10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ December 6, 2022 ∙ 5 menit membaca

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok untuk bangunan tempat tinggal maupun usaha seperti restoran, gazebo dan lainnya.

Atap bambu memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan atap lainnya. Pins bisa menyimak kelebihan atap bambu serta pilihan desain menariknya di bawah ini!

Kelebihan Atap Bambu

Pexels

Bambu memang tidak seragam namun memiliki beberapa kelebihan dari segi harga dan struktur materialnya. Adapun keunggulannya bisa Pins simak diantaranya di bawah ini:

Harga Terjangkau

Dari segi harganya bambu memang lebih murah dibandingkan kayu maupun rangka besi ringan. Rata-rata kisaran harga bambu mulai dari Rp10.000-Rp30.000 per batangnya.

Bobot Ringan

Bobot bambu juga ringan karena bagian rongganya tidak padat sehingga bisa dengan mudah didistribusikan. Dalam pemasangannya tidak butuh banyak tenaga serta hanya memerlukan tiang penyangga sederhana.

Elastis & Ramah Lingkungan

Elastisitas bambu cukup tinggi bisa ditekuk melengkung karena lentur. Bangunan bambu tetap stabil meskipun terkena guncangan. Atap bambu cocok untuk daerah yang rawan gempa serta dinilai lebih ramah lingkungan.

Tampilan Menarik

Secara visual tampilannya cukup menarik dengan warna kuning kecoklatan. Semakin lama warna bambu akan menua secara alami dan malah membuat rumah bergaya natural khas pedesaan. Tak heran bila selain digunakan sebagai atap, bambu juga dimanfaatkan menjadi dekorasi maupun lantai bangunan.

Baca juga:

Cara Membangun Atap Bambu 

Cara membangun atap bambu memerlukan beberapa alat diantaranya alat ukur, palu, golok, paku, gergaji, dan bambu. Untuk bambunya pilih yang usianya sudah tua karena tekstur lebih keras sehingga bisa bertahan lama.

Desain Bangunan

Mula-mula desain dulu bangunan yang ingin menggunakan bambu. Tentukan ukuran atap, bagaimana model atap serta perhitungkan jumlah bambu yang dibutuhkan. 

Pemotongan & Pembelahan

Lakukan pengukuran setelahnya sebab tiap bambu memiliki panjang yang berbeda. Setelah itu potong sesuai kebutuhan memakai gergaji dengan mengikuti bagian bambu yang sudah ditandai sebelumnya.

Pastikan dalam memotong bambu rapi dan belah beberapa menjadi dua bagian. Untuk membelahnya bisa memakai golok ataupun alat lainnya dari ujung bambu ke arah bawah.

Pemasangan

Pemasangan bisa mulai dengan mengarahkan bambu ke atas kemudian bagian lainnya ke arah bawah. Pasang secara bergantian dan untuk merekatkan bagian satu dengan lainnya bisa menggunakan paku.

Finishing

Proses finishing berupa pengecekan antar bagian apakah sudah terpasang rapi atau belum. Bersihkan sisa-sisa bekas pemotongan yang ada agar terlihat bersih dan rapi.

Baca juga:

10 Desain Atap Bambu Unik

Atap bambu unik ini bisa menjadi daya tarik dalam ruangan baik untuk interior hunian hingga restoran. Adapun ragam desainnya bisa Pins simak diantaranya di bawah ini!

Atap Bambu Sederhana

Pexels

Desain ini sering Pins temui di bangunan pedesaan guna pelindung beranda rumah. Rangkanya biasa memakai kombinasi kayu dan bambu serta bahan rumbia sebagai pengganti genteng.

Atap Bambu Daun

Inhabitant

Sekali lihat tentu atap bambu daun ini mampu mengundang decak kagum. Ukurannya lumayan besar dengan salah satu ujung atapnya yang lebih tinggi. Lekuk indah atap tersebut dari bambu yang dihimpun menyerupai daun yang dirapatkan.

Atap Bambu Horizontal

Lanier

Sentuhan bambu di rumah bisa hadir di ruang depan bagian rumah. Area ini menciptakan nuansa santai khas daerah tropis. Ruangan mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan menyejukan.

Atap Bambu Melengkung

atap bambu unik dengan bentuk melengkung
Arsitag

Atap unik ini menggabungkan anyaman bambu sebagai pelindung rumah. Lalu ditambahkan lagi stik bambu yang disusun melengkung mengitari atap sebagai tambahan penyangganya.

Atap Bambu Ayung

Arsitag

Atap bambu unik ini disebut ayung karena mengikuti bentuk sungai Ayung yang ada di Bali. Bangunan dikombinasikan dengan kaca berukuran besar dan kusen kecil yang dijajarkan melengkung mengikuti bentuk bangunan. Rumah bambu juga dibawah naungan atap tembaga yang melengkung dan di tengah hamparan area persawahan.

Atap Bambu Etnik

atap bambu unik dengan kain tenun
Pexels

Jika Pins ingin menciptakan nuansa etnik yang khas pada bagian plafon bisa ditambahkan kain tradisional sebagai pajangan. Kain direntangkan tepat ditengah atap sehingga menampilkan corak tenunnya yang khas.

Atap Rangka Bambu

atap bambu unik dengan lampu gantung
Pexels

Rangka atap bisa menggunakan bambu yang disusun menyerupai balok kayu. Balok bambu ini kemudian dipasang memusat pada satu sumbu. Pada lingkaran balok dapat ditambahkan lampu gantung yang cantik sebagai pemikatnya.

Atap Bambu Symmetrical

atap bambu unik dengan chandelier
Pexels

Susunan bambu yang direkatkan mampu membentuk motif symmetrical seperti di atas. Bagian tengah bangunan dipasang chandelier mewah sebagai penegas ruangan. Dari chandelier ini ruangan terasa elegan sekaligus hangat dengan cahaya kuning temaram.

Atap Anyaman Bambu

atap bambu unik yang dianyam
Pexels

Atap bambu unik di atas cocok sekali sebagai interior restoran bergaya tropis. Bambu dianyam secara horizontal dan vertikal sehingga membentuk motif seperti kubik. Sementara furniture ruangan dipilih kontras dengan atap dan lantai agar tidak monoton.

Atap Tiang Bambu

atap bambu unik seperti payung
Pexels

Terakhir ada tiang bambu yang sekaligus digunakan sebagai atap bangunan. Desainnya seperti payung yang sedang mekar. Untuk penerangan ditambahkan lampu gantung yang mengitari tiang bambu tersebut.

Itulah beberapa pilihan atap bambu unik yang bisa Pins jadikan inspirasi. Selain struktur bangunannya unik, bambu juga sangat kokoh dan mudah untuk dibentuk sesuai keinginan.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dawuan Garden Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia