Pinhome

8 Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, membangun rumah tentu harus memperhatikan banyak aspek. Misalnya apakah ukuran dan tinggi pilar rumah sudah sesuai. Selain itu pastikan juga apakah bagian genteng sudah terpasang dengan baik sehingga tidak menimbulkan bocor. Termasuk memastikan dak teras rumah minimalis modern sudah dibangun dengan benar.

Pinhome – Pins, dak teras menjadi salah satu elemen penting dalam membangun rumah. Hal ini karena dak akan berfungsi sebagai penutup bagian atas teras. Seperti yang kita ketahui dak merupakan konstruksi yang terletak pada bagian teratas bangunan. Umumnya pembuatan dak menggunakan bahan beton. Kira-kira apa saja ya fungsi dari dak teras rumah minimalis modern? Mari kita perhatikan penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Dak Teras Rumah 

Sebelum mengetahui model model dak teras rumah minimalis modern, yuk pastikan kamu mengetahui dulu apa saja fungsi dak. Cek informasi selengkapnya mengenai dak teras rumah di sini ya Pins!

Untuk menahan berat dan beban bangunan

Pins, dak teras merupakan salah satu bagian konstruksi rumah yang penting. Dak rumah mempunyai fungsi untuk menahan beban bangunan agar tetap seimbang. Jadi, ketika kamu akan membangun rumah pastikan dak dibuat dengan tepat dan persisten ya Pins

Melindungi bagian bawah rumah dari hujan dan terik matahari

Selain berfungsi dari segi konstruksi, dak teras minimalis juga berfungsi sebagai pelindung area bagian bawah. Space pada teras akan terlindungi oleh dak sehingga bagian tersebut tidak akan langsung terkena air hujan dan terik matahari.

Membatasi lantai bawah dan atas

Apabila kamu berencana untuk membuat dua lantai pada rumahmu, maka dak akan berguna untuk membatasi lantai bawah dan atas. Hal ini penting agar lantai atas mempunyai lantai yang kokoh.

Alas untuk lantai dua rumah

Selain itu, dak juga akan berfungsi sebagai pondasi untuk lantai dua Pins. Maka dari itu konstruksi dak rumah harus menggunakan bahan yang kokoh.

Berfungsi menjadi atap tambahan

Selanjutnya fungsi dak yang sering muncul adalah kegunaannya sebagai atap. Di beberapa rumah dak akan menyatu hingga ke atap garasi. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri karena pemilik rumah tidak perlu membangun atap lagi.

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Setelah kamu memahami apa saja fungsi dak rumah, berikut ini ada beberapa model dak teras rumah minimalis modern yang bisa kamu jadikan referensi. 

Model dak minimalis pertama

(Lingkar Warna)

Ini adalah model dak rumah minimalis modern pertama Pins. Bentuknya simpel dan menyatu dengan pilar rumah. Selain itu ada juga beberapa dak di atas jendela rumah dan area garasi kecil. Ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang mempunyai struktur bangunan rumah tidak presisi seperti di atas. Kamu bisa melihat atap rumah terpisah antara bagian tengah dan di sebelahnya.

Model dak minimalis kedua

(Pinterest)

Model dak rumah kedua cenderung memanjang ke depan. Selain itu bagian ujung dak ditopang oleh tiang atau pilar yang menutupi bagian teras. Dak seperti ini bisa menjadi opsi jika kamu mempunyai area teras kecil dan cenderung luas tanah yang memanjang ke depan. Pilar di rumah di atas juga unik karena menyatu dengan pagar rumah sehingga fungsinya menjadi ganda dan efisien ya Pins.

Model dak minimalis ketiga

(Design Rumah)

Selanjutnya ada dak rumah seperti gambar di atas. Jika kamu melihat ada bagian dak yang terletak di atas pintu rumah dan juga dak di atas garasi. Hal ini tentu menyesuaikan dengan bentuk bangunan ya Pins. Melihat ukuran bangunan rumah di atas luas, maka ukuran dak pun akan mengikuti area rumah.

Model dak minimalis keempat

(Design Rumah)

Ini adalah contoh lain dari dak dengan rumah tingkat dua. Kamu bisa melihat ada dua lapis dak ya Pins. Lapisan dak pertama memanjang di area atas lantai satu, sementara lapisan kedua menjadi alas untuk lantai dua.

Model dak minimalis kelima

(kibris pdr)

Dak selanjutnya yang bisa menjadi contoh adalah seperti gambar di atas Pins. Di bagian depan ada dua lapis dak yang tersusun. Hal ini karena bagian atap rumah sengaja dibuat lebih tinggi agar terdapat area untuk ventilasi udara.

Model dak minimalis keenam

(Pinterest)

Pins berikutnya ada dak yang menyatu dengan pilar rumah. Ini bisa menjadi contoh dak rumah yang berkonsep minimalis dengan konsep unbalance atau tidak seimbang. Namun di bagian atasnya terdapat lapisan dak yang sekaligus berfungsi sebagai atap.

Model dak minimalis ketujuh

(Desain)

Berikutnya ada bentuk dak rumah yang memanjang ke samping sehingga menjadi atap untuk garasi rumah. Ini bisa menjadi salah satu referensi bagi kamu yang ingin mengoptimalkan dak menjadi atap untuk beberapa area di rumah Pins.

Model dak minimalis kedelapan

(Desain Rumah)

Terakhir ada model dak seperti ini Pins. Jika kamu lihat pilar rumah berukuran sederhana dan sedikit ramping. Fungsi dak di rumah tersebut memiliki dua kegunaan, pertama sebagai pelindung lantai bawah. Kedua menjadi alas untuk bagian atap rumah yang memanjang ke atas.

Nah itu saja informasi mengenai dak rumah minimalis. Semoga penjelasannya berguna ya Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel