Simpel dan Minimalis! 15 Inspirasi Desain Mushola untuk Rumah Kamu!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 28 May 2021 ∙ 7 menit membaca

Tempat ibadah adalah salah satu tempat yang biasanya dibuat senyaman mungkin agar dapat beribadah dengan tenang dan nyaman. Tidak heran banyak orang yang membangun tempat ibadah seperti mushola sebaik mungkin. Agar dapat beribadah dengan lebih tenang dan khusyu. Seperti membuat desain mushola minimalis untuk di dalam gedung.

Agar membuat mushola semakin nyaman, kamu dapat menambahkan tempat wudhu kecil di dekat mushola agar memudahkan wudhu orang yang ingin beribadah di mushola. Bagi Pins yang ingin mencari inspirasi desain untuk membangun mushola untuk gedung, berikut ini beberapa inspirasi desain mushola minimalis yang dapat menjadi pilihan kamu dalam membangun desain mushola minimalis dalam gedung.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Favorit yang Bisa Jadi Inspirasi

Mushola dengan Roster

(Pinterest)

Salah satu desain yang dapat menjadi inspirasi dalam membangun mushola untuk gedung adalah mushola dengan dinding kayu terbuka. Desain mushola minimalis yang satu ini dapat memudahkan cahaya matahari masuk secara alami ke dalam mushola sehingga kamu dapat menghemat listrik pada siang hari. 

Pins juga dapat membuat dinding kayu terbuka pada salah satu atau beberapa sisi dinding saja untuk menghemat budget. Jangan lupa untuk menambahkan tempat wudhu di area mushola agar memudahkan orang yang ingin beribadah dalam berwudhu. Hitunglah kapasitas ruang wudhu dengan jumlah penghuni gedung agar tidak berdesakan saat berwudhu.

Baca juga: Desain Rumah Modern Terbaru Saat Ini

Mushola di Bawah Tangga

(Pinterest)

Jika Pins ingin membangun mushola pada gedung yang tidak terlalu besar dengan jumlah penghuni gedung yang sedikit, mushola di bawah tangga bisa menjadi pilihan yang tepat. Ya, dengan ruangan yang terbatas, kamu bisa memanfaatkan ruang kecil di bawah tangga. Pins cukup menambahkan karpet kecil dan sajadah di bawah tangga dengan beberapa hiasan islami seperti pajangan dinding.

Mushola dengan Lantai Kayu

mushola minimalis
(Pinterest)

Inspirasi desain mushola minimalis modern selanjutnya adalah mushola dengan lantai kayu. Lantai kayu memang banyak digunakan pada rumah-rumah dan gedung dengan desain minimalis modern. Lantai kayu dapat mempercantik tampilan mushola. Selain itu berbeda dengan lantai keramik atau marmer, mushola dengan lantai kayu dapat membuat orang yang beribadah tidak mudah terpeleset setelah berwudhu.

Baca Juga: 8 Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Kamu Betah di Rumah

Mushola dengan Wallpaper

(Pinterest)

Membuat mushola dengan desain minimalis bisa kamu lakukan dengan biaya yang lebih murah. Pins dapat memasang wallpaper pada dinding mushola untuk menghemat pemasangan interior lain yang lebih mahal. Pilihlah tema wallpaper dengan warna yang netral seperti tema kayu, batuan atau vintage.

Jangan lupa untuk menambahkan penyekat ruangan untuk memisahkan area ibadah pria dan wanita jika mushola memiliki luas yang cukup besar. Meski dengan biaya yang lebih murah, mushola minimalis modern dengan wallpaper tetap terlihat cantik rapi.

Mushola dengan Dinding Kaca Transparan

mushola minimalis
(Pinterest)

Mushola minimalis modern selanjutnya yang bisa menjadi inspirasi dalam membangun mushola dalam gedung adalah mushola dengan dinding kaca transparan. Mushola dengan dinding kaca transparan dapat membuat cahaya lebih mudah masuk ke dalam mushola, sehingga dapat menghemat penggunaan listrik akibat lampu pada siang hari.

Selain itu penggunaan dinding kaca transparan dapat membuat mushola terkesan lebih luas. Hanya saja, kamu perlu mempertimbangkan penempatan dinding kaca agar membuat aurat orang yang beribadah tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: 8 Contoh Gambar Masjid Sederhana yang Sejuk Dipandang

Mushola dengan Dinding Marmer

mushola minimalis
(Pinterest)

Desain mushola minimalis selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah mushola dengan dinding marmer. Dinding marmer memang telah banyak digunakan pada masjid atau mushola. Ya, dinding marmer memang akan membuat tampilan mushola lebih modern dan cantik. Corak-corak unik pada marmer akan membuat mushola minimalis modern ini semakin terlihat bagus. 

Pins dapat menggunakan marmer dengan warna gelap seperti hitam atau warna terang seperti putih dan coklat muda agar lebih netral dan mudah dipadu-padankan dengan berbagai interior. Jika ingin membangun tempat wudhu di area mushola, usahakan untuk menambahkan karpet anti licin pada lantai tempat wudhu untuk mencegah orang tergelincir saat berwudhu.

Mushola dengan Dinding Kayu

mushola minimalis
(Pinterest)

Inspirasi desain mushola minimalis selanjutnya adalah mushola dengan dinding kayu. Dinding kayu pada mushola akan membuat mushola tampak modern. Mushola minimalis modern dengan dinding kayu berwarna coklat muda akan membuat mushola terlihat modern dan cerah. Kamu dapat menambahkan komponen lain seperti penyekat ruangan untuk memisahkan area ibadah antara pria dan wanita dan menambahkan beberapa hiasan dinding islami.

Mushola dengan Partisi

(Pinterest)

Jika kamu tidak memiliki ruangan yang luas, kamu bisa menggunakan desain ini untuk mushola kecil di rumah. Partisi bisa membantu untuk memberikan privasi kepada mushola serta memberikan pembatas antara area wanita atau pria.

Baca juga: 3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

Mushola Dekat Taman Indoor

(Homypedia)

Agar tidak monoton, jika kamu memiliki tempat yang tidak terpakai di taman dalam rumah, bisa disulap menjadi mushola kecil di sudut yang natural dan menyegarkan, lho! Tanaman yang ada di sekitar mushola akan menjadi hiasan yang indah. Selain itu, kamu bisa menambahkan air mancur mini agar memberikan suasana seperti di alam dengan gemercik air.

Mushola dengan Warna Hijau yang Menyegarkan

(Lingkar Warna)

Terkadang, mushola kecil dapat membuat ruangan terasa sumpek. Hal ini terjadi karena pemilihan warna yang tidak tepat serta peletakan perabot yang sembarangan.

Kamu bisa menggunakan desain mushola dengan warna hijau agar ruangan tampak lebih segar. Agar tidak terlalu dominan, kamu bisa memadukan warna hijau terang dengan warna putih serta dekorasi, seperti sajadah atau karpet, dengan warna hijau tua yang senada. Dijamin mushola akan tampak lebih luas, nyaman, dan ibadah bisa lebih khusyuk.

Mushola dengan Pintu Roster

(Homypedia)

Desain lainnya adalah kamu bisa membuat pintu roster untuk menuju mushola. Pintu roster ini, selain indah dan tampak elegan, juga berfungsi sebagai partisi pemisah antara ruang publik, seperti ruang tamu atau ruang keluarga, menuju ke mushola. Konsep ini bisa diterapkan jika kamu memiliki mushola yang terhubung langsung dengan ruangan lain.

Baca juga: 30 Masjid Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Mushola Modern dengan Tampilan Industrial

(furnizing)

Mushola juga bisa tampil modern dan keren, lho! Buat kamu pecinta desain bertema industrial, kamu bisa membuat mushola dengan desain perpaduan semen ekspos dan dinding bata yang minimalis tapi modern ini. Selain itu, kamu bisa memadukan lantai kayu dan menggunakan penerangan downlight agar lebih terang.

Baca juga: 8 Model Mihrab Masjid Terindah di Dunia. Yuk Intip!

Mushola Tersembunyi di Basement

(Homypedia)

Jika kamu memiliki rumah yang lebih besar dan memiliki basement, ruang ini bisa digunakan untuk mushola, lho! Selain jauh dari jangkauan publik, mushola di basement akan lebih tenang sehingga sangat mendukung kelancaran beribadah.

Kamu bisa menggunakan desain minimalis warna putih agar ruangan tampak lebih luas. Jangan lupa juga untuk memberikan peneranga seperti downlight atau LED tanam agar ruangan terang, namun tidak terlalu cerah karena akan mengalihkan perhatian.

Mushola di Ruang Baca

(Pinterest)

Jika rumah kamu memiliki ruang baca atau perpustakaan kecil, kamu bisa menjadikan salah satu sisinya sebagai mushola kecil. Ruang baca identik dengan ketenangan sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat ibadah.

Rak buku yang besar juga bisa dijadikan sebagai partisi pemisah antara ruang baca yang bersifat publik dengan mushola yang bersifat privat. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih fokus untuk beribadah tanpa adanya gangguan apapun, deh!

Mushola di Ujung Lorong

(Pinterest)

Biasanya, ujung lorong di rumah seringkali tidak terpakai, atau hanya untuk sekedar meletakkan meja saja. Kamu bisa memanfaatkan tempat ini untuk dijadikan mushola kecil. Namun, perlu juga diperhatikan arah kiblatnya karena tidak semua lorong bagian rumah menghadap kiblat, ya!

Agar lebih nyaman, kamu bisa meletakkan karpet dan meletakkan rak untuk sajadah. Mushola akan tampak nyaman meskipun desainnya yang minimalis. Ibadah akan lebih khusyuk dan jauh dari gangguan penghuni lain yang berlewatan.

Itulah 15 inspirasi desain mushola minimalis modern yang dapat Pins gunakan untuk membangun mushola pada gedung. 

Baca juga: 8 Dekorasi Masjid yang Buat Suasana Menjadi Lebih Syahdu


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia