BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Desain Rumah Mungil Minimalis dan Nyaman
0
0

12 Desain Rumah Mungil Minimalis dan Nyaman

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
12 Desain Rumah Mungil Minimalis dan Nyamantop-right-banner

Trend memiliki hunian kecil semakin hari semakin populer karena terbatasnya lahan yang ada. Terutama kalau kamu merancangnya dengan tepat sehingga bisa menghemat biaya untuk pemeliharaan dan pastinya membuat penghuninya tetap nyaman. Ada banyak sekali inspirasi desain rumah mungil minimalis yang bisa kamu terapkan, simak artikel ini ya!

Pins bisa mencari rumah idaman di Pinhome yang siap untuk dihuni di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Pins juga bisa menggunakan fitur PinValue untuk mencari tahu detail informasi rumah yang Pins ingin ketahui.

Baca juga: Ingin Menerapkan Feng Shui? Lakukan Ini Pada Denah Rumah Minimalis Milikmu!

Inspirasi Desain Rumah Mungil Minimalis yang Nyaman

Micro house atau rumah mungil tidak akan terasa sempit jika kamu bisa menerapkan desain yang sesuai. Bahkan, tampilan rumah kecil minimalis milikmu akan lebih estetik dan pastinya berkesan. Kamu bisa menerapkan konsep rumah compact atau compact house untuk mendapatkan hunian impian. 

Kamu mungkin akan sangat mudah mendapati rumah dengan konsep compact pada area perkotaan dengan lahan yang terbatas. Jika kamu sedang merancang rumah pada lahan sempit, berikut beberapa rekomendasi rumah mungil minimalis yang bisa menjadi inspirasi:

1. Rumah Kecil dengan Nuansa Kontemporer

Source : Pinterest

Pertama, kamu bisa memanfaatkan area yang terbatas untuk membangun rumah dengan konsep rumah kontemporer. Ciri khasnya adalah adanya pintu dan jendela dengan ukuran besar akan memberikan kesan yang mewah dan membuat pencahayaan alami menjadi lebih maksimal. 

2. Rumah Mungil Minimalis Bergaya Amerika

Source : Pinterest

Rekomendasi selanjutnya pas untuk kamu yang ingin memiliki rumah gaya Amerika. Tampilannya memang kecil, tetapi kamu bisa membuatnya terasa luas dan nyaman dengan konsep dan rancangan yang tepat. 

Bahkan, hunian ala Amerika ini tidak butuh lahan besar, kamu bisa membangunnya dengan apik meski luas area yang kamu punya tidak lebih dari 50 meter persegi. Tipsnya adalah memaksimalkan pemakaian kayu sebagai materialnya. Namun, pastikan kamu memilih kayu yang tepat, ya!

3. Rumah Kecil yang Estetik Berkonsep Cottage

Source : Pinterest

Inspirasi rumah mungil minimalis selanjutnya adalah membangun rumah kecil yang indah dengan mengusung konsep ala cottage. Konsep ini memang lebih tepat saat kamu membangun rumah pada area pedesaan. 

Kamu bisa menggunakan kayu sebagai material utamanya. Jangan lupa berikan pintu dan jendela kaca besar untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami ke dalam rumah. Jika perlu, buat pagar untuk memaksimalkan keamanan rumah. 

4. Rumah Mungil 2 Lantai dengan Konsep Modern

Memiliki area sempit tidak akan menjadi soal jika kamu bisa membangun rumah dalam bentuk vertikal. Tidak hanya satu lantai, kamu bisa membangun rumah berkonsep modern pada lahan sempit dua lantai. Dengan begitu, kamu memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan aktivitas. 

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Model Tangga Rumah Minimalis

5. Rumah Kecil dengan Konsep Compact Minimalis

Source : Pinterest

Desain rumah compact juga bisa menjadi inspirasi yang pas untuk rumah kecil minimalis berikutnya. Gaya hunian satu ini sangat sederhana dengan rancangan yang pastinya tidak rumit. Salah satu contohnya adalah rumah minimalis dua lain dengan model kotak atau persegi. 

6. Rumah Mungil Simpel dan Modern

Source : Pinterest

Membangun hunian pada lahan sempit memang tidak mudah. Namun, salah satu konsep yang pas untuk hal ini adalah membangun rumah secara vertikal alias meninggi. Bahkan, jika kamu membutuhkan ruang lebih banyak, kamu bisa mendesain rumah impian dengan tiga lantai. 

