Pinhome

Tips Properti

Tips Mendesain Sendiri Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Gaya desain rumah minimalis saat ini banyak diminati orang  terutama di perkotaan besar karena desain rumah minimalis memiliki nilai praktis, fungsional, hemat, dan efisien. Terkait tren pembuatan rumah minimalis, terkadang kita ingin mencoba merencanakan bahkan mendesain sendiri, dari corat-coret biasa di atas kertas hingga menggunakan lebih serius dengan komputer. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips desain rumah sendiri. Perlu diketahui hal penting sebelum mendesain adalah mengetahui prinsip-prinsip dasar desain yang utama.

  1. Prinsip pertama adalah garis. Ada dua bentuk garis yaitu vertikal dan horisontal. Rumah dengan corak horisontal memberi kesan lembut, bersih dan menciptakan atmosfir yang tenang. Sementara rumah dengan garis vertikal menimbulkan kesan solid dan formal. Memadukan garis vertikal dan horisontal untuk yang awam arsitektur akan sangat beresiko. Karena itu sebaiknya pilihlah dominasi salah satu dari vertikal atau horisontal pada desain rumah yang diinginkan.
  2. Prinsip kedua adalah tekstur. Tekstur dapat bersifat fisik yaitu tekstur material bangunan yang dipakai seperti kasar, halus, bergelombang dan sebagainya. Tetapi tekstur dapat juga bersifat visual berupa pengulangan bentuk-bentuk garis dan warna. Inilah yang menjadi poin pokok dalam mendesain rumah, yaitu tekstur visual karena berkaitan dengan karakter desain rumah keseluruhan nantinya.
  3. Prinsip ketiga adalah pemanfaatan cahaya matahari sebagai ornamen rumah. Prinsip dasar dari desain rumah yang baik adalah, sinar matahari dapat masuk kesemua ruang di dalam rumah. Karena di berbagai  tips desain rumah manapun sirkulasi udara yang baik dan pantulan matahari yang cukup adalah poin utama rumah sehat.
  4. Selanjutnya adalah bagaimana menghidupkan desain rumah tersebut melalui sentuhan secara visual. Buatlah desain eksterior luar rumah yang naturalis dengan menyediakan beberapa lahan kecil untuk taman rumah. Untuk rumah tingkat bisa mendesain semacam taman diatas (sky garden). Adanya taman diatas ini memiliki nilai plus tersendiri bagi desain rumah.

Lalu buatlah desain ruangan rumah selapang mungkin terutama untuk ruang tengah. Hindari ruang yang bersifat parsial atau terlalu dibatasi oleh banyak dinding terutama antara ruang tamu dan ruang tengah, kalau pun ada dinding bisa di terapkan dinding yang  bisa dipindah-pindah. Semoga tips desain rumah minimalis ini bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel