BlogPemilik PropertiDesain HunianAneka Jenis Atap Teras Rumah Minimalis
0
0

Aneka Jenis Atap Teras Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selain menghabiskan waktu di dalam rumah biasanya banyak orang suka bercengkerama di teras. Penting memilih atap teras rumah minimalis agar tetap fungsional.

Selain melindungi pemilih rumah dari cuaca juga mempercantik fasad hunian itu sendiri. Atap teras rumah minimalis memiliki beragam model dan material. Diantaranya bisa Pins simak sebagai berikut :

Fiber

Source : Pexels

Fiber merupakan material yang terdiri dari serat sintetis. Bahannya melewati serangkaian proses pabrikasi yang membentuk lembaran atap. 

Umumnya dipasang pada bangunan yang membutuhkan pencahayaan dengan transmisi panas minimum. Ketahannya bisa mencapai 25 tahun.  Kanopi seperti ini sangat direkomendasikan untuk hunian beriklim tropis.

Baca Juga : 7 Bunga Teras Rumah Minimalis Yang Minim Perawatan

Membrane

Source : Pexels

Kanopi membrane mmiliki harga yang lumayan mahal. Walaupun harganya tinggi namun tak pernah sepi peminat. Kanopi membran cukup kuat sehingga awet digunakan dalam waktu lama.

Kanopi ini mampu mengikuti rangka besi dan tidak mudah sobek. Elastisitasnya tinggi dan desain unik. Kanopinya tahan goncangan, anti jamur, anti rengas bahkan penyerapan air 0 %.

Selain itu tidak bising ketika hujan. Kanopi mampu memantulkan sinar lampu lebih baik sehingga penerangan di malam hari optimal.

Go Green

Seperti namanya atap seperti ini mengedepankan ramah lingkungan. Bahan ringan, lentur namun lebih kuat dibandingkan dengan seng maupun asbes.

Lapisan kanopi anti UV sehingga ruangan terasa lebih sejuk. Atap seperti ini anti karat dan korosi dan ditawarkan dengan harga terjangkau.

Selain difungsikan sebagai atap teras dapat pula untuk taman. Apalagi ketahanan terhadap beban mampu melebihi 100 kg. Kanopi go green mudah pemasangannya dan bebas toxic.

Policarbonat

Source : Pexels

Jenis atap ini dari plastik berongga dan mampu meredam panas matahari hingga 90 %. Kontruksi atapnya terbuat dari besi yang dirangkai dengan sistem las. Biasanya atap seperti ini dijual dalam bentuk lembaran.

Ketebalannya bervariasi mulai dari 5-6 mm dan 10 mm. Pilihan warna yang tersedia bahkan ada yang transparan. Kanopi ini mampu bertahan hingga 5-10 tahun.

Dalam memilih atap policarbonat yang baik cukup dengan menekannya dengan jari. Jika ditekan kuat tidak penyok maka kualitasnya cukup baik.

Bahannya bisa 100 % didaur ulang dengan model modern. Bahan ringan dan tidak mudah bocor. Fungsi utamanya mampu melindungi dari radiasi UV.

Kanopi Kaca

Source : Pexels

Selanjutnya ada atap kanopi dari kaca float tempered. Sifat material ini adalah mampu menghangatkan ruangan. Atap cenderung transparan sehingga pandangan bebas ke arah langit-langit.

Kanopi model ini sering dipakai rumah mewah yang membutuhkan cahaya alami lebih banyak. Tak jarang digunakan pula untuk carport maupun penghubung dua bangunan.

Kelebihannya adalah tidak mudah pecah dan aman. Ketahanan dan kekuatannya juga bisa diadu. Hanya saja atap seperti ini tidak dapat diproses ulang usai proses pembentukannya.

Dalam membersihkannya lumayan susah. Jika cuaca sedang naik maka mudah meningkatkan suhu ruangan tersebut.

Baca Juga : Ide Cat Tiang Teras Rumah yang Bagus dan Estetik

Zincalume

(Pexels)

Bahan satu ini terbuat dari campuran aluminum dan seng. Komposisi rasionanya sendiri yakni 55 % : 43 % dan sisanya berupa bahan silikon agar meningkatkan kelenturannya.

Ketabalan dari atap ini mulai 0.3 mm, 0.35 mm, 0.4 hingga 0.5 mm. Jika semakin tebal ukuran spandeknya maka harganya akan semakin tinggi. Atap ini tidak menonjolkan desain melainkan ketahanannya.

Daya serapnya tinggi dan memiliki banyak pilihan warna. Bagian struktur rangka tidak rumit namun anti rayap, anti pecah dan anti keropos. Apalagi daya tahannya baik namun mudah meningkatkan suhu panas.

Alderon

Source : Pexels

Atap alderon dibentuk dari bahan UPVC dengan bentuk bergelombang. Umumnya dipasang pada kanopi baja ringan. Kini di pasaran atap alderon terbagi atas dua model yakni double layer dan single layer.

Kelebihannya sendiri adalah tidak merambatkan api  sehingga membuat api padam sendiri. Atap tahan akan karat dan bahan kimia. Jika ingin dibentuk mudah untuk dipotong.

Atap alderon juga kedap suara sehingga tidak berisik ketika hujan. Atap mudah dibersihkan, kuat dan kokoh. Atap dengan struktur rongga ini kabarnya bisa menahan beban sampai 540 kg.

Solar Tuff

Source : Pexels

Jika membutuhkan kanopi yang bisa meredam panas matahari dengan maksimal maka gunakan saja jenis solar tuff. Jika dilihat sekilas mirip dengan bahan kaca namun lebih fleksibel dan tidak mudah pecah.

Kanopi ini mampu mengesankan lahan lapang, modern dan elegan. Tersedia pula dalam berbagai warna dan pemasangan yang sederhana.

Keunggulannya adalah tidak mudah terbakar dan menyejukan. Selain itu ketahanan suhunya mulai dari -20 celcius sampai 120 celcius. Ia terkenal lebih kuat daripada akrilik.

Pada bagian atas dilapisi perisai UV. Bahannya juga ramah lingkungan dan ketebalan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis solar tuff sendiri terbagi tiga bentuk gelombang yakni roma, trimdek dan greca.

Baca Juga : Tips Mencegah Atap Rumah Bocor

Onduline

Source : Pexels

Terakhir ada kanopi onduline yang menyerap kebisingan suara. Ia mempunyai ketahanan angin berkecepatan 192.12 km /jam. Atap seperti ini cocok dipakai di negara empat musim.

Selain itu mampu menahan beban hingga 0.9 ton / meter persegi. Atap tidak mudah roboh walaupun salju menumpuk sekalipun.

Atap teras rumah minimalis harus disesuaikan model dan materialnya. Beberapa bahan bisa sangat menyejukan ruangan namun dapat pula meningkatkan suhu.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download