BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Model Rumah Atap Segitiga dan Keunggulannya
0
0

15 Model Rumah Atap Segitiga dan Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Ambar Eka Purbowani dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 12, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
model atap rumah segitigatop-right-banner

Model rumah atap segitiga dapat ditemui pada rumah yang ada di Indonesia. Baik di rumah modern maupun rumah-rumah adat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Alasan nenek moyang bangsa Indonesia memilih model rumah atap segitiga tentu memiliki manfaat tersendiri. Sehingga atap segitiga termasuk dalam jenis atap rumah yang memiliki fungsi tersendiri. Pemilihan konsep atap tradisional hingga bergaya modern menjadi pilihan konsep yang menarik. Simak artikel berikut ini!

Pins kamu dapat menemukan rumah dengan atap segitiga yang menarik di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Kamu juga dapat membangun rumah di Citra Garden 6 dengan atap berbentuk segitiga dan menayangkannya di iklan jual rumah.

Baca juga: 7 Rekomendasi Atap Metal Pasir Terbaik Di Tahun 2022

Model Rumah Atap Segitiga dan Keunggulannya

Rumah memiliki komponen penting yaitu atap sebagai pelindung dan penjaga penghuni rumahnya. Dengan atap, kamu akan terhindar dari paparan sinar matahari langsung dan turunnya air hujan. Atap rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda dengan keunggulan yang berbeda pula.

Begitu pula dengan arsitektur yang memilih desain dengan macam model rumah atap segitiga tentu memiliki pertimbangan tersendiri. Pins yang sedang bermimpi membangun rumah idaman ataupun sedang membangun rumah idaman dapat melirik atap segitiga. Kamu dapat melihat beberapa manfaat berupa kelebihan dan kekurangan dari atap rumah segitiga ini.

Kamu juga bisa melihat beberapa referensi dari desain atap rumah segitiga. Mulai dari yang paling biasa dan tradisional sampai bergaya modern. Berikut ini beberapa model rumah atap segitiga:

1. Model Rumah Atap Segitiga di Pantai

model rumah atap segitiga
Source : Pixabay

Penggunaan model atap berbentuk segitiga dengan aneka warna seperti gambar di atas cocok digunakan untuk Pesisir Pantai. Misalnya pada penginapan pesisir pantai yang mengusung tema homestay atau penginapan yang back to nature.

2. Atap Segitiga pada Rumah Minimalis

model atap rumah segitiga
Source : BLKP

Rumah minimalis yang menerapkan atap dengan model segitiga dapat menjadikan rumah lebih terkesan sederhana dan unik. Model atap segitiga ini mengusung tema terbuka dengan tambahan kaca-kaca besar untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam. Bentuk atap segitiga ini dibuat dengan rangka yang terlihat kokoh.

3. Atap Segitiga untuk Rumah Pedesaan Hijau

model rumah atap segitiga
Source : Pixabay

Pedesaan yang hijau dan udara segar ditambah dengan pemandangan yang asri menjadikan rumah dengan atap segitiga semakin Indah. Bentuk arsitektur yang simetris dengan sudut segitiga dapat menambah kesan nyaman dan hangat. Cocok sekali bukan bila diterapkan di rumah pedesaan?

Baca juga: Pilihan Model Atap Rumah Terbaik 2022

4. Model Atap Segitiga untuk Rumah Mewah di Kota

model rumah atap segitiga
Source : Pixabay

Perumahan mewah di kota juga dapat mengusung gaya minimalis dengan menggunakan model atap segitiga. Seperti yang terdapat pada gambar di atas. Perumahan lebih terkesan hidup dan sangat cocok berpadu dengan arsitektur klasik. Dengan tampilan seperti ini hawa kota akan terasa seperti hawa pedesaan yang ada di eropa.

