Cara Merawat Tanaman di Rumah dengan Benar Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 17 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Keberadaan taman yang asri dan menyejukan tentu sangat penting di rumah Pins, khususnya untuk menyediakan sirkulasi udara yang lebih baik ke dalam ruangan. Bagi pemula cara merawat tanaman di rumah mungkin akan terasa sulit, apalagi jika memiliki berbagai jenis tanaman yang beragam.

Sebenarnya, saat ini terdapat berbagai jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus dan disiram setiap hari. Pins bisa menggunakan jenis tanaman yang mudah di rawat seperti bunga mawar ataupun bambu rejeki. Namun, jika Pins ingin menggunakan tanaman yang memerlukan perawatan setiap hari, berikut beberapa cara merawat tanaman di rumah untuk pemula agar dapat tumbuh subur dan asri!

Baca juga:

Cara Merawat Tanaman di Rumah

Pins bisa menggunakan beberapa cara merawat tanaman di rumah berikut ini untuk menciptakan taman yang asri dan indah. Berikut selengkapnya!

Siram Tanaman Secara Rutin

(Dallas Morning News)

Setiap tanaman tentu membutuhkan air sebagai sumber kehidupannya Pins. Untuk itu, kamu bisa menyiram tanaman secara rutin setiap harinya. Namun, usahakan untuk tidak menyiramnya secara berlebihan ya Pins! Kamu bisa menyiram tanaman pada pagi atau malam hari untuk memberikan suplai air yang cukup. Selain itu, jangan menyiram dengan komposisi air yang berlebihan, usahakan untuk menyiram mulai dari akar hingga ke daunnya.

Memberikan Sinar Matahari yang Cukup

(iStockphoto)

Beberapa tanaman mungkin akan membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk merawatnya. Untuk itu, disarankan agar menjemur tanaman setidaknya 3-4 jam sehari. Cara merawat tanaman di rumah ini cukup efektif untuk meminimalisir agar tanaman tidak layu dan selalu memiliki warna yang cerah. Namun, beberapa jenis tanaman mungkin hanya membutuhkan sinar matahari kurang lebih sekitar 1-2 jam sehari.

Baca juga:

Memberikan Pupuk Secara Rutin

(The Statesman)

Memberikan nutrisi tanaman yang cukup akan membantu Pins untuk memberikan cara merawat tanaman di rumah yang mudah. Dengan pemberian pupuk yang sesuai dan tepat, akan menjadikan tanaman tumbuh dengan subur. Jenis pupuk juga sangat beragam, kamu bisa menyesuaikannya dengan berbagai jenis tanaman yang ditanam di rumah.

Membersihkan Debu Pada Tanaman

(Proflowers)

Jika Pins menemukan debu yang menempel pada tanaman, segeralah untuk membersihkannya. Selain dapat menghambat pertumbuhan tanaman, debu juga bisa menjadi penyebab munculnya hama. Cara merawat tanaman di rumah ini adalah bagian yang sangat penting. Pins juga bisa membersihkannya menggunakan lap basah dan melakukannya dengan berhati-hati agar daun tidak rusak.

Memotong Bagian Tangkai atau Daun Kering

(Kompas)

Seiring berjalannya waktu, tanaman akan beregenerasi dengan sendirinya. Biasanya terdapat daun atau tangkai yang kering dan mati. Nah, jangan sampai Pins abai dengan kondisi yang satu ini ya! Karena tangkai atau daun yang kering ini harus segera dipotong. Bisa jadi tangkai atau daun kering ini mati akibat penyakit, oleh karena itu pemotongan harus dilakukan agar tidak menyebar ke tangkai lainnya.

Mencegah Pertumbuhan Hama dan Penyakit

(Healthline)

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam bagaimana cara merawat tumbuhan adalah dengan melakukan pencegahan terhadap hama dan penyakit yang dapat menyerang tanamanmu. Pins dapat melakukan beberapa cara agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit, yaitu:

  • Mencabut rumput liar yang berada di sekitar tanaman.
  • Menjaga kualitas tanah dengan memberikan pupuk alami dan air yang cukup.
  • Memberikan sinar matahari yang cukup.
  • Merotasi tanaman secara rutin.

Mengeluarkan Tanaman Seminggu Sekali

(Morning Chores)

Setiap tanaman tentu membutuhkan oksigen alami yang berasal dari alam. Untuk itu, Pins bisa mengeluarkan tanaman setidaknya sekali dalam seminggu. Cara ini sangat ampuh untuk membuat pertumbuhan tanaman lebih baik.

Baca juga:

Menggunakan Pot yang Sesuai Dengan Ukuran Tanaman

(Jendela Today)

Cara merawat tanaman di rumah yang selanjunya adalah menggunakan ukuran pot yang sesuai dengan ukuran tanaman. Pins bisa menyesuaikannya dengan ukuran tanaman yang dipilih. Selain itu, cobalah untuk menggunakan bahan pot yang berkualitas ya Pins!

Menyimpan Tanaman Dekat Jendela

(Inhabitat)

Apakah Pins tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman di rumah? Cara merawat tanaman di rumah dengan meletakannya di dekat jendela bisa menjadi solusi terbaik Pins! Dengan begitu, tanaman akan dengan mudah untuk mendapat pencahayaan yang cukup.

Menjaga Suhu dan Kelembaban

(Pinterest)

Menjaga kelembaban di sekitar tanaman merupakan suatu hal yang sangat penting Pins! Usahakan untuk menaruh tanaman di area yang tidak terlalu lembab. Selain itu, suhu yang pas juga akan mempengaruhi kualitas pertumbuhannya.

Menjaga Kualitas Tanah

(Phillyvoice)

Ketika Pins akan menanam tanaman, cobalah untuk memperhatikan kualitas tanahnya. Cara merawat tumbuhan ini bisa Pins perhatikan agar tanaman lebih subur dan memiliki warna yang indah.

Baca juga:

Cara Memilih Tanaman yang Tepat

(iConic Outdoor)

Pins sudah paham kan bagaimana cara merawat tanaman di rumah? Langkah selanjutnya adalah untuk mengetahui cara memilih tanaman yang tepat agar dapat tumbuh subur dengan sempurna.

Pilih Jenis Tanaman Daun Bukan Bunga

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menanam tumbuhan untuk keperluan di dalam ruangan adalah jenis tanaman yang akan ditanam. Pilih jenis tanaman daun-daunan seperti misalnya, anthurium, puring atau jenis tumbuhan perdu yang tidak berbunga lainnya. Hal ini perlu dilakukan sebab jenis tanaman berdaun dapat lebih mudah beradaptasi dengan teknik penanaman indoor ketimbang dengan jenis bunga-bungaan seperti misalnya chrysantemum, seruni maupun tanaman bunga lainnya.

Pilih Jenis Tanaman Yang Tahan Terhadap Lingkungan Kering

Untuk mempermudah Pins dalam menanam tanaman, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memilih jenis tanaman yang tahan terhadap lingkungan kering. Tanaman yang tahan terhadap cuaca kering tentu tidak membutuhkan penyiraman yang rutin dan cahaya matahari berlebih.

Memilih Jenis Tanaman Air

Pins mungkin sering menemukan beberapa orang yang memilih untuk menanam tanaman air di rumahnya. Cara merawat tanaman di rumah degan memilih jenis tanaman air ternyata sangat ampuh, khususnya bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawatnya. Beberapa tanaman air seperti bambu air, eceng gondok, bunga teratai, dan lain sebagainya bisa menjadi pilihan.

Memilih Kualitas Bibit yang Baik

Langkah selanjutnya untuk memilih jenis tanaman yang ditanam adalah memilih kualitas bibit yang baik. Pins bisa memilih tanaman dengan bibit yang tumbuh subur dan memiliki batang sempurna. Cara ini ampuh untuk membuat tanaman tumbuh dengan subur.

Membeli Tanaman di Tempat Terpercaya

Cara terakhir untuk memilih jenis tanaman adalah membeli di tempat yang terpercaya. Pins bisa mencari rekomendasi toko bunga dan tumbuhan terbaik sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan sampai salah pilih ya Pins!

Itulah beberapa cara merawat tanaman di rumah dengan metode terbaik. Pins bisa menggunakan cara merawat tumbuhan di atas agar tanaman di rumah dapat tumbuh subur. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Bob Villa


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Material atap rumah ada bermacam-macam. Pins tentunya sudah mengenal sejumlah material yang digunak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia