Pinhome

Tips Properti

Desain Teras Rumah Penarik Perhatian Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Teras rumah adalah bagian pertama yang akan dilihat tamu bahkan orang-orang yang lewat di depan rumah yang bisa melihat ke depan rumah kita. Teras rumah yang cantik dan menawan akan membuat orang lain tertarik untuk masuk ke dalam rumah, yang berjalan kaki melewati rumah kita pun akan terkesan melihat keindahan di luar rumah kita – apalagi di dalam rumah itu sendiri!

Oleh karena itu, sangat perlu untuk memperindah bagian luar rumah kita yakni melakukan desain teras rumah sedemikian rupa agar terlihat terawat dan menarik. Secara garis beras, teras rumah dibagi menjadi dua kategori: teras depan dan teras belakang. Teras depan rumah digunakan untuk menyambut tamu sementara teras belakang biasanya digunakan sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga sehingga lebih privat.

Desain Teras Rumah Penarik Perhatian Rumah

Ada beberapa tips desain teras rumah yang bisa Anda terapkan pada teras rumah Anda sehingga kelihatan menarik dan rapi serta nyaman. Berikut beberapa tips desain rumah yang perlu Anda perhatikan:

  1. Untuk teras rumah bagian depan, Anda sebaiknya mengusahakan agar motif dinding, lantai dan sebagainya berbeda dengan motif ruangan dalam rumah lainnya. Selain itu, perhatikan keamanan teras rumah Anda karena posisinya berada di eksterior ruangan rumah yang rawan terkena tetesan hujan. Oleh karena itu, Anda dapat memilih bahan-bahan lantai yang tidak licin jika terkena air.
  2. Perhatikan ukuran teras rumah Anda dalam hal penempatan hiasan dan barang-barang. Apabila teras rumah kita ukurannya kecil sebaiknya jangan meletakka hiasan yang terlalu besar agar tidak ‘makan tempat’ namun pilihlah yang kecil dan seperlunya saja. Namun, dengan teras rumah yang cukup luas, Anda dapat berkreasi dengan meletakkan barang perhiasan dan aneka motif serta variasi bunga-bungan dengan daun yang cukup rimbun. Kita juga bisa menaruh bunga plastik jika rasanya bunga dan tanaman rimbun akan sulit dirawat.
  3. Sebaiknya tidak menaruh perhiasan aksesoris yang mahal di teras rumah karena posisinya yang berada di luar rumah yang rawan dengan pencurian.
  4. Kita dapat menempatkan meja dan kursi dari material ringan. Jika teras rumah Anda sempit dan tidak cocok untuk ditempati tanaman hias yang besar, kenapa tidak mencoba tanaman hias yang digantung? Jika di luar teras Anda ada halaman, Anda bisa menempatkan tanaman hias baik berukuran besar atau kecil di sisi luar teras rumah.
  5. Anda yang menyukai material kayu dapat menaruh kursi memanjang untuk memenuhi teras. Anda bisa mencoba kursi unik dari kayu bantalan kereta api dipadu dengan bantal-bantal kursi sehingga tamu betah berlama-lama menunggu di teras rumah.
  6. Anda juga bisa menempatkan meja dan kursi yang memiliki warna yang kontras. Misalnya, kursi Anda berwarna putih sementara meja berwarna hitam, ini akan menarik perhatian. Tetapi Anda juga mesti memerhatikan apakah furnitur yang ada letakkan di teras rumah tahan terhadap perubahan cuaca.

Tips desain teras rumah di atas bisa Anda terapkan khususnya untuk teras yang berada di depan rumah yang berguna untuk menyambut tamu. Namun bagaimana jika Anda tinggal di apartemen atau tidak memungkinkan untuk memiliki teras?

Pada perkembangannya sekarang ini, ada istilah ‘foyer’ yaitu ruangan yang digunakan juga sebagai ruang penerima tamu. Foyer ini digunakan sebagai ruangan transisi menuju ruang tamu. Ada banyak desain menarik yang bisa dicontoh juga untuk mempercantik ruang Anda ini. Misalnya Anda bisa memiliki material dari kayu, material batu merah atau permainan warna di dinding. Jadi, Anda tidak perlu iri bagi mereka yang memiliki rumah dengan teras 🙂

Tags :

Bagikan Artikel