Pinhome

Tips Properti

Detail Biaya Pembuatan Kolam Renang Ukuran Standar

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 7 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, kolam renang memang bisa menjadi salah satu fasilitas di rumah yang membuat keluarga senang. Pasalnya pada dasarnya, kebanyakan dari kita suka bermain dengan air. Namun pernahkah kamu berpikiran untuk membuat kolam renang di rumah? Kira-kira berapa ya biaya pembuatan kolam renang di rumah ukuran standar?

Pinhome – Memiliki kolam renang bisa menjadi sarana untuk menghilangkan jenuh dan penat. Sekaligus kamu pun bisa berhemat dan tidak perlu pergi ke kolam renang umum atau wahana air lain. Kamu bisa mengundang keluarga untuk berenang bersama dan mengajak teman-temanmu sambil pesta barbeque di pinggir kolam. 

Baca Juga: Cara Membuat Kolam Renang Pribadi Dengan Budget Murah

Pins, pada dasarnya membuat kolam renang bisa kamu lakukan dengan mudah. Artinya kamu bisa mengonsep sendiri. Namun, dalam proses teknisnya tentu banyak hal yang perlu kamu persiapkan dan ini tidak bisa kamu kerjakan sendiri. Di awal kamu perlu memahami peralatan dan bahan material yang diperlukan. Pastikan juga kamu memahami dan sudah mencatat ukuran di setiap area di rumah. Tujuannya untuk menyesuaikan ukuran kolam renang yang akan kamu buat.

Berapa ukuran standar kolam renang?

biaya pembuatan kolam renang
(Orami)

Baca Juga: Desain Kolam Renang Rumah Unik Dan Instagramable

Pada dasarnya ukuran kolam renang standar untuk publik adalah 5 x 25 meter dengan kedalaman 1-4 meter. Namun, untuk kolam renang di rumah, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri Pins. Tentunya, balik lagi kepada kebutuhan dan luas lahan yang kamu miliki di rumah.

Untuk kedalaman pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jika di rumah mu ada anak kecil, pastikan ukuran kolam tidak terlalu dalam. Untuk lebih aman, kamu bisa membuat kolam dengan ukuran yang sama di satu kolam tersebut. Berbeda pada kolam renang publik yang lantainya dibuat menurun, semakin ke ujung maka semakin dalam pula kolam tersebut. 

Material yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang

biaya pembuatan kolam renang
(Kompas Properti)

Pins, untuk tahu apa saja material yang diperlukan untuk membuat kolam renang, kamu bisa memperhatikan beberapa penjelasan berikut.

Semen

Semen menjadi bahan yang sering digunakan untuk membuat bangunan. Untuk beberapa konstruksi ada juga yang menggunakan beton yaitu campuran semen, pasir dan batu kerikil agar konstruksi lebih kuat. 

Pasir

Pasir erat sekali sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk membuat sebuah konstruksi bangunan. Untuk membuat lantai, dinding, hingga pagar umumnya menggunakan pasir sebagai bahan baku utama Pins. Biasanya pasir akan dicampur dengan semen untuk membentuk bahan yang kuat dalam membuat kolam renang.

Keramik

Kolam renang menggunakan keramik untuk melapisi dinding-dinding dan lantai kolam. Kerami mempunyai fungsi yang tidak menyerap air, sehingga ini bisa melindungi lapisan dinding semen atau beton di bawahnya agar tidak rusak terkena air. 

Pipa

Pipa berfungsi sebagai media untuk mengalirkan air ke dalam kolam. Pipa juga mempunyai fungsi untuk menguras air kolam yang akan dibersihkan.

Kayu

Agar area kolam tidak licin, kamu bisa menggunakan kayu di samping bibir kolam. Tujuannya agar saat berjalan di sisi kolam, kamu tidak akan terpeleset.

Besi

Besi biasanya digunakan untuk membuat pegangan kolam. Kamu bisa memanfaatkan besi yang ringan sebagai pegangan di sisi kolam.

Detail biaya pembuatan kolam renang

biaya pembuatan kolam renang
(Science Friday)

Pins, setelah kamu memahami material yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang maka saatnya kamu memahami biaya masing-masing alat dan bahan tersebut. Namun sebagai disclaimer, harga bahan, alat atau perlengkapan di bawah ini dapat berbeda di setiap daerah. Kamu harus melakukan pengecekkan langsung dengan harga lokal. Panduan ini bersifat sebagai standar yang bisa kamu jadikan asumsi dalam menghitung kebutuhan ya Pins.

Bahan atau AlatHarga Satuan (Rupiah)
Semen50.000-60.000 (1 sak)
Pasir1.340.000 (1 truk)
Keramik40.000-70.000 (per dus)
Pipa8.000.000 (1 set)
Kayu700.000-1.500.000 (per meter persegi)
Tangga kolam renang500.000-1.000.000 (1 set)
Tukang100.000 (per hari)

Pins, informasi di atas diambil dari beberapa sumber yang berbeda. Misalnya saja untuk harga semen, pasir, keramik, pipa, kayu dan tangga kolam renang mengacu pada marketplace Tokopedia. 

Harga semen seperti yang bisa kita cek bersama berkisar antara 50.000-60.000 per sak. Namun, bisa saja ini berbeda dengan harga offline di toko bangunan dekat rumah kamu Pins. Kamu bisa mengeceknya lebih dahulu untuk membandingkan ya.

Harga pasir pun di sini menggunakan satuan 1 truk. Artinya ini mengacu pada 1 bak truk ya Pins dengan harga 1 jutaan. 

Keramik kolam renang menggunakan satuan dus. Untuk jumlah keramik per dus pun berbeda-beda. Ada yang berisi 20 pcs, ada juga yang berisi 30 pcs. Ini bergantung pada ukuran dan juga merek dari keramik tersebut.

Untuk seperangkat pipa menggunakan referensi dari Tokopedia. Satu set pompa kolam renang 1/2 Hp Venezia STP50+Sand Filter 16 inch ini dihargai sekitar 1.800.000 rupiah.

Untuk tenaga tukang biasanya di antara 100.000 ya Pins dan ini hitungannya per hari. Namun, tergantung dari jumlah tukang bangunan yang kamu sewa. Selain itu berbeda daerah biasanya akan berbeda harga juga jasanya. 

Biaya merawat kolam renang

biaya pembuatan kolam renang
(Imania Desain)

Selain biaya di atas untuk membuat kolam, kamu pun masih harus untuk mengeluarkan budget perawatan kolam Pins. Beberapa material yang diperlukan untuk merawat kolam adalah seperti kaporit dan juga biaya menguras kolam. Untuk harga kaporit sendiri berbeda-beda. Rentang harganya sekitar 40.000-50.000 di toko online. Biaya membersihkan kolam renang pun berbeda-beda ada yang mencapai 500.000 hingga jutaan per sekali membersihkan.

Jadi, sebelum kamu membuat kolam renang pastikan kamu sudah menghitung biaya pembuatan dan perawatan bulananya ya Pins.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel