Pinhome

3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 29 June 2022 ∙ 5 menit membaca

Bagi Pins yang beragama islam, tentu perlu untuk melaksanakan kewajiban keagamaannya seperti sholat. Biasanya, sholat akan dilakukan pada area-area yang penuh privasi agar lebih khusyuk, atau bisa pergi ke mushola terdekat.

Jika Pins memiliki lahan lebih saat membangun rumah, mungkin bisa mempertimbangkan untuk membangun mushola. Adanya mushola di rumah juga dapat berfungsi sebagai pengingat ibadah.

Namun, seperti apa model denah mushola yang cocok dibangun dalam atau di sekitar area rumah? Simak di ulasan berikut ini, ya!

Baca juga: Inspirasi Desain Mushola Minimalis Untuk di Dalam Gedung

3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

Tidak harus besar, mushola hendaknya memiliki nuansa yang sakral, khusyuk, dan tentunya nyaman. Beberapa contoh inspirasi denah rumah 4 kamar 1 mushola antara lain:

Denah Rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola – Mezzanine

(Rumah.com)

Apakah Pins tahu apa itu mezzanine? Mezzanine sejatinya merupakan ruangan tambahan yang terletak diantara lantai dasar dan atap. Bentuknya menyerupai balkon namun berada dalam ruangan atau indoor.

Siapa sangka bahwa ternyata mezzanine dapat dimanfaatkan menjadi mushola kecil? Hal ini digunakan lantaran memanfaatkan ruangan-ruangan yang tidak terpakai agar tidak ada dead space.

Namun, tidak sembarangan mezzanine dapat diubah menjadi mushola ya, Pins!

Pastikan mezzanine kamu tepat menghadap kiblat dulu dan pastikan ruangan ini agar sirkulasinya tidak tergabung dengan sirkulasi biasa.

Kenapa? Hal ini diantisipasi agar menjaga suasana tenang dan khusyuk saat beribadah dan tidak terdistraksi oleh kegiatan yang terjadi di luas mushola.

Denah Rumah 4 Kamar 1 Mushola – Alfresco

(iBuildNew)

Alfresco merupakan sebuah bangunan yang merupakan perpanjangan dari rumah dan biasanya terletak dibawah atap utama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan estetika pada rumah.

Selain itu, alfresco juga dapat digunakan sebagai tambahan untuk ruang tamu sehingga sebenarnya sangat berpotensi jika akan diubah menjadi mushola.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sumber air untuk wudhu. Cara mengatasinya adalah dengan dapat memasang kran air di dekat alfresco.

Denah Rumah 4 Kamar 1 Mushola di Ruang Khusus

(RoomSketcher)

Jika memiliki ruangan yang berlebih namun bingung mau dijadikan apa, mungkin bisa dijadikan mushola kecil. Biasanya rumah ini memiliki ukuran tipe 70.

Lokasi yang biasanya terdapat ruang lebih terletak antara dapur dan kamar mandi.

Luasannya juga perlu diperhatikan, minimal untuk satu orang bisa berukuran sekitar 70 cm x 140 cm. Sekiranya membutuhkan ruangan untuk sholat 3 orang, dapat menggunakan konfigurasi 3 barisan dengan luas ideal 2,5 m x 4 m dengan jarak plafon sekitar 2,7 meter agar lebih luas.

Baca juga: 7 Model Ornamen Kaligrafi yang Bagus untuk Mushola di Rumah

Tips Menyediakan Mushola di Rumah

Perhatikan Ukuran

Seperti yang sudah dijelaskan, mushola di rumah tidak haruslah besar, namun yang penting nyaman dan dapat mengakomodasi penggunanya agar beribadah semakin khusyuk dan tenang.

Kapasitas yang diperlukan untuk satu orang dalam mushola kira-kira sebesar 70 cm x 140 cm. Dari ukuran itu, Pins bisa menduga kira-kira berapa kebutuhan luasan dari mushola yang diperlukan, ya!

Arah Kiblat

Seperti yang sudah diketahui, dalam sholat, pasti harus mengarah ke kiblat. Fungsi kiblat adalah sebuah arah yang digunakan untuk menyatukan semua umat Islam ketika sholat.

Carilah bagian dalam ruang yang sekiranya pas menghadap kiblat sehingga ruang mushola dapat dirancang sedemikian rupa agar beribadah menjadi lebih nyaman.

Perabotan

Perhatikan juga terkait perabotan. Sesuaikan ukuran perabotan agar pas dalam ruangan namun masih menyediakan ruang untuk melakukan ibadah.

Hendaknya, perabotan dalam mushola dapat digapai dengan mudah. Seperti rak untuk menyimpan perlengkapan ibadah dan lain sebagainya.

Pilihlah model yang sederhana namun masih satu tema dengan warna bangunan agar menampilkan visual ruangan yang bagus.

Warna Ruangan

Mushola meskipun dalam rumah, juga merupakan ruangan yang perlu ditata. Layaknya ruangan lain, perlu juga ada penataan interior baik dari segi warna, tema, dan perabotan.

Rekomendasi warna bagi ruangan mushola hendaknya warna-warna yang dingin. Warna itu antara lain seperti biru, hijau, abu-abu, atau putih. 

Memilih warna dingin akan memberi kesan ruangan yang kalem dan tenang, cocok dengan kondisi saat beribadah yang tenang dan khusyuk.

Perhatikan Karpet

(Fazia)

Saat melakukan ibadah sholat, Pins dapat menggelar karpet terlebih dahulu sebelum meletakkan sajadah. Karpet yang dipilih pun tidak boleh sembarangan.

Pastikan karpet tebal dan lembut agar saat melakukan ibadah lutut tidak sakit.

Jangan lupa untuk membersihkan karpet secara berkala agar terhindar dari tungau atau gatal-gatal yang dapat mengganggu proses selama ibadah.

Warna atau motif karpet sebaiknya yang polos dan tidak heboh agar konsentrasi tetap terpusat pada beribadah. Namun, semua kembali lagi ke selera kamu ya, Pins!

Tata Cahaya

(Tokopedia)

Mushola dalam rumah merupakan sebuah ruangan, hendaknya ruangan tersebut diberi jendela agar dapat asupan cahaya matahari. 

Ruangan yang tidak mendapat sinar matahari berpotensi menjadi apek dan lembab mengingat iklim tropis di Indonesia. Jika sudah lembab, maka akan berpotensi untuk berjamur dan bau, lho!

Jadi itu dia beberapa inspirasi denah rumah 4 kamar dengan 1 mushola yang bisa menginspirasi Pins jika ingin membangun mushola dalam rumah. 

Yuk, mulai aplikasikan tips diatas agar mushola kamu bisa menjadi ruangan yang nyaman sehingga ibadah bisa berjalan tenang dan lancar, ya!

Baca juga: Desain Mushola dalam Rumah yang Membawa Suasana Tenang dan Nyaman


Temukan berbagai informasi seputar bergabung bersama Pinhome Home Service jadi Rekan Jasa atau Business Partner di sini. Atau, gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Jasa Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Nikmati pula layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, serta massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. 

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia