BlogPemilik PropertiDesain HunianMengenal Desain Rumah Kontainer dan 7 Contoh Desainnya
0
0

Mengenal Desain Rumah Kontainer dan 7 Contoh Desainnya

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 18, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah kontainer telah menjadi tren yang menarik dalam industri properti, terutama di kota-kota padat seperti Jakarta Barat. Bagi mereka yang mempertimbangkan untuk membeli rumah seken di Jakarta Barat atau mengajukan KPR, rumah kontainer dapat menjadi alternatif menarik yang lebih terjangkau.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk memahami bagaimana desain rumah modern ini dapat memengaruhi estimasi nilai properti dan apa yang perlu diperhatikan sebelum mengadopsi konsep inovatif ini.

Apa itu rumah kontainer?

Rumah kontainer adalah rumah yang terbuat dari peti kemas yang pertama kali didesain dan dipublikasikan oleh Peter DeMaria pada 2007. Bahkan, penggunaan desain rumah ini menjadi contoh konstruksi hunian yang inspiratif bagi para desainer interior saat ini.

Kontainer dikenal sebagai peti besar yang digunakan untuk mengangkut dan mengirim barang-barang besar. Umumnya, peti kemas tersebut mempunyai berat mencapai 24.000 – 30.00 kilogram.

Kontainer telah lama dianggap sebagai struktur modular terbaik, yang bisa dipakai sebagai bahan untuk menciptakan ruangan layak huni. Saat ini penggunaan kontainer tidak hanya untuk bahan bangunan rumah, namun juga untuk mendirikan kafe, kantor dan outlet toko.

Sebelum mengetahui beberapa desain rumah dari kontainer di bawah, pastikan kamu memahami keunggulan dan kekurangan peti kemas tersebut.

Baca juga: Desain Kantor Kontainer Dari Berbagai Negara & Keuntungannya

Keunggulan Desain Rumah Kontainer

Source : Shutterstock

Selain kekurangan yang sudah dijabarkan di atas, ada beberapa keunggulan dari peti kemas untuk materi utama membangun hunian. Berikut ini penjelasannya.

1. Proses pembangunan cepat

Membangun rumah menggunakan peti kemas tidak memerlukan bata, semen dan cat. Kamu hanya perlu menggunakan kontainer dan menumpuknya menjadi bangunan yang dapat dihuni. Oleh karena itu, proses pembangunan rumah tidak akan terlalu menghabiskan waktu.

2. Mempunyai nilai estetika

Rumah dari kontainer mempunyai nilai estetika yang unik. Pasalnya bentuk kontainer yang bergelombang memberikan corak yang menarik untuk dipandang.

3. Ramah terhadap lingkungan

Proses pembuatan rumah dengan peti kemas tidak akan memproduksi limbah proyek seperti pada saat membangun rumah biasa. Tidak ada karung semen, kaleng cat dan sisa potongan kayu yang terbuang karena proses ini.

Baca juga: 8 Desain Rumah Semi Permanen yang Menarik

Kekurangan Desain Rumah Kontainer

Meskipun rumah kontainer menawarkan beragam kelebihan, tentu ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dari desain rumah satu ini. Apa saja?

1. Menyerap panas

Peti kemas berbahan dasar logam, hal ini akan berpotensi menyebabkan suhu panas di dalam ruangan peti. Logam bersifat konduktor artinya bisa menghantarkan panas ke seluruh bagian logam tersebut. Apabila ingin mengubah fungsi kontainer menjadi area layak huni, perhatikan ventilasi dan aliran udara untuk menciptakan hawa dingin.

2. Lokasi pengiriman terbatas

Berat kontainer yang mencapai puluhan ribu kilogram membuat peti kontainer tidak bisa dibawa dengan truk biasa atau mobil pick up. Kamu harus menggunakan mobil truk dengan roda 10 (truk besar) untuk mengangkat peti. Selain itu, kamu memerlukan bantuan alat berat untuk memindahkan dan menata tumpukan peti.

3. Ukuran kontainer tidak dapat diubah-ubah

Pabrik peti kemas memproduksi peti dengan ukuran yang sudah sesuai standar. Artinya, kamu tidak bisa request ukuran sesuai keinginan. Oleh karena itu, kamu hanya bisa menyiasati penggunaan ruang yang sudah tersedia agar bisa digunakan sesuai kebutuhan.

4. Harus ekstra hati-hati saat merenovasi

Meski peti kemas mempunyai bahan yang kokoh, kamu tidak bisa sembarangan merenovasi peti tersebut. Semakin banyak bagian yang kamu ubah atau renovasi, khawatirnya bisa membuat kerangka peti menjadi rapuh.

Baca juga: Inspirasi 17 Desain Rumah Memanjang ke Samping Untuk Hunian Impianmu!

Desain Rumah Kontainer yang Unik

Membangun rumah kontainer memerlukan referensi yang tepat agar kamu bisa membangun imajinasi mengenai rumah sesuai keinginanmu. Untuk memicu kreativitas tersebut, berikut ini ada desain rumah kontainer yang unik dan menarik.

1. Desain kontainer di lantai dua

Source : Fabelio

Di desain pertama ini kamu akan melihat bentuk rumah yang elegan dengan pencahayaan kuning emas. Cocok sekali digunakan untuk bersantai di malam hari bersama kerabat. Pada gambar di atas dapat kita lihat bahwa kontainer digunakan untuk ruangan di atas atau lantai kedua.

Tentu kamu harus memperhatikan berat dari kontainer itu ya Pins, karena jika tidak bangunan di bawahnya bisa ambruk. Namun, dengan sedikit sentuhan, kontainer di lantai kedua bisa menjadi kamar tidur yang cantik lengkap dengan pemberian kaca bening di bagian samping dan depan.

2. Desain kontainer rumah pavilliun

Source : Pinterest

Desain kedua terlihat seperti paviliun. Gambar rumah ini cukup unik karena di bagian luar terdapat teras mini yang nyaman digunakan untuk duduk dan bersantai. Di bagian dalam kamu bisa melihat adanya kursi dan juga juga beberapa peralatan serta AC yang terpasang.

Kontainer ini juga sudah direnovasi sehingga jendela kaca menjadi akses untuk cahaya sekaligus menjadi hiasan dinding ruangan. Selain itu terdapat taman bunga yang sengaja dibuat di bagian atas, dan ini mempermanis bagian atap.

3. Desain rumah kontainer bertingkat

Source : Rukita

Beberapa kontainer dapat ditumpuk hingga membentuk sebuah bangunan dua tingkat. Salah satu contohnya adalah gambar rumah di atas. Kamu bisa melihat bangunan rumah di lantai bawah dan atas yang memanfaatkan kontainer.

Modifikasi pada bagian dinding adalah cara pintar untuk memberikan jendela sebagai akses udara serta cahaya. Kamu harus tetap berhati-hati ya saat membuat jendela. Hal ini karena dinding bukan terbuat dari bata, maka dengan tekanan dari alat berat bisa mempengaruhi kekuatan dinding.

Baca juga: 10 Macam Macam Model Rumah dengan Desain Menarik Tak Ketinggalan Zaman

4. Desain rumah kontainer yang memanjang

Source : ADC Container

Selanjutnya adalah contoh lain dari sebuah kontainer bangunan. Ruangan di atas terdiri dari tiga buah kontainer yang ditata rapi sehingga membentuk rumah dua tingkat yang memanjang. Rumah di atas memiliki banyak jendela pada bagian atas.

Hal ini menjadi akses cahaya yang bagus sehingga pada siang hari tidak perlu menyalakan sumber cahaya. Namun, terlalu banyak jendela kaca biasanya akan meningkatkan suhu ruangan menjadi lebih panas di siang hari. Kamu harus mencari cara untuk menyiasati hal tersebut dengan memperbanyak sirkulasi udara yang baik.

5. Desain rumah kontainer unik

Source : Economy Okezone

Jika dilihat sekilas rumah di atas seperti motel ya, Pins. Di bagian lantai dua terdapat kursi dan meja yang tertata rapi dan lurus. Di bagian bawah terdapat dua kontainer yang dibuat sebagai fondasi. Penggunaan tangga di bagian luar membuat tampilannya menjadi unik dan semakin mirip dengan sebuah penginapan yang cozy. 

6. Desain kontainer minimalis

Source : ADC Container

Gambar di atas menjadi contoh rumah mini dari kontainer. Dua lantai pada bangunan tersebut dibangun menggunakan tumpukan kontainer yang menciptakan bangunan unik. Pada bagian bawah, di pintu utamanya kamu akan melihat dua pintu kaca besar.

Selain itu di bagian atas terdapat area santai untuk duduk. Area ini menjadi sangat unik dan memberikan suasana yang nyaman untuk ditinggali.

7. Desain rumah kontainer aksen kayu

Source : Dekoruma

Selanjutnya adalah desain rumah ketujuh dengan dominasi warna gelap di bagian luar sehingga kesan eksklusif terpancar. Namun pemilik rumah memberikan aksen warna yang lebih muda di bagian dalam. Warna cokelat dan krem memberikan kehangatan di bagian dalam. 

Nah Pins, itulah beberapa desain rumah dari bahan kontainer yang bisa kamu jadikan referensi. Untuk membuat rumah dengan bahan ini, kamu harus mempunyai persiapan yang matang ya agar tidak keliru dalam proses pembangunan.

Baca juga: 8 Desain Rumah Kebun yang Menyatu dengan Alam


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download