegiatan-kegiatan yang dapat menampung orang banyak seperti arisan, pesta atau perayaan hari besar tertentu.

Jadi model rumah ini memaksimalkan lahan terbatas. Kolong adalah ruang yang cukup besar dan fleksibel, artinya kolong itu dapat digunakan untuk kegiatan apa saja. Kalau sedang tidak ada tamu dapat digunakan seperti ruang keluarga atau ruang bermain anak-anak.

Baca Juga: Rumah Panggung Modern Untuk Lahan Terbatas

Pada dasarnya rumah dengan panggung mempunyai fungsi untuk melindungi penghuni rumah dari pencuri dan hewan buas. Hal inilah yang menyebabkan tiang pada rumah panggung sengaja dibuat lebih tinggi. Selain itu rumah dengan panggung juga melindungi penghuninya dari bencana banjir yang mengintai.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi rumah panggung minimalis modern yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. Yuk disimak.

Rumah Panggung dengan Garasi

(YouTube Askal Desain)

Rumah panggung cenderung digunakan oleh masyarakat zaman dulu. Adaptasi rumah panggung ke hunian modern bisa dilakukan dengan berbagai versi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bagian kolong bawah sebagai garasi. Hal ini bisa kamu jadikan referensi untuk memanfaatkan lahan yang tersedia. Apabila luas tanah di hunian milikmu terbatas, maka kamu bisa mengaplikasikan inovasi ini. Pastikan kamu menggunakan bahan bangunan yang berkualitas, sehingga tiang yang menopang lantai di atas garasi tetap kokoh.  

9 Desain Rumah Jawa Modern Sederhana Untuk Kamu Yang Klasik

Rumah dengan pemanfaatan area kolong sebagai ruangan

(Cek Bahan Bangunan)

Selain rumah yang memanfaatkan kolong sebagai garasi, kamu juga bisa memanfaatkan kolong sebagai ruangan. Kamu bisa memanfaatkan kolong sebagai ruang tamu, ruang santai atau bahkan ruang keluarga. Untuk memanfaatkan bagian kolong rumah sebagai area yang berfungsi, pastikan kamu mendesain bangunan dengan bahan yang kuat. Hal ini karena lantai bawah perlu menopang bagian atas dengan kuat. Seperti gambar di atas, kamu bisa menggunakan kombinasi bahan kaca, kayu jati dan semen sebagai dinding.

Rumah dengan bahan kayu

rumah panggung
(Rumah Lia)

Rumah panggung sederhana bisa kamu bangun dengan mengadaptasi bangunan di atas. Rumah di atas menggunakan konsep rumah kayu berkonsep panggung yang sederhana. Kamu perlu memilih kayu dengan kualitas bagus agar bangunan tetap berdiri kuat. Pemilihan kayu pada jenis rumah di atas harus hati-hati. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan cat yang berkualitas bagus agar kayu tidak mudah dimakan rayap. Penggunaan cat yang berkualitas bagus juga akan membuat warna cat menjadi lebih menarik.

Rumah bergaya vila di Bali

rumah panggung
(Beach Bali Villas)

Selanjutnya adalah rekomendasi rumah panggung dengan konsep vila. Jika kamu sering ke Bali dan jalan-jalan sambil mengamati perumahan di sana, kamu akan melihat banyak villa dengan konsep yang homey. Bentuk bangunan villa bertingkat seperti ini bisa kamu jadikan referensi untuk membangun rumah. Bagian atas dijadikan tempat tinggal dengan area privasi seperti kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang makan dan lain-lain. Sementara di bagian kolong dijadikan ruang terbuka seperti lobby, area bar, ruang duduk dan area santai terbuka. 

Rumah mengadaptasi gaya cottage

rumah panggung
(Okezone Travel)

Cottage umumnya berada di satu area penginapan di tempat wisata. Cottage mempunyai bangunan yang minimalis dan mengoptimalkan fungsinya sesuai kebutuhan. Rumah panggung dengan konsep cottage bisa menjadi opsi yang tepat bagi kamu yang menyukai minimalism living concept. Namun, kamu harus memastikan bahwa ruangan yang ada di dalam rumah mampu mengakomodasi kebutuhan kamu ya. Jangan sampai ada ruangan yang tidak dibangun hanya demi menghemat sebuah area.

Tips membangun rumah panggung

Untuk membangun rumah panggung, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal ini perlu kamu lakukan karena konstruksi bangunan panggung ini sedikit berbeda dengan rumah tapak atau rumah dua lantai. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membangun rumah tipe panggung.

Pastikan pondasi bangunan kuat

Kamu perlu memperhatikan pondasi bangunan. Hal ini karena rumah panggung dibuat dengan tiang-tiang penyangga di bawah lantai. Maka dari itu pastikan pondasi rumah mampu menopang beban bangunan dengan baik.

Gunakan tiang penyangga yang kuat

Pada rumah tradisional, rumah panggung menggunakan tiang kayu. Di era modern, tiang kayu bisa diganti dengan beton atau bahan lain yang lebih kuat. Jadi, pastikan saat membangun konstruksi rumah kamu menggunakan bahan tiang yang kuat dan awet dalam waktu lama.

Pastikan beban di bagian atas tidak terlalu berat

Kurangi beban rumah di bagian atas. Misalnya jangan terlalu banyak menyimpan barang elektronik yang berat atau furnitur yang berukuran besar. Kamu bisa mengubah bagian kolong menjadi beberapa area penting. Ini bisa menjadi solusi agar bagian atas tidak terlalu berat menopang beban.

Pahami kondisi tanah

Kamu pun harus memahami kondisi tanah. Hal ini agar kondisi bangunan bisa tetap berdiri tegak dan kuat. Pastikan kamu melakukan konsultasi dengan developer atau ahli arsitektur sebelum membangun rumah panggung.

Pins, memiliki rumah panggung memang menyenangkan dan ini menjadi hal yang unik. Namun, kamu harus tetap memahami cara membangun konstruksi yang sesuai agar fungsi bangunan sebagai hunian tetap optimal.

Baca Juga: Cara Memaksimalkan Ruangan Pada Lahan Tanah Terbatas


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Puri Cendana di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil

Surat-menyurat tak cuma digunakan di perkantoran, tapi administrasi publik juga, seperti halnya den

Kecantikan
Kecantikan 13 Trend Model Rambut Mullet Wanita Edgy

Model rambut mullet wanita, kini mulai wara-wiri menjadi salah satu tren yang digemari, khusunya un

Edukasi
Edukasi Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja & Cara Membuatnya

Berkas administrasi yang diperlukan sebelum bisa mulai bekerja di sebuah perusahaan itu berbeda sat

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Sakit yang Benar

Sakit merupakan satu kondisi yang tak bisa dihindarkan. Hal ini tentu membuat tubuh malas dan tak n

Kecantikan
Kecantikan 15 Model Rambut Pria Undercut yang Menggoda Wanita

Tidak kalah dengan wanita, model rambut pria juga cukup beragam, Pins! Salah satu yang digemari par

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia