Pinhome

Tips Properti

Tips Design Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mendesign rumah adalah sebuah kegiatan yang mudah namun terkadang sedikit membingungkan karena memerlukan pemilihan berbagai pertimbangan yang harus diputuskan untuk memilih yang terbaik dalam sebuah design rumah. Berbagai tips design rumah mungkin dapat membantu untuk mempercepat pembuatan design rumah dengan kualitas yang maksimal.

Pertimbangan pembuatan desain rumah

Pertimbangan yang mungkin ada dalam membuat design rumah antara lain:

  • Bentuk dan model rumah yang dinginkan
  • Perbedaan pandangan antar anggota keluarga calon pemilik rumah mengenai pandangan design rumah terbaik yang diinginkan
  • Penyesuaian design rumah dengan rencana anggaran biaya yang disediakan untuk membangun rumah
  • Perletakan masing-masing kebutuhan ruangan dalam denah rumah
  • Pemilihan warna bidang bangunan yang akan dipakai nantinya.
  • Pemilihan tekstur dan jenis material yang akan dipakai
  • Pembuatan tampilan eksterior dan interior rumah
  • Penyesuaian jumlah ruangan dengan anggota keluarga calon penghuni rumah yang terkadang dibatasi oleh luas dan bentuk tanah yang tersedia untuk di bangun rumah.
  • Design perletakan taman baik diluar rumah maupun taman yang berada didalam rumah.
  • Perletakan pintu dan jendela yang mudah di akses dan dapat membuat rumah sehat.

Setelah mengetahui beberapa permasalah dan kendala yang mungkin terjadi dalam melaksanakan pembuatan design rumah selanjutnya kita dapat menentukan upaya dalam mengatasinya sehingga didapatkan design rumah yang paling baik.

Tips design rumah

  1. Musyawarah dengan anggota keluarga diperlukan agar design rumah nantinya dapat diterima oleh berbagai pihak calon pemilik rumah nantinya. Segala perubahan baik dari segi bentuk, model, maupun warna rumah akan lebih baik dirubah dalam masa pembuatan design rumah daripada merubah bangunan yang sudah jadi karena akan terjadi pemborosan.
  2. Konsultasikan kepada arsitek yang dapat mempercepat proses design rumah dengan pembuatan gambar design rumah baik berupa gambar sketsa, gambar kerja atau shop drawing atau jika perlu buat dalam bentuk 3 dimensi untuk memastikan bahwa design rumah yang sudah dibuat benar-benar sesuai dengan keinginan.
  3. Pilih alternative material dengan biaya semurah mungkin dengan kualitas yang sama dengan material yang sudah terpilih sebelumnya sehingga dapat melakukan penghematan dalam membangun rumah.
  4. Buat beberapa alternative design rumah untuk kemudian dipilih design rumah yang paling baik untuk digunakan.
  5. Pastikan setiap ruangan mempunyai sirkulasi udara yang cukup, pencahayaan yang baik, hubungan antar rumah yang membuat nyaman untuk digunakan, sehingga dapat tercipta sebuah design rumah yang sehat , nyaman dan indah.
  6. Perhitungkan dengan baik strukut rumahnya yang meliputi balok, kolom, plat, lantai, pondasi, kuda-kuda atap sehingga rumah dapat berdiri kuat. Akan sangat disayangkan sekali tentunya jika rumah yang sudah di design dengan sangat indah tidak diimbangi dengan kekuatan struktur rumah.

Selain tips design rumah diatas tentunya masih terdapat benyak lagi tips design rumah yang dapat digunakan dalam mewujudkan rumah idaman 🙂

Tags :

Bagikan Artikel