BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tren Desain Rumah Paling Diminati Saat Ini
0
0

10 Tren Desain Rumah Paling Diminati Saat Ini

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Nov 9, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Tren desain rumahtop-right-banner

Desain rumah apa yang menjadi tren di mata para arsitek dunia saat ini? Artikel ini menjawab rasa ingin tahu Pins terkait tren desain rumah terkini. Lengkap dengan alasan dibalik populernya desain tersebut.

Pins juga bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome untuk menemukan rumah idaman jika tak ingin membangun hunian sedari awal. Tersedia ragam properti mulai rumah bekas di Bogor atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Orchard Village. Carilah hunian yang dekat fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan ataupun sekolah misalnya letaknya tak jauh dari SMAN 5 bogor.

Tren Desain Rumah Terkini

Dunia arsitektur yang terus berkembang juga mempengaruhi trend desain rumah. Hal ini dipengaruhi oleh selera, ekologi bahkan inklusif yang membuat arsitek terinspirasi seperti pada rumah di bawah ini!

1. Rumah Mungil

Source : Pxhere

Bagi keluarga yang baru membeli rumah, banyak yang mencari properti lebih sederhana berukuran minimalis dari tahun-tahun sebelumnya. Kamar menjadi lebih multi-fungsional daripada tren di tahun lalu. Oleh karena itu, saat ini lebih penting memaksimalkan setiap ruangan dan menyediakan penyimpanan kreatif dan terintegrasi di seluruh bagian rumah. 

Meskipun lahan terbatas namun hunian mungil cocok untuk kamu yang suka gaya hidup minimalis. Rumah seperti ini cocok sekali untuk keluarga kecil maupun pasangan yang baru saja memulai hidup bersama.

Baca juga: Desain Minimalis: Konsep, Ciri Khusus dan Sejarah Singkatnya

2. Lebih Green, Lebih Sehat, dan Lebih Cerdas

Tren desain rumah
Source : Pixabay

Tren yang berkembang saat ini dalam dunia properti adalah “green house” atau rumah ramah lingkungan. Rumah jenis ini memanfaatkan potensi alam secara maksimal. Misalnya bagian atap dipasang panel surya untuk menangkap cahaya matahari sebagai sumber listrik.

Untuk memaksimalkan oksigen biasanya di dalam maupun luar rumah di beri berbagai tanaman hijau yang menambah keasrian rumah. Hunian memakai teknologi terkini sehingga sanitasi maupun pencahayaan dapat dimaksimalkan dengan bantuan alam.

3. Desain Universal

(

Merenovasi rumah yang ada dan menghapus dinding interior menciptakan kesan lega dan lapang, lantai terbuka luas dan lebih fleksibel. Meningkatkan tata letak dan sirkulasi rumah dan membuatnya lebih nyaman dan serbaguna untuk keluarga.

Dapur berfungsi sebagai ruangan multi-fungsional yang menggabungkan memasak, makan, mengumpulkan anggota keluarga, dan mengobrol untuk beberapa saat. Desain huniannya mampu memenuhi kebutuhan dan memaksimalkan aktivitas penghuninya.

4. Rumah Sekaligus Kantor

Tren desain rumah
Source : Pixabay

Banyaknya homepreneur membuat tren desain rumah makin berkembang. Dengan perekonomian yang tidak stabil datang kesempatan bagi lebih banyak orang untuk bekerja dari rumah baik paruh waktu atau memulai bisnis rumahan. 

Teknologi saat ini membuat banyak orang lebih produktif di rumah seperti menjadikannya sebagai kantor. Ruang kerja dapat berada di garasi yang tak lama digunakan hingga berdampingan dengan tempat tidur.

Baca juga: Cara Menghitung Anak Tangga Lurus dan Melingkar

5. Beranda dan Teras

Source : Kompas

Desain teras atau dek untuk melengkapi karakter arsitektur eksterior rumah Pins. Buatlah lebih menarik, alami, dan indah di pandang sehingga jika bosan mengobrol di ruang tamu maka teras dapat difungsikan sebagai tempat nongkrong outdoor. Tambahkan beberapa tanaman gantung sebagai pemanis dan dekorasi teras.

Buat lantai teras lebih rendah sedikit dengan pintu masuk rumah sebagai penegas area. Teras tak harus luas namun cukup untuk menempatkan kursi panjang atau single chair pun cukup.

6. Rumah Kayu Bergaya Rustic

Source : architecturaldesigns

Hunian dengan konsep rustic lebih banyak menggunakan material alam seperti kayu yang sangat dominan dalam pembangunan rumah. Warna natural dari rumah serta penempatan perabotannya dipertimbangkan secara matang. Furnitur tergolong antik dan mengesankan suasana hangat.

7. Smart Home Modern

Source : BLKP

Desain rumah ini mengedepankan efektifitas dengan memanfaatkan teknologi. Dalam mengatur rumah bisa mengandalkan sistem otomatis seperti menutup dan membuka gerbang, mengunci pintu, menutup gorden dan lainnya. Keperluan rumah dapat dikendalikan lewat perangkat dari jarak jauh sekalipun.

Baca juga: Desain Tampak Toko Sesuai Dengan Barang yang Dijual

8. Rumah Minimalis Gaya Industrial

Source : Homestratosphere

Gaya industrial dalam arsitektur umumnya menggunakan dominasi warna logam. Selain itu memanfaatkan barang yang tak terpakai sebagai furnitur. Untuk dinding memakai batu bata ekspos atau lantai yang hanya diberi semen aci. Tujuannya memunculkan warna asli dari bangunan tersebut.

9. Hunian dengan Jendela Lebar

Source : swissfineline

Jika ingin memaksimalkan pencahayaan alami dalam rumah bisa menerapkan desain hunian ini. Atapnya dibuat datang dengan jendela yang sangat lebar bahkan difungsikan sebagai dinding pembatas. Setiap lantainya memiliki jendela kaca dengan warna putih sebagai cat dinding rumah tersebut.

Keunggulan dari hunian ini adalah membuat ruangan terasa lebih lapang. Desainnya yang futuristik sering dipadukan dengan konsep rumah open space yang mana dari dalam hunian bisa terlihat jelas pemandangan halaman secara maksimal. Untuk meningkatkan privasi hunian dapat dipasang gorden berwarna putih maupun pastel yang menyatu dengan interior ruangan.

10. Shabby Chic

(

Gaya shabbiy chic digemari karena mampu menampilkan rumah lembut dan feminim. Meskipun furnitur yang dipakai tampak tua namun tergolong memiliki shape unik. Shabby chic mengaplikasikan lukisan, motif kain, dan dekorasi unit lainnya agar rumah menjadi lebih feminim.

Tren desain rumah di atas bisa jadi referensimu membangun hunian di perkotaan maupun pedesaan. Setiap tahun tren bisa berubah namun ada juga yang bertahan hingga beberapa dekade karena manfaatnya jauh lebih besar sehingga tidak sekedar hybe saja.

Baca juga: Denah Rumah Ukuran 20×20

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download