Pelajari Denah Rumah Minimalis Sebelum Membangun Rumah! - Pinhome

Pinhome

Pelajari Denah Rumah Minimalis Sebelum Membangun Rumah!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 29 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Hai Pins! Selamat ya, akhirnya Pins sudah memiliki rumah pertamamu. Nah, yang pertama kali dilakukan ketika memiliki rumah adalah mempelajari denah rumah. Hal ini umum dilakukan oleh para arsitek dan desainer handal. Yuk pelajari denah rumah minimalis sebelum membangun rumah.

Rumah minimalis adalah salah satu gaya desain yang tak lekang oleh waktu. Tertarik mengkreasikan denah rumah minimalis untuk hunian kamu, Pins? Apa saja tahapan untuk mempelajari denah rumah minimalis?

Baca Juga: Cara Membuat Desain Rumah Tinggal

Awali Dengan Daftar Aktivitas dan Kebutuhan Ruang

Tahapan pertama dalam mempelajari denah rumah adalah dengan membuat daftar dari aktivitas kegiatan setiap penghuni rumah yang terjadi di dalam rumah baik aktivitas utama seperti tidur, makan, menonton tivi, memasak, hingga aktivitas pendukung, seperti menyetrika.

Setelah daftar aktivitas tersebut, langkah yang perlu Pins lakukan adalah menentukan kebutuhan ruang untuk memenuhi aktivitas tersebut. Sering terjadi, Pins akan menggabungkan beberapa aktivitas ke dalam 1 ruangan demi efisiensi denah.

Baca Juga: Contoh Denah Rumah Minimalis Modern

Tentukan besaran ruangan berdasarkan Ergonomi tubuh manusia

Pins sudah tahu arti kata Ergonomi? Atau dikenal juga dengan Ergonomika? Ergonomi merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem berdasarkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia. Artinya, semuanya itu sebenarnya sudah ada ukuran standarnya. Jadi Pins tidak perlu bingung lagi, menentukan antara kebutuhan ruang dengan aktivitas manusia.

Nah, Pins sudah punya list aktivitasnya, sehingga kamu bisa melakukan riset mengenai kebutuhan ruang. Dari setiap dari standar ukuran ruang, sampai berbagai kebutuhan dasar dari ruangan.

Dengan melakukan metode ini, Pins dapat memastikan setiap penempatan ruang di denah sesuai dengan standar ergonomi.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Tentukan Zoning untuk ruangan tersebut

Nah, setelah aktivitas dan kebutuhan ruang sudah tercatat, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menghubungkan kebutuhan ruang tersebut satu sama lain. Contohnya adalah ruang makan erat hubungan dengan dapur. Atau kamar tidur erat dengan kamar mandi yang harus berdekatan.

(verdant.id)

Buat zonasi pada hubungan antar ruang ruang tersebut. Bagian mana yang merupakan area privat, publik dan servis. Dan, Pins juga harus memastikan, bahwa setiap zona tidak saling overlap dan mengganggu kenyamanan aktivitas satu sama lain.

Baca Juga: Mau Bangun atau Renovasi? Ikuti Dulu Langkah Mengurus Izin Mendirikan Bangunan ini!

Buat Denah Dasar Berdasarkan Zonasi

Nah, zonasi sudah selesai dibuat.  Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh Pins adalah membuat denah berdasarkan dari zonasi tersebut menjadi denah dasar. Komponen dari denah hanya garis-garis sederhana untuk menggambarkan seperti apa denah rumah impian selanjutnya nanti.

(roomsketcher.com‌‌)

Buat Beberapa Alternatif Desain Denah Rumah

Nah, ini adalah cara yang paling penting. Kenapa? Dengan membuat alternatif desain, Pins akan mendapatkan denah yang tepat. Denah dasar yang telah dibuat sebelumnya, perlu di otak-atik guna hadirkan kemungkinan denah rumah ideal.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Desain Rumah Sendiri

Dengan membuat denah rumah dengan berbagai alternatif, akan membantu mendapatkan denah rumah terbaik. Jangan tergantung pada 1 denah saja.

(envato.com)

Setelah temukan alternatif denah terbaik, langkah dalam cara membuat denah rumah terakhir adalah dengan memberikan detail-detail pada denah rumah tersebut.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2021


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel