BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tren Desain Rumah 3 Kamar Untuk Milenial 2023
0
0

10 Tren Desain Rumah 3 Kamar Untuk Milenial 2023

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Nov 9, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah 3 kamar dapat diterapkan pada lahan yang tidak terlalu luas. Pemilihan tiga kamar cocok untuk hunian keluarga mungil dengan kamar yang lebih fungsional. Sama seperti desain dari The Icon Acropolis atau rumah second di Kec Bandung Kidul yang terdiri atas tiga kamar namun dibangun dua lantai.

Bahkan rumah baru di Kabupaten Bekasi juga banyak yang menggunakan desain ini untuk menyasar keluarga kecil atau pasangan baru. Lokasi rumah dengan desain ini juga biasa dekat dengan sekolah seperti SMA 8 bekasi atau lainnya. Untuk merealisasikan hunian impianmu Pinhome juga menyediakan Program KPR Bank bekerja sama dengan bank-bank ternama.

Tren Desain Rumah 3 Kamar

Keuntungan membangun desain rumah 3 kamar di antaranya adalah mudah dijual kembali. Harganya cukup terjangkau dengan menonjolkan penghematan waktu dalam hal perawatan. Berikut beberapa rekomendasi desain rumah 3 kamar yang bisa jadi referensi:

1. Desain Rumah Kamar Sejajar

Source : Pinterest

Denah rumah ini unik karena mengedepankan privasi. Setiap kamar menggunakan sekat yang tinggi sehingga rumah terlihat lebih lapang. Ada penggabungan antara ruang makan dan ruang TV agar tampak lebih luas.

Kamar terdiri atas ruang tidur utama, anak dan kamar tamu. Ketersediaan kamar mandi hanya satu dan diposisikan di sudut lorong. Kamar mandi ini sebagai jembatan antara dapur dan kamar tidur utama.

Peletakan kamar mandi seperti ini memudahkan tamu maupun penghuni rumah menjangkaunya. Sementara penataan kamar tidur diatur sejajar dengan lantai vinyl. Penggunaan material ini agar menciptakan atmosfir yang lebih homey.

Baca juga:

2. Desain Rumah Tanpa Sekat

Source : Pinterest

Ruangan open space atau tanpa sekat sering dipakai untuk hunian yang menonjolkan kerapian. Dalam pembangunan ruangan tanpa sekat biasanya mengubah ketinggian lantainya.

Tinggikan ruangan yang ingin ditonjolkan dari ruangan lainnya. Pakai desain plafon dari aksen kayu untuk memberikan kehangatan. Jika terpaksa memakai sekat maka pilih yang tidak menutupi ruangan keseluruhan.

Pins dapat memakai meja, rak buku atau berbagai furniture lain untuk memisahkan ruangan satu dengan lainnya. Material lantai bisa berupa marmer bagi ruang makan dan dapur.

Keunggulan desain rumah 3 kamar ini bisa membuat penghuni lebih mudah berkomunikasi dengan lainnya. Selain itu desain ruangan juga mudah diubah sesuai dengan interior yang diinginkan. Rumah open space sering memakai cat dinding warna putih agar ruangan terasa lebih lapang. 

3. Desain Rumah 3 Kamar Dua Lantai

penampakan desain rumah 3 kamar dengan bangunan dua lantai
Source : kliplingtownhomes

Bila lahannya sempit maka pembangunan rumah biasa menjulang ke atas atau dua lantai. Desain ini bisa dibuat dua kamar utama di lantai atas sementara kamar tamu di lantai satu.

Rumah berlantai dua bisa menyediakan balkon sebagai tempat privasi. Kamar utama dan anak bisa dijembatani dengan kamar mandi. Lantai dua dapat dibuat lebih luas dibandingkan lantai satunya.

Gunanya adalah agar membentuk garasi atau carport. Lantai satu sendiri terdiri atas ruang tamu, kamar mandi serta dapur dan ruang makan tanpa sekat.

Baca juga: 3 Tips Membuat Desain Rumah Kos 2 Lantai

4. Desain Rumah Tipe 36 dan 45

penampakan desain rumah 3 kamar dengan tipe rumah 45
aznewhomes4u

Kamar tipe 36 sering dijadikan rujukan untuk rumah keluarga dengan anak remaja. Kamarnya sendiri dibagi menjadi tiga yakni orang tua, anak pertama dan anak kedua. 

Demi menghemat ruang kamar tidur biasanya perlu memperhatikan penempatan lemari. Lemari dimasukan kedalam dinding sehingga ruangan terlihat lebih luas. Penghuni juga bisa menyelipkan furniture lainnya.

Sementara desain rumah dengan tipe 45 membuat desain kamar lebih luas dibandingkan ruangan lainnya. Bagian dapur akan lebih kecil dan diapit dengan dua kamar yang lebih luas.

Setiap kamar tidur juga sudah dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Sementara ruang TV dan ruang makan tidak memiliki dinding pembatas. 

5. Desain Rumah 7 x 9 Meter Persegi

penampakan desain rumah 3 kamar dengan ukuran 70 meter persegi
Source : architecturedesign

Tak bisa dipungkiri bahwa pembangunan rumah di lahan sempit bukan perkara mudah. Desain rumah 3 kamar menjadi solusi yang tepat. Bangunan di atas memiliki tanah dengan ukuran kurang lebih 70 meter persegi.

Biasanya mengandalkan dua kamar tidur utama lengkap dengan kamar mandi pribadi. Bagian ruang tidur dibangun di tengah bangunan. 

Posisi kamar tidur menghadap langsung ke kamar mandi.  Bagian dapur tidak disekat dengan ruang tamu serta adanya celah sempit di dekat dapur difungsikan untuk mesin cuci.

Meletakkan ruang TV di ujung ruangan tujuannya agar ruangan terlihat lebih luas. Ruangan sempit yang langsung menghadap ke luar ruangan bisa dimanfaatkan sebagai teras.

Kamu bisa menambahkan beberapa tanaman dalam pot. Tempatkan pula satu meja bundar dengan dua kursi sebagai tempat bersantai.

6. Desain Rumah Garasi Indoor

desain rumah 3 kamar dengan garasi dalam ruangan
Source : Pinterest

Rumah dengan tipe memanjang di bagian lantai dua bisa dimanfaatkan untuk garasi indoor. Pins bisa menganut konsep jenga di mana bagian lantai dua dibuat bertumpuk seperti balon bersusun.

Lantai dua juga bisa menonjolkan bagian balkon yang menjorok keluar sehingga dapat dijadikan atap garasi. Konsep seperti ini menggabungkan gaya tanpa sekat dan fungsional. Rumah jadi lebih nyaman dan luas serta kendaraan lebih terlindung dari paparan sinar matahari atau hujan.

Baca juga: 14 Ide Desain Rumah dengan Garasi

7. Desain Rumah Industrial Atau Labirin

penampakan desain rumah 3 kamar dengan penghubung tangga kayu
Source : Tato Architech

Gaya minimalis dekat dengan konsep industrial yang cocok untuk keluarga modern di kawasan perkotaan. Konsep seperti ini mengutamakan estetika dan kepraktisan.

Desainnya didominasi dengan warna, garis dan kreasi bentuk untuk kepraktisan penggunaan barang. Perpaduan warna silver dan hitam khas industri akan lebih menonjol.

Hunian dengan gaya labirin terlihat unik dan kreatif. Setiap ruangan akan saling terhubung namun memiliki rute yang berbeda melalui bangunan serta pembangunan ruang.

Walaupun berbentuk labirin dengan banyak bilik tetapi setiap ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Penampakan dari atas maupun depan rumah juga lebih menarik. 

8. Desain Rumah dengan Taman Atap

Source : Rumah Mebel

Desain rumah ini memanfaatkan bagian atap yang datar sebagai taman dan tempat nongkrong nyaman. Kamar tidur berada di garis sejajar dan sebelah taman diletakkan kursi agar nyaman berlama-lama disini. Kamu juga bisa menempatkan taman di lantai bawah tepat di samping ruang keluarga dan kamar tidur.

9. Desain Rumah 2 Lantai 3 Kamar

Source : Pinoyeplans

Desain rumah sederhana 3 kamar mempermudah mengelola ruang di setiap lantainya. 2 kamar akan diletakkan di lantai dua dan sisanya berada di lantai dasar tepatnya di belakang ruang tamu.

10. Desain Rumah Gaya Skandinavia

Source : Rumah Mebel

Gaya Skandinavia sangat populer sebab mengesankan keindahan, fungsional dan minimalis. Biasanya memakai dominasi warna putih, biru muda, abu-abu dan lainnya. Aksen kayu sangat terlihat dari material dekorasi hingga furnitur yang digunakan.

Desain rumah minimalis 3 kamar memiliki carport yang mampu menampung dua mobil sekaligus. Dua kamar dekat dengan carport sementara satu kamar lebih dekat dengan area ruang tamu.

Desain rumah 3 kamar cocok untuk Pins yang memiliki keluarga kecil. Setiap ruangannya digunakan secara fungsional dan hemat dalam perawatannya serta sering dicari oleh banyak orang yang tinggal di perkotaan.

Baca juga: 30+ Desain Rumah Minimalis Paling Inspiratif 2023

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Intan Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download