8 Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ November 17, 2022 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Dak teras menjadi salah satu elemen penting dalam membangun rumah. Hal ini karena dak akan berfungsi sebagai penutup bagian atas teras. Seperti yang kita ketahui, dak merupakan konstruksi yang terletak pada bagian teratas bangunan. Umumnya pembuatan dak menggunakan bahan beton. Kira-kira apa saja ya fungsi dari dak teras rumah minimalis modern? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Fungsi Dak Teras Rumah 

Sebelum mengetahui model model dak teras rumah minimalis modern, yuk pastikan kamu mengetahui dulu apa saja fungsi dak. Cek informasi selengkapnya mengenai dak teras rumah di sini ya Pins!

Untuk menahan berat dan beban bangunan

Pins, dak teras merupakan salah satu bagian konstruksi rumah yang penting. Dak rumah mempunyai fungsi untuk menahan beban bangunan agar tetap seimbang. Jadi, ketika kamu akan membangun rumah pastikan dak dibuat dengan tepat dan persisten ya Pins.

Melindungi bagian bawah rumah

Selain berfungsi dari segi konstruksi, dak teras minimalis juga berfungsi sebagai pelindung area bagian bawah. Space pada teras akan terlindungi oleh dak sehingga bagian tersebut tidak akan langsung terkena air hujan dan terik matahari.

Membatasi lantai bawah dan atas

Apabila kamu berencana untuk membuat dua lantai pada rumahmu, maka dak akan berguna untuk membatasi lantai bawah dan atas. Hal ini penting agar lantai atas mempunyai lantai yang kokoh.

Alas untuk lantai dua rumah

Selain itu, dak juga akan berfungsi sebagai pondasi untuk lantai dua Pins. Maka dari itu konstruksi dak rumah harus menggunakan bahan yang kokoh.

Berfungsi menjadi atap tambahan

Selanjutnya fungsi dak yang sering muncul adalah kegunaannya sebagai atap. Di beberapa rumah dak akan menyatu hingga ke atap garasi. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri karena pemilik rumah tidak perlu membangun atap lagi.

Baca juga: Pengertian Site Plan Rumah dan Fungsinya yang Penting Untuk Diketahui

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Setelah kamu memahami apa saja fungsi dak rumah, berikut ini ada beberapa model dak teras rumah minimalis modern yang bisa kamu jadikan referensi. 

Dak Rumah Sederhana

Ini adalah model dak rumah minimalis modern pertama Pins. Bentuknya simpel dan menyatu dengan pilar rumah. Selain itu ada juga beberapa dak di atas jendela rumah dan area garasi kecil. Ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang mempunyai struktur bangunan rumah tidak presisi seperti di atas. Kamu bisa melihat atap rumah terpisah antara bagian tengah dan di sebelahnya.

Model Dak Memanjang

Model dak rumah kedua cenderung memanjang ke depan. Selain itu bagian ujung dak ditopang oleh tiang atau pilar yang menutupi bagian teras. Dak seperti ini bisa menjadi opsi jika kamu mempunyai area teras kecil dan cenderung luas tanah yang memanjang ke depan. Pilar di rumah di atas juga unik karena menyatu dengan pagar rumah sehingga fungsinya menjadi ganda dan efisien ya Pins.

Baca juga: Cara Mencegah Atap Rumah Bocor

Menyesuaikan Luas Rumah

Selanjutnya ada dak rumah seperti gambar di atas. Jika kamu melihat ada bagian dak yang terletak di atas pintu rumah dan juga dak di atas garasi. Hal ini tentu menyesuaikan dengan bentuk bangunan ya Pins. Melihat ukuran bangunan rumah di atas luas, maka ukuran dak pun akan mengikuti area rumah.

Dak Rumah Tingkat Dua

Ini adalah contoh lain dari dak dengan rumah tingkat dua. Kamu bisa melihat ada dua lapis dak ya Pins. Lapisan dak pertama memanjang di area atas lantai satu, sementara lapisan kedua menjadi alas untuk lantai dua.

Baca juga: 5 Model Kanopi Tanpa Tiang dari Baja Ringan

Dak Rumah Bersusun

Dak selanjutnya yang bisa menjadi contoh adalah seperti gambar di atas Pins. Di bagian depan ada dua lapis dak yang tersusun. Hal ini karena bagian atap rumah sengaja dibuat lebih tinggi agar terdapat area untuk ventilasi udara.

Model Dak Unbalance

Pins berikutnya ada dak yang menyatu dengan pilar rumah. Ini bisa menjadi contoh dak rumah yang berkonsep minimalis dengan konsep unbalance atau tidak seimbang. Namun di bagian atasnya terdapat lapisan dak yang sekaligus berfungsi sebagai atap.

Dak Rumah Garasi

Berikutnya ada bentuk dak rumah yang memanjang ke samping sehingga menjadi atap untuk garasi rumah. Ini bisa menjadi salah satu referensi bagi kamu yang ingin mengoptimalkan dak menjadi atap untuk beberapa area di rumah Pins.

Baca juga: Tips Memilih Desain Atap Carport Agar Cantik dan Enak Dilihat

Model Dak Ramping

model dak teras rumah
(Youtube @Tukang Desain))

Terakhir ada model dak seperti ini Pins. Jika kamu lihat pilar rumah berukuran sederhana dan sedikit ramping. Fungsi dak di rumah tersebut memiliki dua kegunaan, pertama sebagai pelindung lantai bawah. Kedua menjadi alas untuk bagian atap rumah yang memanjang ke atas.

Nah, itulah informasi mengenai dak rumah minimalis dan beragam inspirasinya. Semoga penjelasannya berguna ya Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah seperti pada Villa Kebun Raya Cibinong 2 dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia