Inilah Rincian Biaya Bikin Kolam Renang dan Perawatannya Terlengkap!

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ September 30, 2022 ∙ 9 menit membaca

Memiliki kolam renang pribadi di rumah terkadang menjadi idaman bagi beberapa orang. Pins ingin memiliki kolam renang pribadi di rumah? Ya, hal pertama yang harus dipikirkan ketika akan membuat kolam renang adalah, berapa biaya bikin kolam renang yang dibutuhkan? Mulai dari proses pembangunan sampai pada tahap pemeliharaan kolam renang di rumah.

Untuk Pins yang masih bingung berapa biaya pembuatan kolam renang yang dibutuhkan sampai selesai, simak informasi selengkapnya berikut ini! Pins akan mengetahui berapa biaya bikin kolam renang yang dibutuhkan dan pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan.

Baca juga:

Berapa Ukuran Standar Kolam Renang?

Pada dasarnya ukuran kolam renang standar untuk publik adalah 5 x 25 meter dengan kedalaman 1-4 meter. Namun, untuk kolam renang di rumah, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri Pins. Semua itu kembali lagi kepada kebutuhan dan luas lahan yang kamu miliki di rumah.

Untuk kedalaman kolam pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika di rumah Pins terdapat anak kecil, pastikan ukuran kolam tidak terlalu dalam. Supaya lebih aman, Pins bisa membuat kolam dengan ukuran yang sama di satu kolam tersebut. Berbeda dengan kolam renang di area publik yang lantainya dibuat menurun, semakin ke ujung maka semakin dalam pula kolam tersebut. 

Detail Biaya Bikin Kolam Renang

(My Decorative)

Pins, setelah kamu memahami ukuran standar untuk membuat kolam renang di rumah, sekarang saatnya untuk memahami biaya masing-masing alat dan bahan untuk pembuatan kolam. Namun sebagai disclaimer, harga bahan, alat atau perlengkapan di bawah ini dapat berbeda di setiap daerah. Kamu harus melakukan pengecekkan langsung baik secara online ataupun di toko material terdekat. Panduan ini hanya bersifat sebagai standar yang bisa kamu jadikan asumsi dalam menghitung kebutuhan ya Pins.

Bahan atau AlatHarga Satuan (Rupiah)
Semen50.000-60.000 (1 sak)
Pasir1.340.000 (1 truk)
Keramik40.000-70.000 (per dus)
Pipa8.000.000 (1 set)
Kayu700.000-1.500.000 (per meter persegi)
Tangga kolam renang500.000-1.000.000 (1 set)
Tukang100.000 (per hari)

Pins, informasi di atas hanya referensi sementara saja. Misalnya saja untuk harga semen pada umumnya berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 60.000 per sak, namun bisa saja harga tersebut berbeda dengan harga di toko bangunan terdekat.

Kebutuhan untuk keramik kolam renang menggunakan satuan dus dalam pembeliannya. Untuk jumlah keramik per dus pun berbeda-beda, ada yang berisi 20 pcs, ada juga yang berisi 30 pcs bergantung pada ukuran dan juga merek dari keramik tersebut. Untuk tenaga tukang biasanya membutuhkan biaya di antara Rp. 100.000 – Rp. 200.000 dengan hitungan harian ya Pins.

Baca Juga: Inilah 12 Rekomendasi Kontraktor Kolam Renang Terbaik Saat Ini!

Kisaran Biaya Perawatan kolam renang

Selain biaya untuk bikin kolam renang, Pins masih harus mengeluarkan budget untuk perawatan kolam renang, agar selalu terjaga kebersihan dan keamanannya. Beberapa material yang diperlukan untuk merawat kolam biasanya seperti kaporit dan juga biaya untuk menguras kolam. Untuk harga kaporit sendiri berbeda-beda rentang harganya sekitar Rp. 40.000 – Rp. 50.000 bergantung pada daerah masing-masing. Biaya membersihkan kolam renang pun berbeda-beda ada yang mencapai Rp. 500.000 hingga jutaan per treatment.

Baca juga:

Material yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang

(Pinterest)

Pins sudah siap untuk membangun kolam renang pribadi di rumah? Yuk, simak material bangunan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunannya. Berikut selengkapnya!

Semen

Semen menjadi bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat bangunan. Untuk beberapa konstruksi ada juga yang menggunakan beton dengan campuran semen, pasir dan batu kerikil agar konstruksi lebih kuat.  

Pasir

Selain semen, pasir juga menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat sebuah konstruksi bangunan termasuk kolam renang. Seperti untuk membuat lantai, dinding, hingga pagar umumnya menggunakan pasir sebagai bahan baku utama Pins. Biasanya pasir akan dicampur dengan semen untuk membentuk bahan yang kuat dalam membuat kolam renang.

Keramik

Pembuatan kolam renang tentu akan menggunakan keramik untuk melapisi dinding-dinding dan lantai pada kolam. Keramik mempunyai fungsi yang tidak menyerap air, sehingga material ini dapat melindungi lapisan dinding semen atau beton di bawahnya agar tidak rusak saat terkena air. 

Baca juga:

Pipa

Material pipa berfungsi sebagai media untuk mengalirkan air ke dalam kolam renang. Selain itu, pipa juga mempunyai fungsi untuk menguras air kolam yang akan dibersihkan oleh Pins nantinya.

Kayu

Agar area di sekitar kolam renang tidak licin, Pins bisa menggunakan kayu di samping bibir kolam. Tujuannya agar saat berjalan di sisi kolam, kamu tidak akan terpeleset demi meningkatkan faktor keamanannya.

Besi

Besi biasanya digunakan untuk membuat pegangan pada kolam renang. Pins bisa memanfaatkan besi yang ringan sebagai pegangan di sisi kolam. Selain sebagai akses untuk naik atau turun ke kolam renang, besi ini juga memiliki peranan sebagai pengaman lho Pins!

Baca Juga: Berapa Standar Ukuran Kolam Renang dan Panjangnya? Ini Selengkapnya!

Cara Membuat Kolam Renang Pribadi dengan Budget Murah

(Home Stratosphere)

Pins ingin membuat kolam renang tapi takut mahal? Gunakan cara membuat kolam renang pribadi dengan budget murah berikut ini!

Tentukan Ukuran dan Desain Kolam Renang

Hal pertama yang perlu Pins lakukan dalam menghitung biaya pembuatan kolam renang adalah menentukan ukuran kolam renangnya terlebih dahulu. Pastikan Pins sudah mengukur kolam renang dengan baik agar tidak mengganggu fungsi ruangan lain di rumah. 

Jangan lupa untuk menentukan kedalaman kolam renang di rumah. Umumnya kedalaman kolam renang adalah 0,5-1 m untuk anak-anak dan 1,5-2 m untuk orang dewasa.

Jika Pins telah mengukur kolam renang, cara pembuatan kolam renang pribadi selanjutnya adalah dengan mendesain kolam renang. Pastikan Pins merancang desain kolam renang dengan matang. Pikirkan sampai untuk menentukan posisi alat-alat pendukung kolam renang seperti filter air, saluran pembuangan dan sebagainya agar nantinya dapat berjalan dengan baik.

Ajukan Izin Pembangunan

Cara membuat kolam renang rumah selanjutnya adalah dengan mengajukan izin pembangunan. Meski kolam renang ini dibangun di lahan pribadi, Pins perlu mengajukan izin pembangunan ke Pemerintah Daerah. Terdapat beberapa persyaratan yang perlu Pins penuhi untuk mengajukan izin pembangunan kolam renang ini. Kamu juga bisa memasukan proses untuk izin pembangunan ini ke dalam bagian dari biaya bikin kolam renang di rumah.

Proses Penggalian

Untuk membangun kolam renang di rumah, tentu Pins perlu melakukan proses penggalian. Proses ini disesuaikan dengan luas, lebar dan kedalaman kolam yang sudah direncanakan sejak awal. 

Usahakan untuk membuat tanah yang digali sedatar mungkin pada bagian dasar kolam. Buatlah galian pada bagian dasar dan dinding kolam renang sedatar dan sepadat mungkin. Hal ini untuk mempermudah pembangunan dinding dan lantai kolam renang.

Proses Pemasangan Pipa dan Instalasi Listrik

Jika proses penggalian telah dilakukan, biaya pembuatan kolam renang tidak hanya berhenti disitu saja Pins. Cara membuat kolam renang selanjutnya adalah dengan pemasangan rangka beton dinding. Biasanya pemasangan rangka ini dimulai dengan memasang rangka besi. Pastikan bahwa pemasangan rangka ini merata di setiap sisi dinding dan lantai dasar kolam. 

Jika sudah selesai, Pins harus memastikan bahwa pipa-pipa pada kolam renang terpasang dengan baik. Pins bisa menggunakan jasa tukang pipa berlisensi agar pipa-pipa pada kolam renang terpasang dengan baik. Pins juga bisa menambahkan instalasi listrik jika diperlukan seperti untuk lampu penerangan di dalam kolam.

Proses Pelapisan Kolam Renang

Setelah semua proses inti pembangunan telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah proses pelapisan kolam. Biasanya pelapisan ini menggunakan beton. Pastikan bahwa setiap sisi dan sudut kolam renang sudah terlapisi dengan baik. Hal ini guna mencegah terjadinya air yang merembes akibat pelapisan yang tidak rapat.

Jika dinding dan lantai kolam renang telah dilapisi, maka Pins bisa mulai memasangkan lapisan akhir, yaitu keramik. Pins bisa melapisi kolam renang dengan berbagai keramik yang sesuai dengan budget.

Mengisi Kolam Renang Dengan Air

Jika kolam renang sudah terlapisi dengan baik, Pins bisa melanjutkan pembangunan ke area luar kolam renang, yaitu bagian pinggir kolam renang. Area ini berbentuk seperti bingkai pada kolam renang. 

Biasanya dibagian pinggir kolam renang juga dibangunan saluran air yang akan memudahkan air yang terciprat dari kolam renang langsung masuk dan terbuang melalui saluran air tersebut. Pins bisa menggunakan berbagai material mulai dari batu alam, keramik, kayu dan masih banyak lagi. 

Usahakan untuk memilih material yang tidak licin sehingga kemungkinan Pins atau keluarga terpeleset lebih kecil. Pins bisa menyesuaikan penggunaan material sesuai selera dan budget yang Pins miliki.

Baca juga: 

Pertimbangan untuk Membuat Kolam Renang di Rumah

(Booking.com)

Pins mungkin telah membayangkan bagaimana rasanya dapat berenang setiap hari di rumah dengan adanya kolam renang pribadi. Tetapi, Pins perlu memperhatikan beberapa pertimbangan penting untuk membuat kolam renang di rumah seperti berikut ini!

Faktor Keamanan Keluarga

Sebelum membuat kolam renang pribadi di rumah, pastikan terlebih dahulu keamanan untuk semua anggota keluarga ya Pins. Terlebih lagi jika di rumah terdapat anak kecil atau orang tua yang sudah lanjut usia.

Agar kolam renang di rumah tidak membahayakan semua anggota keluarga, sebaiknya dilengkapi dengan pagar di sekitar kolam. Fungsinya adalah untuk menjaga anak kecil atau atau orang tua yang sudah lanjut usia tidak tercebur ke dalam kolam.

Memeriksa Kualitas Air

Jika ingin membuat kolam renang di rumah, periksa terlebih dahulu kualitas air di rumah Pins. Kualitas air yang baik biasanya dilihat berdasarkan kejernihan airnya. Hal ini juga dapat mempermudah proses perawatan agar air di kolam renang tidak perlu disaring lagi.

Memperhatikan Keadaan Lingkungan Sekitar

Jika Pins tinggal di perumahan yang memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, seperti jogging track, pusat kebugaran dan kolam renang, sebaiknya Pins perlu berpikir ulang untuk membuat kolam renang di rumah. Selain akan mengurangi biaya perawatan kolam renang pribadi, Pins juga tidak perlu repot untuk membersihkan kolam renang setiap hari.

Mempersiapkan Biaya Perawatan Kolam Renang

Membangun kolam renang di rumah sendiri, tentu akan membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Kolam renang akan membutuhkan klorin agar air di dalam kolam tetap jernih dan terhindar dari kuman serta tidak mudah ditumbuhi lumut. Selain itu kolam renang juga dapat menjadi sumber penyakit dan berkembangbiaknya nyamuk DBD jika tidak sering dibersihkan.

Rumah yang memiliki kolam renang sendiri tentu akan menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun sebelum membangun kolam renang di rumah sebaiknya pertimbangkanlah jangka panjangnya, agar Pins tidak menyesal dikemudian hari.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kisaran biaya bikin kolam renang yang mungkin akan Pins butuhkan untuk membangun rumah idaman. Selain memperhatikan biaya pembuatan kolam renang, memperhatikan beberapa pertimbangan penting sebelum membangun kolam renang juga penting Pins. Selamat Mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Kawaii Island NFT dan Cara Bermainnya

Kawaii Island NFT merupakan permainan dengan konsep simulasi dan basis play to earn. Para pemain da

Finansial
Finansial Apa itu Cup and Handle Pattern dalam Trading?

Ada banyak sekali istilah dalam investasi yang mungkin masih asing terdengar, terutama kalau kamu m

Finansial
Finansial Apa itu Expert Advisor dalam Trading?

Sekarang ini, trading telah menjadi suatu bentuk kegiatan yang populer untuk bisa memperoleh pemasu

Lifestyle
Lifestyle 21 Ucapan Sweet Seventeen untuk Orang Spesial

Ucapan sweet seventeen dapat menjadi hal paling berkesan untuk diutarakan kepada seseorang yang spe

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Selamat Hari Ibu Yang Menyentuh Hati

Hari Ibu merupakan hari yang dibuat sebagai bentuk apresiasi kepada Ibu yang sudah berjasa dalam me

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia