BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Ide Kreatif Desain Gapura dari Bambu yang Unik dan Menarik
0
0

13 Ide Kreatif Desain Gapura dari Bambu yang Unik dan Menarik

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jul 28, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Gapura Bambutop-right-banner

Gapura bambu merupakan kreasi gerbang sebagai pintu masuk dari bambu yang dibentuk unik dan menarik. Di masa sekarang, gapura bambu biasa dibuat warga untuk memeriahkan HUT Ke-78 Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. 

Kamu yang tinggal di Srimaya Residence, Dar’ Ar-Rayan, atau perumahan di Bekasi lain pernah melihat atau membuat gapura bambu untuk Agustusan ini, kan? Pemandangan serupa juga bisa kamu lihat ketika survei rumah bekas di Kota Bandung

Gapura dari bahan bambu cukup mudah pembuatannya. Kamu hanya perlu bahan berupa bambu dan tali untuk mengikatnya satu sama lain. Membuat gapura ini bisa cepat selesai jika dilakukan secara bersama-sama. 

Baca juga: 12 Ide Kreatif Desain Gapura 17 Agustus yang Unik dan Menarik

Mengenal Gapura

Gapura Bambu
iStock Photo

Gapura sendiri merupakan pintu gerbang khas Nusantara. Pintu masuk ini dikenal dari zaman dahulu di berbagai daerah di Indonesia. Umumnya gapura dibuat dari rangkaian bambu, meskipun bahan lain juga bisa dimanfaatkan seperti kayu atau tumpukan bata. 

Saat ini gapura di masa lalu masih bisa dinikmati. Kamu bisa menikmati gapura kuno yang membawamu ke masa lalu di pura, tempat suci Hindu, atau situs-situs kerajaan lain yang masih berdiri di Indonesia. 

Dalam bidang arsitektur gapura sering disebut dengan entrance, tetapi entrance itu sendiri tidak bisa diartikan sebagai gapura. Simbol yang dimaksudkan di sini bisa juga diartikan sebuah ikon suatu wilayah atau area. 

Secara hierarki sebuah gapura bisa disebut sebagai ikon karena gapura itu sendiri lebih sering menjadi komponen pertama yang dilihat ketika memasuki suatu wilayah.

Sementara gapura dari bahan bambu dipilih karena fungsinya yang hanya seasonal pada kegiatan tertentu. Selain Agustusan, gapura bambu juga biasa dibuat untuk acara perkemahan. Biasanya masing-masing tenda memiliki gapura dari bambu sebagai pintu masuk. 

Baca juga: 13 Desain Gapura Keren untuk Perumahan atau Cluster

Cara Membuat Gapura Bambu

Membuat gapura bambu bisa dilakukan secara bersama-sama agar lebih ringan dan bisa cepat selesai. Namun harus dipastikan ada desain acuan dan seorang yang punya keahlian agar pekerjaan terarah. 

Bagi kamu yang berencana membuat gapura dari bambu untuk 17 Agustus nanti, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Buat pola dan desain gapura keren yang diinginkan;
  • Siapkan beberapa bambu yang sudah kering;
  • Potong sesuai ukuran dan desain yang diinginkan;
  • Bersihkan dan rapikan permukaan bambu;
  • Satukan tiap bagian bambu dengan diikat atau ditempel menggunakan lem;
  • Setelah jadi, pasang gapura di tempat yang diinginkan.

Gapura dari bambu ini memiliki beberapa kelebihan seperti tahan lama, tidak mudah patah, bisa didesain sesuka hati dari yang megah maupun yang sederhana, biaya produksinya ekonomis, mudah dibongkar ketika kegiatan sudah selesai. 

Baca juga: Ini Dia 3 Ukuran Tangga Putar Ideal dan Cara Menghitungnya

Desain Gapura dari Bambu

Setelah mengetahui cara membuat gapura bambu, berikut beberapa ide desain gapura 17 Agustus dari bambu yang unik dan menarik. 

1. Gapura Sederhana

Gapura Bambu
Pinterest

Desain gapura yang satu ini tergolong sederhana. Kamu hanya memerlukan 3-4 batang bambu saja untuk membuatnya. Pola yang digunakan juga cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri atau berdua. Selain bambu, kamu perlu menyiapkan tapi yang cukup untuk membuat gapura selamat datang ini. 

2. Gapura Megah

Gapura Bambu
Pinterest

Kebalikan dari yang pertama, desain gapura yang kedua ini sangat mewah dan megah. Perlu banyak batang bambu untuk membuatnya. Selain itu, pembuatan gapura ini harus dilakukan bersama-sama oleh banyak orang agar cepat selesai. 

3. Gapura Jadul

Gapura Bambu
Pinterest

Model gapura ini mencerminkan gapura yang ada pada rumah atau padepokan di masa lalu. Gapura ini dibuat dengan sayap pada sisi kanan dan kirinya sebagai dinding serta terdapat atap di bagian atas. Untuk atap, kamu bisa menggunakan genting atau rumbia. 

4. Gapura Simpel

Gapura Bambu
Pinterest

Gambar di atas memang tidak menggunakan material bambu. Namun gapura model ini juga bisa dibuat dengan bambu. Gapura ini tergolong mudah dibuat dengan keperluan bahan yang tidak banyak. Kamu bisa memanfaatkan tali untuk mengikat simpul-simpulnya sebagai ganti paku. 

5. Gapura Kincir Angin

Gapura Bambu
Pinterest

Gapura ini cenderung lebih rumit dari segi pembuatan dan memerlukan bahan bambu yang banyak. Bambu yang ada harus dianyam terlebih dulu untuk bagian tiang dan atap. Kemudian ditambah kincir sehingga gapura akan menyerupai kincir angin di Belanda. 

Baca juga: 9 Rekomendasi Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kayu

6. Gapura Meliuk

Gapura Bambu
Pinterest

Berikutnya adalah gapura dengan model lorong. Desainnya cantik dengan sisi dindingnya yang meliuk seakan berputar. Bagi Pins yang ada di Jakarta, gapura model ini akan mengingatkan pada desain jembatan penyeberangan orang (JPO) di daerah Senayan. 

7. Gapura Payung

Gapura Bambu
Pinterest

Model berikutnya adalah gapura yang menyerupai payung. Pembuatan gapura ini tentu tidak mudah dengan bahan yang diperlukan sangat banyak. Bambu akan dililitkan untuk menjadi kaki dan kerangka, sementara bagian payung bisa menggunakan material lain mulai dari kain tebal maupun terpal. 

8. Gapura Tangga

Gapura Bambu
Pinterest

Gapura berikut ini didesain dengan dua tiang pada kedua sisi kakinya serta dua atap di bagian atas. Kemudian dipasang bambu atau kayu berukuran kecil pada sela-sela kaki dan atapnya sehingga menyerupai tangga. 

9. Gapura Alami

Gapura Bambu
Pinterest

Model selanjutnya kita sebut dengan gapura alami. Hal ini lantaran bambunya dibiarkan panjang seperti saat masih tertanam. Namun model gapura ini termasuk tipe lorong sehingga harus dibuat sepanjang jalan yang diinginkan. 

Baca juga: Dinding Semen Ekspos atau Unfinished: Kenali 10 Kekurangan dan Kelebihannya

10. Gapura Payung Warna-warni

Gapura Bambu
Pinterest

Selanjutnya desainpayung warna-warni. Ini juga termasuk model gapura lorong dengan batang bambu yang dipasang di sisi kanan dan kiri jalan. Kemudian bagian atap selain ada bambu yang melintang juga dipasang payung yang berwarna-warni sehingga membuatnya cantik. 

11. Gapura Atap Anyaman

Gapura Bambu
Pinterest

Gapura ini akan berbeda dengan model yang lain. Pasalnya, bambu tidak dibiarkan utuh, melainkan dibelah dan dianyam untuk dijadikan sisi dinding dan atap pada tipe gapura lorong ini. 

12. Gapura Taman

Gapura Bambu
Pinterest

Selain digunakan sebagai pintu gerbang, gapura juga dijadikan sebagai taman kecil. Caranya dengan menanam tanaman merambat pada sisi kaki dan atapnya. Hal ini akan menambah keindahan gapura serta membuat yang melintas ternaungi dari sinar matahari. 

13. Gapura Minimalis

Gapura Bambu
Pinterest

Desain minimalis juga bisa diterapkan pada gapura. Dengan desain seperti ini, kamu tidak perlu mencari banyak bambu untuk bahan. Selain itu pemasangan dan pembongkarannya pun tergolong mudah, serta bisa dilakukan oleh sedikit orang. 

Itulah 13 ide kreatif desain gapura dari bambu yang unik dan menarik. Kamu tertarik buat gapura yang mana?

Baca juga: 

Featured Image Source: iStock Photo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Intan Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download