BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Jenis Nama Bak Mandi atau Bathtub 
0
0

9 Jenis Nama Bak Mandi atau Bathtub 

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamar mandi sering menjadi prioritas terakhir dalam urusan desain ataupun estetika. Seringkali kamar mandi hanya memiliki kesan fungsional yang dibuat seadanya. Padahal kamar mandi bisa dibuat lebih cantik dengan kehadiran bak mandi rendam atau bathtub. Perlu diketahui, nama bak kamar mandi memiliki nama yang berbeda tergantung desain dan kegunaannya pula. Simak artikel ini untuk mengetahui nama bak kamar mandi!

Kamu dapat memiliki hunian berkonsep mewah dan minimalis di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Take Over KPR ketika kamu ingin membeli rumah yang masih terikat angsuran KPR dan mengambil alih KPR tersebut.

Baca juga: 10 Daftar Harga Bathtub Murah dan Berkualitas

Jenis Nama Bak Mandi atau Bathtub

Menciptakan kamar mandi yang nyaman dan cantik dapat terpenuhi dengan menambahkan sentuhan bathtub di dalam kamar mandimu. Selain dapat memberikan kenyamanan, dengan adanya bathtub kamu dapat bersantai-santai menikmati rendaman air hangat di dalam bathtub.

Ditambah lagi jika kamu memiliki anak kecil di rumah, pastinya mereka senang sekali memiliki bathtub di kamar mandi mereka.

Terdapat banyak jenis bathtub yang dapat kamu pilih. Apa saja jenis nama bak mandi atau bathtub? Ini sembilan di antaranya yang paling sering digunakan di kamar mandi masyarakat Indonesia:

1. Alcove Bathtub

Source : Ubuy Vietnam

Alcove bathtub mungkin adalah jenis bak mandi paling ‘pasaran’ atau standar yang sering dilihat di rumah maupun hotel. Model bathtub ini dibuat menyatu dengan di dinding di salah satu sisi kamar mandi dan memang biasanya ukurannya sepanjang lebar sisi kamar mandi. Ada yang berukuran 120 cm atau 130 cm.

Model bathtub dan harganya yang cukup mudah ditemui dan terjangkau ini menjadikannya wara-wiri dikamar mandi masyarakat Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya di kisaran 2 juta hingga 5 juta rupiah, Pins!

Baca juga: Begini 5 Cara Mudah Menentukan Ukuran Bathtub

2. Stone Bathtub

Source : Pinterest

Stone bathtub biasanya ditemukan di hotel atau penginapan dan resort yang mengusung tema alam atau berkonsep luar ruangan alias outdoor. Namun, tidak menutup kemungkinan adapula rumah yang mengusung konsep ini untuk menambah estetika kamar mandinya. 

Sesuai namanya, bak mandi ini terbuat dari batu dan biasanya berbentuk setengah bulatan dengan warna abu-abu khas alami dari batu alam. Kamar mandi akan terlihat lebih mewah serta unik dan cocok dipadukan dengan aksen alam lain seperti kayu.

3. Jacuzzi/ Whirlpool Bathtub

Source : Aqua Import

Jacuzzi terkenal dengan bak mandi ‘mahal’ dan bisa dimasuki oleh beberapa orang. Jacuzzi juga memiliki nama lain yaitu whirlpool bathtub karena mampu mengeluarkan semburan air yang memiliki tekanan beragam dan bisa disesuaikan kekuatannya.

Whirlpool bathtub juga biasanya digunakan untuk berendam dengan air panas atau hangat dan sangat digemari karena dianggap mampu mengurangi stres dan meningkatkan rasa rileks setelah seharian beraktivitas.

Disebut mahal karena umumnya bak mandi ini menggunakan material porcelain yang mewah. Serta dilengkapi dengan bantalan-bantalan leher agar pengguna lebih nyaman ketika berendam dan bersandar.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Shower Kamar Mandi untuk Rumah Minimalis

4. Walk-in/ Sit Bathtub

Source : Bath Planet

Walk-in atau sit bathtub merupakan bak mandi model baru yang mendapatkan inovasi dari Jepang. Sekilas mirip seperti bak mandi standar pada umumnya, namun ada yang unik dari bak mandi satu ini.

Bak mandi ini memiliki pintu masuk seperti mobil di pinggirnya yang dapat dibuka dan ditutup. Hal ini disematkan dan memang bak mandi ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas untuk mempermudah masuk ke dalam bak mandi tanpa harus melangkah lewat atasnya. 

Tak hanya itu, bak mandi ini juga dilengkapi beberapa alat bantu lain seperti pegangan di pinggir-pinggirnya untuk mempermudah keluar-masuk pengguna. Namun bak mandi ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga lebih cocok dipasang di kamar mandi bertata letak ruang yang besar. Harganya juga cukup tinggi dikisaran Rp 80 juta.

5. Nama Bak Kamar Mandi Model Corner

nama bak kamar mandi
Source : Tokopedia

Corner bathtub mirip seperti Alcove bathtub yang menyatu dengan dinding, tapi tipe corner memiliki ukuran lebih besar dan menyatu dengan ujung bagian dinding kamar mandi sesuai namanya yang berarti pojok.

Nama bak kamar mandi ini biasanya dipadukan dengan konsep kamar mandi klasik atau mewah karena umumnya terbuat dari material keramik dan marmer. Bak mandi ini nyaman digunakan karena ukurannya yang besar tapi tentu butuh waktu lebih lama untuk mengisinya.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Bathtub Minimalis

6. Freestanding Bathtub

nama bak kamar mandi
Source : Ubuy Indonesia

Freestanding bathtub adalah jenis bak mandi yang berdiri sendiri dan tidak menempel pada dinding kamar mandi. Bak mandi satu ini biasanya ditemukan di hotel-hotel berkonsep minimalis maupun rustic.

Tapi untuk beberapa model, freestanding bathtub juga sangat cocok diterapkan di kamar mandi bertema klasik eropa ala zaman victoria dulu. Dikarenakan desainnya yang banyak itu pula, bak mandi ini sering jadi pilihan banyak orang untuk mengeksplorasi desain kamar mandinya.

7. Clawfoot Bathtub

nama bak kamar mandi
Source : Pinterest

Clawfoot bathtub pada dasarnya serupa dengan freestanding bathtub karena tidak menyatu dengan dinding kamar mandi. Hal yang membedakan adalah kaki dari bak mandi ini berukuran lebih pendek dan banyak yang menyerupai kaki-kaki burung elang yang bengkok dan mencengkram sehingga menambah kesan estetik.

Selain itu, desain bak mandinya juga lebih oval dibanding freestanding bathtub.

Baca Juga: 11 Desain Kamar Mandi Luas yang Nyaman

8. Ergonomics Bathtub

nama bak kamar mandi
Source : Old Fashioned Bathrooms

Ergonomics biasanya diterapkan di bak mandi besar dan porcelain seperti jacuzzi ataupun alcove bathtub. Ciri khasnya adalah bak mandi ini memiliki banyak lekukan di dalamnya yang menyerupai atau menyesuaikan bentuk tubuh manusia sehingga meskipun bersandar badan tidak akan licin karena ada penyangga.

Kesan modern sangat terpancar dari bak mandi jenis ini. Bahkan di beberapa model, ada built in speaker sehingga pengalaman berendam dan mandimu tidak akan sepi karena ditemani oleh musik-musik kesayangan.

9. Nama Bak Kamar Mandi Model Drop-in

nama bak kamar mandi
Source : annyldh.en.made-in-china

Drop-in bathtub bisa diterapkan di desain modern maupun tradisional. Bedanya, bak mandi ini memiliki pinggiran yang lebih besar sehingga bisa untuk meletakkan tempat sabun, shampoo dan peralatan mandi lainnya. Bagian tepi luar inilah yang bisa menyesuaikan desainnya.

Jika kamar mandimu bernuansa modern, bisa memiliki bahan keramik cantik. Tapi bisa juga kesan tradisional dengan memilih material kayu ataupun batu yang cantik.

Bagaimana, Pins? Semakin banyak rekomendasi nama bak kamar mandi untuk menjadi pilihan nuansa kamar mandimu. Semoga bermanfaat dan mempercantik pengalaman mandimu di rumah ya!

Baca Juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download