28 Desain Teras Rumah Beserta Tips Agar Terlihat Menawan

Diperbarui oleh Omri Cristian ∙ December 5, 2022 ∙ 13 menit membaca

Teras rumah merupakan bagian pertama yang akan dilihat orang sebelum masuk ke rumah. Desain teras rumah yang menawan akan membuat tamu tertarik dan betah untuk berkunjung. Maka, Pins perlu menyajikan desain teras rumah yang menarik dan indah dipandang mata.

Nah, bila kamu sedang mencari referensi desain teras rumah, berikut adalah artikel yang tepat untuk Pins. Kamu bisa mendapat inspirasi cat teras rumah atau atap teras rumah minimalis yang ccok untuk teras rumahmu.

Baca Juga:

Inspirasi Desain Teras Rumah

Bagi yang ingin membangun teras dengan konsep teras rumah, terdapat beberapa inspirasi desain teras rumah minimalis modern yang cocok untuk rumahmu, Pins. Berikut ini beberapa desain yang mungkin dapat menjadi inspirasi Pins:

Teras Rumah Serba Putih

Desain teras rumah depan ini bernuansa putih mulai dari dinding, lantai, hingga beberapa komponen lain seperti pot bunga atau kursi dan meja santai untuk di teras.

Bila memiliki teras dengan luas terbatas, Pins dapat menggunakan kursi kecil dan meja kecil untuk diletakkan di depan rumah. Jangan lupa untuk meletakkan beberapa tanaman hias agar teras terlihat lebih hidup dan asri dengan adanya tumbuhan.

Baca Juga:

Teras Rumah dengan Atap Kaca Semi Transparan

Desain teras rumah lain yang bisa menjadi pilihan Pins adalah teras rumah dengan atap kaca semi transparan. Bentuk teras minimalis ini seperti teras pada umumnya, hanya saja pada bagian atap menggunakan atap kaca semi transparan.

Dengan atap kaca semi transparan, cahaya akan lebih mudah masuk ke bagian teras sehingga teras depan rumah menjadi terang. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias gantung agar membuat teras semakin asri dan natural.

Selain itu, Pins juga bisa meletakkan kursi dan meja kayu untuk bersantai atau menerima tamu.

Teras Rumah dengan Lantai Kayu

Desain Teras Rumah
(Pixabay)

Desain teras rumah selanjutnya adalah teras depan rumah dengan lantai kayu. Bentuk teras minimalis ini dibangun dengan lantai kayu yang sangat cantik. Lantai kayu memang sangat populer dan telah digunakan pada rumah-rumah dengan desain minimalis.

Kayu yang digunakan pada lantai teras akan membuat teras depan rumah terlihat modern namun juga bernuansa natural. Tambahkan beberapa tanaman hias gantung dan tambahan kursi kayu panjang yang dapat digunakan untuk bersantai di teras rumah pada sore hari.

Teras Rumah Ala Cafe

Desain Teras Rumah
(Pixabay)

Teras depan rumah memang menggambarkan tampilan rumah secara keseluruhan dari luar. Oleh karena itu, banyak orang yang membuat teras secantik mungkin. Pins, kamu bisa lho membuat teras rumah dengan desain teras rumah ala cafe.

Membuat teras rumah dengan desain sederhana dan warna dinding netral. Tambahkan kursi rotan dan meja bulat membuat suasana teras menyenangkan untuk dinikmati pada sore hari. Tambahkan pula tanaman hias pada sudut-sudut teras agar membuat teras depan rumah semakin alami.

Selain kursi dan kayu rotan, kursi panjang pada teras dengan semen permanen bisa digunakan. Untuk sentuhan terakhir, taruh beberapa bantal sofa agar saat bersantai menjadi lebih nyaman.

Baca Juga:

Teras Rumah dengan Kolam Ikan

Inspirasi desain teras rumah lainnya adalah teras rumah dengan kolam ikan. Umumnya, bentuk teras minimalis ini sama dengan teras-teras lainnya, Pins. Hanya saja pada desain teras rumah minimalis ini memiliki kolam ikan pada bagian terasnya.

Gunakan kolam ikan kecil atau besar dengan jalan kecil pada bagian tengah tempat pintu masuk teras. Kolam ikan pada teras akan membuat rumah semakin bernuansa asri dan natural. Agar semakin estetik, tambahkan air mancur kecil pada kolam ikan.

Selain itu, penting untuk meletakkan beberapa tanaman hias pada sudut-sudut teras agar membuat teras rumah semakin asri. Jangan lupa untuk meletakkan kursi dan meja kayu agar bisa bersantai atau menerima tamu di teras rumah.

Teras Rumah Cozy

Desain Teras Rumah
(Pixabay)

Beriktunya adalah teras rumah cozy. Bentuk teras minimalis ini sama dengan teras-teras lain dengan pagar kecil berwarna putih yang melingkari teras sebagai pembatas antara teras rumah dengan bagian halaman rumah.

Kamu dapat meletakkan sofa dan meja yang empuk dengan warna kalem agar membuat teras semakin cozy. Letakkan beberapa bantal sofa agar bersantai di teras menjadi lebih nyaman. Jangan lupa, untuk meletakkan beberapa tanaman hias gantung supaya teras rumah memiliki nuansa natural.

Teras Rumah Kecil Modern Minimalis

Teras Rumah Kecil Modern Minimalis
(Livingaftermidnite)

Buat Pins yang memiliki rumah yang kecil, kamu bisa menjadikan teras depan kamu sebagai ruang tamu outdoor yang minimalis. Pins dapat memasang lantai kayu dan menambahkan atap atau kanopi baja hita. Lengkapi juga teras Pins dengan kursi atau sofa dengan tema yang senada dengan teras. Ini akan membuat teras depan Pins terlihat minimalis tapi juga modern.

Teras dengan Bebatuan

Teras dengan Bebatuan
(H5.m.jd)

Untuk memberikan kesan yang estetik, Pins juga bisa memanfaatkan kerikil untuk memenuhi teras rumah kamu. Tambahkan juga beberapa batu besar dan tile kayu untuk jalan setapak. Selain itu, Pins dapat menambahkan tempat bersantai di teras dan menambahkan decking tile kayu dengan lebar menyesuaikan dengan luas teras rumah kamu. Jangan lupa menambahkan beberapa pot tanaman hias agar teras menjadi lebih estetik.

Baca Juga:

Teras Rumah Konsep Santorini

Inspirasi Teras Rumah Kecil
(Rumah Idaman)

Pins juga bisa meniru konsep bangunan di Santorini dengan membuat teras berlantaikan batu alam yang disusun acak. Dominasi warna putih serta pemanbahan tanaman kaktus semakin menambah kesan daerah tropis seperti Santorini.

Dengan desain teras seperti ini, Pins tidak perlu mengajak tamu untuk masuk ke dalam rumah karena teras kamu sudah sangat kece dan nyaman untuk tempat nongkrong.

Teras Rumah Klasik dengan Tanaman Hias

Inspirasi Teras Rumah Kecil
(Apartmenttherapy)

Jika kalian memiliki rumah tipe klasik, Pins juga bisa membuat terasmu menjadi lebih menarik dengan menambahkan beberapa jenis tanaman hias dalam pot baik di gantung ataupun di tempatkan di beberapa sudut teras.

Tambahkan juga sepasang kursi kayu dan meja untuk bersantai menikmati secangkir kopi ataupun untuk tempat mengobrol dengan tetangga ataupun tamu.

Teras dengan Fungsi sebagai Ruang Tamu

Teras dengan Fungsi sebagai Ruang Tamu
(Pinterest)

Jika rumah Pins terlalu kecil untuk memiliki ruang tamu, maka Pins bisa memanfaatkan teras depan rumah atau garasi motor kamu sebagai ruang tamu. Ini akan menjadi teras serba guna yang bisa digunakan untuk menerima tamu, sebagai tempat nongkrong bahkan sebagai parkir sepeda motor kamu.

Cukup pastikan teras kamu memiliki atap dan dinding untuk menjaga privasi, namun pastikan tetap ada bagian yang terbuka agar udara dan cahaya matahari tetap bisa masuk.

Teras Rumah Kecil Sederhana

Teras Rumah Kecil Sederhana
(Pinterest)

Menambahkan furniture yang minimalis dan beberapa tanaman hias baik yang digantung ataupun ditempatkan di sudut-sudut yang tepat akan membuat tampilan teras yang sederhana menjadi lebih cantik dan estetik.

Hanya saja Pins harus memperhatikan warna dari teras agar jangan sampai mencampur berbagai warna yang kontras sehingga membuat tampilan teras menjadi tidak rapi.

Teras Rumah Kecil Simple dan Asri

Teras Rumah Kecil Simple dan Asri
(Homeshabby)

Memiliki teras rumah dengan unfinish look memang menjadi tantangan tersendiri. Apabila Pins salah menata tampak depan rumah, maka teras akan terlihat kurang bagus dan nampak mati. Maka dari itu, untuk memberikan kesan yang lebih hidup,

Pins bisa menambahkan beberapa elemen alam pada teras rumah kamu. Mulai dari tanaman hias dalam pot, kerikil hias untuk menutupi dasar taman, hingga elemen kayu atau bambu untuk membuatnya terlihat lebih asri dan adem.

Teras dengan Taman Bunga Indah

Teras dengan Taman Bunga Indah
(BHG)

Dari gerbang rumah menuju teras juga bisa Pins hadirkan jalan setapak yang terbuat dari bata merah. Di pinggir jalan setapak, kamu bisa membuat taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang indah. Teras rumah yang kecil akan menjadi lebih menarik dengan beberapa tanaman hias.

Baca Juga:

Teras Rumah bernuansa Pastel

Teras Rumah bernuansa Pastel
(Homeshabby)

Bagi penyuka warna-warna pastel, Pins dapat mengaplikasikan warna yang kamu suka pada teras rumah yang kecil. Mulai dari cat dinding, hingga pemilihan furniture dan dekorasi teras yang semuanya berwarna pastel. Pins juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias untuk memberikan kesan yang lebih hidup pada teras rumah.

Teras Simple dengan Outdoor Sofa

Teras Simple dengan Outdoor Sofa
(The Diy Life)

Bila dinding teras Pins sudah memiliki aksen yang menarik, Pins tidak perlu memberikan dekorasi berlebih. Cukup tambahkan beberapa tanaman hias dalam pot di beberapa sudut teras rumah kecil.

Namun Pins bisa memiliki model pot yang menarik namun simple. Bila perlu, kamu juga bisa menambahkan outdoor sofa agar tamu bisa menunggu dengan nyaman sebelum dipersilahkan masuk.

Teras Rumah Minimalis dengan Elemen Alam

Teras Rumah Minimalis dengan Elemen Alam
(Homify)

Desain teras rumah yang minimalis ini juga bisa ditiru, khususnya buat Pins yang memiliki tampilan depan rumah yang didominasi dengan elemen alam, seperti pintu, jendela dan lantai teras dari kayu, hingga dinding yang dilapisi dengan batu alam.

Tak perlu dekorasi yang berlebih, cukup tambahkan sedikit tanaman hias dan kursi outdoor. Dengan begitu, teras rumah kamu akan menjadi lebih cantik.

Teras dengan Tangga Bersusun

desain teras rumah
(Shutterstock)

Model teras rumah masa kini satu ini cocok untuk Pins yang senang dengan desain rumah industrial ataupun rumah dengan bangunan yang berada di atas. Dengan adanya aksen tangga bersusun, rumah tinggi Pins akan mudah dijangkau dan terlihat minimalis dan simpel.

Walaupun terkadang sulit untuk para orang tua memasukinya, dengan pemanfaatan desain tangga yang benar, kakek dan nenek pun akan dengan mudah menaikinya.

Teras dengan Lahan Parkir Luas

Teras dengan Lahan Parkir Luas
(Qhoqmart)

Untuk Pins yang memilih ruang untuk lahan parkir yang lebih luas, Pins bisa memanfaatkannya dengan memangkas area teras. Seperti model teras rumah minimalis diatas. Dengan teras yang minim, rumah Pins pun tetap terlihat kekinian.

Aksen industrial pada lantai carport pun dapat Pins padupadankan dengan lantai teras.

Teras Beraksen Kayu Dominan

desain teras rumah
(Ruangarsitek)

Bagi Pins yang menyukai model teras rumah sederhana, Pins bisa menambahkan aksen kayu di teras rumah. Model pemasangan kayu penuh pada lantai teras, membuat kesan hangat pada rumah Pins sekaligus menjadi tempat bersantai favorit bersama keluarga di rumah.

Teras Model Kafetaria

desain teras rumah
(topgambarrumah)

Model teras yang digunakan untuk tempat bersantai sekaligus menjadi tempat berkumpul bersama keluarga memang membutuhkan lahan yang lebih luas. Model teras kafetaria bisa menjadi salah satu alternatif nih Pins.

Serasa berada di sebuah resto, teras dengan bentuk tempat makan dapat Pins jadikan tempat berkumpul dan bersantap bersama orang terkasih. Apalagi bila ditambah dekorasi ayunan yang kekinian, dijamin Pins akan berlama-lama di teras ini.

Baca juga: Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu

Teras Rumput Sintetis

desain teras rumah
(Smartnul)

Rumput sintetis menjadi salah satu perangkat dekorasi yang banyak dipakai untuk menghias teras rumah. Model teras rumah masa kini yang menggunakan rumput sintetis tidak hanya tahan dari cuaca ekstrem tetapi juga aman untuk si kecil.

Hal yang terpenting Pins pintar untuk memilih mana jenis rumput sintetis yang lembut dan cocok diaplikasikan di teras.

Teras Lantai Bermotif

Teras Lantai Bermotif
(Smartnul)

Teras rumah ciamik dan instagramable dapat Pins buat dengan perpaduan lantai bermotif. Model teras rumah sederhana yang kekinian ini pasti akan menjadi tempat favorit Pins untuk bekerja dari rumah. Ditambah meja dan kursi dengan warna polos, teras rumah Pins akan semakin menarik.

Pins jangan sampai bingung lho pada saat memilih lantai bermotif, karena saking banyaknya yang gemas dan menggiurkan mata. Untuk yang paling mudah selalu sesuaikan dengan konsep rumah Pins itu sendiri.

Teras dengan Kolam Ikan

desain teras rumah
(Kumparan)

Penempatan kolam ikan di teras rumah, bisa menjadi salah satu alternatif model teras rumah sederhana yang asri. Gemercik air dan indahnya ikan-ikan yang ada di dalam kolam, menambah kesan tersendiri dalam rumah.

Apalagi untuk Pins yang gemar mengoleksi ikan. Menempatkan kolam ikan di teras rumah bisa menjadi solusinya.

Baca juga: 5 Pertimbangan Membuat Kolam Renang di Rumah

Teras Bertaman Kecil

desain teras rumah
(Tagar Berita)

Taman kecil di teras rumah memang terkadang cukup menyulitkan. Tetapi dengan penataan dan desain model teras rumah minimalis yang benar, hal tersebut akan mempercantik rumah Pins.

Tanaman vertical garden contohnya, tanaman tersebut dapat Pins jadikan alternatif tanaman pilihan untuk lahan kosong di teras Pins.

Teras Bebatuan

desain teras rumah
(desainrumahkita)

Teras jenis ini memiliki keunggulan tidak mudah licin dan tahan lama. Aksen bebatuan yang mengelilingi teras dapat Pins buat dengan mudah. Model teras rumah sederhana yang sudah ada dari tahun-ke tahun ini memang cocok untuk Pins yang senang dengan suasana alam pada rumah.

Baca juga:

Teras Atap Semi Terbuka

desain teras rumah
(alliexpress)

Model teras rumah persegi panjang selanjutnya yang dapat menjadi inspirasi Pins adalah teras atap semi terbuka. Atap teras ini terbuat dari kayu yang disusun dengan jarak yang tidak terlalu rapat sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk untuk menyinari teras. 

Namun untuk menghindari kotoran yang dapat masuk akibat jarak kayu yang tidak rapat, Pins dapat menambahkan lapisan fiber. Pada model teras rumah panjang yang satu ini Pins dapat menambahkan sofa atau kursi untuk bersantai di sore hari. Pins juga dapat menambahkan komponen lain seperti tanaman hias atau vas bunga.

Teras Atap Kaca

desain teras rumah
(trendir)

Inspirasi model teras rumah memanjang selanjutnya adalah dengan menambahkan atap kaca. Model teras rumah memanjang ini cukup banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis modern.

Dengan menambahkan atap kaca tentunya cahaya matahari akan lebih mudah masuk menyinari bagian teras. Selain itu atap kaca akan membuat teras rumah Pins lebih modern dan alami karena memudahkan Pins untuk melihat bagian atas rumah.

Selain atap kaca, Pins dapat menambahkan tanaman hias dan kursi santai, supaya bisa bersantai atau menerima di teras dengan nyaman. Jika Pins kurang nyaman dengan atap kaca transparan, Pins dapat menggunakan atap kaca semi transparan, namun cahaya tetap dapat masuk meski tidak sebanyak kaca transparan.

Tips Desain Teras Rumah yang Cantik dan Nyaman

Ada beberapa hal yang harus Pins perhatikan dalam merancang teras rumah. Berikut ini beberapa tips yang bisa Pins perhatikan untuk memperoleh desain teras rumah yang cantik dan nyaman:

Memilih Material Khusus

Tips Desain Teras Rumah yang Cantik dan Nyaman
(Pinterest)

Untuk desain teras depan, Pins harus mengusahakan materialnya seperti lantai, dinding dan sebagainya berbeda dengan motif ruangan lainnya. Hal ini perlu dilakukan karena teras rumah berada pada posisi eksterior.

Pins perlu menggunkan bahan-bahan lantai yang tidak licin apabila terkena air, mengingat teras sangat rawan untuk terkena tetesan air hujan.

Sesuaikan dengan Luas yang Ada

Tips Desain Teras Rumah yang Cantik dan Nyaman
(Pinterest)

Perhatikan ukuran luas teras. Jika teras rumah Pins berukuran kecil, maka jangan letakkan barang-barang hiasan yang terlalu besar karena ruangan akan semakin sempit. Sebaliknya jika teras rumah Pins cukup luas, Pins bisa melakukan berbagai ekspresi estetika dengan memadukan aneka motif-motif yang senada dengan material ruangan.

Ruang teras yang luas juga memungkinkan Pins untuk meletakkan berbagai variasi bunga-bunga yang cukup memiliki daun yang rimbun. Jika Pins sulit untuk merawat bunga hidup atau takut dihinggapi hama dan sebagainya, Pins bisa memilih jenis bunga plastik untuk memperindah desain teras rumah.

Meletakkan berbagai perhiasan aksesoris rumah di teras juga tak menjadi soal asalkan Pins bisa menjamin keamanan dan kebersihannya. Posisi di luar rumah akan sedikit mengganggu keamanan benda dari curian, terlebih jika barang-barang Pins tersebut berupa barang-barang mahal.

Nah, itu tadi contoh desain teras rumah dan tips yang bisa kamu jadikan inspirasi. Memiliki teras yang cantik memang menjadi impian setiap orang, jadi jangan biarkan lahan yang terbatas menghalangi kamu untuk memiliki teras rumah impian kamu. Semoga bermanfaat, Pins!

Secara umum, desain teras rumah terbagi dua, yakni desain teras depan dan desain teras belakang.  Bagian teras depan biasanya untuk menyambut tamu yang datang, sehingga kesan estetika sangat dibutuhkan di bagian teras depan. Sementara desain teras rumah bagian belakang biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan privasi keluarga, tempat berkumpul dan sebagainya.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi lelang rumah Medan dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 21 Ucapan Sweet Seventeen untuk Orang Spesial

Ucapan sweet seventeen dapat menjadi hal paling berkesan untuk diutarakan kepada seseorang yang spe

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Selamat Hari Ibu Yang Menyentuh Hati

Hari Ibu merupakan hari yang dibuat sebagai bentuk apresiasi kepada Ibu yang sudah berjasa dalam me

Gadget
Gadget 8 Cara Screenshot HP Xiaomi, Tangkap Momen Penting Kamu!

Aktivitas mengambil tangkapan layar atau screenshot dari layar HP yang sedang Pins lihat entah itu

Finansial
Finansial Apa Itu Sideways? Tips untuk Meminimalisir Risiko dalam Kondisi Ini

Trading menjadi salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan keuntungan dalam wakt

Finansial
Finansial CAPM adalah Sebuah Indikator dalam Investasi, Ini Manfaatnya!

Penanaman modal dengan tujuan memperoleh keuntungan, atau yang kita kenal dengan nama investasi mem

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia