BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Desain Mushola di Rumah yang Minimalis dan Simpel!
0
0

15 Inspirasi Desain Mushola di Rumah yang Minimalis dan Simpel!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 7, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
desain mushola minimalistop-right-banner

Tempat ibadah adalah salah satu tempat yang biasanya dibuat senyaman mungkin agar dapat beribadah dengan tenang dan nyaman. Tidak heran banyak orang yang membangun tempat ibadah seperti mushola sebaik mungkin, agar dapat beribadah dengan lebih tenang dan khusyu. Simak artikel ini untuk mengetahui inspirasi desain mushola di rumah yang minimalis dan simpel.

Kamu dapat mencari rumah yang memberikan kesan unik serta nyaman di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu juga bisa loh membangun rumah dengan tambahan mushola minimalis, coba manfaatkan KPR rumah dalam pembangunannya!

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Favorit yang Bisa Jadi Inspirasi

Inspirasi Desain Mushola untuk Rumah

Membangun mushola di dalam rumah menjadi impian sebagian orang, agar memudahkan akses ibadah. Pembangunan mushola di dalam rumah membutuhkan desain yang nyaman agar menjaga kekhusyukan kita dalam menjalankan ibadah sholat.

Agar membuat mushola semakin nyaman, kamu dapat menambahkan tempat wudhu kecil di dekat mushola agar memudahkan wudhu orang yang ingin beribadah di mushola. Berikut ini beberapa inspirasi desain mushola di rumah yang minimalis dan simpel:

1. Mushola dengan Roster

Source : Pinterest

Salah satu desain yang dapat menjadi inspirasi dalam membangun mushola di rumah adalah mushola dengan dinding kayu terbuka. Desain mushola minimalis yang satu ini dapat memudahkan cahaya matahari masuk secara alami ke dalam mushola sehingga kamu dapat menghemat listrik pada siang hari. 

Pins juga dapat membuat dinding kayu terbuka pada salah satu atau beberapa sisi dinding saja untuk menghemat budget. Jangan lupa untuk menambahkan tempat wudhu di area mushola agar memudahkan orang yang ingin beribadah dalam berwudhu.

Baca juga: Desain Rumah Modern Terbaru Saat Ini

2. Mushola di Bawah Tangga

Source : Pinterest

Jika Pins ingin membangun mushola di rumah yang tidak terlalu besar dengan jumlah penghuni yang sedikit, mushola di bawah tangga bisa menjadi pilihan yang tepat. Ya, dengan ruangan yang terbatas, kamu bisa memanfaatkan ruang kecil di bawah tangga.

Pins cukup menambahkan karpet kecil dan sajadah di bawah tangga dengan beberapa hiasan islami seperti pajangan dinding.

3. Mushola dengan Lantai Kayu

mushola minimalis
Source : Pinterest

Inspirasi desain mushola minimalis modern selanjutnya adalah mushola dengan lantai kayu. Lantai kayu memang banyak digunakan pada rumah-rumah dan gedung dengan desain minimalis modern. Lantai kayu dapat mempercantik tampilan mushola.

Selain itu berbeda dengan lantai keramik atau marmer, mushola dengan lantai kayu dapat membuat orang yang beribadah tidak mudah terpeleset setelah berwudhu.

Baca Juga:

4. Mushola dengan Wallpaper

Source : Pinterest

Membuat mushola dengan desain minimalis bisa kamu lakukan dengan biaya yang lebih murah. Pins dapat memasang wallpaper pada dinding mushola untuk menghemat pemasangan interior lain yang lebih mahal. Pilihlah tema wallpaper dengan warna yang netral seperti tema kayu, batuan atau vintage.

Jangan lupa untuk menambahkan penyekat ruangan untuk memisahkan area ibadah pria dan wanita jika mushola memiliki luas yang cukup besar. Meski dengan biaya yang lebih murah, mushola minimalis modern dengan wallpaper tetap terlihat cantik rapi.

5. Mushola dengan Dinding Kaca Transparan

mushola minimalis
Source : Pinterest

Mushola minimalis modern selanjutnya yang bisa menjadi inspirasi dalam membangun mushola di rumah adalah mushola dengan dinding kaca transparan. Mushola dengan dinding kaca transparan dapat membuat cahaya lebih mudah masuk ke dalam mushola, sehingga dapat menghemat penggunaan listrik akibat lampu pada siang hari.

Selain itu penggunaan dinding kaca transparan dapat membuat mushola terkesan lebih luas. Hanya saja, kamu perlu mempertimbangkan penempatan dinding kaca agar membuat aurat orang yang beribadah tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: 8 Contoh Gambar Masjid Sederhana yang Sejuk Dipandang

6. Mushola dengan Dinding Marmer

mushola minimalis
Source : Pinterest

Desain mushola minimalis selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah mushola dengan dinding marmer. Dinding marmer memang telah banyak digunakan pada masjid atau mushola. Ya, dinding marmer memang akan membuat tampilan mushola lebih modern dan cantik. Corak-corak unik pada marmer akan membuat mushola minimalis modern ini semakin terlihat bagus. 

Pins dapat menggunakan marmer dengan warna gelap seperti hitam atau warna terang seperti putih dan coklat muda agar lebih netral dan mudah dipadu-padankan dengan berbagai interior. Jika ingin membangun tempat wudhu di area mushola, usahakan untuk menambahkan karpet anti licin pada lantai tempat wudhu untuk mencegah orang tergelincir saat berwudhu.

7. Mushola dengan Dinding Kayu

mushola minimalis
Source : Pinterest

Inspirasi desain mushola minimalis selanjutnya adalah mushola dengan dinding kayu. Dinding kayu pada mushola akan membuat mushola tampak modern.

Mushola minimalis modern dengan dinding kayu berwarna coklat muda akan membuat mushola terlihat modern dan cerah. Kamu dapat menambahkan komponen lain seperti penyekat ruangan untuk memisahkan area ibadah antara pria dan wanita dan menambahkan beberapa hiasan dinding islami.

8. Mushola dengan Partisi

Source : Pinterest

Jika kamu tidak memiliki ruangan yang luas, kamu bisa menggunakan desain ini untuk mushola kecil di rumah. Partisi bisa membantu untuk memberikan privasi kepada mushola serta memberikan pembatas antara area wanita atau pria.

Baca juga: 3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

9. Mushola Dekat Taman Indoor

Source : Homypedia

Agar tidak monoton, jika kamu memiliki tempat yang tidak terpakai di taman dalam rumah, bisa disulap menjadi mushola kecil di sudut yang natural dan menyegarkan, lho! Tanaman yang ada di sekitar mushola akan menjadi hiasan yang indah. Selain itu, kamu bisa menambahkan air mancur mini agar memberikan suasana seperti di alam dengan gemercik air.

10. Mushola Hijau yang Menyegarkan

Source : Pinterest

Terkadang, mushola kecil dapat membuat ruangan terasa sumpek. Hal ini terjadi karena pemilihan warna yang tidak tepat serta peletakan perabot yang sembarangan.

Kamu bisa menggunakan desain mushola dengan warna hijau agar ruangan tampak lebih segar. Agar tidak terlalu dominan, kamu bisa memadukan warna hijau terang dengan warna putih serta dekorasi, seperti sajadah atau karpet, dengan warna hijau tua yang senada. Dijamin mushola akan tampak lebih luas, nyaman, dan ibadah bisa lebih khusyuk.

11. Mushola dengan Pintu Roster

Source : Homypedia

Desain lainnya adalah kamu bisa membuat pintu roster untuk menuju mushola. Pintu roster ini, selain indah dan tampak elegan, juga berfungsi sebagai partisi pemisah antara ruang publik, seperti ruang tamu atau ruang keluarga, menuju ke mushola.

Konsep ini bisa diterapkan jika kamu memiliki mushola yang terhubung langsung dengan ruangan lain.

Baca juga: 30 Masjid Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

12. Mushola Modern dengan Tampilan Industrial

Source : Furnizing

Mushola juga bisa tampil modern dan keren, lho! Buat kamu pecinta desain bertema industrial, kamu bisa membuat mushola dengan desain perpaduan semen ekspos dan dinding bata yang minimalis tapi modern ini. Selain itu, kamu bisa memadukan lantai kayu dan menggunakan penerangan downlight agar lebih terang.

Baca juga: 8 Model Mihrab Masjid Terindah di Dunia. Yuk Intip!

13. Mushola Tersembunyi di Basement

Source : Homypedia

Jika kamu memiliki rumah yang lebih besar dan memiliki basement, ruang ini bisa digunakan untuk mushola, lho! Selain jauh dari jangkauan publik, mushola di basement akan lebih tenang sehingga sangat mendukung kelancaran beribadah.

Kamu bisa menggunakan desain minimalis warna putih agar ruangan tampak lebih luas. Jangan lupa juga untuk memberikan peneranga seperti downlight atau LED tanam agar ruangan terang, namun tidak terlalu cerah karena akan mengalihkan perhatian.

14. Mushola di Ruang Baca

Source : IdeaGrid

Jika rumah kamu memiliki ruang baca atau perpustakaan kecil, kamu bisa menjadikan salah satu sisinya sebagai mushola kecil. Ruang baca identik dengan ketenangan sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat ibadah.

Rak buku yang besar juga bisa dijadikan sebagai partisi pemisah antara ruang baca yang bersifat publik dengan mushola yang bersifat privat. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih fokus untuk beribadah tanpa adanya gangguan apapun, deh!

15. Mushola di Ujung Lorong

Source : Pinterest

Biasanya, ujung lorong di rumah seringkali tidak terpakai, atau hanya untuk sekedar meletakkan meja saja. Kamu bisa memanfaatkan tempat ini untuk dijadikan mushola kecil. Namun, perlu juga diperhatikan arah kiblatnya karena tidak semua lorong bagian rumah menghadap kiblat, ya!

Agar lebih nyaman, kamu bisa meletakkan karpet dan meletakkan rak untuk sajadah. Mushola akan tampak nyaman meskipun desainnya yang minimalis. Ibadah akan lebih khusyuk dan jauh dari gangguan penghuni lain yang berlewatan.

Itulah beberapa inspirasi desain mushola di rumah yang minimalis dan simpel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga: 8 Dekorasi Masjid yang Buat Suasana Menjadi Lebih Syahdu

Feature Source Image: IdeiClub


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download