Jangan lupa, manfaatkan penggunaan pencahayaan alami dengan menggunakan jendela kaca besar. Jika ada sisa lahan pada bagian depan, kamu bisa menyulapnya menjadi area taman dengan pot kecil yang indah. 

7. Rumah Kecil dengan Rancangan Semi Tudor

Source : Pinterest

Pernah melihat rumah minimalis dengan desain ala tudor? Ternyata, konsep tersebut juga cocok untuk lahan sempit, Pins. Desain hunian rumah dengan rancangan semi tudor juga sangat pas untuk rumah sederhana dan keluarga kecil. Rumah kecil semi tudor ini juga bisa kamu bangun pada area lahan seluas 30 meter persegi saja, Pins. 

8. Rumah Mungil dan Minimalis Ala Jepang

Source : Pinterest

Jepang menjadi negara yang sangat penduduknya. Inilah mengapa, rumah-rumah pada negara tersebut sangat minimalis dan berada pada lahan yang begitu terbatas. Namun, ternyata tidak sulit membangunnya, Pins. Kamu bisa mencoba inspirasinya pada gambar ini.

Lagi-lagi, inspirasi tersebut menggunakan jendela kaca besar sehingga pencahayaan utama akan langsung kamu dapatkan dari alam. Pondasi rumah dari batu dan material bangunan dari kayu akan membuat rumah ini terasa sederhana dan minimalis, tetapi terlihat sangat mewah. 

9. Rumah Kecil Simpel yang Memanfaatkan Teknologi

Source : Pinterest

Ada lagi, Pins, inspirasi desain rumah mungil minimalis yang mungkin pas untuk kamu yang berencana membangun rumah pada lahan sempit. Konsep rumah ini sebenarnya cocok untuk penghuni yang berada pada iklim subtropis. Namun, tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Bagian dek pada latar sisi depan merupakan modular yang pembuatannya mengusung konsep bongkar pasang. Meski demikian, hunian ini tetap mengutamakan teknologi, sehingga memudahkan aktivitas harian kamu ketika sedang berada di rumah.

10. Rumah Mungil yang Estetik dan Unik

Source : Pinterest

Berani mencoba rancangan rumah kecil minimalis yang unik dan antimainstream? Kamu bisa coba mendesain rumah impian dengan bentuk yang menyerupai kubah kecil. Rancangan rumah ini memiliki nama lain Binishells. 

Menggunakan material beton, hunian kecil ini ternyata memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap kondisi yang ekstrem, Pins. Misalnya, angin kencang, atau gempa bumi. Pastikan saja kamu sesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat tinggalmu, ya!

Baca juga: Cara Tepat Memilih Gambar Desain Rumah Minimalis

11. Rumah Kecil Ala Afrika Selatan

Source : Pinterest

Tahukah kamu kalau rumah mungil yang ada pada negara Afrika Selatan memiliki sebutan sebagai rumah nano? Ini juga bisa menjadi inspirasi terbaik untuk kamu yang ingin membangun rumah dengan lahan sempit. 

Luas tanah yang kamu butuhkan bahkan hanya sebesar 17 meter persegi untuk kapasitas dua orang. Bagian lantai atasnya mengusung gaya paruh lantai atau mezzanine. Sementara itu, area bahanya bisa untuk memasak dan bersantai. Tak lupa, teras pada bagian depan dan atap dengan panel untuk energi surya yang lebih hemat. 

12. Rumah Mungil Ala Swedia

Source : Pinterest

Terakhir adalah inspirasi hunian mungil ala Swedia. Konsepnya sendiri sangat sederhana, Pins, karena sangat fungsional dan menyatu dengan alam. Mungkin, kamu akan teringat dengan hunian berkonsep glamping.

Rumah kecil ala Swedia ini memiliki 2 lantai dengan struktur dari material besi. Bagian atasnya memiliki celah yang dapat kamu buka saat cuaca sedang cerah, sehingga kamu bisa melihat langsung bintang dan bulan.

Itu tadi beberapa rekomendasi rumah mungil minimalis yang bisa menjadi inspirasi kamu, Pins. Bahkan, kamu juga bisa menggabungkan beberapa desain dan membuat rancangan baru yang pastinya lebih unik. Selamat mencoba!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download