Pinhome

Tips Properti

Apa Saja Tipe Rumah Minimalis?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Rumah adalah salah satu kebutuhan utama dari setiap umat manusia. Tidak heran jika harga rumah akan terus naik dari waktu ke waktu karena lahan yang semakin berkurang namun kebutuhan akan rumah terus bertambah. Ukuran rumah dan desain rumah juga berpengaruh terhadap harga rumah. Rumah-rumah dengan model minimalis adalah rumah yang akan selalu memiliki peminatnya karena ukurannya yang bervariasi dan desainnya yang keren. Apa saja tipe rumah minimalis?  

Untuk rumah-rumah minimalis di Indonesia sendiri memiliki tipe 21 hingga tipe 120. Dari semuanya itu yang paling diminati oleh orang Indonesia alah rumah minimalis dengan tipe 21/24, tipe rumah 36, tipe rumah 45, tipe rumah 54, tipe rumah 60, tipe rumah 70, hingga tipe rumah 120. Pins penasaran dengan rumah-rumah minimalis dengan tipe-tipe tadi? Yuk mari kita simak penjelasan detailnya dari artikel berikut ini.

Tipe Rumah Minimalis

1. Rumah Minimalis Tipe 21

Rumah minimalis dengan tipe 21 ini adalah rumah yang paling kecil dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Rumah dengan tipe ini memiliki ukuran rumah sebesar  3 x 7 meter atau 4 x 7 meter. Rumah minimalis dengan tipe 21 ini pada umumnya memiliki satu garasi terbuka, dua kamar tidur, satu ruangan yang biasanya digunakan sebagai ruang keluarga, ruang makan dan dapur, dan satu kamar mandi. Walaupun kecil, rumah minimalis dengan tipe 21 ini merupakan rumah yang cukup banyak peminatnya. Dengan harga yang terjangkau yaitu berkisar 140-300 juta Rupiah, peminat dari rumah minimalis dengan tipe 21 ini adalah keluarga-keluarga muda yaitu pasangan suami istri yang belum memiliki anak atau yang memiliki 1 anak.

2. Rumah Minimalis Tipe 36

Selain rumah minimalis dengan tipe 21, tipe 36 juga merupakan rumah minimalis yang sangat banyak peminatnya bagi masyarakat Indonesia. Rumah minimalis dengan tipe 36 ini biasanya dibangun di atas lahan seluas 60 m², 72 m², dan 90 m². Rumah dengan tipe 36 hampir memiliki susunan yang sama dengan rumah minimalis tipe 21, hanya saja rumah dengan tipe 36 ini memiliki halaman depan dan halaman belakang yang lebih luas.

3. Rumah Minimalis Tipe 45

Rumah minimalis dengan tipe 45, memiliki luas bangunan 45 m² dengan layout yang berukuran 7,5 x 6 meter. Bagi Pins yang sudah berkeluarga dan ingin memiliki rumah yang cukup leluasa bagi keluarga, rumah dengan tipe 45 merupakan salah satu pilihan yang tepat. Dengan harga rumah yang memiliki kisaran 450 juta Rupiah. Saat ini rumah dengan tipe 45 banyak dibangun oleh developer memiliki harga yang cukup mahal, karena pasarnya ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Harga yang lebih mahal tersebut disebabkan material yang digunakan adalah material yang berkualitas dan lebih baik.

4. Rumah Minimalis Tipe 54

Tipe rumah minimalis lainnya ialah rumah minimalis tipe 54, rumah ini memiliki luas bangunan sebesar 54 m² dan dibangun di atas lahan berluas 120 m² hingga 150 m². Rumah dengan tipe 54 sangat pas untuk Pins yang ingin membangun rumah dengan dua lantai. Biasanya rumah dengan tipe 54 ini memiliki harga jual dengan kisaran 250-800 juta Rupiah per unitnya.

5. Rumah Minimalis Tipe 60

Rumah minimalis dengan tipe 60 memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda seperti 6 x 10 m, 8 x 7 m atau 6 x 12 m. Biasanya rumah ini memiliki luas bangunan 60 m² dan Pins juga bisa membangunnya menjadi rumah 2 lantai.

6. Rumah Minimalis Tipe 70

Rumah minimalis dengan tipe 70 ini memiliki kisaran harga 500 juta hingga miliaran Rupiah, hal tersebut disesuaikan dengan wilayah maupun bahan material yang digunakan. Rumah minimalis dengan tipe 70 ini, memiliki ukuran layout yang bervariasi juga seperti 7 x 10 meter, hingga 5 x 14 meter. Rumah dengan luas yang cukup besar ini sangat cocok bagi Pins yang memiliki keluarga yang cukup besar. Tidak heran rumah ini merupakan rumah yang paling diincar oleh kelas menengah atas karena luas dan harganya yang tinggi.

7. Rumah Minimalis Tipe 120

Bisa dikatakan bahwa rumah minimalis dengan tipe 120 merupakan rumah mewah. Ukuran layout rumah ini sangatlah bervariasi, mulai dari 10 x 12 meter hingga 8 x 15 meter. Pada umumnya rumah ini dibangun dengan lebih dari satu lantai namun tidak jarang juga orang membangun rumah ini hanya dengan satu lantai saja karena luasnya yang sudah cukup besar. Spesifikasi rumah ini tidak jauh berbeda dengan rumah minimalis dengan tipe 70, namun biasanya sang pemilik ingin mengganti material dengan material yang jauh lebih baik.

Nah Pins itu tadi merupakan tipe-tipe rumah minimalis yang ada di Indonesia. Tipe manakah yang menjadi incaran Pins saat ini? Semoga artikel ini bisa membantu ya!

Baca juga: Inilah 10 Desain Rumah Minimalis 2020 Terkeren! Simak di Sini!

Bagi Pins yang juga sedang mencari rumah yang tepat, ayo kunjungi dan temukan rumah idaman pilihan terlengkap hanya di Daftar Properti & iklankan juga properti Anda di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel