BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Desain Rumah Tingkat Minimalis
0
0

15 Inspirasi Desain Rumah Tingkat Minimalis

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 7, 2023

15 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah minimalis moderntop-right-banner

Desain rumah tingkat minimalis tidak harus selalu megah dan mewah, lho. Pins bisa menerapkan konsep rumah minimalis yang tak hanya cantik, tapi tetap fungsional. Dengan desain rumah tingkat minimalis ini, Pins akan mendapat ruang tambahan ekstra sehingga kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dengan baik. Kamu juga bisa mendapatkan Rumah Ekslusif dari Pinhome seperti Ruma Prana ataupun rumah bekas di Jakarta Selatan lainnya.

Setiap orang tentu saja menginginkan rumah yang bagus dan nyaman. Oleh karena itu tidak jarang bila banyak orang yang membangun rumah dengan 2 lantai. Ada beberapa tips dalam membagi denah rumah tingkat minimalis 2 lantai  yang wajib untuk diketahui.

Tak perlu butuh luas tanah yang besar, asalkan Pins bisa merancangnya dengan baik maka dijamin rumah jadi lebih indah dan cukup ruang buat keluarga. Yuk lihat ide dan contoh desain rumah minimalis 2 lantai dengan konsep modern dan elegan berikut ini!

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

Contoh Desain Rumah Tingkat Minimalis

Keuntungan utama rumah tingkat minimalis adalah pemanfaatan ruang yang efisien. Desainnya yang sederhana, dengan penggunaan ruang yang maksimal dan minimnya elemen dekoratif, membuat rumah tingkat minimalis cocok untuk lahan terbatas.

Selain itu, gaya arsitekturnya yang modern dan clean memberikan tampilan yang estetis dan mudah dipelihara. Desain rumah tingkat minimalis juga sering memiliki pencahayaan alami yang baik dan mudah diubah sesuai dengan preferensi penghuni. Kesederhanaan desain ini juga memungkinkan untuk menghemat biaya konstruksi dan perawatan jangka panjang.

1. Desain Rumah dengan 1 Master Bedroom

Desain Rumah Tingkat Minimalis
Source : Ruang Arsitek

Jika Pins ingin mempunyai master bedroom yang ukurannya lebih besar dari kamar lainnya, maka desain rumah minimalis ini bisa jadi pilihan. Desain rumah cocok diterapkan untuk rumah tipe 45 2 lantai dengan 2 kamar tidur.

Kalau Pins lihat pada desain tersebut, maka Pins dapat menemukan ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dan dapur di lantai 1. Kemudian ada sebuah master bedroom dan dua kamar lainnya terletak di lantai 2.

2. Rumah dengan 4 Kamar Tidur

Desain rumah tingkat minimalis
Source : Interior Design

Siapa bilang sulit punya rumah 4 kamar tidur di lahan terbatas? Jangan salah, Pins tetap bisa punya rumah punya 4 kamar tidur dengan menjadikannya rumah tingkat minimalis.

Pada desain tersebut, terlihat 4 kamar tidur yang berada di lantai 1 dan lantai 2. Area lantai satu berfungsi sebagai 1 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur dan 1 kamar mandi. Lalu di lantai dua terdapat 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Suka sama desain ini, Pins?

3. Menggunakan Elemen Kayu pada Eksteriornya

Desain rumah tingkat minimalis
Source : Mungfali

Bermimpi punya desain rumah tingkat minimalis dengan kesan yang hangat buat hunian keluarga, Pins? Yuk wujudkan dengan menerapkan desain ini pada rumah 2 lantai Pins.

Secara pemanfaatan ruang, Pins bisa lihat rumah 2 lantai ini punya 4 kamar yang terdapat 1 kamar di lantai 1 dan 3 kamar di lantai 2. Hal yang membuat beda dari rumah ini yaitu menambahkan elemen kayu pada eksteriornya. Meskipun hanya sedikit dan tidak terlalu mendominasi, tetapi unsur kayu ini dapat menghadirkan suasana alami dan menambah kesan hangat.

Baca juga: Rekomendasi 12 Desain Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung

4. Desain dengan Kolam Renang Pribadi

Desain rumah tingkat minimalis
Source : Mungfali

Pins juga bisa punya kolam renang pribadi di rumah Pins loh. Di desain rumah tingkat minimalis ini, Pins bisa lihat sendiri adanya kolam renang pribadi yang berada di belakang garasi rumah. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tetapi dijamin keluarga akan betah tinggal di sini. Selain kolam renang, rumah ini juga dilengkapi 4 kamar tidur yang sangat cocok buat ditempati bersama keluarga kecilmu, Pins.

5. Desain Elegan dengan Unsur Putih

Desain Rumah tingkat minimalis
Source : Samhouseplan

Warna putih telah sejak lama jadi favorit para pecinta arsitektur. Selain menampilkan minimalis, warna putih juga menyiratkan kesan elegan dalam balutan kesederhanaannya.

Pins bisa mengaplikasikan cat putih dengan tone lembut, antik, salju, atau ivory pada eksterior rumah kamu. Jangan lupa gunakan warna putih pada eksterior pintu dan jendela, pilar, dan furnitur luar ruangan lainnya agar memperkuat nuansa hunian modern elegan dan minimalis.

6. Rumah dengan Area Terbuka

Desain rumah tingkat minimalis
Source : Saintif

Selain adanya fungsi rumah pada umumnya seperti garasi, ruang tamu, kamar, dan dapur, tampak sebuah  area foyer alias ruang terbuka yang cukup luas. Adanya ruang terbuka ini membuat rumah lebih lega dan punya jalur sirkulasi udara segar. Bukaan ruangan yang besar nyatanya menjadi area yang efektif dalam memberikan pasokan udara segar ke seluruh rumah dan membuat rumah menjadi lebih terang dan lapang.

Baca juga: 12 Inspirasi Desain Rumah Tingkat Separuh Belakang

7. Desain Rumah Minimalis dengan Balkon

Rumah tingkat minimalis
Source : Arsitek88

Desain rumah dua lantai ini memiliki kesan santai dan nyaman, termasuk pada lantai atas yang dilengkapi balkon yang juga sangat apik. Tak hanya sebagai area terbuka, adanya balkon juga untuk mempertegas perbedaan antara lantai dasar dan lantai diatasnya.

Balkon yang letaknya di lantai 2 tentunya dengan tujuan si pemilik rumah bisa melihat pemandangan dari atas yang tidak terbatas. Jadi tak sabar ingin bersantai di balkon, bukan?

8. Desain dengan Ruang Tamu Terbuka

Desain rumah tingkat minimalis
Source : areakaryapersada

Desain ini sangat pas buat Pins ingin konsep berbeda dengan ruang tamu outdoor. Konsep ini sangat cocok kalau Pins ingin punya privasi saat menerima tamu dari luar. Tak hanya itu, desain ruang tamu terbuka ini juga akan memberikan ruang yang cukup lapang bagi pemilik rumah ataupun bagi tamu.

9. Rumah Tingkat Minimalis dengan Area Parkir yang Luas

Source : Mungfali

Meskipun mengadaptasi gaya minimalis, bukan berarti Pins tidak bisa punya lahan parkir yang luas, lho. Pada desain rumah di atas, Pins bisa lihat area garasi di lantai dasar dengan bentuk persegi panjang sehingga muat untuk parkir beberapa kendaraan. Jangan lupa untuk memilih warna yang natural dan pencahayaan garasi agar terlihat tetap harmonis.

Baca juga: 15 Pilihan Desain Atap Rumah 2 Lantai Minimalis Tapi Tetap Hits

10. Desain Rumah dengan Kebun

Desain rumah  tingkat minimalis
Source : Interior Design

Bagi pecinta gaya rumah minimalis modern dan elegan, tapi ingin punya kebun di dalamnya, denah rumah ini sangat tepat buat Pins. Denah rumah 2 lantai ini memanfaatkan ruang outdoor yang dipenuhi rumput dan tanaman hijau yang sangat cantik. Sementara itu, pada lantai atas denah rumah dua lantai ini menampilkan tiga kamar tidur yang berjejer tapi tetap mengedepankan privasi penghuninya.

11. Desain Rumah dengan Lantai Di Tengah

Source : Dekorumah

Pada denah rumah sederhana ini juga terdapat taman didalam rumah sebagai jalur lalu lintas ventilasi udara bersih untuk menyuplai seluruh ruangan didalam rumah sehingga tercipta sebuah hunian sehat dengan akses udara segar di setiap sudut rumah.

Kamar tidur sengaja dibuat khusus di lantai 2, yang bertujuan untuk menjadikan lantai 2 sebagai ruangan private keluarga. Sedangkan lantai satunya, bisa digunakan oleh para tamu yang mungkin datang.

12. Desain rumah tingkat minimalis di lahan sempit

desain rumah tingkat minimalis
Source : Informazone.com

Untuk merancang rumah tingkat minimalis di lahan sempit, perlu memperhatikan pemanfaatan ruang yang efisien. Biasanya, desain rumah semacam ini mengutamakan konsep terbuka dengan ruang tamu, dapur, dan ruang makan yang terintegrasi untuk menciptakan kesan luas.

Selain itu, pemilihan furniture yang multifungsi dan penyimpanan yang tersembunyi dapat membantu mengoptimalkan ruang. Kamar tidur mungkin berada di lantai atas. Pins juga perlu mempertimbangkan penerapan jendela besar atau atap tinggi untuk mendapatkan pencahayaan alami yang cukup.

Baca juga: 5 Desain Rumah Split Level Hemat Lahan Terbaru 2023

13. Desain rumah dua lantai dengan halaman belakang

Source : Homeshabby

Denah rumah dua lantai minimalis dengan halaman belakang biasanya dirancang dengan memperhatikan penggunaan ruang yang efisien dan hubungan yang baik antara interior dan eksterior. Lantai bawah cenderung memiliki area ruang tamu, dapur, dan ruang makan yang terhubung dengan halaman belakang, menciptakan aliran ruang terbuka dan kesan luas.

Di lantai atas, terdapat ruang tidur dan kamar mandi yang terorganisir dengan baik. Penempatan jendela besar atau pintu geser kaca di area belakang memungkinkan aliran cahaya alami dan akses yang mudah ke halaman belakang. Ini menciptakan suasana yang nyaman dan terhubung dengan lingkungan luar.

14. Desain rumah dua lantai dengan tiga kamar

Source : Shopee

Denah rumah dua lantai minimalis dengan tiga kamar biasanya mengusung konsep yang efisien dalam pemanfaatan ruang. Pada lantai pertama, terdapat ruang tamu yang terhubung dengan dapur dan ruang makan untuk menciptakan kesan luas.

Satu kamar tidur bisa ditempatkan di lantai pertama, seringkali digunakan sebagai kamar tamu atau kamar kerja. Lantai kedua umumnya berisi dua kamar tidur tambahan, termasuk kamar tidur utama dengan kamar mandi pribadi.

Pemilihan desain tangga yang minimalis dan pemanfaatan lemari penyimpanan yang cerdas menjadi kunci dalam merancang rumah dua lantai minimalis dengan tiga kamar. Dengan begitu, penghuni tetap terasa nyaman dan fungsional dalam lahan yang terbatas.

15. Desain rumah tingkat minimalis dengan ruang usaha

Source : PT. Architectaria Media Cipta

Desain rumah tingkat minimalis dengan ruang usaha menggabungkan konsep hunian dengan tempat usaha di dalam satu bangunan. Biasanya, ruang usaha ini berada di lantai bawah atau depan rumah dengan akses yang terpisah dari bagian hunian. Desainnya harus memungkinkan untuk menjalankan bisnis atau usaha dengan efisien tanpa mengganggu privasi penghuni rumah.

Baca juga: 8 Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai Dijamin Kokoh dan Aman!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download