5. Atap Segitiga untuk Rumah Kayu di Pegunungan

model atap rumah segitiga
Source : Pixabay

Ketika ke pegunungan kamu akan menemukan rumah-rumah yang dibangun di atas perbukitan. kamu juga dapat menemukan penginapan yang dibangun menggunakan kayu dan atap berbentuk segitiga agar kesan alami lebih didapat di rumah pegunungan ini.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern

6. Atap Segitiga untuk Pondok Kebun

Source : Pixabay

Kamu dapat menerapkan model atap rumah segitiga pada pondok di kebun. Atap segitiga ini dikolaborasikan dengan konsep sederhana berbahan alami yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar. Bahan alami tersebut terbuat dari dedaunan kering yang mampu untuk menghalau air hujan dan panas matahari masuk ke dalam.

7. Atap Rumah Segitiga untuk Pondok Pantai

Source : Pixabay

Penerapan atap segitiga untuk pondok-pondok pantai menambah kesan unik dan cantik. Konsep pondok-pondok pantai yang menggunakan atap segitiga, mengusung tema warna-warni. Terlihat dari penggunaan warna pada masing-masing pondok yang colorful.

8. Model Atap Segitiga Untuk Apartemen di Pinggir Air

model atap rumah segitiga
Source : Pixabay

Untuk kawasan wisata yang membangun apartemen di pinggir air, cocok mengaplikasikan atap segitiga untuk bangunannya. Atap segitiga memiliki bentuk atap yang dapat memudahkan air hujan untuk langsung mengalir ke bawah.

9. Atap Rumah Segitiga Ala Pedesaan Belanda

Source : Pixabay

Penerapan atap segitiga untuk rumah ala pedesaan Belanda seperti pada gambar. Atap segitiga yang diterapkan pada rumah ini mendapatkan tambahan, yaitu cerobong asap sebagai jalur pemanas di dalam rumah.

10. Model Atap Segitiga Kerucut untuk Rumah Bergaya Kastil

Source : Pixabay

Kamu yang menginginkan rumah bak di cerita dongeng dapat aplikasikan atap segitiga seperti pada gambar di atas. Rumah bergaya kastil khas cerita dongeng tetap memiliki arsitektur atap berbentuk segitiga yang memudahkan aliran air hujan untuk dapat turun ke bawah.

11. Atap Rumah Segitiga Ala Jepang

Source : Pixabay

Pecinta budaya Jepang dapat aplikasikan atap segitiga ala rumah tradisional jepang ini. Atap segitiga satu ini berada di lingkungan yang penuh dengan bunga-bunga khas Jepang yang semakin memberikan warna pada rumah kamu.

12. Model Atap Segitiga untuk Rumah di Kaki Gunung

Source : Pixabay

Penerapan atap segitiga untuk rumah di kaki gunung terlihat pas dan berfungsi dengan baik. Rumah di daerah kaki gunung terkenal sebagai daerah yang dipenuhi oleh hujan. Penggunaan atap segitiga dapat mencegah rumah kamu mengalami kebocoran, karena air tidak akan mengendap di atap rumah Pins.

13. Model Atap Segitiga untuk Rumah di Lembah Bukit

Source : Pixabay

Pedesaan di lembah bukit dapat menerapkan model atap segitiga seperti pada gambar. Tinggal di daerah dingin, saat turunnya hujan akan dipenuhi oleh salju. Salju yang turun akan memenuhi sekitar rumah kamu, terutama di atap rumah kamu. Bentuk atap segitiga akan memudahkan salju tidak mengendap di bagian atap rumah kamu.

14. Model Atap Segitiga untuk Rumah Mewah Klasik

Source : Pixabay

Rumah mewah yang bergaya klasik sangat pas diaplikasikan model atap segitiga. Penggunaan atap segitiga dilengkapi dengan penggunaan genteng yang terbuat dari tanah liat. Genteng dengan model seperti ini sangat kuat dari pelapukan yang disebabkan oleh panas matahari dan air hujan.

15. Atap Segitiga untuk Rumah Pedesaan Swedia

model atap rumah segitiga
Source : Pixabay

Model atap seperti pada gambar akan terlihat unik saat kamu aplikasikan untuk rumah. Biasanya di rumah pedesaan akan menggunakan atap yang terbuat dari asbes berwarna gelap seperti pada gambar. Rumah kamu akan terbebas dari kebocoran karena bentuk atap yang sangat memudahkan air untuk mengalir ke daerah rendah.

Keunggulan Atap Rumah Segitiga

Source : Pixabay

Penggunaan atap rumah segitiga memiliki beberapa manfaat dan keunggulan dibandingkan atap lain. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan model rumah atap segitiga:

1. Efisien di Segala Musim

Atap rumah dengan bentuk segitiga dinilai lebih efektif dan efisien untuk semua musim yang ada di Indonesia. Misalnya pada musim hujan, air yang jatuh ke atap secara otomatis mengalir dan jatuh ke permukaan tanah tanpa hambatan. Alhasil tidak akan ada genangan air di atap rumah.

Ada kalanya musim kering datang dan dedaunan kering berguguran tertiup angin. Dedaunan kering yang jatuh ke atap rumah dapat terjun bebas menuruni atap dan sampai ke tanah. Alhasil, tidak ada dedaunan yang mengendap di atap rumah dan harus dibersihkan.

2. Lebih Awet dan Hemat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya dari kegunaan atap segitiga yang cocok untuk semua musim di Indonesia. Kamu dapat menghemat tenaga dan biaya untuk membersihkan atap dari dedaunan yang gugur dan dari genangan air saat musim hujan tiba.

Karena genangan air yang tidak ada dapat menjadikan atap lebih awet dari keropos, lumutan serta pelapukan. Pins juga dapat menghemat biaya pembangunan rumah dengan atap segitiga karena pemasangan yang mudah ongkos pasang pun lebih murah.

3. Loteng yang Dapat Digunakan

Source : Pixabay

Pada atap rumah segitiga yang kamu punya atau ingin dibangun. Kamu dapat memanfaatkan bagian atap untuk loteng, kamar tambahan ataupun gudang penyimpanan. Atap ini dapat memberikan ruang yang masih luas untuk digunakan.

4. Penahan dan Peredam Panas

Indonesia yang beriklim tropis pada umumnya memiliki suhu udara yang lumayan panas. Berkisar dari 30֯C sampai 35֯C dapat membuat Pins gerah dalam beraktivitas. Nah model atap segitiga dapat menahan dan meredam panas dari terik matahari untuk masuk ke dalam ruangan rumah. Alhasil ruang rumah Pins tetap sejuk dan nyaman digunakan.

Kekurangan Atap Rumah Segitiga

Source : Pixabay

Selain manfaat yang akan Pins dapatkan, tentunya model atap segitiga juga memiliki kekurangannya sendiri. Pins dapat menilai dan menimbang antara manfaat dan kekurangannya. Sehingga pins dapat menilai apakah akan menggunakan model atap segitiga atau tidak. Berikut kekurangan dari atap rumah segitiga:

1. Tidak Tahan Angin Kencang

Atap segitiga tidak mampu menahan angin kencang yang terjadi terus menerus. Terlebih lagi jika pemasangan atap tidak benar dan kurang kuat. Alhasil atap rumah Pins dapat terbang tertiup angin kencang.

2. Kemiringan Harus Pas

Saat kamu memutuskan menggunakan model atap segitiga maka perhitungan kemiringan atap harus pas dan benar. Biasanya berkisar 30֯ sampai 40֯ untuk atap paling landai. Jika kamu menjadikan atap lebih landau lagi maka akan menghambat aliran air hujan dan menciptakan genangan air di atap.

Itu dia model atap segitiga dapat Pins pilih untuk melengkapi rumah impian yang akan kamu bangun. Jangan ragu dan tetaplah bersemangat Pins!. Jangan lupa untuk terus berdo’a dengan Tuhan agar urusan yang kamu Punya dimudahkan oleh Tuhan. Selamat bermimpi dan menjadikannya nyata!

Baca juga: Aneka Jenis Atap Teras Rumah Minimalis

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Vasa Jagakarsa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download