BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Tips Membuat Kolam Ikan di Depan Rumah dan Inspirasinya
0
0

7 Tips Membuat Kolam Ikan di Depan Rumah dan Inspirasinya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 24, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
pompa celup kolam ikan terbaiktop-right-banner

Kolam ikan minimalis adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menikmati keindahan dan manfaat dari memelihara ikan tanpa harus mengeluarkan banyak ruang atau biaya. Dengan desain yang sederhana dan elegan, kolam ikan minimalis dapat ditempatkan di berbagai lokasi, baik di dalam rumah maupun di luar ruangan. Dengan keberadaan kolam seperti ini di rumah kamu akan menambah keindahan dan suasana yang damai dari gemericik air di kolam. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips membuat kolam ikan di depan rumah!

Kamu dapat menambahkan kolam ikan di bagian depan hunian kamu yang akan kamu temukan di perumahan baru di Kabupaten Bogor di sekitar Cibinong City Mall dan di rumah second di Kec Bandung. Pins kamu juga bisa memanfaatkan Pengajuan KPR dalam membangun rumah menggunakan desain sendiri dengan menambahkan desain kolam ikan di dalamnya.

Tips Membuat Kolam Ikan di Depan Rumah

Sebelum melangsungkan pembuatan kolam ikan minimalis, Pins perlu mengetahui tips-tips yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya. Berikut ini tips membuat kolam ikan di depan rumah yang dapat menjadi panduan Pins menghadirkan konsep kolam ikan yang indah dan unik:

1. Pemilihan Jenis, Warna, & Tekstur Material

Source : iStock

Tips pertama yang perlu Pins perhatikan dalam pembuatan kolam ikan di depan rumah adalah pemilihan jenis, warna dan tekstur material kolam yang harus tepat dengan konsep suasana taman yang diinginkan. Apabila Pins menginginkan taman rumah yang terkesan alami maka bisa memperbanyak penggunaan batu alam.

Baca juga: Punya Lahan Terbatas? Ini 20 Desain Kolam Ikan yang Bisa Kamu Coba!

2. Pertimbangan Keamanan untuk Anak

Tips selanjutnya yang perlu Pins perhatikan dalam pembuatan kolam ikan di depan rumah adalah mempertimbangkan keamanan bangunan kolam untuk anak-anak. Keamanan yang dimaksud berfokus pada pagar pelindung yang dapat mencegah seseorang atau dalam hal ini anak kecil tercebur ke dalam kolam iklan.

Jika pada suatu keluarga terdapat anak kecil, maka akan sangat berbahaya jika membuat kolam ikan yang terlalu dalam dan tanpa pagar perlindungan. Oleh karena itu desain taman rumah perlu diatur sedemikian rupa agar tetap aman bagi anak-anak.

3. Mengatur Sirkulasi Air

Source : iStock

Tips ketiga yang perlu Pins perhatikan dalam pembuatan kolam ikan di depan rumah adalah mengatur sirkulasi air dari mulai tempat air masuk hingga air kotor akan dibuang. Hal ini diperlukan sebagai filterisasi air kolam agar ikan tetap dalam air yang bersih dan terjaga. Selain itu, Pins juga harus menambah lubang penguras pada posisi yang mudah dalam melakukan pengeringan air kolam.

Kemudian, Pins harus membuat titik kuras sedikit lebih dalam dari lantai kolam sekitarnya. Pins bisa membuat titik kuras berbentuk kubus sedalam 40 cm. Hal ini akan sangat membantu sebagai tempat meletakan selang pompa kuras, sehingga mudah dalam membersihkan dasar kolam dengan tuntas.

4. Titik Peletakkan Kolam

Tips berikut ini yang perlu Pins perhatikan dalam pembuatan kolam ikan di depan rumah adalah titik peletakkan kolam ikan ditempatkan pada posisi yang sering terkena pandangan mata. Jangan meletakkan kolam yang tersembunyi, maka keindahan kolam tidak akan menarik.

Dalam hal ini titik peletakkan berada di depan rumah. Depan rumah seperti halaman depan dan dekat pintu masuk rumah tidak akan mengganggu mobilitas kamu. Kamu juga harus membangun kolam di tempat yang terjangkau agar mudah untuk diawasi dan dirawat.

5. Menambahkan Tanaman Hijau

Source : iStock

Tips kelima yang perlu Pins perhatikan dalam pembuatan kolam ikan di depan rumah adalah menambahkan tanaman hijau atau tanaman hias di sekitar kolam. Pins bisa menggunakan pot sehingga akan memudahkan jika sewaktu-waktu ingin mengubah desain taman atau memindahkan tanaman tersebut ke tempat lainnya.

Tanaman hijau akan semakin menambah kesan natural pada kolam ikan kamu dan membuat suasana rumah semakin asri.

Baca juga: 14 Merk Pompa Celup Kolam Ikan Terbaik dan Berkualitas

6. Pemilihan Jenis Ikan yang Sesuai

Tips selanjutnya yang perlu Pins perhatikan dalam pembuatan kolam ikan di depan rumah adalah pemilihan jenis ikan yang sesuai. Memilih jenis ikan yang sesuai harus dilakukan agar ikan yang hidup di kolam dapat dengan mudah beradaptasi dan tidak mati.

Kamu bisa memelihara ikan guppy, ikan mas kok, ikan koi, ikan lemon, dan masih banyak lagi. Ikan-ikan tersebut dapat hidup dan beradaptasi di kolam rumahan.

7. Membuat Jadwal Pembersihan Kolam

Source : iStock

Tips terakhir yang perlu Pins perhatikan dalam pembuatan kolam ikan di depan rumah adalah membuat jadwal pembersihan kolam. Membersihkan kolam ikan secara teratur akan menjaga kesehatan ikan-ikan, lalu membuat tampilan kolam ikan di depan rumah terlihat bersih, rapi, dan menarik untuk dipandang. Kamu bisa membuat jadwal mingguan untuk membersihkan kolam ikan milikmu!

Contoh Desain Kolam Ikan Depan Rumah

Bagian depan rumah adalah bagian yang akan dilihat pertama kali oleh pemilik rumah atau tamu pendatang saat ingin masuk ke dalam rumah. Menambah keunikan dan keindahan bagian depan rumah, salah satunya dapat dilakukan dengan cara membangun kolam berisi ikan-ikan yang cantik. Tidak perlu besar dan luas, kamu dapat membangun kolam berukuran minimalis yang akan tetap memberikan kesan estetis.

Pada kolam ikan minimalis, bentuk dan fitur yang sederhana dan elegan menjadi prioritas utama. Hal ini memudahkan si pemilik rumah untuk menikmati pemandangan ikan setiap hari tanpa harus memakan banyak ruang atau biaya. Budget juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam ikan minimalis ini.

Berikut ini beberapa contoh desain kolam ikan depan rumah:

1. Kolam Ikan Minimalis di Taman

Kolam ikan minimalis
Source : Shutterstock

Kolam ikan minimalis di taman merupakan pilihan yang menarik bagi Pins yang ingin menambahkan sentuhan alami pada taman rumah mereka. Selain itu, kolam ikan juga dapat menjadi sumber hiburan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Pins bisa menyesuaikan ukurannya dengan luas taman yang dimiliki. Selain itu bentuknya sangat indah ketika dibuat dengan lengkungan. Secara keseluruhan, kolam ikan minimalis di taman adalah pilihan yang menarik bagi Pins yang ingin menambahkan sentuhan alami pada taman rumah mereka.

Baca juga: Nggak Bikin Boncos! Ini Biaya Pembuatan Kolam Ikan Minimalis!

2. Kolam Ikan Minimalis untuk Halaman Belakang

Kolam Ikan Minimalis
Source : Shutterstock

Kolam ikan minimalis dibelakang rumah dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk menambah elemen alami dan hidup pada taman belakang rumah Pins. Ini juga dapat menjadi tempat yang indah untuk bersantai sambil menikmati suasana alami dan melihat ikan-ikan yang berenang di kolam

Pins bisa membuat ukurannya cukup pas dengan taman belakang agar tidak memakan banyak tempat. Untuk menambah kesan alami, Pins bisa menempatkan beberpaa tanaman hijau.

3. Kolam Ikan Minimalis Bergaya Modern

Kolam Ikan Minimalis
Source : Shutterstock

Pembuatan kolam ikan minimalis dengan gaya modern cukup mudah dilakukan. Pertama, tentukan ukuran dan bentuk kolam yang Pins inginkan. Pins dapat memilih ukuran yang sesuai dengan luas ruangan atau menyesuaikan dengan desain rumah yang telah ada. Kemudian, buat dinding kolam dengan menggunakan bahan yang tahan air dan elegan, seperti marmer, granit, atau bahan plastik khusus untuk kolam ikan.

4. Kolam Ikan Minimalis Tanaman Air

Kolam Ikan Minimalis
Source : Shutterstock

Kolam ini sangat cocok bagi Pins yang menyukai tanaman air. Ekosistem di dalam kolam tidak di dominasi oleh ikan melainkan tanaman air sehingga membuat kesan aquascape semakin menarik. Kolam ikan ini bisa dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir mengenai ukuran lahan yang kurang besar.

5. Kolam Ikan Minimalis Bergaya Jepang

tips membuat kolam ikan di depan rumah
Source : Shutterstock

Bagi Pins yang benar-benar menyukai sentuhan alam pada kolam ikan, maka gaya ini akan sangat cocok. Alih-alih membuat lahan khusus dan mengubahnya menjadi kolam ikan. Pins hanya perlu memanfaatkan lahan yang ada untuk memberikan kesan alami.

Batu besar yang ada di kolam akan membuatnya terkesan alami dan tampak seperti bukan buatan. Pins juga bisa membuat air terjun mini di kolam sehingga kolam terasa benar-benar hidup.

7. Kolam Ikan Minimalis Unik

tips membuat kolam ikan di depan rumah
Source : Shutterstock

Desain ini akan sangat cocok untuk Pins yang menyukai desain out of the box. Pins bisa membuat lantai di atas kolam sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai.

Gunakan lantai dengan motif kayu agar membuatnya semakin alami. Kolam juga bisa Pins buat seolah-olah menjadi tiga bagian.

8. Kolam Ikan Minimalis Indoor

tips membuat kolam ikan di depan rumah
Source : Shutterstock

Tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki cukup lahan di luar ruangan. Pins bisa membuat kolam ikan minimalis indoor yang bisa memperindah hunian Pins. Beberapa tempat seperti bandara Changi telah membuat desain ini dengan baik. 

9. Kolam Ikan Minimalis dengan Tumpukan Batu

tips membuat kolam ikan di depan rumah
Source : Shutterstock

Tidak ada yang membuat kolam ikan menjadi lebih natural dengan tumpukan batu di pinggirannya. Tumpukan batu akan membuat kolam terasa terbuat secara alami. Pins bisa menambahkan beberapa tanaman air untuk menambah aksen pada kolam.

Baca Juga: Tips Membuat Rumah Tipe 21

10. Kolam Ikan Minimalis dengan Jembatan Kecil

tips membuat kolam ikan di depan rumah
Source : Shutterstock

Desain kolam mini sangat cocok jika digunakan untuk ikan Koi. Ukuran ikan yang besar akan memudahkan Pins memandangi kolam di atas jembatan kecil yang Pins buat. Pins bisa menambahkan pepohonan kecil agar kolam terasa di alam liar.

11. Kolam Ikan Minimalis untuk Dekorasi

tips membuat kolam ikan di depan rumah
Source : Shutterstock

Pins juga bisa membuat kolam ikan sebagai dekorasi halaman depan rumah. Ukurannya yang kecil akan memudahkan Pins untuk menempatkan pada halaman depan rumah. Pins bisa menempatkan ikan-ikan kecil agar muat dengan kolam.

Itulah beberapa contoh desain kolam ikan minimalis dan tips untuk membuatnya. Semoga dapat bermanfaat!

Baca Juga:

Feature Source Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download