BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Desain Atap Garasi agar Tampil Cantik dan Enak Dilihat
0
0

Inspirasi Desain Atap Garasi agar Tampil Cantik dan Enak Dilihat

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Carporttop-right-banner

Jika Pins memiliki mobil atau kendaraan bermotor di rumah, tentu kamu akan membangun garasi atau carport supaya kendaraan milikmu dapat terparkir dengan aman di rumah. Baik garasi maupun carport yang kelak kamu bangun di rumah harus memiliki konsep dan desain yang cantik termasuk dalam pemilihan atap garasi dan atap carport.

Lalu, bagaimana memilih desain atap carport dan atap rumah agar terlihat cantik dan fungsional? Simak inspirasi atap carport dan atap garasi yang membuat rumah kamu tampil lebih cantik.

Baca Juga:

Tips Jenis Desain Atap Carport dan Strukturnya

Pertama, mari kita bahas mengenai carport. Ada beberapa struktur atap carport yang dapat Pins aplikasikan pada carport Pins di rumah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Berdiri Sendiri

Desain Carport
Source : Pixabay

Strukur berdiri sendiri adalah struktur atap yang berdiri sendiri dan ditopang oleh empat titik utama. Merupakan salah satu tips desain atap carport yang terbaik Kolom-kolom penopang dapat dibuat dari material kayu, besi, beton, baja atau mengkombinasikan beberapa bahan tersebut. Tampilan visual carport dengan menggunakan struktur ini sesuai dengan desain carport.

Baca Juga:

Desain Menempel Sebagian

Source : Rumahkuunik.com

Carport yang memiliki desain berada dekat dengan bangunan utama memiliki keunikan. Pins dapat membuat rangka atap dapat menempel sebagian pada bagunan utama rumah. Dengan cara ini Pins dapat berhemat. Hanya dengan adanya dua titik penopang maka carport Pins sudah cukup kokoh dan cantik. Tampilan fasad luar carport dapat Pins sesuaikan dengan desain rumah yang ada.

Baca Juga:

Fungsi Atap Carport dan Atap Garasi

Desain Carport
Source : Idea

Memilih desain atap carport dan atap garasi seringkali membuat pusing tujuh keliling. Tak hanya bentuk yang cantik, tapi Pins juga perlu memperhatikan fungsi dari carport dan garasi tersebut. Bentuk indah tak menjamin garasi dan carport akan terlindung dari rembesan air hujan. Untuk carport Pins dapat menggunakan atap yang permanen dan bagian bawahnya menjadi gelap dan lembab.

Baca Juga:

Struktur utama pada carport cantik ini adalah jenis baja kanal dan ditutup dengan kaca pada bagian atasnya. Untuk mempercantik bagian bawah atap carport maka dibungkus dengan papan gypsum. Pada bagian tengah dibuat lubang-lubang trasnparan yang meneruskan cahaya matahari.

Jika Pins melihat tampilan atap carport ini di siang hari, maka Pins akan melihat bahwa carport yang dibangun dapat membiaskan cahaya matahari dan menyapukannya keseluruh lantai yang ada di bawah.

Dengan menggabungkan konsep struktur atap carport yang sesuai dengan desain rumah Pins, serta desain atap carport yang dapat membiaskan cahaya matahari, niscaya tampilan visual dan fungsi carport cantik Pins akan terwujud.

Ide Desain Atap Garasi dan Carport yang Membuat Adem

Terdapat beberapa ide desain yang mungkin bisa menjadi inspirasi Pins untuk kamu gunakan di rumah. Berikut ini Pinhome sajikan beberapa ide desain yang bisa kamu pertimbangkan:

Atap Garasi dan Carport Kombinasi Kanopi dari Kayu dan Atap Transparan

Source : Pinterest

Desain kanopi yang satu ini memang telah banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis modern. Material kayu yang kokoh dan dipadukan dengan atap transparan akan memudahkan sinar matahari masuk ke garasi. 

Hal ini akan membuat garasi menjadi lebih sehat dan tidak lembab. Tidak hanya itu, paduan kaca dengan kayu juga membuat tampilan kanopi sangat modern. Pins bisa memilih material atap transparan terbaik seperti solartuff, polycarbonate, fiber atau beberapa material lainnya.

Atap Garasi dan Carport Kanopi Kayu dengan Rangka Besi

Source : Pinterest

Desain kanopi kayu garasi yang satu ini menampilkan tampilan yang sangat modern dan sangat elegan. Penggunaan kayu yang kuat ditambah dengan rangka besi yang sangat kokoh membuat kualitas kanopi ini tidak perlu diragukan lagi. 

Pins bisa menggabungkannya dengan dinding kayu supaya semakin senada dengan kanopi kayu kamu. Supaya tampilan garasi semakin cantik, jangan lupa untuk menambahkan beberapa tanaman hias supaya garasi terasa lebih fresh dan natural.

Atap Garasi Pergola dengan Kisi-Kisi Kayu

Source : Pinterest

Melihat tampilan desain kanopi yang satu ini tentu kesan modern yang ditampilkan sangat terasa bukan? Ya, pergola dengan kisi-kisi kayu ini membuat garasi memiliki desain minimalis modern dengan nuansa natural yang kental. Namun supaya kendaraan tetap aman saat terparkir di garasi, Pins bisa menambahkan atap kaca atau transparan supaya garasi tetap aman dari terik matahari dan air hujan.

Baca juga: Ragam Pilihan Kanopi Untuk Dapur Terbuka Di Rumah

Atap Garasi Kayu dengan Konsep Natural

Source : Pinterest

Jika Pins suka dengan sesuatu yang berbau alam, desain atap garasi ini bisa kamu aplikasikan di rumah. Inspirasi desain atap garasi dan atap carport kayu garasi ini ditanami dengan tanaman rambat sehingga membuat kanopi kayu penuh dengan tanaman tersebut. 

Dengan adanya tanaman rambat yang tumbuh pada atap garasi kayu ini akan membuat suasana garasi lebih adem dan sejuk. Selain itu suasana depan rumah juga lebih asri dan fresh. Namun perlu diperhatikan bahwa adanya tanaman rambat ini perlu dilakukan perawatan secara rutin untuk mencegah adanya serangga yang mengganggu di garasi rumah.

Atap Garasi dan Balkon Kayu

Source : Pinterest

Jika kamu memiliki rumah bertingkat, desain kanopi kayu yang satu ini bisa menjadi pilihan Pins. Atap garasi yang menyatu sebagai lantai balkon akan membuat ukuran balkon menjadi luas. Pins bisa menggunakan lantai kayu pada bagian balkon untuk membuat tampilan balkon dan atap garasi tampak lebih natural.

Atap Garasi dari Bambu

Source : Pinterest

Bambu bisa menjadi salah satu solusi bagi Pins yang ingin memiliki tampilan garasi natural. Bambu memiliki tekstur yang lebih lentur namun daya tahannya sangat kuat. Bambu ini dapat digunakan sebagai pondasi kanopi maupun sebagai atap kanopi itu sendiri. Jadi penggunaan bambu ini bisa sangat fleksibel tergantung pada kebutuhan kamu.

Atap Garasi Kayu Melayang

Source : Pinterest

Jika umumnya kanopi menggunakan pilar-pilar untuk menopang atap pada kanopi, pada desain yang satu ini atap kanopi dibiarkan melayang dengan tarikan tali baja. Tali baja biasanya dipasangkan pada setiap sudut atap kanopi yang mana tumpuan tali baja tersebut adalah dinding rumah. Namun penggunaan desain kanopi ini umumnya digunakan pada rumah dengan tipe dua tingkat.

Baca juga: 7 Pertimbangan Sebelum Membangun Garasi Rumah

Atap Garasi Kisi-Kisi Kayu

Source : Pinterest

Model kanopi dengan kisi-kisi kayu ini sangat banyak digunakan pada rumah-rumah modern. Model kanopi kayu ini akan memudahkan sinar matahari lebih mudah masuk ke garasi. Hanya saja desain kanopi ini tidak bisa melindungi kendaraan kamu dari teriknya matahari dan air hujan.

Atap Carport Kayu dengan Kain

Source : Pinterest

Jika garasi kamu menyatu dengan teras rumah, desain kanopi kayu yang satu ini cocok untuk kamu! Kanopi kayu dengan kain ini akan membuat teras terasa lebih homie. Gunakan kain dengan warna-warna netral supaya tampilan kanopi semakin cantik. Pins bisa menggunakan kain dengan warna putih, krem atau abu-abu yang akan membuat kanopi tampak lebih elegan.

Atap Garasi Kayu dengan Lisplang

Source : Pinterest

Desain atap garasi selanjutnya adalah kanopi kayu dengan lisplang. Biasanya kanopi yang satu ini sering digunakan pada rumah-rumah dengan desain tradisional. Tampilannya yang sangat authentic akan membuat garasi kamu memiliki vibes yang berbeda namun tetap dengan suasana yang fresh.

Atap Garasi Kayu Minimalis dengan Warna Putih

Warna putih memang selalu identik dengan warna yang elegan. Kanopi kayu minimalis ini akan membuat garasi tampak lebih bersih dan cerah. Supaya lebih fresh kamu bisa menambahkan tanaman hias gantung supaya garasi semakin asri dan natural.

Atap Garasi Kayu Industrial

Source : Pinterest

Tema industrial memang sangat populer akhir-akhir ini. Bukan tanpa alasan, tema industrial ini memiliki tampilan yang sederhana namun sangat elegan dan kokoh. Tampilan unfinished yang sengaja ditonjolkan akan membuat kanopi kayu kamu tampak lebih fresh dan sangat natural.

Atap Garasi Kayu Dolken

(Galam Bali)

Pernahkah Pins mendengar desain kanopi yang satu ini? Ya, kanopi kayu dolken ini memang umum digunakan pada villa-villa yang ingin menonjolkan kesan natural. Tampilannya yang sederhana namun cantik ini juga bisa digunakan sebagai kanopi kayu pada garasi kamu. Namun kanopi ini tidak bisa melindungi kendaraan kamu dari air hujan karena kerapatannya yang rendah.

Atap Garasi Kayu Lengkung

(Pinterest)

Biasanya model atap garasi dan carport lengkung ini terbuat dari atap fiber yang mudah dibentuk, namun jangan salah karena kanopi lengkung ini tersedia dengan material kayu. Kanopi yang satu ini akan membuat tampilan garasi sangat unik.

Itulah beberapa inspirasi atap garasi dan atap carport yang bisa kamu jadikan referensi untuk di rumah Pins. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download