BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Membuat Kolam Ikan di Depan Rumah
0
0

Tips Membuat Kolam Ikan di Depan Rumah

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 31, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
pompa celup kolam ikan terbaiktop-right-banner

Kolam ikan minimalis adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menikmati keindahan dan manfaat dari memelihara ikan tanpa harus mengeluarkan banyak ruang atau biaya. Dengan desain yang sederhana dan elegan, kolam ikan minimalis dapat ditempatkan di berbagai lokasi, baik di dalam rumah maupun di luar ruangan.

Pada kolam ikan minimalis, bentuk dan fitur yang sederhana dan elegan menjadi prioritas utama. Hal ini memudahkan si pemilik rumah untuk menikmati pemandangan ikan setiap hari tanpa harus memakan banyak ruang atau biaya. Budget juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam ikan minimalis ini.

Dalam artikel ini, Pinhome memiliki 10 contoh desain kolam ikan minimalis yang bisa Pins jadikan referensi.

Kolam Ikan Minimalis di Taman

Kolam ikan minimalis
Source : Shutterstock

Kolam ikan minimalis di taman merupakan pilihan yang menarik bagi Pins yang ingin menambahkan sentuhan alami pada taman rumah mereka. Selain itu, kolam ikan juga dapat menjadi sumber hiburan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Pins bisa menyesuaikan ukurannya dengan luas taman yang dimiliki. Selain itu bentuknya sangat indah ketika dibuat dengan lengkungan. Secara keseluruhan, kolam ikan minimalis di taman adalah pilihan yang menarik bagi Pins yang ingin menambahkan sentuhan alami pada taman rumah mereka.

Kolam Ikan Minimalis untuk Halaman Belakang

Kolam Ikan Minimalis
Source : Shutterstock

Kolam ikan minimalis dibelakang rumah dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk menambah elemen alami dan hidup pada taman belakang rumah Pins. Ini juga dapat menjadi tempat yang indah untuk bersantai sambil menikmati suasana alami dan melihat ikan-ikan yang berenang di kolam

Pins bisa membuat ukurannya cukup pas dengan taman belakang agar tidak memakan banyak tempat. Untuk menambah kesan alami, Pins bisa menempatkan beberpaa tanaman hijau.

Kolam Ikan Minimalis Bergaya Modern

Kolam Ikan Minimalis
Source : Shutterstock

Pembuatan kolam ikan minimalis dengan gaya modern cukup mudah dilakukan. Pertama, tentukan ukuran dan bentuk kolam yang Pins inginkan. Pins dapat memilih ukuran yang sesuai dengan luas ruangan atau menyesuaikan dengan desain rumah yang telah ada. Kemudian, buat dinding kolam dengan menggunakan bahan yang tahan air dan elegan, seperti marmer, granit, atau bahan plastik khusus untuk kolam ikan.

Kolam Ikan Minimalis Tanaman Air

Kolam Ikan Minimalis
Source : Shutterstock

Kolam ini sangat cocok bagi Pins yang menyukai tanaman air. Ekosistem di dalam kolam tidak di dominasi oleh ikan melainkan tanaman air sehingga membuat kesan aquascape semakin menarik. Kolam ikan ini bisa dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir mengenai ukuran lahan yang kurang besar.

Kolam Ikan Minimalis Bergaya Jepang

Kolam Ikan Minimalis
Source : Shutterstock

Bagi Pins yang benar-benar menyukai sentuhan alam pada kolam ikan, maka gaya ini akan sangat cocok. Alih-alih membuat lahan khusus dan mengubahnya menjadi kolam ikan. Pins hanya perlu memanfaatkan lahan yang ada untuk memberikan kesan alami.

Batu besar yang ada di kolam akan membuatnya terkesan alami dan tampak seperti bukan buatan. Pins juga bisa membuat air terjun mini di kolam sehingga kolam terasa benar-benar hidup.

Kolam Ikan Minimalis Unik

Kolam Ikan Minimalis
Source : Shutterstock

Desain ini akan sangat cocok untuk Pins yang menyukai desain out of the box. Pins bisa membuat lantai di atas kolam sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai.

Gunakan lantai dengan motif kayu agar membuatnya semakin alami. Kolam juga bisa Pins buat seolah-olah menjadi tiga bagian.

Kolam Ikan Minimalis Indoor

Kolam ikan minimalis
Source : Shutterstock

Tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki cukup lahan di luar ruangan. Pins bisa membuat kolam ikan minimalis indoor yang bisa memperindah hunian Pins. Beberapa tempat seperti bandara Changi telah membuat desain ini dengan baik. 

Kolam Ikan Minimalis dengan Tumpukan Batu

Kolam ikan minimalis
Source : Shutterstock

Tidak ada yang membuat kolam ikan menjadi lebih natural dengan tumpukan batu di pinggirannya. Tumpukan batu akan membuat kolam terasa terbuat secara alami. Pins bisa menambahkan beberapa tanaman air untuk menambah aksen pada kolam.

Kolam Ikan Minimalis dengan Jembatan Kecil

Kolam ikan minimalis
Source : Shutterstock

Desain kolam mini sangat cocok jika digunakan untuk ikan Koi. Ukuran ikan yang besar akan memudahkan Pins memandangi kolam di atas jembatan kecil yang Pins buat. Pins bisa menambahkan pepohonan kecil agar kolam terasa di alam liar.

Kolam Ikan Minimalis untuk Dekorasi

Kolam ikan minimalis
Source : Shutterstock

Pins juga bisa membuat kolam ikan sebagai dekorasi halam depan rumah. Ukurannya yang kecil akan memudahkan Pins untuk menempatkan pada halaman depan rumah. Pins bisa menempatkan ikan-ikan kecil agar muat dengan kolam.

Baca Juga:

Tips Membuat Kolam Ikan Minimalis

  1. Memilih jenis, warna dan teksture material dengan konsep suasana taman yang diinginkan, misalnya jika kita menginginkan taman rumah yang terkesan alami maka bisa memperbanyak penggunaan batu alam.
  2. Mempertimbangkan keamanan dari jangkauan anak-anak, pada suatu keluarga yang ada anak kecilnya maka akan sangat berbahaya jika membuat kolam ikan terlalu dalam tanpa pagar perlindungan, oleh karena itu desain taman rumah perlu diatur sedemikian rupa agar tetap aman.
  3. Mengatur sirkulasi air dari mulai tempat air masuk sampai kemana air kotor akan dibuang.
  4. Menambah lubang penguras pada posisi yang mudah dalam melakukan pengeringan air kolam.
  5. Membuat titik kuras sedikit lebih dalam dari lantai kolam sekitarnya, bisa berbentuk kubus sedalam 40 cm. ini akan sangat membantu sebagai tempat meletakan selang pompa kuras sehingga mudah dalam membersihkan dasar kolam dengan tuntas.
  6. Meletakan kolam ikan pada posisi yang sering terkena pandangan mata, keindahan kolam tentu akan sia sia jika letaknya tersembunyi.
  7. Menanam tanaman hias disekitar kolam atau bisa menggunakan pot sehingga dapat memudahkan jika sewaktu-waktu ingin merubah desain taman atau memindahkan ketempat lainya.
  8. Memilih jenis ikan yang sesuai dengan tema desain arsitektur taman rumah.
  9. Membersihkan kolam ikan secara teratur sehingga tetap bersih, rapi dan enak dipandang.

Itulah beberapa contoh desain kolam ikan minimalis dan tips untuk membuatnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Membuat Desain Rumah dengan Tanaman Minimalis


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Gryia Cibinong Asri dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download