Pinhome

Tren Desain Rumah 3 Kamar Untuk Milenial 2022

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 5 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Desain rumah 3 kamar bisa pula diterapkan pada lahan yang tidak terlalu luas. Pemilihan tiga kamar cocok untuk hunian keluarga mungil. Setiap kamar lebih fungsional. 

Keuntungan membangun desain rumah 3 kamar diantaranya adalah mudah dijual kembali. Harganya cukup terjangkau dengan menonjolkan penghematan waktu dalam hal perawatan.

Ada beberapa rekomendasi desain rumah 3 kamar diantaranya adalah sebagai berikut :

Kamar Sejajar

(Planodecasa)

Denah rumah ini unik karena mengedepankan privasi. Setiap kamar menggunakan sekat yang tinggi sehingga rumah terlihat lebih lapang. Ada penggabungan antara ruang makan dan ruang TV agar tampak lebih luas.

Kamar terdiri atas ruang tidur utama, anak dan kamar tamu. Ketersediaan kamar mandi hanya satu dan diposisikan di sudut lorong. Kamar mandi ini sebagai jembatan antara dapur dan kamar tidur utama.

Peletakan kamar mandi seperti ini memudahkan tamu maupun penghuni rumah menjangkaunya. Sementara penataan kamar tidur  diatur sejajar dengan lantai vinyl. Penggunaan material ini agar menciptakan atmosfir yang lebih homey.

Baca Juga : 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

Tanpa Sekat

(Pinterest)

Ruangan open space atau tanpa sekat sering dipakai untuk hunian yang menonjolkan kerapian. Dalam pembangunan ruangan tanpa sekat biasanya mengubah ketinggian lantainya.

Tinggikan ruangan yang ingin ditonjolkan dari ruangan lainnya. Pakai desain plafon dari aksen kayu untuk memberikan kehangatan. Jika terpaksa memakai sekat maka pilih yang tidak menutupi ruangan keseluruhan.

Pins dapat memakai meja, rak buku atau berbagai furniture lain untuk memisahkan ruangan satu dengan lainnya. Material lantai bisa berupa marmer bagi ruang makan dan dapur.

Keunggulan desain rumah 3 kamar ini bisa membuat penghuni lebih mudah berkomunikasi dengan lainnya. Selain itu desain ruangan juga mudah diubah. Ditambahkan lagi pemakaian warna putih agar ruangan lebih lapang. 

Rumah 3 Kamar Dua Lantai

(kliplingtownhomes)

Bila lahannya sempit maka pembangunan rumah biasa menjulang keatas atau dua lantai. Desain ini bisa dibuat dua kamar utama di lantai atas sementara kamar tamu di lantai satu.

Rumah berlantai dua bisa menyediakan balkon sebagai tempat privasi. Kamar utama dan anak bisa dijembatani dengan kamar mandi. Lantai dua dapat dibuat lebih luas dibandingkan lantai satunya.

Gunanya adalah agar membentuk garasi atau carport. Lantai satu sendiri terdiri atas ruang tamu, kamar mandi serta dapur dan ruang makan tanpa sekat.

Baca Juga : 7 Desain Depan Rumah Dari Klasik Hingga Modern 2022

Tipe 36 dan 45

(roomhouses)

Kamar tipe 36 sering dijadikan rujukan untuk rumah keluarga dengan anak remaja. Kamarnya sendiri dibagi menjadi tiga yakni orang tua, anak pertama dan anak kedua. 

Demi menghemat ruang kamar tidur biasanya perlu memperhatikan penempatan lemari. Lemari dimasukan kedalam dinding sehingga ruangan terlihat lebih luas. Penghuni juga bisa menyelipkan furniture lainnya.

Sementara desain rumah dengan tipe 45 membuat desain kamar lebih luas dibandingkan ruangan lainnya. Bagian dapur akan lebih kecil dan diapit dengan dua kamar yang lebih luas.

Setiap kamar tidur juga sudah dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Sementara ruang TV dan ruang makan tidak memiliki dinding pembatas. 

Ukuran 7 x 9 Meter Persegi

(architecturedesign)

Tak bisa dipungkiri bahwa pembangunan rumah di lahan sempit bukan perkara mudah. Desain rumah 3 kamar menjadi solusi yang tepat. Bangunan di atas memiliki tanah dengan ukuran kurang lebih 70 meter persegi.

Biasanya mengandalkan dua kamar tidur utama lengkap dengan kamar mandi pribadi. Bagian ruang tidur dibangun di tengah bangunan. 

Posisi kamar tidur menghadap langsung ke kamar mandi.  Bagian dapur tidak disekat dengan ruang tamu serta adanya celah sempit di dekat dapur difungsikan untuk mesin cuci.

Meletakkan ruang TV diujung ruangan tujuannya agar ruangan terlihat lebih luas. Ruangan sempit yang langsung menghadap ke luar ruangan bisa dimanfaatkan sebagai teras.

Kamu bisa menambahkan beberapa tanaman dalam pot. Tempatkan pula satu meja bundar dengan dua kursi sebagai tempat bersantai.

Garasi Indoor

(Pinterest)

Rumah dengan tipe memanjang di bagian lantai dua bisa dimanfaatkan untuk garasi indoor. Pins bisa menganut konsep jenga dimana bagian lantai dua dibuat bertumpuk seperti balon bersusun.

Lantai dua juga bisa menonjolkan bagian balkon yang menjorok keluar sehingga dapat dijadikan atap garasi. Konsep seperti ini menggabungkan gaya tanpa sekat dan fungsional. 

Rumah jadi lebih nyaman dan luas serta kendaraan lebih terlindung dari paparan sinar matahari atau hujan.

Baca Juga : Inspirasi Desain Rumah Kekinian 2022 dan Biayanya

Industrial Atau Labirin

(Tato Architech)

Gaya minimalis dekat dengan konsep industrial. Cocok untuk keluarga modern yang tinggal di kawasan perkotaan.

Konsep seperti ini mengutamakan estetika dan kepraktisan. Desainnya didominasi dengan warna, garis dan kreasi bentuk untuk kepraktisan penggunaan barang. Perpaduan warna silver dan hitam khas industri akan lebih menonjol.

Hunian dengan gaya labirin terlihat unik dan kreatif.  Setiap ruangan akan saling terhubung namun memiliki rute yang berbeda melalui bangunan serta pembangunan ruang.

Walaupun berbentuk labirin dengan banyak bilik tetapi setiap ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Penampakan dari atas maupun depan rumah juga lebih menarik. 

Desain rumah 3 kamar cocok untuk Pins yang memiliki keluarga kecil. Setiap ruangannya digunakan secara fungsional dan hemat dalam perawatannya serta sering dicari oleh banyak orang yang tinggal di perkotaan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia