Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 7 Desain Atap Limas Serta Kelebihannya Dibandingkan Jenis Lain

Properti

7 Desain Atap Limas Serta Kelebihannya Dibandingkan Jenis Lain

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Mengenal ragam jenis atap rumah kini menjadi hal yang cukup lumrah. Model atap rumah pun mulai berinovasi membuat hunian semakin menarik dan terlihat modern. Namun, pesona dari atap limas memang tidak ada duanya. Mayoritas masyarakat Indonesia masih senang dengan model atap satu ini yang tergolong praktis dan terkesan umum. 

Pinhome – Seperti apa sebenarnya model atap rumah limas? Bila Pins balik ke zaman sekolah dasar, tentu Pins mengingat pelajaran bangun datar. Rumah atap limas terdiri dari dua bangun datar yang disebut segitiga dan trapesium. Bagian muka kiri dan kanan berbentuk segitiga dengan bagian depan dan belakang berbentuk trapesium. Sering disebut pula sebagai atap perisai, desainnya membentuk ke empat bangun datar yang telah disebutkan dengan kemiringan yang sama besar.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, dalam artikel ini Pinhome akan memberikan 7 model atap rumah limas yang dapat Pins pakai sebagai ide menarik dalam membuat pelindung hunian serta kelebihannya dibandingkan jenis atap lainnya. Tidak perlu khawatir ketinggalan zaman, semua dijamin modern dan tentunya menarik!

Baca Juga: 15 Desain Rumah Atap Miring Yang Hits Dan Menarik Diaplikasikan Untuk Hunian

Atap Limas Klasik

atap limas
(Decor Aid)

Bentuk limas pada pelindung rumah memang umum digunakan, tidak heran karismanya sudah ada sejak zaman dahulu. Rumah bergaya atap klasik di atas salah satunya. Dengan perpaduan bentuk limas pada atap, rumah tetap dapat terlihat menarik dan tentunya tetap terkesan modern. Padukan dengan beberapa aksen batu-bata pada pilar-pilar di teras rumah agar gaya rumah modern klasik tetap dapat tercipta dengan baik. Selain itu, coba pilih warna earth tone pada warna atap dan dinding agar rumah terasa nyaman dan sejuk.

Model Minimalis

atap limas
(Therma House)

Siapa bilang model atap limas ketinggalan zaman, bentuknya bisa di desain kekinian dengan material yang menarik. Salah satunya dengan menggunakan material atap jenis metal, seperti aluminium, besi, seng maupun baja yang membuat tampilan kian modern. Pins bisa menambahkan ventilasi udara pada bagian atap rumah, agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah dan membuat rumah terasa cerah. Lihat dalam pengaplikasian hunian di atas, penghuni mengambil desain warna monokrom dengan perpaduan dekorasi berbahan kayu.

Model Atap Rumah Limas Kembar

atap limas
(Mexisteelhomes)

Tipe rumah sederhana yang biasa diimpikan setiap orang memang berbeda. Beberapa menginginkan kesan modern yang mahal, namun tidak sedikit yang menginginkan rumah sederhana di tengah pegunungan. Model atap kembar jenis limas memang sering menjadi alternatif. Cocok di tempatkan pada hunian dengan model bangunan leter L dengan sisi yang menghadap ke pekarangan. Atap sengaja dibuat dua dan sama persis sebagai penambah estetika tampilan depan rumah. Inilah mengapa terkadang sering disebut pula sebagai atap model kupu-kupu.

Material Kaca

atap limas
(Designboom/hiroshiueda)

Hunian modern dan instagramable memang tidak terlepas dari material kaca di dalamnya. Inipun tidak terkecuali pada jenis atap rumah. Pins bisa membuat bentuk limas pada yang dipadukan dengan material kaca yang menghiasi salah satu sisi. Tampilan akan terlihat lebih mahal dan tentunya minimalis. Ruang lantai dua bisa Pins tambahkan mezzanine sebagai pemanis dan pemilihan warna kayu di dalamnya yang dapat menentukan rona warna dalam ruang.

Atap Limas Modern

atap limas
(Kapecohomes)

Selanjutnya adalah desain atap jenis limas modern. Biasanya atap akan berwarna lembut dengan mayoritas penggunaan warna abu-abu. Atap dibuat lebar memanjang agar tampilan depan rumah tetap terlihat menarik dan minimalis. Bila Pins merasa tampilannya monoton, Pins bisa tambahkan cerobong asap dua sisi. Selain itu jangan lupa untuk memilih cat tembok dengan lapisan waterproof yang dapat membantu jenis atap satu ini yang dapat mengalirkan air hujan dengan baik.

Model Atap Rumah Limas Segiempat

atap limas
(Hanse House)

Rumah model satu ini memang kini mulai banyak ditemukan dalam perumahan modern. Bangunan terlihat statis dengan model persegi tanpa lekukan dan atap hanya sebagai penyempurna. Kelebihan atap satu ini memang sangat fleksibel dalam mengikuti model bangunan dan pastinya cocok dalam desain manapun. Untuk kesan sederhana Pins dapat mengaplikasikan rona warna coklat sedangkan untuk kesan modern, kamu bisa menggunakan warna gelap maupun lembut dari ciri khas rumah minimalis. Seperti abu-abu, hitam maupun putih.

Baca Juga: Beragam Jenis Atap Rumah Untuk Hunian Di Daerah Tropis

Model Mediterania Eropa

atap limas
(Sinan Arsitek)

Atap limas mediterania terinspirasi dari bangunan bergaya mediterania yang sering dijumpai pada negara-negara Eropa khususnya Perancis, Spanyol, dan Italia yang memang berada dalam wiayah laut Mediterania. Rumah dengan model atap satu ini memiliki tampilan bertumpuk yang mengkombinasikan model atap rumah limas dasar dengan atap rumah segi delapan maupun segi enam. Walaupun tampilannya cenderung klasik, namun dengan pemakaian jenis atap ini rumah akan terlihat lebih elegan.

Kelebihan Atap Limas Dibandingkan Jenis Atap Lainnya

Bila Pins sudah melihat ragam model atap rumah limas, kini saatnya Pins mengetahui kelebihannya dibandingkan penggunaan desain lainnya, antara lain:

  • Lebih aman dalam melindungi rumah karena terhindar dari cuaca, mulai dari panas terik maupun hujan. Jenis atap ini memiliki cakupan yang cukup luas menutupi semua bagian dinding luar dan berbentuk miring agar air hujan dapat mengalir dengan baik. 
  • Dengan desain atap miring, maka Pins tidak perlu khawatir akan genangan air yang menumpuk pada atap dan mengakibatkan kebocoran.
  • Di dalam segi desain pun rumah dengan bentuk atap ini terlihat menarik dan tidak rumit dibanding atap pelana. Bentuknya proposional dan cocok dipadupadankan dengan mode atap rumah lainnya.
  • Kerusakan bisa diminimalisir dikarenakan dapat mengubah arah angin ke atas dengan kemiringan dari atapnya.
  • Jika Pins menginginkan kesan elegan pada tema rumah, Pins bisa menggunakan model atap ini sebagai pilihan utama.

Itulah beberapa desain rumah atap limas serta kelebihannya. Semoga dapat membantu Pins dalam menentukan model atap rumah yang tepat pada hunian.

Baca Juga: Jenis Atap Fiber Serta Kelebihan Dan Kekurangannya


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel