9 Jenis Nama Bak Mandi atau Bathtub 

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 8 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Kamar mandi sering menjadi prioritas terakhir dalam urusan desain ataupun estetika. Seringkali kamar mandi hanya memiliki kesan fungsional yang dibuat seadanya. Padahal kamar mandi bisa dibuat lebih cantik dengan kehadiran bak mandi rendam atau bathtub. Perlu diketahui, nama bak kamar mandi memiliki nama yang berbeda tergantung desain dan kegunaannya pula.

Apa saja jenis nama bak mandi atau bathtub? Ini sembilan di antaranya yang paling sering digunakan di kamar mandi masyarakat Indonesia. Yuk dicek!

Alcove Bathtub

(Ubuy Vietnam)

Alcove bathtub mungkin adalah jenis bak mandi paling ‘pasaran’ atau standar yang sering dilihat di rumah maupun hotel. Model bathtub ini dibuat menyatu dengan di dinding di salah satu sisi kamar mandi dan memang biasanya ukurannya sepanjang lebar sisi kamar mandi. Ada yang berukuran 120 cm atau 130 cm.

Model bathtub dan harganya yang cukup mudah ditemui dan terjangkau ini menjadikannya wara-wiri dikamar mandi masyarakat Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya di kisaran 2 juta hingga 5 juta rupiah, Pins!

Stone Bathtub

(Pinterest)

Stone bathtub biasanya ditemukan di hotel atau penginapan dan resort yang mengusung tema alam atau berkonsep luar ruangan alias outdoor. Namun, tidak menutup kemungkinan adapula rumah yang mengusung konsep ini untuk menambah estetika kamar mandinya. 

Sesuai namanya, bak mandi ini terbuat dari batu dan biasanya berbentuk setengah bulatan dengan warna abu-abu khas alami dari batu alam. Kamar mandi akan terlihat lebih mewah serta unik dan cocok dipadukan dengan aksen alam lain seperti kayu.

Jacuzzi/Whirlpool Bathtub

(Aqua Import)

Jacuzzi terkenal dengan bak mandi ‘mahal’ dan bisa dimasuki oleh beberapa orang. Jacuzzi juga memiliki nama lain yaitu whirlpool bathtub karena mampu mengeluarkan semburan air yang memiliki tekanan beragam dan bisa disesuaikan kekuatannya.

Whirlpool bathtub juga biasanya digunakan untuk berendam dengan air panas atau hangat dan sangat digemari karena dianggap mampu mengurangi stres dan meningkatkan rasa rileks setelah seharian beraktivitas.

Disebut mahal karena umumnya bak mandi ini menggunakan material porcelain yang mewah. Serta dilengkapi dengan bantalan-bantalan leher agar pengguna lebih nyaman ketika berendam dan bersandar.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Shower Kamar Mandi untuk Rumah Minimalis

Walk-in/Sit Bathtub

(Bath Planet)

Walk-in atau sit bathtub merupakan bak mandi model baru yang mendapatkan inovasi dari Jepang. Sekilas mirip seperti bak mandi standar pada umumnya, namun ada yang unik dari bak mandi satu ini.

Bak mandi ini memiliki pintu masuk seperti mobil di pinggirnya yang dapat dibuka dan ditutup. Hal ini disematkan dan memang bak mandi ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas untuk mempermudah masuk ke dalam bak mandi tanpa harus melangkah lewat atasnya. 

Tak hanya itu, bak mandi ini juga dilengkapi beberapa alat bantu lain seperti pegangan di pinggir-pinggirnya untuk mempermudah keluar-masuk pengguna. Namun bak mandi ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga lebih cocok dipasang di kamar mandi dengan tata letak ruang yang besar. Harganya juga cukup tinggi dikisaran Rp 80 juta.

Nama Bak Kamar Mandi Model Corner

nama bak kamar mandi
(Tokopedia)

Corner bathtub mirip seperti Alcove bathtub yang menyatu dengan dinding, tapi tipe corner memiliki ukuran lebih besar dan menyatu dengan ujung bagian dinding kamar mandi sesuai namanya yang berarti pojok.

Nama bak kamar mandi ini biasanya dipadukan dengan konsep kamar mandi klasik atau mewah karena umumnya terbuat dari material keramik dan marmer. Bak mandi ini nyaman digunakan karena ukurannya yang besar tapi tentu butuh waktu lebih lama untuk mengisinya.

Freestanding Bathtub

nama bak kamar mandi
(Ubuy Indonesia)

Freestanding bathtub adalah jenis bak mandi yang berdiri sendiri dan tidak menempel pada dinding kamar mandi. Bak mandi satu ini biasanya ditemukan di hotel-hotel berkonsep minimalis maupun rustic.

Tapi untuk beberapa model, freestanding bathtub juga sangat cocok diterapkan di kamar mandi bertema klasik eropa ala zaman victoria dulu. Dikarenakan desainnya yang banyak itu pula, bak mandi ini sering jadi pilihan banyak orang untuk mengeksplorasi desain kamar mandinya.

Baca Juga: 11 Desain Kamar Mandi Luas yang Nyaman

Clawfoot Bathtub

nama bak kamar mandi
(Pinterest)

Clawfoot bathtub pada dasarnya serupa dengan freestanding bathtub karena tidak menyatu dengan dinding kamar mandi. Hal yang membedakan adalah kaki dari bak mandi ini berukuran lebih pendek dan banyak yang menyerupai kaki-kaki burung elang yang bengkok dan mencengkram sehingga menambah kesan estetik. Selain itu, desain bak mandinya juga lebih oval dibanding freestanding bathtub.

Ergonomics Bathtub

nama bak kamar mandi
(Old Fashioned Bathrooms)

Ergonomics biasanya diterapkan di bak mandi besar dan porcelain seperti jacuzzi ataupun alcove bathtub. Ciri khasnya adalah bak mandi ini memiliki banyak lekukan di dalamnya yang menyerupai atau menyesuaikan bentuk tubuh manusia sehingga meskipun bersandar badan tidak akan licin karena ada penyangga.

Kesan modern sangat terpancar dari bak mandi jenis ini. Bahkan di beberapa model, ada built in speaker sehingga pengalaman berendam dan mandimu tidak akan sepi karena ditemani oleh musik-musik kesayangan.

Nama Bak Kamar Mandi Model Drop-in

nama bak kamar mandi
(annyldh.en.made-in-china)

Drop-in bathtub bisa diterapkan di desain modern maupun tradisional. Bedanya, bak mandi ini memiliki pinggiran yang lebih besar sehingga bisa untuk meletakkan sabun, shampoo dan peralatan mandi lainnya. Bagian tepi luar inilah yang bisa menyesuaikan desainnya.

Jika kamar mandimu bernuansa modern, bisa memiliki bahan keramik cantik. Tapi bisa juga kesan tradisional dengan memilih material kayu ataupun batu yang cantik.

Bagaimana, Pins? Semakin banyak rekomendasi nama bak kamar mandi untuk menjadi pilihan nuansa kamar mandimu. Semoga bermanfaat dan mempercantik pengalaman mandimu di rumah ya!

Featured Image Source: Freepik/rawpixel

Baca Juga: 7 Contoh Desain Kamar Mandi Desa yang Bersih


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia