BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali 7 Daftar Nama Arsitek Rumah Minimalis di Indonesia
0
0

Kenali 7 Daftar Nama Arsitek Rumah Minimalis di Indonesia

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 8, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin membangun rumah sendiri? Mudah caranya, kamu bisa memulai langkah awalnya dengan mencari jasa arsitek rumah. Jika dulu arsitek rumah dengan spesialisasi model minimalis memang jarang ada, tetapi saat ini sudah banyak nama arsitek rumah minimalis di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan.

Berbeda dengan membeli rumah jadi, membangun rumah menggunakan jasa arsitek tentu membutuhkan modal dan waktu lebih banyak. Tetapi kamu dapat mewujudkan rumah impian sesuai dengan keinginan, Pins. Apabila ingin cara instan mendapatkan rumah, kamu bisa gunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome. Fitur ini bisa membantu memberikan informasi harga rumah bekas di Kab Bekasi Selatan hingga rumah di Jagakarsa, misalnya di sekitar SMAN 1 Bekasi.

Baca juga: Mengenal Tugas Arsitek Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Kenapa Rumah Minimalis Disukai Masyarakat?

Source : Freepik

Punya rumah jelas jadi impian semua orang, termasuk milenials. Rumah milik sendiri dianggap menjadi aset investasi karena harga tanah dan rumah semakin mahal setiap tahunnya. Sekarang, salah satu model rumah yang paling populer di masyarakat adalah minimalis.

Hal ini karena desain rumah minimalis awet sepanjang masa dan tidak memerlukan biaya sebesar membangun rumah dengan tema klasik. Membangun rumah minimalis dengan bujet terbatas bisa diakali dengan cara membangun rumah yang tidak terlalu luas dan memilih material yang tepat.

Supaya ruangan yang dibangun memiliki fungsi yang optimal namun tetap terlihat menarik, kamu bisa memakai jasa arsitek rumah. Dengan memakai jasa arsitek, pemilik rumah dapat menyampaikan keinginannya dengan lebih baik, seperti berapa banyak kamar, berapa lantai, hingga preferensi warna.

Baca juga: Vendor Yang Menyediakan Jasa Desain Rumah Terbaik

Daftar Nama Arsitek Beserta Karya Terbaik

Jika kamu ingin membangun rumah minimalis, sekarang sudah lebih mudah karena banyak arsitek hebat di Indonesia. Kamu bisa mencari-cari referensi dan melihat ciri khas dari setiap arsitek untuk menentukan desain seperti apa yang sekiranya cocok untuk kamu, Pins.

Berikut ini adalah nama-nama arsitek rumah minimalis di Indonesia sekaligus karya terbaiknya:

1. Nataneka Architects

Kenali Nama-Nama Arsitek Rumah Minimalis di Indonesia
Source : ArchDaily Website

Salah satu rumah minimalis karya Nataneka yang terbaik adalah SR House. Ciri dari karya Nataneka ini adalah bangunan rumah tidak hanya pakai satu warna saja, tetapi ada beberapa warna yang dipadukan. Sementara bentuk bangunan rumahnya persegi.

Meskipun warnanya beragam tidak membuat SR House kehilangan jati diri sebagai rumah minimalis sebab kalau sekali lihat saja sudah tahu kalau rumah ini adalah rumah minimalis. Nataneka Architect diprakarsai oleh Sukendro Sukendar Priyoso dan Jeffry Sandy.

Baca juga: Ingin Menerapkan Feng Shui? Lakukan Ini Pada Denah Rumah Minimalis Milikmu!

2. ADDO Architect

Kenali Nama-Nama Arsitek Rumah Minimalis di Indonesia
Source : Archify Website

Karya ADDO Architect juga tidak kalah dari Nataneka. Salah satu karya terbaiknya dinamakan House at Pasteur. Warna rumah ini tidak beragam karena hanya menggunakan warna putih saja. Tetapi meskipun dominan warna putih, hunian ini tetap menarik karena memakai material yang bertekstur.

Untuk bentuknya tidak berbeda dari rumah minimalis lainnya yaitu persegi dengan elemen horizontal dan juga vertikal. ADDO Architect dijalankan oleh Januar Senjaya & Filani Limansyah.

Baca juga: 4 Pintu Rumah Minimalis Makin Menarik Hati

3. Cosmas Gozali

Source : Archdaily Website

Sunter Residence adalah karya terbaik dari Cosmas Gozali. Rumah minimalis buatan Cosmas ini lebih condong memakai warna putih hampir di semua bagian.

Ciri khas karya Cosmas ini yaitu pengulangan garis vertikal di bangunan rumah dan juga bentuk rumahnya gubahan dengan masa geometrik yang sederhana. Dengan bentuk yang seperti itu membuat rumah minimalis terlihat lebih estetis dan juga elegan.

Baca juga: Tips Menggunakan Kontraktor Untuk Renovasi Rumah Minimalis

4. Studio Ton Ton

Source : Situs Resmi Studio Ton Ton

Studio Ton Ton milik Antony Liu juga punya karya yang bagus, namanya IS House. Berbeda dengan rumah minimalis lainnya, karya dari Ton Ton ini tidak hanya menonjolkan warna putih saja tetapi juga warna abu-abu.

Kombinasi kedua warna ini membuat tampilan rumah lebih elegan tetapi tidak terlalu kaku.

Baca juga: Tips Memilih Desain Atap Rumah Minimalis

5. Indra Tata Adilaras

Source : Archify Website

Indra Tata juga termasuk arsitek terbaik karena sudah bisa membuat karya yang begitu indah. Salah satu karya dari arsitek ternama ini adalah White Box House.

White Box terbilang sebagai rumah minimalis yang sangat unik sebab bentuknya murni persegi dan hanya dipotong sedikit untuk bagian teras rumah saja. Berlokasi di Bogor, firma ini berdiri tahun 2002 dan memiliki 2 prinsipal arsitek yaitu Supantah dan Setiadi Sopandi.

Baca juga: Alat untuk Menggambar Rumah, Desain, dan Denah Arsitektur

6. SPOA Architecture

Source : Archinesia

Rahmat Indrani adalah founder dari SPOA Architecture. ReduHouse adalah karya yang menjadi ciri khas firma arsitek satu ini.

Konsep tersebut berarti redusponsible architecture yaknipenerapan reduksi arsitektur dari hulu ke hilir. Hasilnya, kamu bisa memiliki hunian minimalis yang efisien dan terjangkau.

Jika melihat dari sisi visualnya, ReduHouse nampak seperti hunian dengan konsep industrialis minimalis. Gaya ini menjadi favorit para milenial saat ini.

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui Untuk Denah Rumah Minimalis

7. DForm

Source : ArchDaily

DFORM Studio adalah konsultan kreatif yang fokus pada layanan dan solusi untuk bangunan pribadi hingga komersil. Khusus untuk hunian minimalis, mereka punya ciri khas yakni penggunaan warna putih yang sangat dominan.

Selain itu, DFORM juga mengoptimalkan konsep open space sehingga hunian terlihat lebih luas dan fresh. Kombinasi warna putih dan konsep open space terbukti membuat rumah minimalis lebih lega dan menyenangkan untuk dipandang.

Baca juga: 8 Desain Rumah Minimalis Khas Berbagai Negara

Karakteristik Rumah Minimalis Modern

Source : Freepik

Rumah minimalis tidak sama seperti rumah biasa karena punya karakteristik yang khas sekali. Biasanya, dengan melihat karakter rumah saja sudah ketahuan kalau hunian tersebut adalah rumah minimalis. Umumnya rumah minimalis punya karakteristik seperti berikut ini:

Baca juga: 6 Kelebihan Rumah Minimalis Modern

1. Berbentuk Geometris

Kalau rumah minimalis akan ketahuan saat melihat bentuk rumahnya saja. Semua rumah minimalis bentuk luarnya pasti persegi panjang atau kubus.

Untuk bentuk atapnya itu datar, tidak persegi seperti rumah pada umumnya. Selain itu tidak ada dekorasi juga di rumah ini sehingga rumahnya terlihat sederhana sekali.

2. Memakai Material Sederhana

Rumah minimalis tidak pakai material bangunan yang berlebihan. Material yang biasanya dipakai adalah batu bata untuk dinding. Selain itu ada penggunaan material kaca, baja dan juga beton.

Penggunaan material yang tidak berlebihan ini justru membuat rumah minimalis tidak terlihat membosankan. Sebaliknya, visual rumah tetap terlihat cantik dan tidak memakan banyak biaya juga.

3. Mempunyai Warna Abu-Abu, Putih Dan Hitam

Rata-rata rumah minimalis hanya pakai 3 jenis warna saja. Pertama adalah putih, kedua abu-abu dan ketiga adalah hitam.

Ketiga warna tersebut biasanya digunakan di dinding, furniture, dekorasi dan juga lantai. Hasil dari penggunaan ketiga warna tadi membuat rumah kelihatan bersih, elegan dan sederhana.

4. Jarang Menggunakan Sekat Ruangan

Ruangan di dalam rumah minimalis jarang sekali ada yang diberi sekat pembatas. Pemanfaatan sekat hanya untuk ruang pribadi saja seperti kamar tidur dan juga kamar mandi. Karena ruangannya jarang ada yang disekat, membuat hunian kelihatan lebih luas meskipun sebenarnya rumahnya itu sempit.

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Depan Rumah Minimalis

Berapa Biaya Membangun Rumah Minimalis?

Kalau ingin membangun rumah minimalis pasti yang akan ditanyakan pertama kali adalah berapa biayanya.

Untuk biaya pembangunan jelas lebih murah dibandingkan biaya membangun rumah biasa. Biaya akan lebih kecil lagi jumlahnya kalau menggunakan arsitek rumah minimalis modern. Sebab kalau sudah pakai jasa arsitek tidak perlu lagi membeli material yang tidak diperlukan sehingga penggunaan bujet lebih efektif dan efisien.

Nah, itulah beberapa nama arsitek rumah minimalis di Indonesia beserta karakteristik hunian minimalis. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Dformco Instagram


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download