Pinhome

Tips Properti

Tips Menggunakan Lantai Kayu Rumah Terbaik

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Sama seperti perabotan, lantai yang terbuat dari kayu untuk sebuah rumah adalah satu hal yang meningkatkan keunikan serta keistimewaan sebuah huniaan. Pasalnya, sebuah rumah yang menggunakan lantai kayu akan tampak sangat mewah, prestisius dan menimbulkan kebanggan demikian kesan yang tercipta. Tapi mengapa tak banyak pemilik rumah menggunakan kayu sebagai lantai tempat tinggalnya? Banyak alasannya.

Setidaknya ada tiga hal yang melatarbelakangi lantai kayu tak jadi populer di mata kebanyakan kalangan. Pertama tentu saja dari segi keterjangkauan harga lantai kayu jelas lebih mahal, kedua butuh ekstra perhatian serta perawatan, yang pasti tak mudah serta tak bisa dibilang murah. Semua karena bahan kayu memang sudah semakin langka dan jarang ditemukan. Tapi sebenarnya masih ada beberapa pemilik rumah yang memilih kayu jadi lantai tempat tinggal mereka. Berikut adalah tips yang dirangkum sebagai inspirasi bagi siapa saja yang ingin mengaplikasikan lantai kayu untuk huniannya.

Pilih Perabotan Yang Tak Merusak Tekstur, Gunakan Polish Untuk Merawat, Pastikan Kegiatan Berat Hanya Terjadi Di Luar Area Berlantai Kayu

lantai kayu
lantai kayu

Setidaknya ada tiga hal utama yang harus diperhatikan bila menggunakan lantai kayu. Sekali lagi ini tentu karena alasan ekslusifitas bahan yang harus diperhatikan. Apa saja? Berikut cuplikannya.

1. Tekstur Kayu Mudah Rusak Dan Tergores, Pastikan Perabotan Sudah Support Dengan Hal Tersebut

Hal pertama tentunya adalah pertimbangan perabotan apa yang akan digunakan. Ini dengan maksud dan tujuan utama untuk menghindarkan kerusakan. Pilih atau tambahkan bantalan pada bagian bawah perabot yang memang bersentuhan langsung di bagian kaki perabotan dengan lantai. Hal ini agar keindahan permukaan lantai kayu tak berkurang karena goresan yang bisa saja timbul.

2. Rawat Dengan Polish, Gunakan Peralatan Yang Memadai Saat Melakukan

Keindahan utama sebuah rumah berlantai kayu adalah bila kayu yang dipasang diplitur mengkilat. Kesan anggun dan mewah langsung tercipta tentunya. Tapi ini berarti juga perawatan ekstra, polish atau semir untuk pelitur kayu jawabannya. Gunakan alat yang memadai saat melakukan hal tersebut, bila perlu datangkan tenaga profesional langsung untuk hal ini.

3. Hindari Melakukan Kegiatan Berat Seperti Pertukangan Atau Lainnya

Ada harga yang harus dibayar bila mengharapkan keindahan. Termasuk untuk rumah berlantai kayu. Pemilik tak bisa sembarangan lakukan kegiatan yang bisa merusaknya. Kegiatan pertukangan misalnya harus dilaukan diluar area berlantai kayu atau bila perlu diluar rumah sekalipun.

Keindahan selalu berbanding lurus dengan perawatan, demikian orang bijak bertutur. Bahkan ini termasuk untuk perkara penggunaan kayu untuk lantai rumah. Tak bisa sembarangan untuk merawat termasuk juga bila ingin memperbaiki. Ada tenaga profesional yang siap untuk membantu dalam hal ini. Pastikan bahwa keindahan lantai kayu rumah akan tetap bertahan dalam waktu yang lama.

Tags :

Bagikan Artikel