Desain Rumah Kontainer yang Unik dan Minimalis

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri ∙ 10 December 2021 ∙ 7 menit membaca

Rumah kontainer pertama kali didesain dan dipublikasikan oleh arsitektur asal Amerika Serikat, Peter DeMaria pada tahun 2007. Tren rumah dari peti kemas tersebut semakin berkembang dan viral hingga kini. Bahkan, penggunaan peti kemas bekas menjadi contoh konstruksi hunian yang inspiratif bagi para desainer interior di era saat ini. 

Pinhome – Kontainer dikenal sebagai peti besar yang digunakan untuk mengangkut dan mengirim barang-barang besar. Umumnya, peti kemas tersebut mempunyai berat mencapai 24.000 – 30.00 kilogram. 

Kontainer telah lama dianggap sebagai struktur modular terbaik, yang bisa dipakai sebagai bahan untuk menciptakan ruangan layak huni. Saat ini penggunaan kontainer tidak hanya untuk materi utama pembuatan rumah, namun juga untuk mendirikan kafe, kantor dan outlet toko. 

Sebelum mengetahui beberapa desain rumah dari kontainer di bawah, pastikan kamu memahami keunggulan dan kekurangan peti kemas tersebut. Mari kita simak penjelasannya bersama. 

Baca Juga: Desain Rumah Kubus

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Rumah Kontainer

(Grid ID)

Kontainer mempunyai fungsi utama untuk mengangkat benda barat, misalnya dalam konteks pengiriman barang saat transaksi impor atau ekspor. Artinya peti kontainer tersebut mempunyai kekuatan dan ketahanan yang kuat sehingga tidak mudah ditembus dengan benda tajam. 

Apabila peti kemas tersebut ingin kamu fungsikan sebagai media utama membangun rumah, ada baiknya kamu mengetahui hal-hal berikut ini.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Desain Rumah Sendiri

Rentan menyerap panas

Peti kemas berbahan dasar logam, hal ini akan berpotensi menyebabkan suhu panas di dalam ruangan peti. Logam bersifat konduktor artinya bisa menghantarkan panas ke seluruh bagian logam tersebut. Apabila kamu ingin mengubah fungsi kontainer menjadi area layak huni, perhatikan ventilasi dan aliran udara untuk menciptakan hawa dingin.

Lokasi pengiriman terbatas

Berat kontainer yang mencapai puluhan ribu kilogram membuat peti kontainer tidak bisa dibawa dengan truk biasa atau mobil pick up. Kamu harus menggunakan mobil truk dengan roda 10 (truk besar) untuk mengangkat peti. Selain itu, kamu juga memerlukan bantuan alat berat untuk memindahkan dan menata tumpukan peta. 

Ukuran kontainer tidak dapat diubah-ubah

Pabrik peti kemas memproduksi peti dengan ukuran yang sudah sesuai standar. Artinya, kamu tidak bisa request ukuran sesuai keinginan. Oleh karena itu, kamu hanya bisa menyiasati penggunaan ruang yang sudah tersedia agar bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Membuat Desain Rumah Bagus

Hati-hati dalam merenovasi peti kemas

Meski peti kemas mempunyai bahan yang kokoh, kamu tidak bisa sembarangan merenovasi peti tersebut. Semakin banyak bagian yang kamu ubah atau renovasi, khawatirnya bisa membuat kerangka peti menjadi rapuh. 

Keunggulan Rumah Kontainer

(Shutterstock)

Selain kekurangan yang sudah dijabarkan di atas, ada beberapa keunggulan dari peti kemas untuk materi utama membangun hunian. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Desain dan Denah Rumah

Proses pembangunan cepat

Membangun rumah menggunakan peti kemas tidak memerlukan bata, semen dan cat. Kamu hanya perlu menggunakan kontainer dan menumpuknya menjadi bangunan yang dapat dihuni. Oleh karena itu, proses pembangunan rumah tidak akan terlalu menghabiskan waktu.

Mempunyai nilai estetika

Rumah dari kontainer mempunyai nilai estetika yang unik. Pasalnya bentuk kontainer yang bergelombang memberikan corak yang menarik untuk dipandang.

Baca Juga:

Ramah terhadap lingkungan

Proses pembuatan rumah dengan peti kemas tidak akan memproduksi limbah proyek seperti pada saat membangun rumah biasa. Tidak ada karung semen, kaleng cat dan sisa potongan kayu yang terbuang karena proses ini.

Desain Rumah Kontainer yang Unik

Membangun rumah kontainer memerlukan referensi yang tepat agar kamu bisa membangun imajinasi mengenai rumah sesuai keinginanmu. Untuk memicu kreativitas tersebut, berikut ini ada desain rumah kontainer yang unik dan menarik.

Desain pertama

(Fabelio)

Di desain pertama ini kamu akan melihat bentuk rumah yang elegan dengan pencahayaan kuning emas. Cocok sekali digunakan untuk bersantai di malam hari bersama kerabat. Pada gambar di atas dapat kita lihat bahwa kontainer digunakan untuk ruangan di atas atau lantai kedua. Tentu kamu harus memperhatikan berat dari kontainer itu ya Pins, karena jika tidak bangunan di bawahnya bisa ambruk. Namun, dengan sedikit sentuhan, kontainer di lantai kedua bisa menjadi ruang kamar yang cantik lengkap dengan pemberian kaca bening di bagian samping dan depan.

Baca Juga: Cara Membuat Denah Rumah Tinggal

Desain kedua

(Pinterest)

Desain kedua terlihat seperti paviliun. Gambar rumah ini cukup unik karena di bagian luar terdapat teras mini yang nyaman digunakan untuk duduk dan bersantai. Di bagian dalam kamu bisa melihat adanya kursi dan juga juga beberapa peralatan serta AC yang terpasang. Kontainer ini juga sudah direnovasi sehingga jendela kaca menjadi akses untuk cahaya sekaligus menjadi pemanis dinding ruangan. Selain itu terdapat taman bunga yang sengaja dibuat di bagian atas, dan ini mempermanis bagian atap.

Baca Juga: Berapa Harga Batu Kali Per M3

Desain ketuga

(Rukita)

Beberapa kontainer dapat ditumpuk hingga membentuk sebuah bangunan dua tingkat. Salah satu contohnya adalah gambar rumah di atas. Kamu bisa melihat bangunan rumah di lantai bawah dan atas yang memanfaatkan kontainer. Modifikasi pada bagian dinding adalah cara pintar untuk memberikan jendela sebagai akses udara serta cahaya. Kamu harus tetap berhati-hati ya saat membuat jendela. Hal ini karena dinding bukan terbuat dari bata, maka dengan tekanan dari alat berat bisa mempengaruhi kekuatan dinding.

Baca Juga: 9 Cara Mencari Desain Rumah yang Bagus

Desain keempat

(ADC Container)

Selanjutnya adalah contoh lain dari sebuah kontainer bangunan. Ruangan di atas terdiri dari tiga buah kontainer yang ditata rapi sehingga membentuk rumah dua tingkat yang memanjang. Rumah di atas memiliki banyak jendela pada bagian atas. Hal ini menjadi akses cahaya yang bagus sehingga pada siang hari tidak perlu menyalakan sumber cahaya. Namun, terlalu banyak jendela kaca biasanya akan meningkatkan suhu ruangan menjadi lebih panas di siang hari. Kamu harus mencari cara untuk menyiasati hal tersebut dengan memperbanyak sirkulasi udara yang baik.

Baca Juga: AutoDesk DragonFly: Sebuah Software Desain Rumah Online

Desain kelima

(Economy Okezone)

Jika dilihat sekilas rumah di atas seperti motel ya, Pins. Di bagian lantai dua terdapat kursi dan meja yang tertata rapi dan lurus. Di bagian bawah terdapat dua kontainer yang dibuat sebagai fondasi. Penggunaan tangga di bagian luar membuat tampilannya menjadi unik dan semakin mirip dengan sebuah penginapan yang cozy. 

Baca Juga: Tips Desain Rumah Minimalis

Desain keenam

(ADC Container)

Gambar di atas menjadi contoh rumah mini dari kontainer. Dua lantai pada bangunan tersebut dibangun menggunakan tumpukan kontainer yang menciptakan bangunan unik. Pada bagian bawah, di pintu utamanya kamu akan melihat dua pintu kaca besar. Selain itu di bagian atas terdapat area untuk duduk santai. Area ini menjadi sangat unik dan memberikan suasana yang nyaman untuk ditinggali.

Baca Juga: Tips Bangkitkan Energi Positif untuk Fengshui

Desain ketujuh

(Dekoruma)

Selanjutnya adalah desain rumah ketujuh dengan dominasi warna gelap di bagian luar sehingga kesan eksklusif terpancar. Namun pemilik rumah memberikan aksen warna yang lebih muda di bagian dalam. Warna cokelat dan krem memberikan kehangatan di bagian dalam. 

Nah Pins, itulah beberapa desain rumah dari bahan kontainer yang bisa kamu jadikan referensi. Untuk membuat rumah dengan bahan ini, kamu harus mempunyai persiapan yang matang ya agar tidak keliru dalam proses pembangunan.

Baca Juga: Model Rumah Impian Sederhana Tapi Elegan


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Grand Mahkota 2 di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia