Pinhome

35+ Desain Kamar Mandi Minimalis Modern sebagai Inspirasi

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 March 2021 ∙ 23 menit membaca

Daftar Isi

Kamar mandi minimalis menjadi salah satu ruangan penting dalam sebuah rumah. Kamar mandi mempunyai fungsi sebagai area membersihkan diri, sehingga kamar mandi juga perlu diperhatikan kebersihan, keindahan dan keteraturannya.

Pinhome – Mendekorasi kamar mandi minimalis bisa menjadi salah satu bentuk kepedulian Anda terhadap ruangan penting di rumah Anda. Kamar mandi walaupun hanya digunakan saat keperluan mandi atau buang air kecil dan besar, tetap perlu mendapatkan perhatian.

Anda bisa menentukan desain kamar mandi Anda sesuai dengan keinginan. Mendekorasi kamar mandi bukan berarti Anda harus merombak atau mengubah semua tatanan kamar mandi. Anda bisa menambahkan ornamen tertentu atau mengganti perabotan sesuai dengan tema kamar mandi yang ingin Anda aplikasikan.  

Tips Membangun Desain Kamar Mandi Minimalis

Pasang Bathtub

desain kamar mandi
Griya Mapan

Dengan bathtub, kamu gak perlu juga pasang gorden plastik untuk kamar mandi. Bathtub juga memberi kesan elegan dan baik untuk relaksasi. Pilih warna putih untuk kamar mandi minimalis kamu! Kalau kamu mau pasang shower, pilih warna-warna monokrom yang simpel, Pins.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Mandi Batu Alam

Singkirkan Barang yang Tidak Diperlukan

Desain Kamar Mandi Minamlis
(Mata Konstruksi)

Minimalis berarti kamar mandi tanpa barang-barang yang tidak diperlukan. Kalau kamu gak mau membuang barang-barang seperti hiasan kamar mandi, dekorasi tambahan, atau bahkan shampoo hotel yang kamu bawa pulang, simpan mereka di lemari penyimpanan yang jauh dari pandangan mata.

Kamar mandi yang bersih juga bisa kamu capai dengan container dengan warna senada untuk barang-barang kamar mandi seperti sabun, shampo, dan kondisioner. Jangan biarkan barang berserakan, Pins!

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Berkualitas

Pilih Warna Terang untuk Desain Kamar Mandi Minimalis

Kamar Mandi Minimalis
(Mata Konstruksu)

Putih tidak pernah salah, apalagi untuk kamu yang ingin membuat desain kamar mandimu terlihat seminimalis mungkin, kamu bisa gunakan tema warna putih semua. Selain warna putih, kamu juga bisa gunakan warna-warna terang seperti krem, beige, abu-abu, atau warna pastel seperti pink pastel, hijau mint, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Mandi Sebagai Bagian Renovasi Rumah

Kurangi Dekorasi

Desain Kamar Mandi Simple Tropical
(Unplash)

Jangan tergoda untuk memasang dekor disana dan disini dalam kamar mandimu. Jika bisa, jangan gunakan dekorasi sama sekali. Kalau kamu mau tetap ada dekorasi dalam kamar mandimu, pastikan dekorasi itu juga berguna. Jangan lupa, minimalis itu sederhana, Pins. Satu atau dua buah dekorasi adalah jumlah maksimal dalam membangun kamar mandi minimalis.

Buat Tempat Penyimpanan

Desain Kamar Mandi Minimalis
(Pinterest)

Rahasia desain kamar mandi minimalis adalah memiliki banyak tempat penyimpanan tak terlihat. Misalnya kamu bisa buat laci di bawah keran air, kabinet gantung, kabinet tempat sikat gigi, odol, dan produk skin care-mu. Toples kaca juga bisa kamu letakkan untuk membantu kamar mandimu tetap rapi.

Itulah 5 tips ala Pinhome dalam membangun kamar mandi minimalis. Baca juga Inspirasi Desain Kamar Mandi untuk pilihan rancangan lainnya. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca Juga: Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

Gambar Perencanaan Kasar

(Craftsy)

Tidak perlu yang bagus, gambar garis simpel juga bisa kok. Kuncinya, kita benar – benar harus tahu seberapa besar dan seberapa luas kamar mandi kita nantinya. Nah, dari situ cobalah gambar shower / bathtub, toilet hingga wastafel. Peletakkan peralatan kamar mandi ini juga perlu disesuaikan dengan letak dan juga ukuran dari jendela dan pintu kamar mandi, ya!

Kamar mandi milik Pins berukuran kecil? Jangan berkecil hati, kita masih bisa membuat desain kamar mandi rumah minimalis yang bisa diterapkan di hunianmu. Meskipun luasnya tak seberapa, kita bisa membuat kamar mandi segar dan nyaman loh. Semuanya bergantung pada perencanaan dan peletakan peralatan dan dekorasi kamar mandi.

Pilih Barang yang Sesuai untuk Kamar Mandimu

desain kamar mandi rumah
(Spacestock)

Misalnya, dari pemilihan apakah mau shower tipe freestanding saja, atau mau diletakkan bathtub juga. Apakah mau tipe kamar mandi biasa, atau mau ada ala spa relaksasinya juga. Berapa banyak wastafel yang Pins inginkan? Apakah perlu dipisahkan wilayah yang basah dan yang kering atau bisa digabungkan? Tipe toilet apa yang Pins inginkan? Apakah yang otomatis atau manual?

Hal ini penting dilakukan agar ruang gerak kita di kamar mandi terencana dan efisien. Contohnya saja, tentu Pins tidak mau dong jika harus berjalan mengambil handuk di rail dekat toilet saat sedang berendam di bathtub?

Pilih Gaya Kamar Mandi seperti Apa yang Cocok Untukmu

(Real Homes)

Setelah merencanakan layout dan barang-barang yang ingin dimasukkan ke dalam kamar mandi Pins, sekarang saatnya memilih gaya kamar mandi pilihanmu, dan ini harus sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan dari para penghuni rumah, ya. Apakah mau gaya modern atau tradisional? Atau Pins menginginkan kamar mandi minimalis mewah? Semua bisa disesuaikan pada tahap ini.

Misalnya saja, Pins yang ingin gaya kamar mandi klasik minimalis bisa memilih wastafel, toilet, shower ataupun bathtub dengan gaya klasik yang lebih sering ada aksen ornament dekoratifnya. Sedangkan jika Pins menginginkan gaya minimalis namun tetap elegan dan terkesan mewah, kamu bisa memilih wastafel, toilet, shower ataupun bathtub yang memiliki nilai estetik, lebih clean tanpa detail berlebihan. Biasanya peralatan kamar mandi dengan gaya minimalis modern lebih menekankan kepada bentuknya yang sangat estetik karena bisa berfungsi sebagai dekorasi.

Membuat Wet Room (Daerah Basah) di Kamar Mandi

desain kamar mandi rumah
(Contemporist)

Inilah salah satu perbedaan merencanakan dan membuat kamar mandi, berbeda dari ruang lainnya di dalam rumah, kamar mandi memerlukan Wet Room alias daerah basah. Demi mencegah adanya kejadian tergelincir dan terjatuh di kamar mandi, sebaiknya Pins membuat daerah basah. Pins bisa memilih membatasi daerah basah dan daerah kering dengan dinding kaca ataupun hanya dengan shower curtain saja. Tentunya, bahan kaca lebih bisa menahan cipratan air daripada shower curtain, belum lagi hitungan material kaca akan bertahan jauh lebih lama dan tidak membutuhkan penanganan yang terlalu ribet. Jika Pins menginginkan kamar mandi minimalis mewah, ada baiknya untuk memilih partisi atau dinding kaca untuk membatasi daerah basah dan daerah kering.

Menyediakan Tempat Penyimpanan Barang

(Room Sketcher)

Tentu kita tidak mau kamar mandi idaman terlihat berantakan hanya karena Pins tidak menyediakan ruang khusus untuk meletakan odol, sikat gigi, sabun, shampoo dan kebutuhan mandi lainnya. Pins juga sebaiknya memikirkan suplai perlengkapan mandi seperti tisu toilet, handuk kering dan toiletries lainnya akan diletakkan di ruang yang berbeda atau perlu diletakkan di kamar mandi saja. Jika perlu disimpan di kamar mandi, Pins bisa membuat rak kabinet lemari sendiri di dalam kamar mandi dengan letak yang strategis, misalnya saja, dibawah wastafel. Alternatif lain bisa saja diletakkan di dinding atas dengan catatan masih mudah dijangkau oleh anggota keluarga lainnya.

Memilih Lantai Kamar Mandi

(DoItYourSelf)

Ketika memilih lantai untuk kamar mandi, pilihlah berdasarkan siapa saja yang menggunakan kamar mandi tersebut. Pertimbangkan faktor keselamatan tanpa harus mengorbankan kualitas lantai kamar mandi yang dipakai. Contohnya saja, jangan sampai Pins menggunakan keramik yang dipakai untuk dinding ke bagian lantai karena tidak cocok. Biasanya bahan ini jauh lebih licin dan tidak ada daya resistansinya sama sekali sehingga daya cengkram ke kaki tidak ada alias nol. Salah-salah, pemakai kamar mandinya tergelincir saat masuk atau keluar kamar mandi.

Pins bisa memilih keramik porselen yang sangat fungsional dan sangat mudah dibersihkan. Bahan porselen juga memiliki motif seperti batu atau kayu sehingga bisa berperan ganda sebagai dekorasi ruangan kamar mandi. Penggunaan batu alam sebagai lantai kamar mandi juga sangat disarankan karena terlihat sangat stylish dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Baca juga: Bingung Cari Model Keramik Kamar Mandi yang Pas? Ini Dia Tips Pertimbangannya!

Jika Pins sudah memiliki buah hati atau ada anak kecil di dalam rumah, kita bisa meletakkana ataupun melapisi permukaan daerah rawan dengan kamar mandi agar bisa mengurangi daya jatuh dan juga menahan cipratan air. Tapi pastikan terlebih dahulu apakah bahan karet ini memiliki bahan anti slip.Kalau Pins memiliki budget lebih, Pins bisa memilih bahan luxury vinyl, yang tidak hanya nyaman dan terasa hangat di kaki, tapi juga memiliki motif seperti bebatuan dan kayu alami.

Desain kamar mandi minimalis modern

Desain Kamar Mandi Minimalis dengan Tanaman

Apabila kamar mandi Anda terlihat sangat sederhana dan terkesan monoton, Anda bisa menambahkan unsur tanaman hidup sebagai hiasan.

Kamar mandi polos berwarna putih jika ditambahkan dengan tanaman hidup maka kesan minimalis akan semakin tampak dan kuat.

Baca Juga: Melirik Ragam Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya

Pins bisa menambahkan tanaman seperti kaktus, tanaman janda bolong atau Monstera adansonii, dan tanaman lidah mertua atau Sansevieria.

Jika Pins menambahkan tanaman lidah mertua ke kamar mandi, maka tanaman ini juga akan berfungsi sebagai penyerap racun. Wah, multifungsi sekali ya tanamannya.

Desain Kamar Mandi Minimalis Hitam

Beberapa dari kita mungkin sangat menyukai warna monokrom atau bahkan warna hitam secara utuh. Nah, buat kamu yang suka warna hitam maka kamar mandi dengan suasana seperti di atas bisa dijadikan referensi untuk mendesain kamar mandi minimalis hitam.

Anda bisa memilih perabotan dengan warna gelap seperti dinding dengan batu granit yang gelap, atau cat warna hitam yang dikombinasikan dengan warna putih dan abu-abu.

Pins juga bisa memilih peralatan mandi berwarna hitam seperti handuk, wadah sikat gigi, cairan sampo dan sabun yang juga berwarna hitam. Biasanya sabun atau sampo dengan kandungan coral akan berwarna hitam.

Nah, ini juga bisa menjadi elemen yang menarik jika diletakkan di kamar mandi, selain berfungsi sebagai cairan pembersih tubuh juga memperkuat elemen hitam tersebut. Menarik bukan?!

Desain Kamar Mandi Minimalis Skandinavia

Gaya Skandinavia sering sekali menjadi rujukkan untuk desain interior. Mulai dari desain interior rumah, ruang tamu, kamar tidur hingga kamar mandi. Penampilannya yang sederhana, elegan dan misterius menyimpan keindahan yang anggun.

Kamar mandi Pins akan memancarkan atmosfer yang mewah namun sederhana. Bisa-bisa Pins akan lebih rajin untuk mandi jika interiornya menawan seperti ini.

Pins bisa mengkombinasikan dinding putih polos, keramik putih atau keramik abu-abu. Pins juga bisa meletakkan perabotan kayu seperti meja kayu, lemari kayu kecil dan juga kursi kayu untuk meletakkan handuk.

Desain Kamar Mandi Minimalis Vintage

Eits, siapa bilang desain retro tidak bisa digabungkan dengan desain minimalis modern? Nyatanya desain kamar mandi minimalis modern bergaya vintage atau retro seperti ini malah terlihat kekinian dan baru!

Baca Juga: Strategi Merancang Desain Rumah Minimalis Modern Murah

Pins bisa menggunakan warna-warna vintage atau ornamen vintage di atas. Kombinasi lantai kamar mandi yang vintage dengan lukisan dan lampu yang lawas akan memperkuat tampilan minimalis modern dengan sentuhan vintage.

Hayo, pasti Pins jadi ingin buru-buru mengganti desain interior kamar mandinya nih!

Desain Kamar Mandi Terbuka

Kangen sama Bali? Tenang, Pins dapat menetralisir rasa kangen tersebut dengan merenovasi atau menyulap kamar mandi di rumah Pins menjadi kamar mandi minimalis modern bergaya outdoor.

Pins akan merasakan atmosfer Bali dengan kamar mandi yang menyatu dengan alam. Kamar mandi yang terbuka seperti pada gambar tentu mempunyai keuntungan yaitu hemat listrik karena di pagi hingga sore hari tidak perlu menghidupkan lampu.

Namun, Pins harus memastikan bahwa terdapat kanopi atau penghalang di bagian atas kamar mandi. Hal ini untuk mengantisipasi jika kondisi sedang hujan.

Desain Kamar Mandi Coastal

Kamar mandi minimalis modern dengan gaya coastal seperti ini tentu menarik perhatian Pins bukan? Secara penampilan sedikit mirip dengan gaya vintage atau skandinavia. Namun, kamar mandi gaya coastal ini diperkuat dengan warnanya yang menenangkan karena terdapat kombinasi putih dan abu-abu muda.

Pins juga bisa menambahkan perabotan dengan ornamen kayu damar atau rotan sebagai wadah untuk meletakkan handuk bersih atau pakaian kotor. Dengan begitu penampilan kamar mandi akan sangat menarik.

Lantai putih yang bersih juga akan memberikan kesan bersih bagi kamar mandi Pins. Kelebihannya Pins akan mudah untuk membersihkan lantai putih seperti ini, karena Pins akan dengan cepat mengetahui bagian mana yang masih terdapat noda.

Desain Kamar Mandi Minimalis Industrialis

Kamar mandi minimalis modern dengan gaya industrialis mempunyai daya tarik sendiri. Vibe yang maskulin namun elegan hadir dalam kamar mandi industrialis seperti ini.

Tidak perlu banyak cat yang melapisi dinding, karena Pins hanya membutuhkan unsur batu bata, dinding yang menggunakan keramik abu-abu, dan juga area dinding tanpa cat. Pins bisa menyiasati dengan semen untuk menciptakan dinding yang bergaya industrialis.

Kamar Mandi Putih Minimalis

(Pinterest)

Warna putih memang sering dijadikan sebagai alternatif solusi dari pemecahan masalah ruangan. Selain warnanya yang elegan, warna yang satu ini bersifat netral sehingga mudah dipadukan dengan warna lain. 

Selain itu warna putih juga akan membuat kamar mandi minimalis kamu memiliki suasana yang lebih cerah. Kamu bisa menggunakan warna putih ini pada ukuran kamar minimalis berapapun. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau penggunaan warna putih dapat membuat kamar mandi kamu jadi terlihat biasa saja. Kamu bisa menambahkan beberapa interior lainnya seperti cermin dengan ukuran sedang yang akan membuat kamar mandi menjadi lebih menarik.

Baca juga: Intip Yuk, Pilihan Desain Interior Kamar Mandi Modern yang Simpel

Kamar Mandi dengan Bilik Modern

(Pinterest)

Mungkin banyak dari Pins yang berpikiran bahwa penggunaan bilik mandi pada ukuran kamar mandi minimalis justru akan membuat kecil. Padahal tidak! Penggunaan bilik mandi yang tepat dapat membuat kamar mandi lebih tertata antar spot-nya. 

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Berikut untuk Mendesain Kamar Mandi yang Nyaman

Apa lagi penggunaan bilik mandi berarti kamu menggunakan shower yang tidak memakan tempat seperti penggunaan bak mandi. Selain itu dengan bilik mandi juga dapat membuat spot lain di sekitarnya kering, jadi Pins tidak perlu khawatir akan kamar mandi yang basah dan licin karena penggunaan bilik mandi minimalis ini.

Kamar Mandi dengan Pemisahan Spot

(Pinterest)

Desain kamar mandi minimalis yang satu ini telah banyak diaplikasikan guna membuat kamar mandi terlihat lebih luas. Sejatinya ukuran ideal kamar mandi bukanlah kamar mandi yang luas, namun cukup. 

Namun bagi kamu yang memiliki kamar mandi dengan luas terbatas, bisa menggunakan trik desain yang satu ini. Pins bisa membangun tembok pembatas yang akan memisahkan antar spot shower dengan kloset dan wastafel. Penggunaan tembok pemisah ini akan membuat kamar mandi kamu terlihat lebih besar.

Kamar Mandi dengan Cermin Berukuran Besar

(Pinterest)

Penggunaan cermin memang sering dijadikan solusi untuk memberikan kesan luas pada ruangan dengan luas terbatas, termasuk pada ukuran kamar mandi minimalis. Penggunaan cermin akan membuat pantulan bayangan yang memberikan efek ruangan terasa lebih luas. 

Kamu bisa menggunakan berbagai model cermin yang hanya perlu disesuaikan dengan selera dan penempatan cermin. Pins bisa menempatkan cermin besar ini pada wastafel untuk memaksimalkan fungsi cermin saat pengguna kamar mandi ingin bercermin setelah mencuci muka.

Kamar Mandi dengan Aksen Kayu

(Pinterest)

Kayu merupakan salah satu material bangunan yang sering dijadikan sebagai pemanis desain properti. Pada ukuran kamar mandi ideal versi kamu di rumah, Pins bisa menggunakan kayu sebagai lantai ataupun lapisan pada dinding yang akan mempercantik tampilan dinding kamar mandi. 

Warna kayu pada kamar mandi minimalis kamu akan memberikan nuansa yang fresh. Pins juga bisa memadukan warna-warna netral supaya lebih menyatu dengan warna kayu yang khas.

Kamar Mandi dengan Batu Alam

(Pinterest)

Kamar mandi dengan batu alam mungkin salah satu desain yang sering kamu temui. Namun batu alam justru dapat membuat kamar mandi di rumah terasa lebih nyaman dan fresh. Suasana natural yang dihadirkan batu alam dapat membuat siapa saja yang menggunakannya lebih merasa rileks. 

Pins bisa menggunakan batu alam ini pada dinding kamar mandi. Tidak hanya itu, Pins juga bisa menggunakan batu alam jenis batu koral yang bisa diletakkan tepat di bawah shower. Jadi ketika kamu mandi, kamu akan menginjak batu koral yang tentunya akan memberikan sensasi menyegarkan.

Baca juga: Model Kamar Mandi Minimalis Ukuran Kecil untuk Rumah Mungil Kamu

Kamar Mandi dengan Pencahayaan Alami

(Pinterest)

Ukuran ideal kamar mandi sering menjadi perdebatan karena kenyamanan yang dihasilkannya. Padahal kamar mandi berukuran kecil juga bisa dibuat nyaman tanpa harus memiliki luas yang besar, salah satunya dengan menggunakan pencahayaan alami. 

Pins bisa menggunakan kaca jendela berukuran besar ataupun atap transparan yang akan memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam kamar mandi dengan mudah. Dengan masuknya cahaya matahari akan membuat kamar mandi kamu lebih sehat. 

Selain itu cahaya matahari yang khas juga akan membuat suasana kamar mandi lebih fresh tanpa terpikirkan ukurannya yang kecil.

Kamar mandi mungil minimalis

(IDN Times)

Pada referensi pertama, Anda akan melihat desain minimalis yang kental pada kamar mandi di atas. Penggunaan lantai hitam dengan motif sarang lebah membuat kamar mandi ini makin menonjolkan nilai estetikanya. Penggunaan partisi kaca pada area mandi tetap memberikan luas. Partisi juga melindungi bagian toilet dan wastafel agar tetap kering.

Kamar mandi minimalis dengan kombinasi hijau-biru

(Rumah 123)

Ini adalah contoh pemanfaatan ruang yang sangat cerdas, Pins! Menggunakan rak putih yang dipasang di atas toilet memberikan area penyimpanan yang mudah diraih. Anda bisa meletakkan berbagai sabun, sampo dan cairan untuk membersihkan diri. Selain itu meletakkan tanaman di kamar mandi menambah nilai keindahan tersendiri. Kombinasi warna biru dan hijau juga membuat kamar mandi semakin cerah.

Kamar mandi bergaya industrialis dengan dinding motif bata putih

(IDN Times)

Anda menyukai desain industrialis? Nah, mungkin desain kamar mandi ini cocok untuk Anda. Kombinasi warna putih dan hitam menonjolkan kesan minimalis. Selain itu pemilihan keran, shower, bingkai kaca, dan lampu pada kamar mandi semakin menegaskan industrialis yang indah di area kamar mandi. Penggunaan partisi juga sangat tepat untuk memisahkan area basah dan kering.

Kamar mandi serba hitam yang maskulin

(IDN Times)

Bosan dengan warna-warna terang? Nah, cobalah aplikasikan warna gelap yang elegan seperti kombinasi warna hitam dan cokelat muda. Kamar mandi Anda akan terlihat tetap elegan dan mewah walaupun berada pada lahan yang mungil. Jadi, siapa bilang ruang kecil tidak dapat disulap menjadi ruangan yang mewah dan mahal? 

Kamar mandi minimalis cerah dengan tegel unik!

(IDN Times)

Suka dengan motif unik tegel? Ini bisa jadi referensi tepat bagi Anda untuk menghias kamar mandi Pins! Penggunaan warna cerah pada kamar mandi membuat area ini semakin nyaman untuk digunakan. Aktivitas membersihkan diri akan semakin menyenangkan.

Kamar mandi simpel dengan warna biru langit

(Hipwee)

Ini adalah cara cerdas dalam memanfaatkan ruangan kamar mandi atau toilet. Ruang toilet sengaja dibangun dekat dengan jendela. Hal ini tentu bisa menghemat lampu ketika di pagi hingga sore hari. Selain itu penggunaan warna mudah di bagian dinding dan lantai membuat kamar mandi ini terasa sederhana namun mewah. Keramik bercorak di lantai memperkuat kesan elegan yang mengagumkan.

Penambahan kendi besar sebagai bak air

(Hipwee)

Beberapa kamar mandi mungkin sudah memanfaatkan shower sebagai media saluran air untuk mandi. Namun, menggunakan metode lama seperti meletakkan bak masih bisa menjadi opsi menarik. Di desain kali ini, pemilik rumah memasang kendi besar sebagai bak mandi. Sangat unik dan cantik, bukan?

Baca Juga: 

Simpel dengan warna putih dan tegel cantik di lantai

(Hipwee)

Ini adalah pemanfaatan ruang kamar mandi yang cerdas. Beberapa dari Anda mungkin akan memasang partisi kaca, namun kamar mandi ini malah menggunakan partisi kain anti air yang akan melindungi area toilet tetap kering. Hiasan berupa tegel pada area shower juga menjadikan kamar mandi semakin apik. 

Baca Juga: Tips Membuat Desain Kamar Mandi Anak

Elegan dengan konsep kamar mandi hotel

(Hipwee)

Kamar mandi ini mengusung warna gelap yang elegan. Kombinasi dinding bata abstrak pada area mandi, lantai hitam dan dinding krem pada area wastafel membuat kamar mandi ini terlihat mewah. Penggunaan partisi di kamar mandi ini cukup menarik. Hal ini karena selain partisi kaca, ada tanaman lidah mertua yang diletakkan sebagai penghias area kamar mandi. Sebagai informasi tanaman lidah mertua bisa menyerap racun di ruangan, sehingga bisa jadi ini berfungsi sebagai penyerap racun di kamar mandi Anda. Patut dicoba nih Pins! 

Baca Juga: 

Dominasi warna abu-abu yang membuat semakin elegan!

(Hipwee)

Penggunaan partisi dari kain anti air adalah pilihan yang cerdas ketika Anda kekurangan budget untuk memasang partisi kaca. Kombinasi warna abu pada dinding dan lantai serta aksen kayu pada area shower dan toilet semakin memancarkan kesan minimalis. Cantik sekali, bukan Pins?!

Nah itu dia Pins referensi desain kamar mandi kecil yang bisa menjadi inspirasi kamar mandi kecil Anda. Yuk coba aplikasikan di rumah saat Anda akan merenovasi area tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: Baru Mulai Bangun Rumah? Ini Tips Desain Kamar Mandi Rumah Idamanmu

Selain untuk memberikan suasana yang nyaman dan menyegarkan, gunakan desain kamar mandi terbaik agar memberikan kesan yang berbeda di kamar mandi berikut ini:

Hijau Yang Menyejukkan

desain kamar mandi terbaik
(Pinterest)

Buat kamu yang menginginkan kesan segar di kamar mandimu, coba pakai warna hijau. Perhatikan desain kamar mandi minimalis dengan monokrom hitam putih dan hijau. Tambahkan tanaman rambat 1 atau 2 pot juga akan semakin memberi kesan sejuk di kamar mandimu.

Baca Juga: 

Desain Kamar Mandi Terbaik Dengan Besi Hitam

(Momsmoney.id)

Kamar mandi yang terang dan sejuk ini akan semakin keren dengan penggunaan furniture besi hitam. Lihat penggunaan besi hitam di sisi cermin, pegangan pintu, lampu, dan kran air? Kamar mandi ini adalah contoh komposisi yang baik antara harmoni dan kontras.

Tema Industrial Tak Lekang oleh Waktu

desain kamar mandi terbaik
(Rucika.co.id)

Dengan tema industri, kamar mandi mu akan menjadi tempat yang nyaman tanpa harus kehilangan sisi artistiknya. Tipe industrial cocok untuk kamu yang elegan, maskulin, dan suka gaya oldies jaman dahulu.

Baca Juga: 

Desain Kamar Mandi Terbaik Seperti Resort Berbintang Lima

(Cadencesf.com)

Ingin merasa liburan terus padahal kamu di rumah aja? Buat saja kamar mandi ala hotel atau resort berbintang lima, Pins! Kamar mandi hotel berbintang identik dengan lantai dan dinding marmer. Kamu bisa tiru inspirasi ini untuk kamar mandimu. Untuk menambah kesan modern, pasang shower dengan model simpel.

Merah Muda Untuk Sentuhan Feminin

desain kamar mandi terbaik
(Hipwee.com)

Buat kamu yang ingin sentuhan feminin tapi gak terlalu berlebihan, pilih pink pastel untuk kamar mandimu. Warna pastel juga bagus untuk dicampur dengan warna pastel lainnya.

Jika dari desain ini, pink pastel diberi variasi dengan vas bunga berwarna hijau pastel. Percantik kamar mandi pink mu dengan warna emas, sesuai dengan warna yang sedang happening belakangan ini, rose gold, Pins.

Baca Juga: 

Antik dan Unik

Ingin kamar mandi kamu lain dari yang lain? Dengan dekorasi seperti lemari antik dan lampu kerangka emas unik, kamar mandimu pasti keren. Walau dinding dan lantainya putih, dengan dua motif keramik berbeda, kamar mandi mu pasti tidak membosankan, Pins.

Kamar Mandi Gaya Maroko

desain kamar mandi terbaik
(99.co)

Bawa nuansa khas Timur Tengah ke rumahmu dengan desain kamar mandi ala Maroko. Gunakan keramik warna cerah seperti biru kehijauan pada dinding kamar mandimu dan ubin lantai berpola.

Baca Juga: 

Baca Juga: Tips Memilih Model Keramik yang Tepat

Gaya Oriental yang Sederhana ala Jepang

(Pinterest)

Memiliki luas kamar mandi yang kecil tidak menjadi halangan untuk Pins yang ingin memiliki kamar mandi minimalis yang keren, bersih dan, tidak membosankan. Gaya kamar mandi minimalis yang satu ini datangnya dari negeri asal ninja, Jepang. 

Dengan seluruh dinding interior yang dilapisi dengan kayu sangat mempertontonkan kesederhanaan dan ketenangan. Tidak sembarangan, kayu yang tersemat sebagai dinding dan pintu pastinya sudah melalui proses pernis yang membuat si kayu menjadi mengkilap dan bersih. 

Ukuran kamar mandi kecil pada umumnya sebesar 1×2 yang berbentuk memanjang ke samping atau ke depan dan belakang. Dengan keterbatasan ukuran kamar mandi ini memaksa Pins untuk kreatif dalam menentukan tata letak setiap bendanya. 

Dengan gaya Jepang ini mempercontohkan efektifitas yang diperlihatkan dari tata letak wastafel yang memanjang mengikuti ukurang ruangan dengan kaca cermin di atasnya. Tidak habis dari itu, masih ada sisa ruang untuk dijadikan sebagai spot mandi dengan shower gantung. Masih tetap dengan gaya khas Jepang, pintu yang digunakan kamar mandi ini adalah pintu geser. Selain tidak biasa, pintu seperti ini juga efektif dalam menghemat ruangan yang kecil. 

Kamar Mandi Minimalis Bertema Industrial

(Pinterest)

Mungkin kamu sudah sangat sering mendengar tema industrial pada pada desain-desain modern. Ya. industrial memang telah banyak digunakan baik pada rumah maupun bangunan lainnya. Design kamar mandi kecil ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki rumah dengan lahan terbatas. 

Karena dengan desain industrial kamu bisa bermain dengan warna saja. Pins bisa menggunakan warna-warna bertemakan industrial seperti warna-warna logam yaitu hitam, silver, emas atau abu-abu. Selain itu, kamu bisa menggunakan model unfinished look yang merupakan salah satu ciri dari tema industrial ini. 

Pins bisa membuat tembok kamar mandi tanpa cat sehingga menampilkan kesan industrial yang sangat kental. Kamu juga bisa menggunakan shower atau kran wastafel dengan warna hitam atau gelap yang membuat tampilan kamar mandi semakin modern dan sesuai dengan model kamar mandi minimalis ukuran kecil.

Baca Juga: Tips Membuat Desain Kamar Mandi Anak

Kamar Mandi dengan Unsur Batu Alam

(Pinterest)

Menggunakan batu alam tentu akan membuat design kamar mandi kecil kamu semakin bagus. Meski desain kamar mandi sederhana, penggunaan batu alam dapat memberikan tampilan yang fresh pada kamar mandi. Kamu bisa menggunakan batu alam sebagai lantai maupun dinding yang akan membuat kamar mandi terasa lebih natural. 

Jika Pins akan menggunakan warna-warna lain yang akan dipadukan dengan batu alam, usahakan untuk menggunakan warna-warna cerah jika batu alam yang kamu pilih sudah berwarna gelap. 

Kamu bisa menggunakan warna putih yang akan lebih netral untuk dipadukan dengan warna batu alam. Pins juga bisa menambahkan unsur kayu pada meja wastafel atau rak dinding kamar mandi yang akan membuat suasana kamar mandi semakin natural.

Baca juga: Strategi Menggunakan Batu Alam Untuk Dekorasi Rumah

Kamar Mandi dengan Atap Kaca

(Pinterest)

Desain kamar mandi sederhana ini telah banyak digunakan di villa-villa. Pins bisa menggunakan model kamar mandi minimalis ukuran kecil ini sebagai pilihan untuk kamar di rumah. Dengan menggunakan atap kaca, Pins hanya perlu membuat kamar mandi dengan tampilan sederhana. 

Karena dengan atap kaca keindahan akan ditampilkan lewat pencahayaan alami yang didapat langsung dari sinar matahari. Selain itu design kamar mandi kecil ini akan membuat tampilan kamar mandi Pins lebih modern. 

Kamu bisa menggunakan warna-warna dengan tone cerah seperti warna putih atau menggunakan model unfinished pada bagian tembok agar terlihat lebih minimalis modern. 

Jika memungkinkan, Pins bisa menggunakan bathtub dari batu alam. Namun jika tidak, kamu bisa menggunakan batu alam pada bagian lantai agar membuat suasana kamar mandi semakin terasa natural.

Baca juga: Desain Kamar Mandi Minimalis Modern Sebagai Inspirasi

Itulah beberapa inspirasi desain untuk ukuran kamar mandi minimalis yang bisa menjadi pilihan kamu untuk kamar mandi di rumah. Semoga dengan ulasan di atas tidak membuat kamu pusing lagi dengan permasalahan ukuran kamar mandi ideal yang mempengaruhi kenyamanan.

Kamar mandi ini tidak perlu banyak warna, hanya membutuhkan kesederhanaan dari penggunaan warna dan juga elemen yang digunakan. Bagi Pins yang menyukai gaya industrialis tentu style ini cocok sekali buat Anda!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel