BlogPemilik PropertiDesain HunianIni 6 Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis di Dalam Rumah yang Wajib Dicoba!
0
0

Ini 6 Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis di Dalam Rumah yang Wajib Dicoba!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 26, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
kolam ikan minimalis di dalam rumahtop-right-banner

Siapa bilang Pins hanya bisa membuat kolam ikan di luar ruangan seperti taman? Faktanya, kamu bisa membangun kolam ikan minimalis di dalam rumah sebagai hiasan interior yang menarik. Walau begitu, Pins perlu memilih desain kolam ikan yang tepat dan merawat kolam dengan baik.

Selain menambah nilai estetika, rumah akan terasa lebih sejuk dan segar karena kolam ikan memberikan kesan hidup dan alami di dalam rumah. Jika Pins mengombinasikan kolam dengan hiasan batu alam, tentu desain interior rumah akan tampak makin keren!

Meski begitu, membangun kolam mini di dalam rumah memerlukan perhitungan yang benar begitu juga saat menghitung harga rumah agar tampak indah dan bisa memberikan manfaat yang baik. Simak apa saja tipsnya di sini, yuk!

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis di Dalam Rumah

Walau bisa menjadi hiasan desain interior yang baik, membuat kolam ikan di dalam rumah membutuhkan ketelitian. Sembarangan membuatnya justru akan membuat kolam menjadi sarang nyamuk yang tentu menyebabkan rumah menjadi tidak nyaman dihuni. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat kolam koi minimalis indoor.

Menentukan Lokasi Kolam Ikan

Membangun kolam ikan minimalis di dalam rumah tidak harus membutuhkan tempat yang luas. Pins bisa membuat kolam ikan secara vertikal, alias melekat pada dinding rumah. Dengan demikian, ruangan yang ada dalam rumah bisa terkesan seperti sedang berada di dalam air.

Hal yang harus diperhatikan adalah arah pencahayaan, apalagi ketika Pins mau menambahkan hiasan dekorasi tambahan, seperti tanaman hidup. Ini membuat paparan cahaya menjadi penentu kelangsungan hidup dari tanaman dan ikan hias yang akan dipelihara.

Baca juga: Kumpulan Contoh dan Tips Membuat Taman Rumah Sederhana

Menyesuaikan Tipe dan Ukuran Dengan Ruangan di Dalam Rumah

Sebagai referensi tambahan, Pins bisa melihat-lihat contoh desain kolam ikan yang beragam di toko taman atau pun toko ikan. Hal ini berguna untuk menambah pengetahuan seperti apa tipe dan seberapa ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, selera, dan kepribadian para penghuni rumah.

Pins juga bisa bebas memilih berbagai wadah yang kira-kira cocok untuk kolam ikan di dalam rumah, mulai dari bahan plastik, kaca hingga kolam permanen yang dibuat dari semen dan pasir. Penggunaan material kaca bakal membuat kolam kamu jadi kelihatan seamless, Pins!

Memberi Hiasan di Sekitar Kolam Ikan

Jika Pins tidak punya banyak waktu luang untuk menghias kolam ikan di dalam, rumah, coba minta bantuan jasa tukang yang terbiasa menghias kolam ikan. Mereka biasanya sudah berpengalaman dan bisa membedakan antara dekorasi yang terbaik untuk bagian pinggir hingga di dalam kolam ikan. Selain hiasan, kamu bisa menambahkan jembatan batu untuk membuat transisi antar ruangan menjadi lebih lancar.

Jangan lupa untuk memastikan dimensi kolam dengan teliti, mulai dari tinggi, panjang, dan lebar saat memberi hiasan. Ingat juga untuk memberikan jarak area sekitar 6 inci di sekeliling kolam sebagai tempat untuk hiasan.

Jika menginginkan desain yang sederhana, Pins bisa memulai dengan mengisi jarak area 6 inci tersebut dengan tanaman hias, air mancur, ataupun batu – batuan alami atau berwarna-warni. Untuk semakin menguatkan nuansa keindahan dari kolam ikan, Pins bisa menutup bagian pinggiran kolam dengan kayu plywood yang kokoh dan sangat cocok untuk menghias kolam ikan.

Memasang Filter dan Pompa Air yang Tepat Untuk Kolam Ikan

Bila ingin kolam ikan dan isi-isinya tetap awet dan tahan lama, sebaiknya Pins pasang filter dan pompa air yang tepat untuk kolam ikan. Hal ini juga berlaku ketika PIns memilih jenis kolam ikan hias yang didekorasi dengan bebatuan alami. Kamu bisa menambahkan pasir pada permukaan kolam agar kotoran di dalamnya menyerap ke dalam pasir.

Selain itu, penambahan pasir ini bisa membuat kolam ikan milik Pins terlihat lebih rapi dan menarik untuk dilihat. Jika berada di tengah ruangan, filter dan pompa air dapat disamarkan dengan hiasan kolam.

Baca juga: Kumpulan Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Menakar Volume Air yang Pas ke Dalam Kolam Ikan

Memberi air ke kolam bukan perkara sepele, lho, Pins! Ada beberapa jenis ikan yang harus dipikirkan baik-baik untuk urusan perkembangbiakannya dan hal ini sejalan dengan pemberian volume air dan pemberian air ke dalam kolam.

Contohnya adalah ikan koi dan ikan mas. Pola tumbuh ikan koi jauh lebih besar daripada ikan mas. Alhasil, ikan koi akan lebih mendominasi tempat tumbuh dan makanan yang ada. Jadi, sesuaikan jumlah air dengan jenis ikan yang kamu inginkan.

Makna Warna Air pada Kolam Ikan

Setelah berhasil membuat kolam ikan, jangan lupa cari tahu bagaimana cara merawatnya. Kolam ikan minimalis di dalam rumah tentu memerlukan perawatan yang tidak jauh berbeda dengan kolam di taman depan rumah. Salah satunya adalah memperhatikan warna air pada kolam.

Begini, masing-masing warna di kolam ikan memiliki arti dan penjelasan masing-masing. Ini mungkin cukup membingungkan bagi kamu yangn baru saja terjun ke dunia ini. Meski ada beragam faktor, perubahan warna kolam bisa menjadi indikator apakah kolam kotor atau tidak. Berikut penjelasan lengkapnya!

Warna Hijau Muda

Warna hijau muda pada kolam ikan menggambarkan kadar kepadatan rendah dari plankton berklorofil, seperti Cyanobacteria ataupun Gloeotrichia echinulata. Plankton jenis ini melakukan fotosintesis pada siang hari sehingga dapat meningkatkan kadar oksigen di air kolam.

Hal ini sebenarnya merupakan suatu hal yang baik dan bisa menambah nafsu makan ikan. Warna air kolam yang hijau muda ini biasanya terjadi pada kolam terpal, beton atau fiber dengan isi ikan berupa ikan lele, ikan nila ataupun ikan gurame.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

Warna Coklat Muda

Coklat muda merupakan warna yang paling sering terjadi di dalam kolam ikan rumah. Ini biasanya terjadi pada kolam tanah, kolam air deras, atau kolam beton. Warna coklat muda memperlihatkan tingginya ketersediaan materi organik dan mineral sebagai suplai makanan ikan.

Warna Hijau atau Coklat Tua

Warna hijau tua biasanya diakibatkan oleh padatnya populasi plankton dan materi organik lainnya. Sementara itu, warna cokelat tua cenderung terjadi akibat tingginya kadar kepadatan kotoran, sisa pakan dan lumpur yang ada pada kolam. Sebenarnya, warna air yang pekat ini tidak semestinya membuat Pins khawatir karena warna air yang pekat menjauhkan ikan dari stres.

Nah, itu tadi sederet cara membuat kolam ikan minimalis di dalam rumah yang bisa jadi inspirasi kamu. Intinya, sesuaikan ukuran dan desain kolam dengan interior rumah agar cocok dan menambah tampilan rumah menjadi lebih sejuk, ya! Semoga bermanfaat, Pins.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download